regulo lumajang

Mengisi liburan dengan camping atau berkemah, menjadi pilihan untuk Sedulur lakukan bersama keluarga atau teman-teman dekat. Hanya saja pilihlah lokasi kemah yang tepat, sehingga momen tersebut terasa lebih berkesan. Nah, salah satu yang direkomendasikan adalah Ranu Regulo Lumajang.

Sekilas, nama dari objek wisata tersebut memang seperti Rabu Kumbolo. Bukan hanya dari namanya saja, kedua danau alami tersebut juga berlokasi di desa yang sama, lho! Ya, Ranu Regulo memang tidak setenar saudaranya, Ranu Kumbolo.

Kendati demikian, danau yang satu ini juga menyajikan pesona alam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Terutama jika Sedulur suka dengan suasana yang hening dan menenangkan, tentu saja wisata ini wajib dikunjungi. Namun sebelum itu, simak dulu informasi penting yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Kalanganyar di Sidoarjo: Lokasi, Harga Tiket, dan Pesona

Ranu Regulo Lumajang

regulo lumajang
Unsplash/Ardito Ryan

Ranu Regulo adalah satu dari tiga danau alami yang ada di Desa Ranu Pani, Kabupaten Lumajang. Ya, ketiga danau yang ada desa tersebut, yakni Ranu Pani, Ranu Kumbolo, dan Ranu Regulo. Bisa dibilang jika danau yang jaraknya paling dekat dengan desa adalah Ranu Regulo.

Dilansir dari laman resmi Ranu Regulo, danau yang satu ini menghadirkan air dengan warna biru kehijauan yang terlihat menawan. Jika dilihat secara visual, danau ini tidak kalah indah dari saudaranya yang paling dekat dan paling terkenal, Ranu Kumbolo.

Sama seperti dua danau yang lainnya, danau tersebut juga menyediakan beberapa sisi yang menarik untuk dinikmati. Danau yang terbentuk secara alami ini, juga menawarkan area untuk berkemah yang nyaman dengan panorama alam yang sangat memukau di sekitarnya.

Tidak hanya itu, view danau yang tersaji juga sangat menakjubkan. Menariknya, danau ini memiliki ketinggian mencapai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tentu saja hal itu membuat area di sekitar tersebut terasa sangat sejuk, bahkan cukup dingin.

Luas dari Ranu Regulo Lumajang sebenarnya hanya 0,7 hektar saja, dan menjadi bagian kecil dari TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Para pengunjung sering menjadikan objek wisata ini sebagai alternatif ketika batal naik ke Gunung Semeru.

Lokasi Ranu Regulo

Jika Sedulur tertarik untuk menyaksikan panorama alam yang memukau danau alami ini, jangan lupa untuk mengecek dulu lokasi dan rutenya. Seperti yang telah dijelaskan, ketiga danau yang ada ini berlokasi di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Nah, jika Sedulur memulai perjalanan dari Malang, mungkin rute yang harus ditempuh cukup rumit. Sedulur dapat langsung menuju ke Tumpang, kemudian ambil jalur menuju ke Desa Ranu Pani. Ya, waktu tempuh dari Malang ke Tumpang sendiri juga terbilang dekat, yakni sekitar 30 menit hingga 40 menit saja.

Sementara perjalanan dari Tumpang ke Ranu Pani, dibutuhkan waktu tempuh yang lebih lama, yakni kurang lebih 1,5 jam sampai 2 jam. Adapun rute yang harus dipilih dari Malang menuju Tumpang, yakni melalui daerah Pakis.

Nantinya jika sudah sampai di Tumpang, Sedulur bisa lanjut perjalanan sampai menemukan pertigaan. Setelah itu, silahkan belok kiri menuju Jalan Tulus Ayu hingga menemui RSU Kebon Sari. Sedulur bisa lurus tersebut sampai menemukan sebuah perempatan.

Dari perempatan ini, lurus saja sampai mentok kemudian belok kiri sampai daerah Tulus Ayu. Nah, di jalan ini, nantinya Sedulur sudah bisa menemukan banyak papan petunjuk jalan yang dapat menunjukkan jalan hingga sampai ke Desa Ranu Pane.

Jam Buka dan Jam Tutup

Objek wisata alam berupa danau yang menawan ini, buka setiap hari selama 24 jam penuh. Bahkan di libur nasional, jumlah pengunjung di wisata Ranu Regulo juga semakin banyak. Dengan begitu, Sedulur dapat berkunjung dan berkemah di tempat ini kapan pun.

Harga Tiket Masuk

Bagi Sedulur yang tertarik untuk berkunjung ke Ranu Regulo Lumajang, harap menyiapkan sejumlah dana untuk tiket masuk. Harga tiket masuk ke dalam objek wisata alam ini juga terbilang tidak terlalu mahal. Apalagi nantinya Sedulur bisa menyaksikan secara langsung keindahan alam yang sangat memukau.

Selain biaya tiket masuk, para wisatawan yang datang berkunjung juga diwajibkan untuk membayar tarif parkir. Tarif parkir tersebut juga terbilang standar, seperti halnya tarif parkir di kebanyakan objek wisata alam yang lainnya. Nah, langsung saja, berikut ini info mengenai HTM Ranu Regulo dan tarif parkirnya.

  • Harga Tiket Masuk Weekday: Rp29.000
  • Harga Tiket Masuk Weekend: Rp34.000
  • Tarif Parkir Sepeda Motor: Rp5.000
  • Tarif Parkir Mobil: Rp10.000

BACA JUGA: Wisata Alam Coban Rais: Daya Tarik, Harga Tiket dan Jam Buka

Daya Tarik yang Dimiliki

regulo lumajang
Unsplash/Fachmi Firmansyah

Ranu Regulo merupakan salah satu dari tiga danau di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang dikelilingi oleh pemandangan alam yang menakjubkan dan udara yang segar. Danau ini menawarkan suasana yang tenang dan juga menyegarkan.

Ya, hal itu tentu saja menjadikannya sebagai tujuan yang populer bagi para pengunjung yang ingin lepas dari hiruk pikuk kota. Selain itu, objek wisata tersebut juga memiliki beberapa daya tarik seperti berikut.

1. Keindahan alam

Sama seperti kedua danau yang ada di sekitarnya, Ranu Regulo juga dikelilingi oleh pemandangan pegunungan yang sangat indah, termasuk dengan pemandangan Gunung Semeru, salah satu gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa.

Danau yang satu ini juga menawarkan suasana yang sangat damai, dengan air berwarna biru kehijauan yang tenang dan jernih. Ya, pemandangan itu terasa sangat lengkap dengan latar belakang alam yang indah dan menenangkan.

2. Aktivitas outdoor

Di danau Ranu Regulo Lumajang ini, para pengunjung bisa menikmati berbagai macam aktivitas outdoor yang menarik. Contohnya saja seperti hiking, berkemah, fotografi, dan lain sebagainya. Pokoknya cocok untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

Jalur yang ada di sekitar danau ini juga cocok untuk trekking ringan. Hal ini memberikan kesempatan untuk menikmati udara segar sekaligus keindahan alam. Bagi Sedulur yang ingin mendapat pengalaman trekking yang tidak terlalu berat, jalur ini bisa dicoba.

3. Berkemah

Aktivitas lain yang wajib untuk dilakukan di objek wisata Ranu Regulo ini adalah berkemah bersama keluarga atau teman-teman dekat. Danau yang satu ini memiliki area kemah atau camping yang terbilang cukup luas, lho!

Di area tersebut, para pengunjung dapat mendirikan tenda dan menghabiskan malam yang menyenangkan di alam terbuka. Berkemah di area objek wisata danau ini, memungkinkan pengunjung untuk bisa menikmati suasana malam yang tenang di bawah sinar bintang.

4. Fotografi

Area danau yang menyajikan panorama alam yang memukau, tentu saja menjadi surga bagi para fotografer, baik itu fotografer amatir maupun profesional. Ya, Sedulur bisa menemukan banyak sekali spot cantik yang sangat menarik untuk diabadikan.

Tidak hanya itu, pemandangan fajar atau senja di Ranu Regulo dengan refleksi gunung di air danau, menjadi momen yang sangat dicari untuk diabadikan. Jadi ketika datang ke objek lokasi ini, jangan lupa untuk membawa kamera atau ponsel.

5. Flora dan fauna

Daya tarik dari objek wisata Ranu Regulo yang berikutnya adalah berkaitan dengan flora dan fauna yang terdapat di wilayah tersebut. Ya, jadi di daerah sekitar Ranu Regulo memang kaya akan beragam flora dan juga fauna.

Di sini, para pengunjung bisa menemukan berbagai spesies flora dan fauna yang mungkin tidak dapat ditemukan di tempat lain. Aktivitas yang satu ini juga memberikan peluang untuk belajar dan mengamati secara langsung mengenai kehidupan alam.

BACA JUGA: Pantai Gondo Mayit Blitar: Lokasi, Keindahan, hingga Mitos!

Fasilitas yang Tersedia

regulo lumajang
Unsplash/Tom Pottiger

Bisa dibilang jika tidak banyak fasilitas yang dapat Sedulur temukan di objek wisata yang satu ini. Hanya terdapat beberapa fasilitas yang tersedia, mengingat lokasi Ranu Regulo yang cukup jauh dari pusat keramaian, bahkan berada di kawasan pendakian Gunung Semeru.

Kendati demikian, Sedulur tetap bisa menemukan beberapa fasilitas penting seperti kamar mandi umum yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Kamar mandi tersebut juga bisa digunakan oleh pengunjung yang berkemah untuk buang hajat dan mandi.

Selain itu, fasilitas lain yang bisa ditemukan di area objek wisata adalah camping ground alias area camping. Area yang satu ini berupa tanah yang landai dan lapang, yang tepat berada di tepi danau. Ya, lokasi ini memang cocok dijadikan sebagai lokasi mendirikan tenda oleh para pengunjung.

Jangan berharap untuk bisa menemukan warung makan maupun pedagang yang berjualan makanan di area objek wisata ini. Maka dari itu, bagi yang berminat datang ke Ranu Regulo Lumajang, selalu persiapkan fisik serta bekal konsumsi yang cukup.

Tips Sebelum Berkunjung

Ranu Regulo Lumajang memang mampu memberi pengalaman yang sangat menyenangkan, selama Sedulur bisa mempersiapkan perjalanan dengan baik. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Sedulur untuk mempersiapkan kunjungan tersebut.

  • Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca. Pilihlah hari yang cerah, sehingga membuat pengalaman perjalanan terasa lebih menyenangkan.
  • Karena Ranu Regulo berada di area pegunungan yang lebih sejuk, bawalah pakaian hangat, terutama jika berencana untuk berkemah atau menghabiskan waktu di sana selama malam.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan lain yang dibutuhkan, seperti sarung tangan dan topi atau kupluk untuk melindungi diri dari suhu dingin.
  • Jika berencana untuk melakukan trekking di sekitar danau, pastikan Sedulur membawa sepatu hiking yang baik dan tongkat mendaki jika diperlukan.
  • Bagi yang berencana berkemah, bawalah semua perlengkapan berkemah yang diperlukan seperti tenda, sleeping bag, matras, dan peralatan memasak.
  • Tidak banyak fasilitas penjualan makanan dan minuman di sekitar Ranu Regulo, jadi bawalah cukup makanan dan air minum untuk durasi kunjungan.
  • Selalu bawa obat-obatan pribadi dan kit P3K. Area terpencil seperti Ranu Regulo tentu tidak memiliki akses cepat ke fasilitas medis.
  • Pastikan untuk meluangkan waktu dan menikmati keindahan alam sekitar objek wisata. Jangan terburu-buru, nikmati kedamaian dan ketenangan yang ditawarkan oleh lingkungan alam ini.

Itulah informasi lengkap mengenai Ranu Regulo Lumajang. Meskipun tidak sepopuler Ranu Kumbolo yang sering dijadikan tempat berkemah oleh para pendaki, Ranu Regulo menawarkan pesona keindahan alam yang tenang dengan pemandangan yang menakjubkan dari pegunungan di sekitarnya.

Oia, supaya menikmati suasana pantai ini semakin nyaman dan Sedulur terbebas dari dehidrasi, sebaiknya mempersiapkan perbekalan untuk mengatasi haus dengan membawa Pirlo Air Mineral.

Pirlo merupakan air minum dalam kemasan yang sangat mudah dibawa kemana saja dengan kandungan mineral murni yang menyegarkan. Pirlo Air Mineral bisa dengan mudah ditemukan serta tersedia di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.