kebun binatang surabaya

Kebun Binatang Surabaya atau yang sering dijuluki sebagai KBS, merupakan satu di antara sekian kebun binatang populer yang ada di Indonesia. Objek wisata yang satu ini berlokasi di tengah Kota Surabaya. Ya, Kebun binatang ini benar-benar ramah anak.

Bahkan pernah menjadi kebun binatang dengan koleksi satwa yang paling lengkap se-Asia Tenggara. Kurang lebih, terdapat 211 spesies satwa yang ada di sini ini. Jika ditotal ada 2.236 ekor satwa yang hidup di kebun binatang ini, termasuk dengan beberapa jenis satwa yang langka dan dilindungi.

Adapun spesies atau jenis satwa yang dikonservasi di objek wisata ini seperti Reptilia, Pisces, Aves, dan juga mamalia. Nah, bagi yang tertarik untuk mengunjunginya, simak dulu informasi penting yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Tempat Wisata Pujon Malang, Alam yang Memesona dan Asri

Daya Tarik Kebun Binatang Surabaya

kebun binatang surabaya
Unsplash/Irene Grace

Banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya ini tentu bukan tanpa alasan. Objek wisata yang satu ini memiliki beberapa daya tarik, sebagaimana berikut ini.

1. Pusat konservasi Ex-Situ

Kebun binatang ini menjadi salah satu lembaga konservasi ex-situ, yang berarti menjadi pusat perkembangbiakan alias penangkaran satwa langka dari luar habitat. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah kepunahan, sekaligus menyelamatkan satwa yang hampir punah akibat rusaknya habitat.

2. Sarana penelitian

KBS juga menjadi sarana penelitian bagi para ahli konservasi, entah itu nasional ataupun internasional. Penelitian pun dilakukan dari berbagai bidang ilmu, seperti ilmu kedokteran hewan, biologi, peternakan, pariwisata, pertanian, dan lain sebagainya.

3. Wisata edukasi

Kebun binatang satu ini pastinya juga menjadi sarana edukasi. Melalui satwa, terdapat banyak sekali ilmu yang bisa dibagikan kepada para pengunjung. Selain itu, mengunjungi tempat ini juga menumbuh rasa peduli dan cinta terhadap satwa. Sangat penting untuk mengaplikasikannya kepada anak sejak dini.

4. Ajang rekreasi

Sebagai kebun binatang, pastinya tempat rekreasi menjadi tujuan utama tempat ini didirikan. Kebun binatang di Surabaya ini seringkali menjadi alternatif destinasi wisata yang terjangkau. Tidak hanya sekadar melihat satwa, para pengunjung juga bisa berinteraksi secara langsung dengan mereka.

5. Wahana bermain khusus anak

Perlu untuk diketahui, bahwa kebun binatang ini juga menyediakan berbagai wahana permainan khusus anak yang sangat menarik. Ya, terdapat banyak sekali pilihan wahana khusus anak yang dapat dinikmati di sini, seperti berikut ini.

  • Animal edutainment
  • Aquarium
  • Kereta mini
  • Kereta unta
  • Kolam renang anak
  • Rumah balon

BACA JUGA: Taman Apsari Surabaya: Daya Tarik, Aktivitas, dan Harga Tiket

Lokasi Kebun Binatang Surabaya

kebun binatang surabaya
Unsplash/Honey Fangs

Setelah mengetahui beberapa daya tarik yang ada di atas, tentu Sedulur mulai tertarik untuk mengunjunginya, bukan? Nah, kebun binatang yang satu beralamat lengkap di Jalan Setail No.1, Darmo, Wonokromo, Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya memang dekat dengan Terminal Joyoboyo.

Rute Menuju Lokasi

Rute untuk bisa menuju ke KBS sendiri sebenarnya dapat dilalui dengan berbagai jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor atau bahkan transportasi umum sekalipun. Jika Sedulur datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka bisa menggunakan jalur Tol-Gempol.

Usai keluar dari tol (Gunungsari), bisa melanjutkan kendaraan Sedulur menuju ke arah Jalan Gunungsari. Kemudian lanjutkan lagi menuju arah Terminal Joyoboyo. Sampai di Joyoboyo, silahkan menuju Jalan Raya Darmo, setelah itu Jalan Setail.

Atau jika dari Bundaran Waru, silahkan arahkan kendaraan Sedulur ke arah Jalan Ahmad Yani – Jalan Raya Wonokromo – Jalan Raya Darmo – Jalan Setail.

Jam Buka dan Jam Tutup

Hampir sama seperti kebun binatang pada umumnya, Kebun Binatang Surabaya ini buka setiap hari. Hanya saja untuk jam operasionalnya tidak sama.

Untuk weekday, jam operasional dimulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Sementara ketika weekend, jam operasional sedikit lebih lama, yakni mulai pukul 07.30 sampai 16.30 WIB.

Harga Tiket Masuk

Bicara tentang tiket masuk, pihak pengelola dari kebun binatang ini hanya membanderol harga tiket terbilang cukup murah, lho! Akan tetapi, jika para pengunjung yang ingin menaiki wahana atau melakukan kegiatan seru di sini, tentunya perlu menyiapkan budget secara lebih.

Hal ini karena para pengunjung akan dikenai biaya tiket di setiap wahana dengan nominal yang berbeda-berbeda. Untuk harga tiket terbaru yang dikenakan, silahkan simak daftar yang ada di bawah ini

  • Harga Tiket Masuk: Rp15.000
  • Parkir Motor: Rp5.000
  • Parkir Mobil: Rp10.000
  • Harga tiket wahana: Antara Rp10.000 sampai Rp85.000

BACA JUGA: Keindahan Pantai Bajulmati Malang: Daya Tarik, Lokasi, dan HTM

Fasilitas yang Tersedia

kebun binatang surabaya
Unsplash/Jackie Park

Demi menunjang kenyamanan dari para wisatawan yang berkunjung, pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas umum di objek wisata ini. Nah, daftar fasilitas yang tersedia KBS tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Area parkir yang luas

Lahan parkir yang disediakan benar-benar luas, sehingga mampu menampung banyak kendaraan terutama ketika akhir pekan tiba. Mulai dari mobil kecil sampai bus pariwisata besar dapat masuk dan keluar tempat parkir dengan leluasa.

  • Pusat makanan

Sedulur yang sudah merasa puas berkeliling dan ingin beristirahat, dapat mampir ke tempat ini. Terdapat banyak sekali menu makanan khas Surabaya yang dapat disantap seperti rujak cingur.

  • Toilet umum

Sedulur pun tidak perlu khawatir ketika sedang kebelet. Hal ini karena telah disediakan banyak toilet umum yang tersebar di beberapa titik.

  • Berbagai wahana permainan

Anak-anak juga dapat mencoba berbagai macam wahana permainan yang seru di sejumlah lokasi di sini. Beberapa permainan yang dimaksud seperti ayunan, jungkat jungkit, hingga hewan tunggang.

  • Spot selfie

Bagi para pengunjung yang suka berfoto ria, kebun binatang ini juga menyediakan banyak tempat untuk swafoto. Spot yang tersedia ini juga sangat menarik dijadikan sebagai latar foto liburan Sedulur.

  • Perpustakaan

Tidak hanya wawasan saat berkeliling, Sedulur juga dapat mendapat wawasan dengan mengunjungi perpustakaan yang ada. Berbagai macam buku tentang hewan dan tumbuhan tentu dapat menambah informasi baru.

Tips Berkunjung

Nah, supaya liburan Sedulur bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan, terdapat beberapa tips yang sebaiknya diikuti. Langsung saja, di bawah ini tips-tipsnya.

  • Mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman
  • Membawa bekal minum sendiri
  • Mencoba berbagai macam wahana permainan
  • Menjaga jarak aman dengan para satwa
  • Tidak memberi makan kepada satwa, kecuali dengan izin petugas

Liburan dengan mengajak anak-anak ke Kebun Binatang Surabaya memang menjadi ide yang sangat brilian. Selain menjadi ajang untuk edukasi, tentu saja anak-anak juga akan merasa sangat terhibur.