kebun pak budi pasuruan

Kebun Pak Budi merupakan salah satu obyek wisata edukasi yang berada di Pasuruan, Jawa Timur. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah khas daerah pegunungan, Kebun Pak Budi juga memiliki wahana dan fasilitas yang mendukung berbagai aktivitas seru sekaligus edukatif.

Menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang sedang hits di Pasuruan, tak heran apabila Kebun Pak Budi banyak dipilih sebagai destinasi wisata keluarga. Apakah Sedulur juga tertarik berkunjung ke Kebun Pak Budi di Pasuruan? Jika iya, Sedulur bisa simak terlebih dahulu rangkuman informasi, mulai dari wahana, fasilitas, hingga rute yang dilalui berikut.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Rumah Makan di Pasuruan yang Enak

Kebun Pak Budi Pasuruan

kebun pak budi pasuruan
Instagram/Kebun Pak Budi

Sebelum berkunjung ke Kebun Pak Budi di Pasuruan, tak ada salahnya Sedulur menyimak informasi seputar tempat wisata satu ini. Kebun Pak Budi merupakan wisata edukasi yang berada di Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Obyek wisata satu ini berlokasi lereng Gunung Arjuna atau pada ketinggian 500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Hal ini membuat suasana di Kebun Pak Budi menjadi sejuk khas udara pegunungan. Tempat wisata yang dikelola oleh PT Nirwana Asri ini menawarkan berbagai wahana edukasi dan rekreasi yang menyenangkan.

Ada banyak wahana yang tersedia di sini, seperti Pertanian Organik, Perkebunan Organik, Peternakan Organik, dan Perikanan Organik. Menariknya lagi, Kebun Pak Budi mendapatkan penghargaan Juara 3 Wisata Buatan Alam (WBA) di Jawa Timur pada 2021.

Adapun sebagai obyek wisata edukasi, Kebun Pak Budi berorientasi pada pendidikan lingkungan dan teknologi terbarukan khususnya mengenai bahan pangan hewani dan nabati organik.

Di tempat tersebut, pengunjung dapat mencari tahu bagaimana proses pengolahan bahan pangan dari awal hingga menjadi produk makanan. Dengan demikian, pengunjung terutama generasi muda dapat menambah pengetahuan sekaligus belajar untuk menghargai makanan.

Wahana dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Disampaikan sebelumnya, Kebun Pak  Budi menawarkan pengalaman wisata edukasi dan rekreasi yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan pengalaman tersendiri sekaligus dapat menambah pengetahuan. Oleh karena itu, tempat wisata satu ini cocok untuk keluarga, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Wahana dan aktivitas yang ditawarkan di Kebun Pak Budi Pasuruan pun sangat beragam. Sedulur bisa mencoba bercocok tanam mulai dari menanam sampai memanen, merawat binatang, hingga belajar cara budidaya ikan. Selain itu, ada juga arena untuk sayuran hidroponik dan peternakan ayam yang tentu akan menarik bagi si kecil.

Tak berhenti sampai di situ, Sedulur pecinta kopi juga bisa mencoba wahana edukasi kopi. Di sana, Sedulur akan memperoleh pengetahuan mengenai kopi, mulai dari sejarah kopi hingga cara pengolahannya hingga menjadi minuman bercita rasa tinggi.

Sementara itu, beragam aktivitas lain yang juga bisa Sedulur lakukan di Kebun Pak Budi antara lain panahan, outbound, berkuda, mengendarai ATV, flying fox, hingga ada area khusus untuk memancing ikan.

BACA JUGA: Pintu Langit Pasuruan: Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Jam Buka

Fasilitas

kebun pak budi pasuruan
Instagram/Kebun Pak Budi

Selain beragam wahana yang menawarkan aktivitas rekreasi sekaligus edukasi yang seru, Kebun Pak Budi Pasuruan juga memiliki sejumlah fasilitas pendukung. Di antaranya ada musala, toilet, area parkir, mini market, ruang pertemuan serta arena bermain anak.

Di samping itu, Kebun Pak Budi juga menyediakan restoran dengan beraneka hidangan lezat serta penginapan yang nyaman. Sedulur bisa memilih penginapan berupa villa, cottage, ataupun glamping. Berbagai penginapan tersebut bisa Sedulur pilih sesuai kebutuhan maupun budget yang dimiliki.

Harga Tiket Masuk

Bagi Sedulur yang berencana berlibur ke Kebun Pak Budi, ada baiknya menyimak informasi seputar harga tiket masuknya. Harga tiket masuk ke Kebun Pak Budi sendiri terbilang cukup terjangkau, yakni Rp 25 ribu per orang untuk kunjungan pada weekday dan Rp 30 ribu per orang untuk kunjungan pada akhir pekan atau weekend.

Adapun bagi Sedulur yang ingin mencoba beraneka wahana seperti flying fox dan ATV perlu mengeluarkan biaya lagi, yaitu mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 150 ribu. Selain itu, ada juga biaya parkir untuk kendaraan pribadi, yaitu Rp 5 ribu untuk roda dua dan Rp 10 ribu untuk roda empat.

Sebagai tambahan, Sedulur bisa mengunjungi website resmi Kebun Pak Budi untuk mengetahui update informasi seputar harga tiket maupun fasilitas yang ditawarkan. Selain itu biasanya juga ada penawaran promo hingga paket wisata yang menarik.

BACA JUGA: Banyu Biru Pasuruan: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Lokasi dan Jam Buka

kebun pak budi pasuruan
Instagram/Kebun Pak Budi

Wisata Kebun Pak Budi terletak di Dusun Canggi, Desa Sekar Mojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Adapun khusus hari Rabu hingga Jumat, Kebun Pak Budi buka pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Rute Menuju Kebun Pak Budi

Perlu diketahui, lokasi Kebun Pak Budi berjarak cukup jauh dari pusat kota Pasuruan, yakni sekitar 31 kilometer atau satu jam perjalanan. Untuk itu, Sedulur perlu menyiapkan kendaraan dengan baik agar perjalanan dapat berjalan dengan lancar.

Adapun rute yang bisa Sedulur lalui adalah dari pusat kota Pasuruan, Sedulur dapat menuju Monumen Purwosari lalu belok ke kanan dan mengikuti Jalan Indrokilo hingga pertigaan. Kemudian belok ke kiri dan ikuti jalan hingga tiba di Dusun Canggih. Nantinya, obyek wisata Kebun Pak Budi berada di sebelah kanan jalan.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Sedulur yang datang dari luar kota juga bisa memanfaatkan transportasi umum, misalnya kereta api. Sedulur bisa memilih tujuan akhir di Stasiun Sukorejo, Pasuruan lalu melanjutkan perjalanan menggunakan ojek, taksi, ataupun menyewa mobil.

Itu dia rangkuman informasi seputar Kebun Pak Budi di Pasuruan. Obyek wisata satu ini bisa menjadi pilihan wisata edukasi yang menyenangkan bagi Sedulur dan keluarga. Apalagi tempat ini juga dilengkapi berbagai fasilitas termasuk penginapan.