hawai waterpark

Malang sering menjadi tujuan wisata masyarakat di Jawa Timur maupun luar daerah. Didominasi oleh banyak tempat wisata, Malang selalu berhasil menarik perhatian wisatawan. Salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke kota ini adalah Hawai Waterpark. 

Sejuknya udara Malang berpadu dengan wahana air di Hawai Waterpark menjadi daya tarik tersendiri saat musim kemarau. Tak heran, kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tempat wisata Jawa Timur ini adalah salah satu taman air terbaik di Indonesia.

Dibangun di atas lahan seluas 28 ribu meter persegi, Hawai Waterpark  memiliki beragam wahana air dan wahana kering dengan sistem keamanan tinggi serta lifeguard  bersertifikat internasional. Beberapa wahana yang banyak dikenal masyarakat antara lain Kolam Ombak Tsunami dengan ombak tertinggi di Indonesia.

Jika Sedulur ingin berkunjung ke sini, tentu harus tahu informasi lengkapnya seputar tiket, lokasi, wahana, dan lainnya sebagainya. Untuk itu simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Wisata Water Park Lumajang: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Sekilas Tentang Hawai Waterpark

hawai waterpark
Unsplash/April Walker

Wahana Hawai Waterpark dikelola oleh Hawai Group. Tempat wisata berstandar internasional ini memiliki berbagai jenis atraksi dengan waterpark, taman bermain indoor, wisata malam hingga Museum Ganesya. Selain itu, Hawai Group menerima sertifikat CHSE, yaitu Clean, Health, Safety & Environment. 

Dengan demikian, kualitas kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan terjamin di kawasan ini. Hawaii Waterpark memiliki setidaknya 12 wahana air untuk dicoba. Segala usia dapat menikmatinya tanpa biaya tambahan.

Salah satu favorit yang sering dikunjungi adalah Waikiki Beach. Wahana ini merupakan perjalanan penuh tantangan yang menawarkan pengalaman menerjang ombak setinggi tiga meter. Keamanan wahana ini sudah tidak perlu diragukan lagi, karena akan dijaga oleh lifeguard berpengalaman.

Selain berbagai macam wahana, spot foto menarik bisa dengan mudah kita temukan di setiap sudut waterpark. Pengunjung juga bisa mencetak foto juga di photobooth corner. Bagi pengunjung yang lapar setelah bermain, jangan khawatir. Terdapat food court dengan menu bervariasi.

Lokasi Hawai Waterpark

Hawai Waterpark berada di lokasi yang strategis dan mudah untuk dijangkau. Tepatnya berada di Jl. Graha Kencana Utara V, Karanglo, Banjararum, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Lokasinya ini berada di tengah wilayah administrasi kabupaten kota Malang. Dekat juga dengan perbatasan kota Malang, Gerbang Tol Singosari, dan terminal Arjosari. Jadi tempat wisata populer ini bisa diakses dengan mudah, baik itu dari bandara, stasiun, terminal, atau dari pusat kota.

Rute Menuju Hawai Waterpark

Rute ke Hawai Waterpark sangat mudah dijangkau karena terletak di sepanjang jalan utama. Sedulur bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum untuk mencapai tempat wisata ini. Jika dari Surabaya, Sedulur tinggal belok kanan saat sampai di pertigaan Jalan Karanglo.

Setelah itu ambil jalan langsung menuju Komplek Perumahan Graha Kencana. Sekitar 1 km jauhnya terdapat bangunan mirip kastil yang menjadi pintu masuk objek wisata Hawai Waterpark.

Jika Sedulur dari Terminal Arjosari Malang, Sedulur bisa naik kereta api kode KA Jurusan Arjosari-Karangploso atau LA rute Arjosari-Lawang. Kemudian meminta untuk turun di objek wisata Hawai Waterpark.

Sementara itu, Sedulur dapat mencapainya dari Stasiun Malang dengan angkutan kode ADL tujuan Landungsari-Dinoyo-Arjosari atau angkutan umum tujuan Landungsari-Arjosari. Lalu turun di pertigaan Polowijen Arjosari. Setelah itu naik angkutan kode KA atau kode LA dan turun di seberang objek wisata waterpark.

Harga Tiket Hawai Waterpark

Tiket Hawai Waterpark bisa dibeli secara offline di loket Hawai Waterpark dan juga bisa online. Untuk membeli tiket secara online, Sedulur perlu memperhatikan langkahnya di bawah ini:

  • Buka situs www.hawaigroup.id/tiket
  • Klik Pilihan Tiket Hawai Waterpark
  • Pilih dan beli tiket yang Sedulur inginkan
  • Isi kolom tanggal kunjungan dan jumlah tiket
  • Klik notifikasi pembayaran di sebelah kanan atas
  • Isi data diri calon pengunjung dan klik ‘menyetujui’ pada kolom syarat dan ketentuan
  • Lakukan pembayaran via metode yang Sedulur inginkan
  • Selesai membayar, informasi e-ticket akan dikirimkan ke email kamu.

Sementara itu jika Sedulur yang ingin berkunjung ke Hawai Waterpark, wajib membayar tiket masuk kendaraan atau parkir masuk ke wisata. Berikut informasinya:

Tarif tiket masuk kendaraan:

  • Tiket Kendaraan Mobil: Rp10 ribu
  • Tiket Kendaraan Motor: Rp5 ribu
  • Tiket Kendaraan Bus: Rp10 ribu

Kemudian harga tiket masuk dibagi menjadi beberapa bagian, yakni weekday dan weekend. Lalu tinggi badan diatas 85 cm dikenakan tiket penuh. Lansia di atas 60 tahun gratis. Berikut informasi lengkapnya:

Tiket Weekday Reguler Hawai Waterpark

  • Tiket Masuk: Rp85 ribu per orang.

Tiket Weekend Reguler Hawai Waterpark

  • Tiket Masuk: Rp110 ribu per orang

Jam Operasional Hawai Waterpark

Bagi yang ingin menghabiskan liburan dengan bermain air, berwisata ke Hawai Waterpark bisa menjadi pilihan yang sangat menyenangkan. Namun seperti tempat wisata lainnya yang sangat ramai pada musim liburan dan akhir pekan.

Ada baiknya jika Sedulur ingin lebih leluasa bermain di sini, datanglah pada hari biasa atau bisa juga datang pada pagi hari karena udara masih segar dan kawasan wisata juga tidak begitu ramai. Berikut jam operasionalnya:

  • Senin–Jumat: 10.00–16.00 WIB
  • Sabtu-Minggu: 08.00–17.00 WIB
  • Hari Libur Nasional: 08.00–17.00 WIB

BACA JUGA: Suncity Waterpark Sidoarjo: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Peraturan Hawai Waterpark

kolam renang sidoarjo
Unsplash/Markus Krisetya

Setiap tempat wisata mempunyai aturan tersendiri agar tempat tersebut aman dan nyaman bagi pengunjung. Salah satu objek wisata yang juga memiliki aturan tersendiri bagi pengunjungnya tentu saja adalah Hawaii Waterpark. Berikut diantaranya:

1. Dilarang bawa makanan dan minuman dari luar

Hal ini untuk menjaga kebersihan area dalam, mengingat sampah yang tersebar di mana-mana dapat menimbulkan kolam menjadi kotor. Namun pengunjung dapat meninggalkan makanan atau bekal di lobi.

Jika Sedulur lapar dan ingin makan siang, Sedulur bisa mengambilnya di lobi. Kemudian Sedulur akan diarahkan untuk keluar sementara dan petugas memberi stempel agar Sedulur bisa masuk kembali.

2. Dilarang membawa senjata tajam dan narkoba

Sangat jelas bahwa warga Hawaians tidak diperbolehkan membawa senjata tajam atau obat-obatan terlarang ketika memasuki area manapun di Hawai Group Malang. Sedulur akan melewati pemeriksaan tas.

3. Tidak boleh bawa peliharaan

Nah, yang ketiga juga tak kalah penting. Jika Sedulur akan berlibur ke salah satu kawasan Hawai Group Malang, pastikan tidak membawa hewan peliharaan. Pasalnya, selain kebersihan, kami tidak menyediakan tempat berlindung bagi hewan-hewan tersebut.

4. Dilarang mengoperasikan drone

Selain pertimbangan privasi dan kenyamanan pengunjung lain, hal terpenting lain adalah keamanan perangkat kamu. Itu sebabnya lebih baik terbang ke tempat lain.

5. Tiket penuh untuk anak di atas 85 cm

Jika anak memiliki tinggi badan di atas 85 cm, orangtuanya harus membelikan tiket masuk untuk anak tersebut. Namun khusus di Malang Smart Arena, anak-anak dengan tinggi badan di bawah 85 cm juga dikenakan biaya.

BACA JUGA: 10+ Tempat Kolam Renang di Sidoarjo, Cocok untuk Liburan

Wahana Hawai Waterpark

umbul bening banyuwangi
Unsplash/Action Crawford

Sebelum bermain ke wahana air di Hawai Waterpark Malang, sebaiknya Sedulur mengetahui terlebih dahulu wahana apa saja yang ada. Dengan begitu Sedulur bisa memutuskan wahana apa yang ingin Sedulur coba selama berada di sana. 

Semua wahana yang tersedia juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan dan penjagaan yang profesional, sehingga Sedulur dapat bermain sesuka hati tanpa rasa khawatir. Namun, anak harus selalu dalam pengawasan orangtua. Berikut di antaranya:

1. Waikiki Beach

Kolam Tsunami atau Waikiki Beach adalah kolam dengan ombak buatan pertama di Indonesia. Ombaknya bahkan disebut-sebut mirip yang ada di Hawaii. Terdapat tingkat gelombang yang dapat dipilih yaitu Tsunami Anak, Tsunami Normal, dan Tsunami Cano.

2. Jet Coaster Slide

Seluncuran air tertinggi di Indonesia ini memiliki lampu LED di setiap seluncurannya sehingga orang yang lewat dapat melihat warna-warna unik yang tercipta dari lampu LED tersebut.

3. Hawai Waterhouse

Atraksi ini merupakan taman bermain anak terbesar kelima di Asia karena menawarkan seluncuran air paling sempurna untuk dinikmati semua usia. Di dalamnya terdapat dua tangki air, enam perosotan, air mancur, permainan dan dekorasi menarik.

4. Waimea Stream River

Waimea Stream River merupakan kolam dengan arus panjang 500 meter, lebar 4 meter, dan kedalaman 0,9 meter. Wahana ini meliputi Goa Windy Stormy sepanjang 45m, Ombak Arung Jeram, dan Raining Gallery.

5. Wailele Extreme Slide

Wailele Extreme Slide merupakan perosotan yang sangat curam. Wahana ini merupakan salah satu wahana ekstrem dengan panjang 80 meter dan tinggi 15 meter.

6. Hula Slide

Merupakan wahana seluncuran dengan bentuk berkelok-kelok dan panjang sekitar 140 meter serta lebar 1,3 meter. Wahana ini punya beberapa tikungan tajam yang pastinya bisa memacu adrenalin.

7. Rainbow Fall

Salah satu wahana seluncur yang harus Sedulur coba. Wahana ini punya 6 lajur slide balap dengan bentuk tertutup dan terbuka. Lalu ketinggian masing-masing 15 meter.

8. Ekolu Slide

Wahana Ekolu punya tiga slide balap seluncur air dengan ketinggian ekstrim 23 meter. Wahana ini bisa dinikmati dengan atau tanpa papan seluncur.

9. Mavi Island

Mavi Island merupakan wahana air yang didesain untuk anak-anak. Wahana ini berupa kolam renang air mancur dengan berbagai macam karakter dan warna yang menarik.

10. Akaolu Pool

Kolam renang dengan kedalaman sekitar 1,7 meter ini dikhususkan untuk remaja dan dewasa. Jika anak-anak ingin mencoba harus didampingi orang tua dan wajib menggunakan alat pelindung.

11. Boomerang Slide

Adalah wahana seluncur air dengan lajur berputar yang membuat Sedulur berputar putar seperti bumerang. Wahana ini bisa dinikmati dua orang sekaligus menggunakan ban dobel.

12. Tornado Slide

Wahana ini berupa seluncur air dengan efek layaknya angin tornado yang memacu adrenalin. Wahana ini dapat dicoba siapa saja tanpa batasan umur.

13. Mega Water Bounce

Merupakan kolam angin jumbo dengan ragam bentuk dan rintangan. Wahana ini baru dibuka pada Desember 2022 dan hanya tersedia selama periode high season saja.

Fasilitas di Hawai Waterpark

Hawai Waterpark juga menyediakan fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang tersedia juga lengkap. Jadi, Sedulur tak perlu khawatir. Ada apa saja? Simak di bawah ini.

  • Parkiran luas yang muat ratusan kendaraan roda empat dan dua.
  • Drink court dengan berbagai macam minuman dan snack.
  • Mushola dan toilet yang semuanya tersebar di area park.
  • Food court dengan berbagai macam menu makanan.
  • Akses kursi roda tersedia di all area sehingga mempermudah perjalanan.
  • Ruang medis, tenaga medis, dan ambulans selalu siap dalam situasi darurat.

Itulah tadi seputar informasi wisata Hawai Waterpark yang perlu Sedulur tahu. Apakah Sedulur tertarik ke sini? Tentu menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu senggangmu bersama keluarga atau orang terdekat. Selamat berwisata!