air terjun rowo bayu

Bila berkunjung ke Banyuwangi, salah satu wisata alam yang menarik untuk didatangi adalah Air Terjun Rowo Bayu. Selain memiliki pemandangan yang indah, konon kabarnya kawasan ini memiliki cerita sejarah yang begitu panjang lho.

Bagi Sedulur yang tinggal di daerah Jawa Timur, tentu Air Terjun Rowo Bayu bisa menjadi alternatif wisata ketika bosan berada di perkotaan. Nah, agar semakin mantap dan bisa mempersiapkan segala kebutuhan sebelum kesana. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Lokasi, Harga dan Tips

Mengenal Rowo Bayu

air terjun rowo bayu
Pexels/Jonathan Meyer

Air Terjun Rowo Bayu Banyuwangi adalah sebuah situs wisata sejarah sekaligus wisata religi yang terletak di Desa Rowo Bayu Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal ini juga identik dengan cerita misteri Rawa Bayu. Cerita mistis ini tentu ada kaitannya dengan asal usul tempat ini.

Konon, Desa Bayu Banyuwangi, sebutan lain dari Desa Rowo Bayu, merupakan lokasi cerita KKN di Desa Penari yang sempat viral beberapa waktu lalu. Hal ini dikaitkan dengan adanya situs telaga yang sakral dan juga beberapa situs lainnya.

Namun terlepas dari desas-desus tersebut, fakta mengatakan bahwa di tempat ini terdapat sebuah pura suci yang masih digunakan, situs patung-patung, dan telaga. Bahkan, masyarakat sekitar juga masih percaya bahwa air pada telaga Rowo Bayu juga memiliki khasiat.

Sejarah Unik

Sementara itu, jika dilihat dari segi sejarah. Kawasan Air Terjun Rowo Bayu ternyata cukup erat hubungannya dengan masa penjajahan Belanda. Dimana desa ini dikenal sebagai lokasi Perang Puputan Bayu yang terjadi antara Pangeran Jagapati dari Kerajaan Blambangan dan VOC pada 1773.

Peristiwa epik itu kemudian diperingati dengan membangun tetenger (monumen) Perang Puputan Bayu di salah satu persimpangan desa. Ini juga menjadi salah satu ikon yang bisa Sedulur temukan ketika berkunjung ke area Rowo Bayu.

BACA JUGA: Serba-Serbi Wisata Sumber Maron: Pesona, HTM, dan Jam Buka

Lokasi Rowo Bayu

air terjun rowo bayu
Pexels/Houssam Benamara

Lokasi Rowo Bayu Banyuwangi ini terletak di Kentangan alias Desa Rowo Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Sedulur dapat menjangkaunya dengan mudah dengan kendaraan sepeda motor atau mobil.

Dari pusat Kota Banyuwangi, waktu tempuh untuk bisa tiba di lokasi wisata ini adalah sekitar 50 hingga 60 menit. Rute yang bisa Sedulur lewati adalah Jalan Nasional III. Sedulur bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk mendapatkan gambaran peta yang lebih jelas. Hal ini juga mengantisipasi tersesat saat akan ke lokasi Rowo Bayu ya.

Harga Tiket dan Jam Buka

Tiket masuk ke Rowo Bayu sangat murah dan tidak menguras dompet. Semua kalangan bisa datang ke sini. Selain itu, untuk parkir bebas dan tidak ada biaya parkir.

Jam operasional wisata buka setiap hari dari pagi hingga sore. Meskipun berkunjung ketika siang hari tidak akan kepanasan. Karena rimbunnya pohon membuat sinar dan panas matahari tidak tembus ke dalam.

BACA JUGA: 13 Pantai di Gresik Paling Hits dan Favorit Wisatawan!

Daya Tarik Air Terjun Rowo Bayu

Cerita rakyat jogja
Unsplash/Johnny Briggs

Situs Air Terjun Rowo Bayu erat kaitannya dengan kisah Prabu Tawangalun yang merupakan Raja Blambangan. Beliau naik Tahta menjadi Raja pada tahun 1655. Prabu Tawangalun merupakan Raja yang membawa Blambangan ke puncak kejayaan.

Namun demi menghindari perang saudara, akhirnya Beliau melepaskan tahtanya dan bertapa di tengah hutan. Dimana sang Prabu akhirnya menemukan sebuah rawa yang memiliki danau kecil yang tenang. Rawa inilah yang dikenal dengan nama Rowo Bayu.

Rowo Bayu merupakan tempat pertapaan atau petilasan yang Prabu Tawangalun begitu. Hingga kini pun banyak wisatawan yang datang untuk melakukan kegiatan yang serupa seperi bersemedi, menyucikan diri, atau bersembahyang.

Selain itu, kawasan Rowo Bayu dirumorkan sebagai salah satu lokasi yang masuk dalam cerita KKN Desa Penari lho. Jadi tentu saja akan menjadi sebuah perjalanan wisata yang menarik untuk Sedulur lakukan ketika datang ke sini.

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang Air Terjun Rowo Bayu di Banyuwangi. Tentunya wisata satu ini bisa jadi pilihan menarik, terutama untuk Sedulur yang ingin mencari wisata antimainstream dan tidak terlalu ramai.

Namun, karena area Rowo Bayu yang cukup luas dan banyak area-area outdoor. Sedulur sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik ya dengan membawa perbekalan yang cukup. Seperti mempersiapkan perbekalan air minum dan snack bisa jadi pilihan. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sana.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.