kampung durian jember

Jember merupakan salah satu daerah penghasil tembakau terbesar di Indonesia. Maka tidak heran jika Jember juga dijuluki sebagai Kota Tembakau. Namun tak hanya tembakaunya saja yang melimpah, Jember juga memiliki berbagai destinasi wisata alam yang indah. Salah satu wisata alam di Jember adalah Wisata Kampung Durian. 

Bagi Sedulur yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan mengunjungi wisata alam sekaligus menikmati lezatnya buah durian, pilihan yang tepat jika mengunjungi Kampung Durian Jember. Wisata Kampung Durian Jember sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama pecinta buah tersebut. 

Wisata ini menjadi salah satu wisata Jember yang memiliki keunikan tersendiri. Karena di sini wisatawan bisa berekreasi sambil kuliner buah durian. Kalau Sedulur ingin berkunjung ke sini, berikut ini informasi lengkapnya.

BACA JUGA: 10 Spot Snorkeling Banyuwangi Paling Worth It, Karangnya Indah!

Sekilas Tentang Kampung Durian Jember

kampung durian jember
Unsplash/Dave Watherall

Di Jember, terdapat banyak pilihan tempat wisata. Mulai dari wisata edukasi hingga wisata alam yang asri. Salah satu tempat wisata yang paling digemari adalah Wisata Kampung Durian Jember. Di sini, buahnya dijamin segar karena langsung dipetik dari pohonnya.

Wisata agro ini dikemas karena potensi yang cukup besar di wilayah tersebut. Baik yang berada di hutan yang dikelola Perhutani maupun di lahan pekarangan milik warga. Ada lebih dari 7.000 pohon durian di pekarangan rumah warga.

Sementara ada sekitar 2.700 yang tumbuh di wilayah hutan. Kampung Durian Pakis ini pun melibatkan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat.  Kampung Durian merupakan salah satu destinasi wisata durian di Jember.

Pada awalnya, tempat ini merupakan perkebunan durian milik warga yang kemudian diubah sebagai tempat wisata dan telah diresmikan oleh Perum Perhutani KPH Jember dan Pemkab Jember pada bulan Maret tahun 2019.

Lokasi dan Rute Menuju Kampung Durian

Destinasi wisata ini berlokasi di Area Hutan, Pakis, Kec. Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Untuk sampai ke lokasi ini, jika berangkat dari pusat kota Jember, perlu berkendara sejauh 25 kilometer atau sekitar 45 menit perjalanan.

Akses jalan ke lokasi wisata ini terbilang cukup bagus dan dapat dilalui berbagai jenis kendaraan. Berikut rute perjalanan yang bisa Sedulur tempuh:

  • Pertama, pengunjung bisa mengambil arah melalui persimpangan Polsek Rambipuji kemudian belok ke arah Desa Rambigundam.
  • Selanjutnya, lurus terus hingga tiba di Pasar Gladak Kudung kemudian dapat belok kiri melewati jembatan dan belok kanan di simpang tiga pertama lalu lurus sampai di Desa Gugut. 
  • Dari Desa Gugut, lurus di simpang tiga pertama dan di simpang tiga huruf Y, ambil kanan dan lurus terus lalu belok kiri.
  • Selanjutnya lurus, ikuti terus jalan sampai tiba di Desa Pakis, nanti akan menemukan pertigaan dengan tanda masjid di tengahnya, lalu belok kanan dan terus lurus hingga sampai di tujuan. 
  • Lokasi parkiran wisata ini berada bersebrangan dan hanya berjarak kurang lebih 10 meter saja dari pintu masuk ke Kampung Durian.

Wisata Kampung Durian Jember tepat bagi Sedulur yang menyukai rekreasi dengan hawa sejuk karena Jember terkenal dengan kondisi dingin seperti di Malang. Wisatawan yang ingin menikmati liburan di alam, sambil menikmati lezatnya kulineran buah durian, pasti puas dan bisa membawa durian untuk oleh-oleh keluarga atau orang terdekat.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Tiket masuk perkampungan durian ini sangat ekonomis bagi berbagai kalangan. Pengunjung hanya perlu membayar tiket kendaraan dan akan ada biaya tambahan jika ingin camping. Berikut informasi selengkapnya:

  • Tiket Masuk: Free/Gratis
  • Parkir Motor Termasuk Orang: Rp5.000
  • Parkir Mobil Termasuk Orang: Rp10.000
  • Sewa Tenda Per Jam: Rp20.000
  • Wahana Flying Fox: Rp15.000
  • Camping: sekitar Rp30.000/Rp60.000/Rp125.000.

Destinasi Wisata Kampung Durian Jember buka setiap hari, mulai pukul 06.00 hingga 22.00 untuk weekday dan pukul 06.00 hingga 23.00 WIB untuk weekend. Jangan lupa, datang sekitar bulan Januari dan Juli untuk waktu terbaik saat ingin datang ke sini.

BACA JUGA: Pantai Bandealit Jember: Lokasi, Harga Tiket, dan Pesonanya

Daya Tarik dan Aktivitas Seru di Kampung Durian

kampung durian jember
Unsplash/Jim Teo

Sebagaimana nama yang disematkan pada destinasi wisata ini, durian merupakan daya tarik utama bagi para pengunjung. Ada berbagai jenis durian di Kampung Wisata Durian seperti durian montong, musang, king dan lain sebagainya.

Jika beruntung, Sedulur juga bisa menyaksikan proses memanen durian lho! Berikut ini daya tarik dan aktivitas seru yang bisa Sedulur nikmati.

1. Pemandangan yang Asri

Kampung Durian Jember terletak di daerah perbukitan yang dikelilingi oleh pemandangan yang indah dan udara yang segar. Desa ini terkenal dengan kebun duriannya yang menghasilkan buah berkualitas tinggi serta keindahan wisatanya yang menakjubkan.

Destinasi Kampung Durian menawarkan pemandangan hijau yang sangat indah dan masih alami. Nuansa pedesaan di lokasi ini sangat terasa hingga menyejukkan pikiran. Tempat ini sangat cocok bagi yang menyukai view hutan. 

2. Sungai yang Jernih

Di Kampung Durian Jember ada juga wisata air yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Terdapat sungai dengan air jernih yang mata airnya langsung turun dari pegunungan. Sungai ini juga sangat aman bagi anak-anak karena airnya yang hanya setinggi lutut.

Sebagai catatan, para orangtua harus tetap mengawasi anak-anaknya ketika bermain di sungai, karena arus yang lumayan deras.

3. Tempat Durian dengan Harga Murah

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menawarkan berbagai jenis durian yang lebih murah. Bagi pengunjung yang pandai menawar pasti bisa mendapatkan harga terbaik dan durian yang enak.

Untuk harganya, tergantung besar kecilnya buah durian. Buah durian merupakan buah musiman, jadi bagi yang ingin merasakan buah durian dengan suasana yang lebih ramai pengunjung, bisa mengunjungi waktu musim durian, yaitu sekitar bulan Januari dan Juli.

4. Spot Foto yang Instagramable

Selain itu, juga terdapat banyak spot foto yang menarik dan Instagramable. Pihak pengelola bahkan menyediakan berbagai dekorasi cantik untuk membantu para pengunjung yang ingin mengambil gambar yang estetik. Wisatawan yang suka fotografi, tentu menyukai spot foto alami yang disajikan berlatar pepohonan dan sungai.

5. Camping 

Selain indahnya suasana, masih ada banyak hal yang bisa dinikmati di Kampung Durian, seperti melakukan aktivitas camping. Pengunjung bisa memilih ingin camping ala riverside. Area camping ini terdapat di dekat sungai yang airnya sangat jernih dan sejuk. Pengelola objek wisata ini, secara resmi menawarkan wisatawan yang ingin camping dengan fasilitas yang sudah disediakan. 

6. Piknik

Tempat wisata ini menyajikan suasana yang sejuk dan rindang, sehingga cocok untuk lokasi piknik atau sekadar duduk santai. Konsep dengan rerumputan hijau di pinggir sungai, menjadikan wisata ini menjadi berbeda dengan wisata lain. Pengunjung bisa membawa bekal dan alas duduk sendiri misalnya tikar, kain, atau karpet untuk piknik bersama teman atau keluarga. 

7. Menjelajah dan Petik Buah Durian

Di Kampung Durian, masyarakat bisa membeli durian dari petani langsung atau berwisata petik durian. Di sepanjang jalan menuju Kampung Durian, hampir setiap rumah penduduk yang berada di pinggir jalan, pasti memajang durian untuk dijual ke pengunjung. Mulai dari durian musang king, montong, sampai durian lokal lainnya, semuanya ada.

8. Wahana Flying fox

Liburan di Wisata Kampung Durian semakin menyenangkan karena adanya wahana flying fox. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana meluncur sambil duduk di kursi yang terbuat dari rotan. Anak kecil yang ingin menikmati wahananya harus bersama orang dewasa.

9. Kegiatan Outbound

Pengunjung juga bisa menikmati rimbunnya pepohonan yang indah dan sejuk di area Perhutani dengan melakukan jogging, serta kegiatan outbound yang seru maupun menguji adrenalin melalui arena motor trail.

10. Berenang

Kesegaran sungai dengan air khas pegunungan dapat dirasakan saat menceburkan diri dan berendam di pemandian. Setelahnya, para pengunjung bisa menikmati buah durian dengan nikmat.

BACA JUGA: Kampung Coklat Blitar: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Tips Berkunjung ke Kampung Durian

kampung durian jember
Unsplash/Jonny Clow

Jika Sedulur tertarik untuk mengunjungi destinasi Wisata Kampung Durian, sebaiknya Sedulur juga memperhatikan beberapa tips berikut ini. Dengan begitu Sedulur bisa berwisata dengan nyaman.

  • Kampung Durian merupakan wisata outdoor, jadi datang saat cuaca cerah akan membuatmu nyaman berada di tempat ini. 
  • Bawalah tikar untuk alas duduk atau alas piknik dari rumah, karena saat weekend tempat duduk yang disediakan biasanya akan penuh. 
  • Bawa baju ganti jika Sedulur ingin bermain air di tempat ini. 
  • Sebaiknya Sedulur membawa jaket atau selimut yang tebal jika memutuskan untuk camping di Kampung Durian. 
  • Bila Sedulur ingin mencicipi berbagai jenis buah durian, maka Sedulur bisa datang ke tempat ini pada bulan Februari hingga April. 
  • Gunakanlah pakaian serta alas kaki yang nyaman dan tahan air. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen terbaikmu di tempat ini.

Itulah tadi informasi mengenai Kampung Durian Jember. Wisatawan juga tak perlu khawatir karena fasilitas wisata di sini sudah termasuk lengkap, dengan lahan parkir yang luas. Selain itu, ada pula mushola untuk beribadah, warung sederhana, penginapan, dan toilet umum yang bersih bagi pengunjung.