air terjun talempong

Kawasan Situbondo memang tidak banyak memiliki sisi pegunungan, namun sisi selatan memiliki banyak wisata alam berupa bukit dan air terjun yang sejuk dan menawan. Air Terjun Talempong merupakan salah satu air terjun yang jadi salah satu ikon wisata alam di sana.

Untuk mencapai air terjun ini tidaklah mudah, banyak jalan setapak dan medan yang berat yang harus dilalui. Naik turun, lereng berbatu, dan tanaman eksotis menjadi teman terbaik selama perjalanan.  Selain itu, banyak burung yang menyuguhkan suaranya yang merdu, mulai dari suara air terjun hingga suara sungai yang mengalir.

Air Terjun Talempong memang jadi pilihan wisata dengan pesona indah yang patut Sedulur kunjungi ketika berlibur. Kalau tertarik Sedulur ke sini, simak dulu informasi lengkapnya di bawah ini ya!

BACA JUGA: Coban Kedung Darmo Malang: Daya Tarik, Rute, dan Tips

Sekilas Tentang Air Terjun Talempong

air terjun talempong
Unsplash/Julian Hanslmaier

Air Terjun Talempong adalah salah satu wisata alam menawan di Situbondo, Jawa Timur. Wisata alam yang terletak di pegunungan ini tepat di kawasan Banyuglugur. Objek wisata ini cukup menarik perhatian pengunjung dengan pesona keindahan alamnya.

Air Terjun Talempong tingginya sekitar 50 meter dan dikelilingi bebatuan alam. Air terjun yang cukup deras dan mengalir dari ketinggian menciptakan pemandangan yang luar biasa dan tak pernah terlupakan. Tempat ini menawarkan keindahan alam dan keindahan air terjun yang mempesona.

Keistimewaan air terjun Talempong adalah tiga anak tangga yang membuat air yang jatuh semakin indah. Banyaknya batu-batu besar membuat pemandangan di sekitar air terjun semakin memanjakan mata. Pengunjung juga bisa berenang atau bermain air di sekitar air terjun. Atau menyusuri sungai dengan banyak bebatuan yang memberikan sensasi berbeda.

Lokasi Air Terjun Talempong

Di manakah letak objek wisata Air Terjun Talempong di Situbondo? Tempat wisata Air Terjun Talempong Situbondo terletak di Desa Talempong, KecamatanBanyu Glugur, Kab. Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

Namun jika Sedulur masih bingung mengenai lokasi atau lokasi objek wisata Air Terjun Talempong Situbondo ini, Sedulur bisa mencarinya di Google Maps. Lokasinya sudah ditandai dan Sedulur bisa dengan mudah menemukannya.

Rute Menuju Air Terjun Talempong

Dibutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mencapai Air Terjun Talempong, sekitar 50 km dari Alun-alun kota Situbondo. Waktu berkendara kurang lebih sekitar 1 jam 20 menit.

Sedulur bisa mulai mengambil rute dari kota Situbondo. Ambillah jalan ke arah utara tepatnya melewati Jalan Achmad Jafar atau Jalan A. Jakfar menuju Jalan Hasanudin. Belok kiri ke Jalan Ahmad Yani-Jalan Raya Banyuwangi Situbondo-Jalan Raya Pantura. Lalu terus mengikuti Jalan Raya Pantura hingga sampai di Desa Talempong.

Menuju Air Terjun Telempong tidaklah mudah. Ada banyak jalur dan medan yang sempit untuk dilalui. Dimulai melewati rumah-rumah penduduk dan persawahan. Sementara itu, sepeda motor bisa melewati desa ini. 

Selanjutnya Sedulur akan melewati lereng yang naik turun dan berbatu. Serta berbagai tanaman eksotik yang akan menjadi sahabat Sedulur selama di jalan menuju air terjun.

Jam Operasional Air Terjun Talempong

Sebenarnya jam operasional Air Terjun Talempong 24 jam. Namun, disarankan untuk kembali turun sebelum gelap. Pasalnya, kondisi jalan dan jalur trekking yang terjal, perlu menjadi perhatian tersendiri. Jadi karena alasan keamanan, banyak pengunjung yang sudah turun sebelum gelap.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Talempong

Menuju Air Terjun Talempong akan memberikan petualangan yang menyenangkan bagi kamu. Pasalnya Sedulur akan melewati jalur trekking dengan pemandangan indah di sekitarnya. Jalur ini juga sudah tertata sedemikian rupa jadi nyaman untuk dilewati. 

Sedulur akan melewati rumah penduduk, jalur persawahan, hingga lereng bukit. Untuk menikmati semua panorama ini, Sedulur hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp2 ribu per orang. Sedangkan parkir kendaraan motor Rp2 ribu dan mobil Rp5 ribu. Fasilitas di Air Terjun Talempong

Fasilitas di Air Terjun Talempong

Untuk mendukung kenyamanan pengunjung, Air Terjun Talempong  juga memiliki beberapa fasilitas. Terbilang cukup lengkap, jadi Sedulur bisa lebih leluasa ketika berwisata ke sini. Apa saja fasilitas yang ada?

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi umum
  • Rumah makan
  • Tempat istirahat

BACA JUGA: Wisata Ranu Regulo Lumajang: Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas

Daya Tarik Air Terjun Talempong

air terjun talempong
Unsplash/Abhishek Rajput

Air Terjun Talempong mungkin bisa menjadi salah satu tempat wisata baru untuk liburan akhir pekan bagi warga lokal maupun luar. Menikmati air terjun di sini pada pagi hari memang sangat menyegarkan.

Udara yang sejuk dan air yang sangat dingin tentunya dapat menyegarkan wisatawan dari kepenatan setelah seminggu beraktivitas dan bekerja. Berikut ini beberapa daya tarik yang bisa Sedulur nikmati.

1. Trekking ke air terjun

Salah satu keistimewaan perjalanan menuju Air Terjun Talempong adalah jalur pendakian yang tertata dengan baik. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Talempong tidaklah mudah. Ada banyak jalur dan medan yang sempit untuk dilalui seperti melewati pedesaan, rumah warga lalu melewati persawahan.

Sedangkan kendaraan yang bisa mengakses desa ini adalah sepeda motor. Selanjutnya Sedulur akan melewati lereng yang naik turun dan berbatu. Serta berbagai tumbuhan indah yang Sedulur temukan di sepanjang jalan.

2. Menikmati keindahan air terjun

Air Terjun Talempong menawarkan keindahan alam yang indah. Keunikan air terjun ini terletak pada tiga tingkatnya yang membuat air yang jatuh semakin menawan. Ketinggian air terjun ini sekitar 50 meter. Dan menawarkan pengalaman yang luar biasa bagi pecinta alam.

Air terjun ini mempunyai aliran air yang jatuh deras dari ketinggian. Dikelilingi bebatuan alam, tempat wisata ini menawarkan perpaduan antara pemandangan alam dan keindahan air terjun.

3. Bermain air yang seru

Keistimewaan Air Terjun Talempong adalah pengunjung dapat bermain air atau berenang di tepian air terjun dan menciptakan momen tak terlupakan bersama keluarga atau teman. Airnya sangat dingin, tapi Sedulur akan merasakan kesegarannya.

4. Pemandangan alam yang sejuk dan indah

Air terjun Talempong menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Panorama alam yang indah dengan udara yang sejuk. Banyaknya bebatuan besar membuat pemandangan di sekitar air terjun semakin luar biasa.

5. Hunting foto

Tak perlu khawatir bagi Sedulur yang sudah hunting foto untuk media sosial. Di sini Sedulur akan menemukan banyak spot menarik untuk diabadikan. Jadi aktivitas liburan Sedulur akan semakin menyenangkan.

BACA JUGA: Pantai Slopeng: Lokasi, Daya Tarik, Aktivitas, dan Harga Tiket

Tips Berkunjung ke Air Terjun Talempong

air terjun talempong
Unsplash/Jonathan Bean

Kalau Sedulur mau berkunjung ke sini, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Hal ini akan mendukung aktivitasmu selama di Air Terjun Talempong dan lebih nyaman. Apa saja kira-kira? Simak di bawah ini.

  • Jangan lupa bawa sunblock, topi atau kacamata. Pasalnya jalur trekking cukup panas jika Sedulur datang di siang hari.
  • Bawa baju ganti, terutama jika Sedulur ingin bermain air di sana. Lengkapi juga dengan peralatan mandi jika perlu.
  • Waktu terbaik ketika berkunjung ke sini adalah pagi hari. Sedulur akan merasakan udara yang menyegarkan, sejuk ditambah suasana yang masih asri.
  • Ada baiknya sebelum gelap, Sedulur sudah mulai turun atau pulang. Pasalnya, jalur trekking yang cukup terjal, akan menjadi ancaman ketika pulang saat sudah mulai gelap.
  • Jangan lupa membawa kamera atau ponsel karena Sedulur akan menemukan banyak spot foto untuk diabadikan.
  • Bawa air minum dan uang cash secukupnya. Pasalnya selama trekking akan cukup melelahkan, tapi akan terbayar dengan keindahan air terjun.
  • Siapkan fisik yang prima karena perjalanan air terjun cukup membutuhkan waktu dan tenaga.
  • Taati peraturan setempat, jangan buang sampah sembarangan. Tidak tidak ada tempat sampah, bawa dulu hingga Sedulur menemukan tempat buat membuangnya.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Air Terjun Talempong. Air terjun di Situbondo ini merupakan destinasi wisata alam yang memanjakan pengunjung dengan keindahan dan pesonanya yang luar biasa.

Mulai dari petualangan hingga sensasi bermain air di sekitar air terjun, setiap momen akan meninggalkan kesan tak terlupakan. Jika Sedulur sedang mencari tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam, Air Terjun Talempong adalah pilihan yang tepat.

Agar menikmati suasana air terjun makin asik, Sedulur bisa mencoba Liven Up untuk teman bertualang. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan. Dimana setiap aktivitas bertualang di alam akan semakin seru. Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.