Sultan Gustaf AL Ghozali alias Ghozali Everyday tidak pernah menyangka, penjualan foto selfie NFT yang diunggah di situs Open Sea mendulang keuntungan yang cukup besar. Pemuda yang masih berusia 22 tahun ini  sukses untuk meraih keuntungan yang banyak melalui foto selfie yang ia jual secara konsisten dalam waktu lima tahun terakhir.

Foto yang ia jual adalah dalam bentuk Non-Fungible Token atau NFT. NFT sendiri merupakan sebuah token yang tidak bisa ditukarkan dan merupakan aset digital. Seperti apa kisah dari Ghozali Everyday yang meraup banyak cuan ini? 

BACA JUGA: Profil & Fakta Dita Kerang, TikTokers Viral Asal Sumatra Utara

1. Menjadi miliarder dadakan

detik

Pemuda berusia 22 tahun ini merupakan seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Program Studi D4 Animasi di Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang. Ghazali merupakan putra kedua dari tiga bersaudara pasangan Heru Kamdani dan Erna Setyawati. Usai dirinya menjadi viral di media sosial, mahasiswa semester 7 ini mengaku kaget tak tidak menyangka. 

“Awal mula foto selfie saya ternotice dan terjual itu ketika dipromosikan oleh komunitas NFT Indonesia. Setelah itu, banyak orang luar negeri yang membelinya. Bahkan, salah satu juri dari master chef yaitu chef Arnold pun juga ikut membeli. Gak tanggung-tanggung, beliau beli foto wajah saya sampai 25.” ujarnya sambil tertawa renyah ketika ditemui di UDINUS Semarang, 13 Januari 2022.

Pemuda ini mengaku tidak menyangka, bahwa foto wajahnya selama 5 tahun ini akan laku dan meraih cuan milyaran. Awalnya, foto tersebut cuma dijadikan sebagai bentuk perubahan dirinya sebagai timelapse, dari lulus SMK 5 Semarang pada tahun 2017 lalu sampai saat ini.

“Sebenernya, saya foto selfie seperti itu hanya untuk kebutuhan animasi time lapse saja. Jadi, saya akan menggabungkan video foto perubahan diri selama lima tahun. Tapi, sekalian aja lah di upload di NFT.” tambahnya.

Siapa yang menyangka, bahwa usahanya tersebut kemudian laris manis dan dibeli oleh berbagai kolektor NFT. Koleksi dari Ghozali Everyday ini dijual seharga 0,28 ETH untuk fotonya yang termurah, atau kisaran 13,5 juta. Tentunya, dengan total 982 foto, keuntungan yang didapatkan Ghozali adalah hampir 12,6 M.

2. Belum bercerita ke orangtuanya

liputan6

Walaupun pendapatannya terbilang cukup fantastis, Ghozali mengaku belum bercerita ke orangtuanya. Mahasiswa UDINUS Semarang ini mengaku cukup khawatir jika menceritakannya, orangtuanya akan menjadi bingung dan bertanya-tanya.

“Jujur, sampai sekarang saya belum berani mengatakan hal ini ke orang tua. Soalnya, saya khawatir nanti orangtua bingung ini orang dapat (uang) darimana,” tuturnya diiringi gelak tawa.

BACA JUGA: Viral Pengantin Pertama Asal Indonesia yang Gelar Pernikahan di Kutub Utara