wisata pujon

Desa wisata Pujon merupakan salah satu daerah unik yang ada di Malang, Jawa Timur. Berada di dataran tinggi, Desa wisata Pujon sendiri memiliki banyak sekali sekali potensi wisata alam yang kini sudah dikelola secara profesional. Jadi tidak heran jika semakin banyak wisatawan yang datang ke sana.

Bagi Sedulur yang ingin pergi ke Malang, maka tidak ada salahnya untuk memasukkan desa wisata Pujon sebagai salah satu destinasi wisata. Nah, agar bisa semakin mengetahui apa saja hal menarik di Pujon. Simak ulasan kali ini ya!

BACA JUGA: Pesona dan Sejarah Kampung Warna-Warni Jodipan yang Unik!

1. Fantasy Land 4D

wisata pujon
Unsplash/Nico Smit

Berlokasi di daerah Krajan, Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Wisata ini buka pada hari Senin sampai Jumat pukul 7 sampai 7 malam. Sedangkan pada akhir pekan, Fantasy Land 4D tutup jam 9 malam.

Fasilitas lainnya yang ada di Fantasy Land ini yaitu ada tempat untuk menonton film empat dimensi, yang mana tempatnya seperti sebuah bioskop mini. Sementara itu, untuk tiket wisata ini cuma berkisar dari Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu saja.

2. Sumber Pitu

Kali ini ada wisata alam terjun yang akan memberikan Sedulur sensasi berbeda dari wisata lainnya di Pujon. Sumber Pitu memiliki jejeran air-air terjun yang begitu jernih. Uniknya lagi air-air terjun di Sumber Pitu ini mengalir berjejer tak langsung jatuh dari ketinggian. Sehingga cipratan airnya pun tak begitu membasahi kita.

Tapi bagi Sedulur yang tak terlalu suka olahraga trekking, sepertinya nggak disarankan untuk ke Sumber Pitu ini. Karena untuk mencapai air terjun ini, Sedulur harus mempunyai fisik dan stamina yang kuat untuk trekking sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan.

Makanya wisata ini nggak direkomendasikan juga untuk anak-anak kecil, disabilitas, dan orang tua yang sudah tidak kuat mendaki.

3. The Roudh 78

The Roudh 78 merupakan tempat wisata alam yang menawarkan berbagai kegiatan menantang dan seru. Beberapa kegiatannya antara lain ada paintball, berkuda, water roller, motor trail, hingga ATV. Di tempat wisata ini juga ada wahana kolam renang untuk anak-anak.

Kalau Sedulur ingin ke sana, langsung saja menuju kawasan cafe Sawah Desa Wisata, Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Tenang, tempat ini buka setiap hari dari pagi sampai jam 6 malam. Sedulur juga tidak perlu khawatir karena tiketnya murah meriah banget, yaitu cuma Rp5 ribu saja per orang.

5. Flora Wisata San Terra

Sedulur juga bisa berjalan-jalan ke taman bunga yang mengusung konsep seperti berada di Jepang atau Belanda. Berbagai arsitektur bangunan warna-warni menghiasi sekeliling taman bunga ini. Serasi dengan berbagai warna warni bunga yang bermekaran.

Meski baru dibuka pada Desember 2019, tapi taman wisata ini sudah banyak memiliki fasilitas untuk mendukung kegiatan wisata para pengunjung. Ada sekitar 700 jenis bunga yang ditanam di tanah maupun digantung di ranting atau tiang besi.

Selain melihat pemandangan bunga-bunga cantik, Sedulur juga bisa berburu foto di spot-spot yang sudah disediakan. Salah satunya Kampung Korea di mana banyak terdapat gimmick-gimmick bangun khas Korea.

5. Cafe Sawah

Di Pujon Kidul ada cafe menarik yang bisa wisatawan kunjungi. Namanya Cafe Sawah yang menawarkan pemandangan asri dengan latar sawah hijau. Di cafe ini ada berbagai pilihan gazebo atau saung yang digunakan sebagai tempat makannya.

Penyajian makanan di cafe ini yaitu dengan sistem prasmanan. Di sini juga terdapat banyak spot foto instagramable dan kekinian yang bisa menjadi background foto menarik.

BACA JUGA: Pantai Teluk Asmara Malang: Daya Tarik, Lokasi, Rute, dan HTM

6. Bukit Nirwana

Unsplash/Ihor Malytskyi

Pokoknya belum lengkap kalau wisata ke Pujon Malang tapi belum mampir ke Bukit Nirwana. Sepanjang perjalanan Sedulur akan melihat pemandangan indah khas pedesaan. Begitu sampai di atas siap-siap dibuat takjub dengan panorama pegunungan dari ketinggian.

Asyiknya lagi di puncak Bukit Nirwana ini Sedulur juga akan bertemu banyak sekali spot foto yang keren sayang untuk dilewatkan. Sedulur si pegiat media sosial jangan lewatkan berkunjung ke sini ya!

7. Kampung Budaya

Di Kampung Budaya para wisatawan akan disuguhkan dengan suasana pedesaan yang otentik. Tempat ini adalah pemukiman warga lokal yang memiliki banyak kegiatan menarik. Antara lain ada membuat olahan susu di Pawon Ndeso, hingga belajar membuat batik tulis dan bermain gamelan di Rumah Belajar.

Lokasi wisata ini berada di Tulungrejo, Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Sedulur bisa datang kapan saja mulai dari jam 8 pagi sampai 3 sore. Harga tiketnya juga sangat terjangkau, karena hanya dikenakan biaya Rp 10 ribu per orangnya dan ini sudah dapat voucher makan lho.

8. Taman Kemesraan

Konsep dari taman wisata ini cukup menarik, yaitu menggabungkan wisata alam dengan tradisi kultur adat Jawa yang kental. Kamajaya dan Dewi Ratih menjadi ikon dari taman ini. Keduanya merupakan tokoh pewayangan yang dalam ceritanya adalah sepasang kekasih. Karena itu lah taman ini disebut Taman Kemesraan.

Dua sejoli itu juga disimbolkan sebagai kerukunan suami dan istri. Nah, selain konsep budaya itu, taman ini juga menyuguhkan pemandangan hutan yang asri dan sejuk. Ada berbagai macam wahana seperti perahu di kolam, air terjun, jembatan gantung, dan kolam renang yang berada di antara rindangnya pepohonan.

Ada juga air sungai yang masih alami mengalir di antara kawasan tersebut sehingga menambah kesan menyatu dengan alam. Di Taman Kemesraan Sedulur juga bisa berkemah dan melakukan yoga. Bayangkan yoga dengan menghirup udara segar.

9. Telaga Madiredo

Ukuran Telaga Madiredo ini tidak terlalu besar. Tetapi tempat ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, sawah hijau, dan latar belakang pegunungan yang indah dan memukau. Di telaga ini juga terdapat spot foto menarik. Tak hanya itu, di sekitar tempat wisata ini juga sudah ada cafe, toilet dan tempat camping.

Tempat wisata ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di Malang. Ramai wisatawan Malang maupun luar kota Malang yang datang ke sini. Telaga Madiredo ini adalah sumber mata air asri yang kemudian dikelola oleh pemuda setempat agar lebih tertata tanpa merusak ekosistem di sekitarnya.

10. Rabbit Park

Katanya tempat wisata ini digadang-gadang sebagai taman rekreasi dan edukasi bagi anak-anak yang menjadi favorit di Malang. Seperti namanya, taman ini memiliki banyak kelinci yang dibiarkan bebas berkeliaran di seisi taman. Anak-anak pun dengan bebas bisa melihat berbagai jenis kelinci.

Fasilitas di Rabbit Park Pujon ini juga begitu banyak, ada wahana edukasi, area plaza, spot foto Rumah Hobbit, taman stroberi, outbound, garden café, dan tempat oleh-oleh. Lokasinya yang berada di area perbukitan Malang membuat suasana di kawasan ini sangat sejuk.

BACA JUGA: Pantai Sukamade Banyuwangi: Lokasi, Pesona, dan HTM

11. Coban Rondo

wisata pujon
Unsplash/Nugroho Winaryo

Rasakan sejuknya air terjun di Coban Rondo. Kalau Sedulur bosan jalan-jalan ke daerah pantai tapi tetap ingin merasakan serunya bermain air, bisa datang ke air terjun Rondo ini. Selain merasakan sejuknya udara di sekitar bukit Sedulur juga bisa menikmati pemandangan hijau yang masih sangat alami.

Di sini juga banyak kegiatan outbound yang bisa Sedulur lakukan seperti flying fox, paintball, bahkan camping di tanah lapang dekat hutan. Akses menuju Coban Rondo juga sangat mudah dijangkau. Beda kan, dengan wisata air terjun lainnya yang biasanya sulit dijangkau.

Bagi rombongan besar yang menggunakan bus, menuju Coban Rondo ini juga bisa dicapai oleh bus. Selama perjalanan menuju coban Rondo pun Sedulur akan disuguhi pemandangan indah yang sayang jika tidak diabadikan.

12. Coban Supit Urang

Berlokasi di Madiredo, Pujon, Coban Supit Urang punya air terjun keren berlatar tebing berbuku-buku yang unik. Jangan sampai tertukar dengan Coban Misteri Supit Urang yang ada di Srigading, Lawang, ya.

Air terjun Coban Supit Urang ini cukup unik dan menarik. Sebab, air terjun ini memiliki latar tebing yang indah. Coban Supit Urang juga terbilang unik karena memiliki dua air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter.

Nah, itu tadi beberapa destinasi wisata yang bisa Sedulur temukan di Pujon. Daerah wisata di Malang ini memang menyimpan banyak sekali potensi, jadi jangan sampai terlewat untuk datang dan berkunjung ke Desa Wisata Pujon ya.

Biar petualanganmu di Malang makin seru, jangan lupa untuk persiapkan perbekalan air minum dan snack. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke seluruh rekomendasi di atas.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!