gussari goa pinus pujon

Tempat wisata alam Malang memang terkenal tidak ada habisnya. Pilihannya begitu beragam. Salah satunya ialah wisata alam Goa Pinus Malang. Jika Sedulur sedang sedang mencari spot wisata kekinian, maka lokasi ini menjadi salah satu rekomendasi yang tepat untuk kalian kunjungi.

Goa Pinus Malang atau Gussari Goa Pinus Pujon ini sebenarnya hanya memiliki panjang kedalaman 5 meter. Tapi meski begitu, goa ini menawarkan pemandangan alam sekitar yang begitu luar biasa dan memanjakan mata. Kalau Sedulur tertarik wisata yang memiliki objek foto yang menarik, wisata alam Malang ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Objek wisata ini sudah cukup terkenal, terutama di kalangan warga lokal dan sekitarnya. Lalu, seperti apa daya tarik dari tempat ini, dan apa saja fasilitasnya? Buat Sedulur yang penasaran, berikut ulasan lengkap mengenai wisata alam Gussari Goa Pinus Pujon Malang.

BACA JUGA: Kebun Raya Mangrove Surabaya: Jam Buka, dan Harga Tiket

Tentang Gussari Goa Pinus Pujon

gussari goa pinus pujon
Unsplash/Nuril Ahsan

Goa Pinus Pujon merupakan tempat wisata yang kini menjadi salah satu tujuan untuk mencari spot foto yang kekinian di Batu Malang. Tempat wisata ini juga dekat dengan wisata omah kayu dan juga wisata paralayang Batu. Dinamakan sebagai Goa Pinus karena lokasinya yang berada di perbukitan yang ditumbuhi oleh tanaman pinus.

Walau disebut goa, namun ukurannya sebenarnya sangat kecil yakni hanya memiliki kedalaman 5 meter dan ukuran mulut gua dengan ketinggian 1,5 meteran. Jadi, untuk dapat memasukinya pun Sedulur harus menunduk.

Di dalam goa tidak terdapat stalagmit maupun stalagtit seperti goa pada umumnya. Namun hanya bongkahan batuan berpasir saja karena dulunya merupakan daerah bekas penambangan pasir yang dilakukan pada masa penjajahan Jepang.

Tampilan goa sendiri saat ini begitu unik karena telah diberi serangkaian hiasan di bagian depannya. Lalu, di bagian atas gua telah dibuat taman bunga yang begitu menarik perhatian untuk dijadikan spot berfoto-foto. Tempat ini langsung populer berkat adanya beberapa spot foto instagramable yang berpadu dengan view alam Batu yang sejuk.

Beragam spot wisata menarik dapat kalian temukan di Goa Pinus ini, diantaranya yaitu rumah Papua, Gardu Pandang, Batu tepi jurang, perahu tepi jurang, rumah hobbit, dan masih banyak lagi, dari waktu ke waktu, spot wisata yang ada terus diperbarui sehingga lebih bervariatif dan juga menarik.

Pemandangan dari atas bukit sendiri sangatlah indah. Kalian bisa melihat hamparan hutan pinus di sekelilingnya serta hamparan persawahan di bawahnya. Pihak pengelola pun telah menyediakan gardu pandang sehingga kalian dapat menikmatinya dengan lebih leluasa.

Kini, tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar daerah. Bahkan telah masuk dalam rekomendasi tempat wisata favorit dalam daftar paket wisata Malang Batu di sejumlah tour organizer. Kemudian bila memandang ke luar, view alamnya sungguh elok, asri, dan sejuk.

BACA JUGA: Pantai Teluk Asmara Malang: Daya Tarik, Lokasi, Rute, dan HTM

Lokasi Goa Pinus Pujon

gussari goa pinus pujon
Unsplash/Mats Hagwall

Alamat Goa Pinuѕ Pujon ini berada di Gang Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Satu-satunya transportasi umum yang dapat menjangkau lokasi ini adalah ojek milik masyarakat setempat. 

Namun untuk perjalanan yang lebih nyaman, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, bisa sepeda motor atau mobil. Karena berada di dataran tinggi, maka suasananya sangat sejuk dan dingin sehingga kalian harus siap pakaian tebal saat berencana untuk berkunjung.

Rute Menuju Goa Pinus Pujon

Tempat wisata ini cukup dekat dengan beberapa destinasi wisata menarik lainnya. Di antaranya ada Wisata Goa Pandawa, Taman Langit Gunung Banyak, Wisata Payung Batu, Flora Wisata Santerra de Laponte, Bukit Bintang, dan banyak lagi. Dari pusat kota Batu, jaraknya tak terlalu jauh hanya 8 km. Berikut ini rute yang dapat Sedulur lalui:

  • Dari Alun-Alun Kota Wisata Batu, ambil Jl Gajah Mada
  • Masuk ke Jl Sudiro lalu teruskan ke Jl Panglima Sudirman.
  • Teruskan menuju Jl Trunojoyyo lalu belok kanan ke Jl Raya Songgoriti.
  • Belok kanan untuk tetap berada di Jl Songgoriti.
  • Belok kiri menuju Jl Rajek Wesi.
  • Lanjutkan belok kanan lalu ikuti terus jalur tersebut sampai di lokasi.

Perlu kalian tahu, jalan menuju Goa Pinus Batu sudah cukup bagus dan dapat dilalui oleh motor maupun mobil. Jalannya memang agak menanjak, tapi tidak terlalu ekstrem. Sedulur pun bisa mengakses lokasi lewat Google Maps.

Jam Operasional Goa Pinus Pujon

Kawasan wisata hutan pinus ini dapat dikunjungi setiap hari karena buka setiap hari, termasuk saat sedang libur nasional. Untuk jam operasionalnya sendiri, kurang lebih sama dengan sebagian besar objek wisata lainnya. Tepatnya, jam buka Goa Pinus Pujon ini adalah dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam 17.30 WIB. 

Malam harinya, Sedulur dan rombongan keluarga atau sahabat bisa meneruskan trip ke destinasi wisata malam kota Batu. Sekaligus cicip kuliner enak di sentra-sentra wisata kuliner Malang Batu yang legendaris dan terkenal.

HTM atau Harga Tiket Masuk Goa Pinus Pujon

Liburan di kawasan wisata hutan pinus yang satu ini tidak mahal. Harga tiket masuk Goa Pinus Malang per orangnya masih relatif terjangkau. Nantinya per spot foto juga akan ada biayanya sendiri. Demikian juga dengan biaya parkir kendaraan. Untuk informasi tiket masuk dan biaya lainnya, bisa Sedulur lihat pada di bawah ini:

  • Tiket Masuk Wisata: Rp10.000,00 per orang
  • Lego Spot: Rp10.000,00 per orang
  • Rumah Papua: Rp10.000,00 per orang
  • Parkir Kendaraan: Rp5.000,00-Rp10.000,00 per kendaraan

Harga tiketnya yang murah memungkinkan Sedulur untuk menghemat budget liburan. Budget tersebut nantinya bisa Sedulur gunakan untuk kebutuhan liburan lainnya. Misalnya beli oleh-oleh atau wisata kuliner.

BACA JUGA: Pantai Boom Banyuwangi: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiketnya

Fasilitas Umum Goa Pinus Pujon

Unsplash/Harli Marten

Untuk fasilitas umum di lokasi wisata ini memang masih terus ditingkatkan. Sedulur hanya bisa mengakses toilet umum serta halaman parkir yang tidak begitu luas. Tapi meskipun begitu, Sedulur akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan udara yang begitu sejuk. Untuk itu, berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Cafe
  • Spot foto
  • Warung wisata

Daya Tarik Goa Pinus Pujon

Goa Pinus ini merupakan goa peninggalan Jepang. Sesuai namanya, kawasan ini terdapat banyak pohon pinus yang menjadikan kawasan wisata indah dan rindang. Selain itu, Goa Pinus berada di kawasan perbukitan sehingga cuacanya sangat sejuk. Pohon-pohon pinus tersebut dilengkapi dengan area foto yang instagramable.

Pengelola menyediakan beberapa spot foto selain pohon pinus yang menjulang tinggi, seperti gazebo akar, rumah Papua, perahu melayang, balon udara, sangkar lingkaran, dan berbagai spot foto lainnya.

Lokasi wisata yang berada di perbukitan menjadikan panorama sekitar dapat menjadi spot foto yang indah. Berikut ini beberapa pesona Goa Pinus Pujon yang bisa Sedulur nikmati.

1. Spot foto instagramable

Goa Jepang, gardu pandang, dan view alam hanya sebagian kecil daya tarik yang ada di objek wisata ini. Masih ada sejumlah daya tarik wisata menarik lainnya yang wajib Sedulur datangi. Sebut saja contohnya spot foto yang jumlahnya ada beberapa dengan ide kreatif dan tema yang berbeda.

Semua spot foto di sini unik dan pastinya instagramable sama seperti spot foto kekinian. Misalnya saja spot foto perahu dari kayu dan bambu. Lalu ada spot foto balon udara warna-warni. 

Kemudian ada Lego Spot yang digadang-gadang sebagai spot foto paling favorit. Tak ketinggalan ada Rumah Hobbit dan sangkar burung. Semua menawarkan view alam hijau terbuka khas hutan pinus.

2. Suasana alam yang asri

Tempat wisata ini terletak di dataran tinggi dan memiliki suasana alam yang asri dan sejuk. Lingkungannya bersih dan rindang karena banyaknya pepohonan. Tak hanya itu, pemandangan alam di bawahnya juga indah, di mana terlihat bukit-bukit hijau lengkap dengan area hutannya.

Di salah satu sisinya, tampak sebuah gunung yang terlihat gagah. Gunung tersebut adalah Gunung Arjuno Jawa Timur.  Pemandangan alam yang menakjubkan ini tentu mengundang banyak wisatawan, terutama wisatawan dari kota.

Sedulur bisa menikmati dan menghirup udara bersih tanpa polusi. Sedulur juga akan rasakan suasana sejuk dan aroma daun segar dari ratusan pohon pinus yang tumbuh di area wisata ini.

3. Sisa-sisa Goa Jepang

Goa ini sudah ada sejak penjajahan Jepang. Sedulur dapat memasuki area dalam goa yang sedikit gelap. Tapi Sedulur tak perlu membawa penerangan apa pun karena area dalam goa masih bisa cukup terlihat karena terkena pantulan sinar matahari dari luar.

Saat memasukinya, mungkin akan timbul kengerian tersendiri. Akan tetapi, hal ini justru yang menarik karena Sedulur seolah sedang berada di masa di mana goa ini masih berfungsi.

4. Gardu pandang

Lokasi wisata ini memiliki beberapa sudut pandang. Sangat menarik dilihat dari ketinggian karena lebih leluasa melihat view sekitar tanpa ada yang menghalangi pandangan. Seolah sedang terbang bebas menggunakan paralayang yang biasa ditawarkan di Paralayang Batu.

Dari gardu pandang ini, Sedulur dapat memandangi hamparan sawah, pegunungan, hutan, dan bukit dengan jelas. Gardu pandang ini juga kerap jadi spot foto bagi pengunjung yang ingin pamerkan view alam yang asri yang menjadi latarnya.

5. Rumah Papua

Rumah Papua menjadi daya tarik populer pengunjung. Di area ini juga terdapat cafe yang memiliki berbagai menu makanan dan minuman. Cafe ini sangat nyaman dan memberikan keindahan alam.

Untuk memasuki area Rumah Papua, Sedulur harus membayar HTM yang terjangkau. Dengan menunjukan tiket tersebut, nantinya Sedulur akan mendapatkan segelas susu sapi segar gratis.

6. Taman kelinci

Taman Kelinci merupakan area khusus yang berisi puluhan ekor kelinci. Tempat ini sangat ramai oleh kedatangan anak-anak yang ingin melihat dan bermain dengan kelinci-kelinci lucu.

Selain bermain, anak-anak juga dapat belajar dengan cara menyenangkan seputar kelinci, mulai dari habitat sampai makanannya. Di taman ini juga ada sebuah taman bunga cantik seperti taman di wisata Batu Love Garden.

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai Gussari Goa Pinus Pujon. Wisata alam Malang ini terletak di Gang Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Goa Pinus Pujon merupakan tempat wisata yang instagramable.

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini kebanyakan adalah kalangan milenial yang eksis dengan media sosial. Tapi orang lain pun juga bisa dinikmati suasana di lokasi ini. Selamat berwisata!