alas prambon sidoarjo

Jika Sedulur suka kegiatan outdoor yang menantang, tempat wisata dengan fasilitas outbound yang seru bisa jadi pilihan. Pasalnya, sekarang banyak sekali lokasi wisata yang menyediakan kegiatan outbound seru. Salah satunya berada di Sidoarjo. Ketika Sedulur berwisata ke Sidoarjo di Jawa Timur, ada banyak tempat wisata outbound yang bisa dijadikan rujukan.

Beberapa objek wisata ini bahkan memiliki fasilitas atau wahana yang menegangkan dan dapat memacu adrenalin kamu. Dari sekian banyaknya di antara lokasi outbound yang ada di daerah ini, yang wajib Sedulur coba adalah Alas Prambon Sidoarjo. Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi yang menarik perhatian banyak orang, baik lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Terletak di desa Simpang, kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, tempat ini menawarkan pengalaman yang unik dalam menggali kedekatan dengan alam sambil mengembangkan kekompakan antar kelompok dan meningkatkan ketahanan fisik serta mental melalui kegiatan outbound. Tertarik berkunjung ke sini? Simak infonya di bawah ini!

BACA JUGA: Bukit Cinta Gunung Bromo, Wisata Melihat Sunrise yang Indah

Sekilas Tentang Alas Prambon Sidoarjo

alas prambon sidoarjo
Unsplash/Outward Bound

Kegiatan outbound yang ditawarkan di Alas Prambon memiliki beragam aktivitas seru dan menyenangkan. Hal ini telah terbukti menjadi daya tarik bagi pengunjung dari berbagai kalangan.

Mulai dari rombongan murid tingkat TK dan SD hingga kelompok tim kantor, Alas Prambon selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang ingin mengadakan kegiatan yang mengasyikkan serta bermanfaat.

Wisata Alam Prambon memiliki luas sekitar 8 hektare (ha). Lahannya terbagi menjadi tiga tempat, yaitu agrowisata, outbound, dan bumi perkemahan. Di sini, Sedulur bisa menikmati kegiatan outdoor yang menyenangkan. Selain outbound, juga bisa belajar tentang pertanian, peternakan, dan perikanan.

Objek wisata yang satu ini sering dijadikan lokasi kegiatan outbound untuk anak sekolahan, mulai dari tingkat PG hingga SMA. Tentu saja orang dewasa juga bisa menikmati fasilitas outbound yang ada di Alas Prambon. Pertama Sedulur akan dijemput dengan kereta kelinci dari lokasi parkir untuk menuju lokasi utama Alas Prambon.

Setelah itu lanjut kegiatan Ice Breaking dan Fun Games, yang termasuk senam badan dan bernyanyi. Setelah itu Sedulur akan mencoba berbagai fasilitas outbound yang seru. Ada juga kegiatan lain seperti jaring merayap di mana Sedulur merangkak di bawah jaring, atau jaring titian di mana Sedulur berjalan di atas jaring sambil berpegangan pada dua tali.

BACA JUGA: 20+ Rekomendasi Pantai di Blitar dengan Panorama Terbaik

Lokasi dan Jam Operasional

alas prambon sidoarjo
Pexels/RDNE

Alas Prambon merupakan wisata alam dan edukasi yang di kelilingi sawah dan alam hijau, dengan udara yang sejuk. Objek wisata ini berlokasi di Dusun Ngingas, Desa Simpang, RT 14/RW 03, Kecamatan Prambon Sidoarjo. Untuk jam operasionalnya, Alas Prambon buka setiap hari dari Senin sampai Minggu.

Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Walaupun pasti buka setiap hari, pengunjung rombongan sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu. Silakan melakukan pendaftarannya via WhatsApp 0857-3253-4222.

Harga Tiket Alas Prambon

Umumnya, pengunjung Alas Prambon adalah rombongan anak-anak sekolah, termasuk dari jenjang PAUD, TK, dan SD. Tetapi, objek wisata ini juga terbuka untuk kita dan keluarga yang ingin berekreasi.

Sedangkan untuk harga tiket masuk ada perbedaan antara rombongan dan perseorangan. Untuk rombongan berlaku harga tiket mulai dari Rp65.000 sampai Rp175.000.

  • Tiket Rombongan Outbond PAUD, TK, SD: Rp65.000-Rp70.000  (tergantung jumlah anak)
  • Tiket Rombongan Outbond SMP: Rp100.000
  • Tiket Rombongan Outbond SMA: Rp120.000
  • Tiket Rombongan Outbond DEWASA: Rp140.000
  • Tiket Rombongan Outbond LDKS: Rp175.000
  • Tiket Rombongan Outbond PRAMUKA: Rp175.000 

Tapi perlu dicatat bahwa harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Jadi, ada baiknya Sedulur bisa mencari informasi lewat nomor WA yang sudah tertera di poin sebelumnya.

Urutan Kegiatan Outbound Alas Prambon

Kegiatan outbound di Alas Prambon dapat membantu dalam mengembangkan kerjasama tim, meningkatkan kepercayaan diri, serta memperkuat ketahanan mental dan fisik. Hal ini tentu tidak lepas dari serangkaian aktivitas yang dirancang secara khusus oleh penyelenggara di tempat ini. Ada pun urutan kegiatannya sebagai berikut

  • Penjemputan Kereta Kelinci
  • Ice Breaking + fun games
  • Flying Fox
  • Merangkak
  • Langkah lebar
  • Spiderweb (jaring laba-laba)
  • Jembatan Birma
  • Jaring Merayap
  • Jaring titian
  • Line bridge
  • Edukasi perikanan
  • Edukasi peternakan
  • Edukasi pertanian
  • Edukasi Satwa
  • Menangkap ikan (Khusus PG TK)
  • Bermain Lumpur (Khusus SD)
  • Renang
  • Makan siang

BACA JUGA: Pantai Cemara Banyuwangi: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Berbagai Wahana Seru Outbound Alas Prambon

alas prambon sidoarjo
Unsplash/Fahmi Anwar

Sebagai tempat outbound, Alas Prambon menyediakan beberapa wahana menarik yang menjadi pusat edukasi terutama anak-anak sekolah. Para pelatih yang sudah profesional akan menjadi pemandu selama kegiatan outbound. Sehingga kita tidak perlu khawatir soal keamanan selama kegiatan berlangsung akan terjamin. Apa saja sih? Simak di bawah ini!

1. Games Ground Area

Dalam Games Ground Area ini, kita bisa membentuk mental anak agar selalu siap menghadapi rintangan yang ada. Area wahana ini terdapat beberapa rangkaian wahana seperti spider web (jaring laba-laba), lintasan satu tali, titian kerja sama, line bridge, jembatan jaring, jembatan burma, ayunan berantai, merayap, dan merangkak.

2. Bermain Flying Fox

Flying fox menjadi salah satu wahana dalam kegiatan outbound di Alas Prambon. Wahana ini memiliki dua level ketinggian yang sesuai dengan usia anak. Kita tidak perlu khawatir dengan tingkat keamanan wahana. Karena sudah dilengkapi dengan peralatan berkualitas yang sesuai dengan standar keamanan.

3. Pusat Edukasi Satwa

Pusat Edukasi Satwa merupakan tempat belajar tentang hewan-hewan yang ada. Dalam wahana ini, kita bisa mengenal jenis-jenis hewan yang ada di lokasi seperti burung hantu, kalkun albino, parkit, gelatik jawa, beluk jampuk, ayam mutiara, musang pandan, ayam India, iguana, ikan, luwak, sapi, dan kambing. Selain itu, kita bisa berinteraksi dengan hewan seperti memberi makan secara langsung.

4. Spot Foto Yang Instagramable

Selain menyediakan wahana untuk outbound, Alas Prambon juga menyediakan spot-spot foto yang menarik. Kita bisa memanfaatkan berbagai spot untuk mengambil foto, baik sendiri maupun bersama rombongan. Maka dari itu, kita terutama orang tua tidak akan merasa bosan ketika menunggu anak bermain.

Kebanyakan spot foto tersebut memiliki hiasan payung, baik yang tergantung maupun payung berukuran besar di depan pohon bambu. Bahkan, ada juga spot yang sangat bagus di mana spot tersebut mulai dari lantai, tembok, hingga atap yang ada di pintu masuk dicat warna-warni.

5. Area Edukasi Agro

Di Alas Prambon juga menyediakan Pusat Edukasi Agro. Di pusat, kita bisa menemukan perkebunan seperti perkebunan jambu, pepaya, dan belimbing. Selain itu, kita juga bisa menemukan berbagai macam bibit tumbuhan yang siap tanam. Kemudian bisa juga ikut belajar cara menanam bunga dalam polybag, memetik buah, dan memanen kangkung.

6. Kolam Ikan

Kolam ikan di Alas Prambon menjadi salah satu lokasi outbound yang menyenangkan. Dalam wahana ini, kita akan turun langsung ke kolam. Para pelatih akan membuat sebuah permainan menangkap ikan tanpa menggunakan jaring. Hal ini bertujuan untuk melatih ketangkasan dan kerja sama pemain yang mengikutinya.

7. Kolam Renang Dengan Kedalaman Berbeda

Wahana selanjutnya yang ada di Alas Prambon adalah kolam renang. Tersedia beberapa kolam yang memiliki kedalaman berbeda sesuai dengan usia. Mulai dari anak kecil hingga dewasa. Selama berenang kita akan diawasi oleh beberapa petugas yang berjaga di sekitar kolam.

8. Kolam Lumpur

Alas Prambon juga memiliki kolam lumpur yang menjadi lokasi outbound. Para pelatih mengadakan sebuah permainan menarik seperti tarik tambang. Kegiatan yang berlangsung di kolam lumpur menjadi puncak acara outbound selama berada di sini.

9. Berkemah dan Berlatih Kepemimpinan

Alas Prambon bukan hanya menyediakan tempat wisata edukasi dan outbound. Selain itu, terdapat camping ground alias area perkemahan. Rombongan anak-anak pramuka Sidoarjo biasanya melaksanakan kemah di sini.

Ada kegiatan perkemahan Jumat Sabtu atau perkemahan Sabtu Minggu. Dalam rangkaian kegiatan berkemah tersebut, pasti selalu ada latihan dasar kepemimpinan. Tentunya ini membuat anak-anak lebih mandiri. Dengan hadirnya wahana outbound, suasana berkemah pun pasti lebih seru.

Fasilitas Alas Prambon

Fasilitas yang terdapat di Alas Prambon sangat memadai seperti kamar mandi, mushola, dan pendopo untuk beristirahat atau berkegiatan. Kemudian terdapat gazebo kecil untuk duduk, bumi perkemahan, parkir, dan warung makan. Di tahun 2022 ini, akses jalan menuju ke lokasi pun terbilang sudah baik karena sudah beraspal.

Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan pemesanan transportasi seperti bus full AC 59 bangku, bus mini full AC 29 bangku, mobil Elf, dan mobil Bison dengan harga yang berbeda. Fasilitas lain yang tersedia adalah mobil kereta kelinci untuk menjemput rombongan menuju ke lokasi yang berjarak 300 meter.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Alas Prambon Sidoarjo. Apakah Sedulur tertarik untuk melakukan outbound dengan wahana dan permainan seru yang ada di sini? Pastikan Sedulur melakukan reservasi dulu ya.