cwie mie malang

Cwie Mie adalah hidangan dari olahan mie yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Jika dilihat secara sekilas, hidangan ini mirip seperti mie ayam dan mie pangsit. Namun ternyata keduanya berbeda, dimana Cwie Mie Malang biasanya disajikan dengan taburan ayam cincang, lengkap dengan sawi dan daun selada.

Citarasa bumbu mie dan kuah yang dimilikinya, cenderung lebih gurih karena disajikan tanpa penambahan kecap manis. Rasa gurih ini sendiri berasal dari perpaduan antara bawang putih cincang, seledri, kaldu rebusan ayam, serta daun bawang.

Jadi jika Sedulur mempunyai rencana untuk berlibur ke Malang, jangan lupa untuk mencicipi hidangan khas yang satu ini.

BACA JUGA: 10+ Kuliner Malam Blitar yang Wajib Dicoba, Murah dan Enak!

Cwie Mie Malang

cwie mie malang
Unsplash/Aditya Romansa

Mungkin di sini masih ada yang belum jelas mengenai apa itu Cwie Mie. Jadi, Cwie Mie Malang adalah hidangan mie khas yang berasal dari Kota Malang. Hidangan ini terdiri dari mie yang direbus dan disajikan dengan berbagai macam bahan tambahan dan kuah khas.

Salah satu ciri khas dari Cwie Mie Malang adalah penggunaan kuah yang kental dan berwarna coklat gelap, yang terbuat dari campuran bumbu rempah-rempah, daging cincang, dan bisa juga ditambah dengan telur ayam.

Mie yang digunakan biasanya berjenis mie basah atau mie kuning, yang memberikan rasa kenyal dan gurih pada hidangan. Selain itu, Cwie Mie Malang juga disajikan dengan tambahan seperti pangsit goreng, daging sapi rebus atau panggang, potongan daun bawang, dan irisan tomat.

Beberapa tempat penyajian bahkan juga menambahkan potongan bakso atau pangsit rebus sebagai pelengkap dari hidangan tersebut.

BACA JUGA: Resep Lontong Mie Surabaya yang Lezat dan Melegenda

Rekomendasi Kedai Cwie Mie Malang

Nah, apabila masih bingung dimana untuk mencarinya, berikut beberapa rekomendasi kedai Cwie Mie Malang yang dapat dikunjungi!

1. Hot Cui Mie

cwie mie malang
Unsplash/Jeeray Tang

Hot Cui Mie kini telah memiliki beberapa cabang di Malang, membuatnya dikenal banyak orang. Tidak usah khawatir, tempat makan ini sudah dipastikan kehalalannya. Di sini, Sedulur akan menemukan Sajian Cwie Mie yang dipadukan dengan kerupuk pangsit lebar.

Kemudian soal harga, tentu saja harga dari setiap menu yang dihidangkan cukup terjangkau. Bahkan pada event-event tertentu, kedai ini juga sering mengadakan promo dan diskon yang sangat menarik.

  • Alamat: Jalan Kawi No. 20, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 21.00 WIB

2. Depot Pangsit Mie Bromo Pojok

Rekomendasi yang berikutnya adalah Depot Pangsit Mie Bromo Pojok, yang juga bisa dipastikan menyajikan sajian Cwie Mie yang halal. Kedai makan yang satu ini menyediakan hidangan Cwie Mie yang sedikit berbeda, yakni dengan topping jamur shitake.

  • Alamat: Jalan Patimura No. 53, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 18.00 WIB

3. Mie Kudusan

Tempat makan Cwie Mie di Malang yang wajib untuk dicoba selanjutnya adalah Mie Kudusan. Ada dua cabang dari Mie Kudusan, yang mana membuktikan bahwa kedai ini telah dipercaya oleh banyak orang sampai membuka cabang baru.

Berbagai jenis sajian Cwie Mie dengan topping unik bisa Sedulur temukan di sini. Mulai dari ayam Szechuan, pangsit swekiau, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Alamat: Jalan Letjen S. Parman No. 101, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 21.00 WIB

4. Pangsit Mie Pak Ri

Bagi Sedulur yang ada di daerah Klojen dan sekitarnya, tentu saja sudah tidak asing dengan kedai Cwie Mie yang bernama Pangsit Mie Pak Ri. Ciri khas dari sajian Cwie Mie yang ada di tempat ini, yaitu ada pada porsinya yang besar dengan tambahan topping unik seperti ati ampela.

  • Alamat: Jalan Simpang Wilis Indah No. 35, Sumberjo, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 19.00 WIB

5. Cwie Mie Kedai Sutoyo

Cwie Mie Kedai Sutoyo mungkin menjadi kedai Cwie Mie Malang yang berbeda dari kedai lainnya. Bagi para pecinta makanan pedas, tempat makan yang satu ini tentu saja sangat cocok untuk dikunjungi. Di sini, Sedulur dapat menentukan sendiri tingkat kepedasan yang diinginkan.

Mulai dari level 1 sampai level 5, setiap level menghadirkan tingkat kepedasan masing-masing. Jika Sedulur suka tantangan, maka bisa memilih level yang paling tinggi.

  • Alamat: Jalan Letjen Sutoyo No. 41A, Lowokwaru, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 12.00 WIB

6. Pangsit Mie Tan

Pangsit Mie Tan menjadi kedai berikutnya yang dapat kunjungi untuk menikmati Cwie Mie. Mi yang disajikan di kedai ini merupakan mie homemade alias dibuat sendiri. Dengan begitu, mi tersebut memiliki ciri khas ukurannya yang lebih kecil dan terasa halus saat berada di mulut.

  • Alamat: Jalan J.A. Suprapto II No. 34, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 07.00 – 12.00 WIB

7. Depot Mie Gadjah Mada

cwie mie malang
Unsplash/Calvin Hanson

Depot Mie Gadjah Mada merupakan kedai Cwie Mie Malang, yang buka setiap hari dan terbagi dalam dua sesi, yakni pagi sampai siang hari, kemudian buka lagi sore sampai malam hari. Ciri khas hidangan Cwie Mie yang ada di sini, yakni menawarkan topping aneka bakso.

Mulai dari bakso sapi, bakso ayam, bakso ikan kakap, dan masih banyak lagi. Bagi yang suka bakso, tentu wajib berkunjung ke kedai ini.

  • Alamat: Jalan Pasar Besar No. 17A, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 14.00 WIB, Pukul 17.00 – 20.00

8. Cwie Mie Malang Gang Djangkrik

Cwie Mie Malang Gang Djangkrik merupakan salah satu kedai Cwie Mie Malang yang juga terkenal. Namun bagi Sedulur yang Muslim tidak disarankan untuk ke sini, karena Cwie Mie di sini disajikan dengan tambahan topping dari olahan B2 seperti babi merah atau babi panggang.

  • Alamat: Jalan Letjen Sutoyo, No. 136, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 08.00 – 21.00 WIB

9. Pangsit Mie Dempo

Jika dari segi rasa, pangsit mie yang ada di lapak kaki lima deretan depan SMA Katolik St. Albertus ini sebenarnya seperti pada umumnya. Hanya saja, nilai nostalgia yang dimilikinya membuat banyak orang menyukai kedai Pangsit Mie Dempo ini.

  • Alamat: Kakilima Dempo, Jalan Gede, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 08.30 – 16.00 WIB

10. Depot Hoklay

Kedai kuliner Cwie Mie yang satu ini juga tergolong legendaris, karena telah beroperasi sejak tahun 1940 an silam. Bahkan sampai sekarang, mereka masih punya banyak pelanggan setia. Selain Cwie Mie Malang, Depot Hoklay juga menyajikan Cwie Mie dan lumpia Semarang yang khas.

  • Alamat: Jalan KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 13.30 WIB, 17.00 – 19.30 WIB

11. Kedai Mie Sutoyo

Perlu untuk diketahui jika warung ini telah melayani para pelanggan sejak tahun 1940-an silam. Tak seperti Cwie Mie yang ada di sini, mie yang ada di sini dihidangkan dengan topping jamur dan pangsit yang membuatnya semakin lezat.

  • Alamat: Jalan Letjen Sutoyo No.41A, Lowokwaru, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 21.00 WIB

12. Pangsit Mie & Es Degan Pak Rie

Rekomendasi yang terakhir ada di kedai Pangsit Mie & Es Degan Pak Rie. Keunikan daro Cwie Mie di kedai ini, ada pada porsinya yang jumbo. Walau porsinya banyak, namun harga yang dipatok untuk tiap porsinya juga bisa dikatakan cukup murah.

  • Alamat: Jalan Simpang Wilis Indah (Selatan Pasar Buku Wilis), Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 18.00 WIB

BACA JUGA: 12+ Kuliner Malam Mojokerto yang Terkenal Enak, Cobain!

Tips Memilih Kedai Cwie Mie malang

Unsplash/Joshua Fernandez

Untuk memilih kedai Cwie Mie Malang yang baik, ada baiknya Sedulur mempertimbangkan beberapa tips yang ada di bawah ini!

  • Reputasi dan ulasan pelanggan

Cari tahu reputasi kedai tersebut dengan membaca ulasan dari pelanggan sebelumnya. Ulasan dari pengunjung yang telah mencoba makanan di kedai tersebut bisa memberikan gambaran tentang kualitas hidangan dan pelayanan.

  • Kebersihan dan keamanan

Pastikan bahwa kedai tersebut menjaga kebersihan dan keamanan dalam proses penyediaan makanan. Tempat makan yang bersih dan sehat merupakan faktor penting untuk menghindari risiko penyakit dan memastikan kualitas makanan.

  • Kualitas bahan dan rasa

Perhatikan kualitas bahan yang digunakan dalam pembuatan Cwie Mie di Malang. Pastikan mie, daging, kuah, dan bahan lainnya segar dan berkualitas. Cobalah untuk mencicipi hidangan di kedai tersebut terlebih dahulu untuk memastikan rasanya sesuai keinginan.

Nah, itulah ulasan mengenai Cwie Mie Malang, rekomendasi kedai di Malang, dan juga sedikit tips dalam memilihnya. Semoga informasi yang ada di atas dapat membantu Sedulur, terutama yang sedang mencari kedai Cwie Mie di Malang.