Wisata

Kebun Refugia Magetan: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Tempat wisata Magetan kini semakin beragam. Apalagi Magetan menjadi destinasi wisata yang cocok untuk keluarga karena cuacanya yang sejuk, udara yang segar dan pemandangan yang masih begitu alami. Salah satu wisata yang sedang disukai belakangan adalah Kebun Bunga Refugia yang terletak di Jalan Raya Sarangan, Magetan. 

Objek wisata Magetan ini merupakan surganya para pecinta bunga dan fotografer yang ingin mengabadikan momen keindahan alam di taman. Kebun Bunga Refugia dihiasi dengan batu-batu besar yang berasal dari sisa letusan Gunung Lawu. Memasuki area taman ini memberikan kesan yang menyenangkan. Namun, keistimewaan utamanya datang dari lautan bunga seluas 2,5 hektar.

Objek wisata Magetan ini merupakan sebuah karya seni yang sederhana namun kreatif dan bermanfaat. Jadi tidak boleh Sedulur lewatkan ketika berkunjung ke Magetan. Penasaran apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di taman ini? Simak informasi lengkapnya berikut ya!

BACA JUGA: Boon Pring Malang: Daya Tarik, Lokasi, Tiket, dan Aktivitas

Sekilas Tentang Kebun Refugia Magetan

kebun refugia magetan
Unsplash/Boudewijn Huysmans

Pembangunan Kebun Bunga Refugia dimulai pada tahun 2019 dan berakhir pada tahun 2022. Awalnya ingin dibangun kebun sayur yang sehat. Namun pilihan tersebut dirasa kurang tepat sebagai destinasi wisata edukasi. Bupati Magetan Suprawoto mengatakan kepada OPD untuk membuat program yang menarik dan bisa berumur panjang.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikulura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP), Uswatul Chasanah, menjelaskan bahwa Taman Refugia akan menampilkan tanaman hias dan bunga, namun konsep sayur-sayuran tetap dipertahankan. Atas saran bupati, akhirnya diganti dengan taman bunga karena sebelumnya di kawasan hulu Magetan banyak terdapat masyarakat yang berprofesi sebagai petani bunga. 

Harapannya, Kebun Bunga Refugia menjadi tempat memajang tanaman hias dan bunga. Tapi konsep kebun sayur tetap menjadi model kebun pangan berkelanjutan. Sejak tahun lalu, raman bunga ini menjadi salah satu destinasi wisata edukasi. 

Dinas TPHPKP bersinergi dengan Dikpora untuk kunjungan wisata edukasi ke Taman Bunga Refugia dengan menawarkan diskon tiket masuk kunjungan untuk sekolah-sekolah. Sarana dan prasarana disediakan serta ditingkatkan secara bertahap untuk mendukung kenyamanan wisatawan.

Lokasi Kebun Refugia Magetan

Bagi Sedulur pecinta bunga, Kebun Refugia Magetan tidak boleh dilewatkan karena menawarkan berbagai macam berbagai jenis bunga yang berbeda. Hamparan bunga berwarna-warni di sini terlihat cantik dan cocok dijadikan sudut menarik mengambil foto yang Instagramable.

Selain melihat hamparan bunga, pengunjung juga dapat mengamati ketinggian dan menjulangnya Gunung Lawu dari taman bunga. Kebun Refugia Magetan terletak di Jl. Sarangan No.387, Plaosan II, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Rute Kebun Refugia Magetan

Rute ke Kebun Refugia Magetan dari Surabaya dapat ditempuh dari Tol Mojokerto-Kertosono hingga Jalan Salatiga-Kertosono. Kemudian ambil Tol Soker dan keluar di Jalan Raya Madiun-Nganjuk. 

Sedangkan pengunjung dari Kota Magetan menuju Jalan Manggis dan dilanjutkan ke Jalan Munginsidi. Kemudian menuju Jalan Raya Sarangan dan belok ke Jalan Gonggang-Karangudi. Lokasi Kebun Refugia Magetan berada di sebelah kiri.

Jam Operasional Kebun Refugia Magetan

Kebun Refugia Magetan memiliki jam buka setiap hari Senin hingga Minggu. Taman ini mulai beroperasional dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Waktu terbaik adalah ketika pagi hari saat udara masih sejuk, dan sore ketika cuaca mulai teduh.

Harga Tiket Masuk Kebun Refugia Magetan

Untuk masuk ke kebun bunga ini, Sedulur perlu membayar tiket masuknya. Tapi tenang, harganya sangat terjangkau dan cocok untuk destinasi wisata kalangan menengah ke bawah. Berikut informasinya:

  • Tiket masuk Kebun Refugia Magetan untuk dewasa Rp10.000 
  • Tiket masuk Kebun Refugia Magetan untuk anak-anak Rp5.000 

Selain tiket masuk, Sedulur juga akan mengeluarkan untuk biaya parkir. Tapi harganya juga sangat murah dan terjangkau.

  • Parkir motor Rp2.000
  • Parkir mobil Rp5.000

Tapi perlu dicatat bahwa hari ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola. Terutama saat musim liburan atau hari raya.

Fasilitas Kebun Refugia Magetan

Obyek wisata Magetan ini memiliki pemandangan indah berupa lautan bunga dan berbagai tanaman hias. Warnanya sangat beragam dan menciptakan panorama yang luar biasa. Sementara untuk fasilitasnya juga cukup lengkap. Jadi, Sedulur bisa berwisata dengan nyaman. Berikut fasilitas yang tersedia.

  • Gardu pandang
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung jajanan
  • Area parkir kendaraan

BACA JUGA: Bukit Banyon: Daya Tarik, Harga Tiket, Aktivitas, dan Rute

Daya Tarik Kebun Refugia Magetan

kebun refugia magetan
Unsplash/Axp Photography

Taman bunga ini cukup luas kawasannya, jadi Sedulur bisa menjelajahinya dengan pas. Ditambah lagi suasana sejuk semakin asri ketika ribuan bunga indah bermekaran. Dijamin akan memanjakan mata Sedulur.

Selain berjalan kaki, Sedulur juga bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar, karena taman bunga ini terletak di kaki Gunung Lawu. Berikut daya tarik yang bisa Anda nikmati di sini.

  • Lautan bunga yang indah

Daya tarik utama dari Kebun Refugia Magetan adalah lautan bunga atau tanaman hias dengan berbagai jenis dan warna. Anggrek merupakan salah satu dari sekian banyak bunga yang ada di lahan seluas 2,5 hektar tersebut. 

Dan ternyata tidak hanya bunga saja, namun berbagai tanaman jenis hortikultura juga hadir di taman Magetan Refugia. Jangan bayangkan sawah atau perkebunan biasa. Kebun Refugia Magetan merupakan konsep yang sangat bagus dan indah untuk menaruh tanaman atau bunga. 

Taman bunga ini merupakan inisiatif pemerintah daerah melalui Dinas Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan untuk menyediakan wisata edukasi berbasis hortikultura.

  • Wisata keluarga dan wisata edukasi

Kebun Refugia dapat menjadi destinasi wisata yang cocok untuk keluarga, karena destinasi wisata ini mempunyai nilai edukasi. Anak-anak akan bersenang-senang di area ini. Karena selain luas dan tertata rapi, juga bisa memberikan sensasi berjalan-jalan di taman bunga raksasa. 

Pemandangan alam di sekitarnya sangat indah dengan kawasan pertanian, perkebunan, pegunungan dan udara yang sejuk. Meski siang hari cukup panas. Anak-anak pun bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan menggemaskan, yaitu kelinci.

  • Wahana pendukung

Selain jalur trekking untuk menjelajahi taman bunga raksasa, ada tempat lain dimana Sedulur bisa menikmati keindahan Kebun Refugia dari ketinggian. Bangunan tinggi dan agak besar mirip seperti gardu pandang ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk mengabadikan momen keindahan. 

Masih ada spot selfie unik dan keren lainnya dengan latar belakang alam yang indah. Jadi bagi yang belum pernah ke sana, masukkan Kebun Refugia ke dalam daftar liburan Sedulur berikutnya.

Jenis Bunga di Kebun Refugia Magetan

Di taman Kebun Refugia Magetan, rasa keakraban bisa terasa saat Sedulur berlibur bersama keluarga. Ini juga bisa menjadi wisata edukasi bagi anak tentang varietas bunga. Selain itu alam sekitar juga sangat asri dengan pemandangan khas kawasan pertanian, perkebunan dan dataran tinggi berupa udara yang sejuk.

Setidaknya ada 68 jenis bunga yang telah ditanam di sini. Mulai dari bunga Asoka, Marigold, Sugar Bary, Bunga Pakis, Krokot, Seribu Bintang, dan masih banyak lagi. Di seberang taman bunga juga terdapat Pasar Agrobisnis Plaosan. Para wisatawan dipersilakan untuk membeli berbagai sayuran segar dari petani lokal.

Tips Berkunjung ke Kebun Refugia Magetan

Selain menikmati ribuan bunga indah, pengembangan wisata ini tidak sia-sia. Sedulur juga bisa menambah pengetahuan di sini karena banyak tanaman hortikultura seperti terong dan tomat. Jika beruntung, Sedulur akan mendapatkan penjelasan dari penjaga yang menanam tanaman tersebut. 

Saat Sedulur berada di destinasi wisata yang unik dan indah ini, wajib berburu foto. Di sini foto Sedulur dijamin cantik karena Sedulur bisa berfoto dengan berbagai bunga yang indah. Mulai dari bunga refugia, anggrek, dan bunga kenikiran.

Selain itu ada beberapa spot foto kayu yang menarik. Bentuknya ada yang estetis, ada yang berbentuk hati dan ada pula yang menyerupai sangkar. Pastikan baterai kamera Sedulur penuh dan gunakan OOTD yang keren. Berikut beberapa tips untuk berkunjung ke sini.

  • Tempat wisata ini outdoor, sehingga sewaktu-waktu cuaca bisa berubah. Untuk berjaga-jaga, bawalah payung karena sekarang hujan bisa turun kapan saja.
  • Bawalah semprotan anti serangga kalau Sedulur punya alergi. Mengingat banyak bunga di sini, sudah pasti serangga juga demikian.
  • Gunakan pakaian yang tidak terlalu tipis dan nyaman mengingat udara di kaki Gunung Lawu cukup dingin.
  • Bawalah kamera biar semua momen menyenangkan bisa terekam di sini.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Kebun Refugia Magetan. Oia, karena wisata satu ini juga membutuhkan stamina yang baik karena berkeliling di area yang cukup luas. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.