air terjun dolo kediri

Seperti yang telah diketahui, Kediri menghadirkan sejumlah destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan. Beberapa di antaranya bahkan cocok bagi para pecinta alam, misalnya saja Air Terjun Dolo Kediri yang belakangan ini sedang hits karena keindahannya serta ada kebun buah stroberinya.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk berkunjung ke Air Terjun Dolo Kediri, simak dulu informasi singkat yang ada di bawah ini! Simak dengan betul agar kunjungan bisa dipersiapkan dengan baik!

BACA JUGA: 6 Wisata Air Terjun di Wonosalam yang Menyegarkan Mata

Air Terjun Dolo Kediri

air terjun dolo kediri
Unsplash/Chloe Leis

Air Terjun Dolo Kediri menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dengan air terjun yang mengalir turun dari ketinggian melalui tebing yang ditumbuhi oleh vegetasi hijau.

Suasana dan juga panorama yang masih asri ini, pastinya terasa sangat pas bagi Sedulur yang sudah lelah dengan rutinitas sehari-hari dan ingin menghilangkan penat. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 125 meter, sehingga membuatnya terlihat megah.

Selain itu, air terjun ini juga mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan wisata air terjun yang lainnya. Nah, yang membuatnya unik yakni keberadaan dari kebun stroberi di sekitar lokasi. Sedulur pun dapat sekaligus wisata petik stroberi di area air terjun ini.

Lokasi Air Terjun Dolo Kediri

Wisata  Air Terjun Dolo ini berlokasi di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Hutan, Blimbing, Kediri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Air terjun ini berada di tengah hutan, lebih tepatnya di lereng  Gunung Wilis. Jadi memang wajar jika alam di sekitar air terjun ini masih sangat asri dan juga hijau.

Nah, posisi di lereng gunung inilah yang menyebabkannya cukup sulit untuk diakses.  Para pengunjung yang datang harus menaiki ratusan anak tangga untuk dapat mencapai titik air terjun. Namun begitu sampai di lokasi, suasana yang tenang serta pemandangan yang masih alami akan terasa sangat memuaskan.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sedulur memulai dari pusat Kota Kediri, maka jarak yang harus ditempuh yaitu sekitar 32 kilometer, dan setidaknya membutuhkan waktu selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Untuk rutenya, Sedulur dapat memulai perjalanan dari Kota Kediri, lalu menuju ke Jalan Kediri – Tulungagung.

Setelah melalui SPBU Branggahan, Sedulur akan menemui pertigaan besar. Silahkan belok kanan menuju ke Jalan Merak, lalu ikuti jalan tersebut hingga sampai di area Air Terjun Dolo Kediri. Untuk mempermudah perjalanan, Sedulur bisa menggunakan bantuan aplikasi seperti Google Maps.

Jam Buka dan Jam Tutup

Secara resmi, Air Terjun Dolo memiliki jam operasional, mulai dari pagi sampai sore hari alias menjelang petang. Kendati demikian, bagi yang ingin camping di area air terjun ini, tetap dapat menikmati kawasan wisata alam tersebut selama 24 jam penuh. Nah, jam buka wisata Air Terjun Dolo, adalah sebagai berikut.

  • Senin: 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Selasa: 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Rabu: 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Kamis: 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Jumat: 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Sabtu: 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Minggu: 08.00 WIB – 17.00 WIB

Bagi yang sekadar ingin menikmati pemandangan, berfoto ria, atau trekking ringan, pastikan untuk datang di waktu atau jam operasional yang sudah ditentukan. Selain itu, sebaiknya datang pagi atau siang hari ketika cuaca sedang cerah.

Harga Tiket Masuk

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata air terjun ini, tentu saja harus membeli tiket terlebih dahulu. Besaran tiket masuk ke Air Terjun Dolo  Kediri sendiri terbilang cukup murah. Namun, tarif ini belum termasuk biaya untuk parkir dan juga tiket untuk wisata petik stroberi.

Untuk info yang lebih detail mengenai harga tiket dan biaya parkir, Sedulur dapat mengetahuinya melalui tabel yang ada di bawah ini.

  • Tiket Masuk: Rp5.000
  • Parkir Motor: Rp4.000
  • Parkir Mobil: Rp10.000

BACA JUGA: Kebun Teh Jamus Ngawi: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Daya Tarik Wisata Air Terjun Dolo

air terjun dolo kediri
Unsplash/Tamara Garcevic

Tempat wisata yang satu ini menyimpan beragam daya tarik yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Nah, di bawah ini ada beberapa daya tarik yang sudah pasti akan membuat Sedulur berdecak kagum dan betah berlama-lama di sini.

1. Keindahan air terjun

Air Terjun Dolo Kediri benar-benar terlihat gagah. Di sisi kanan dan kirinya dihiasi oleh pepohonan dan tanaman hijau, sementara di bagian bawahnya ada bebatuan. Uniknya, air terjun tersebut memiliki beberapa undakan atau tingkatan.

Terdapat beberapa tingkatan yang bisa Sedulur nikmati. Tentu saja, yang paling menjadi perhatian dari para pengunjung adalah air terjun utama. Air terjun utama ini terlihat sangat estetik, dengan deretan air terjun kecil yang bertingkat.

2. Memetik buah stroberi

Objek wisata ini berada di ketinggian sekitar 1.800 mdpl, sehingga membuat suhu di sekitar sangat sejuk. Suhu ini pastinya ideal untuk tanaman stroberi dan juga berbagai macam sayuran khas daerah pegunungan.

Jadi di area ini, Sedulur bisa melihat hamparan kebun stroberi yang sangat luas. Tentunya para pengunjung diperbolehkan untuk memetik stroberi ala wisata petik buah. Buah stroberi yang sudah dipetik, juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Camping di lokasi wisata

Bagi Sedulur yang ingin merasakan sensasi berlibur di air terjun lebih lama, maka bisa mendirikan tenda dan camping. Area untuk camping di sini juga terbilang cukup luas, hingga dapat menampung puluhan tenda.

Tentu saja, ada banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan saat camping. Misalnya saja seperti kegiatan outbound atau kegiatan lain seperti membuat api unggun dan bermain game. Dijamin pengalaman ini tidak akan pernah bisa dilupakan seumur hidup.

Fasilitas yang Tersedia

Berhubung semakin terkenalnya Air Terjun Dolo Kediri, membuat pihak pengelola dari objek wisata ini mengembangkan fasilitas yang ada di sekitarnya. Kurang lebih, fasilitas yang tersedia seperti area parkir luas, mushola, toilet, kantin, dan lain sebagainya.

Bisa dibilang jika wisata alam Air Terjun Dolo Kediri lebih cocok untuk remaja dan orang dewasa saja, tidak untuk anak-anak. Hal ini karena untuk dapat sampai ke lokasi air terjun, para pengunjung harus menaiki anak tangga yang cukup panjang dan tentu saja melelahkan.

Oleh sebab itu, para pengunjung sebaiknya menyiapkan fisik sebelum menaiki anak tangga di objek wisata alam satu ini. Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum.

Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke air terjun. Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!