artis ziarah kubur sebelum puasa ramadhan

Ziarah kubur menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan menjelang puasa bahkan Idulfitri. Tradisi ini sudah ada sejak dahulu dan dilestarikan secara turun-temurun. Namun, ziarah kubur sebenarnya bukanlah hal wajib. Meski begitu, sebagian besar umat muslim di Indonesia masih merawat tradisi ini. Bahkan, beberapa artis ziarah kubur sebelum puasa Ramadhan.

Melalui media sosial, deretan artis Indonesia turut membagikan momen tengah melakukan ziarah kubur ke makam keluarga atau kerabat. Ada yang ziarah ke makam orang tua, suami, istri, anak, sahabat, dan sebagainya. Ziarah ini dilakukan untuk mendoakan orang terkasih yang sudah berpulang. Pada momen ini, tak sedikit pula selebritas yang mencurahkan kerinduannya kepada orang terkasih.

Penasaran siapa saja artis ziarah kubur sebelum puasa Ramadhan? Selengkapnya akan dibahas di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Artis yang Mengaku Beli Rumah dengan Cara Nyicil

1. Baim Wong

artis ziarah kubur sebelum puasa ramadhan
Instagram @baimwong

Baru-baru ini, artis Baim Wong melakukan ziarah ke makam mendiang ibunya, Kartini. Ia pergi bersama sang istri, Paula Verhoeven dan anak-anaknya ke Purwakarta, Jawa Barat. Momen ini Baim Wong bagikan melalui akun Instagram pribadinya yaitu @baimwong.

Dalam unggahannya di Instagram, terlihat sang artis menggunakan pakaian kasual saat berziarah. Menariknya, ziarah kubur kali ini menjadi momen pertama pula bagi anak Baim Wong, yakni Kenzo pulang ke kampungnya di Purwakarta, Jawa Barat.

2. Ria Ricis

artis ziarah kubur sebelum puasa ramadhan
Suara

Ziarah jelang Ramadhan juga turut dilakukan oleh beberapa artis, termasuk Ria Ricis. Seperti yang diketahui, ayah dari selebritas ini telah berpulang pada 4 Juni 2021 lalu. Kematian sang ayah tentunya meninggalkan duka mendalam bagi Ria Ricis. Istri Teuku Ryan ini langsung menangis saat berziarah ke makam ayahnya menjelang puasa.

Momen ziarah ke makam sang ayah ia bagikan melalui akun Youtube pribadinya. Meski bisa mengisi bulan puasa bersama suami, namun tahun 2022 menjadi puasa perdana bagi Ria Ricis tanpa sang ayah.

3. Nurul Arifin

Instagram @na_nurularifin

Nurul Arifin, seorang artis lama sekaligus aktivis dan politikus ini juga melestarikan tradisi ziarah kubur menjelang puasa. Ia mengunjungi makam anaknya yang meninggal dunia pada 25 Januari lalu. Nurul Arifin membagikan kegiatan berziarahnya melalui akun Instagram pribadinya yaitu @na_nurularifin. Tak sendirian, Nurul Arifin artis ziarah kubur sebelum puasa Ramadhan ditemani oleh sang suami, Mayong Suryo Laksono.

BACA JUGA: Potret Para Artis Jenguk Baby Rayyanza, Gemes Banget!

4. Nycta Gina

artis ziarah kubur sebelum puasa ramadhan
Instagram @missnyctagina

Artis ziarah kubur sebelum puasa Ramadhan berikutnya adalah Nycta Gina. Ia menyempatkan datang ke makam mendiang adiknya sebelum bulan puasa tiba. Nycta Gina menyebut adiknya telah meninggal setelah dilahirkan ke dunia oleh ibunya.

Momen berziarahnya ia bagikan di Instagram pribadinya yaitu @missnyctagina pada Kamis, 31 Maret 2022. “Menjadi anak tunggal karena sepertinya Allah lebih sayang sama adek ku, jd begitu dia lahir langsung disuruh kembali ke pangkuanNya. See you adek di kehidupan yg lain,” kata yang ditulis pada unggahannya.

5. Angelina Sondakh

Detik

Seperti yang diketahui, Angelina Sondakh baru bebas dari penjara pada 3 Maret 2022 lalu. Jadi, tahun ini ia bisa menyambut bulan puasa bersama keluarga dan kerabatnya. Jelang puasa, Angelina Sondakh bersama putranya, Keanu, melakukan ziarah ke makam suaminya, Adjie Massaid. Di makam suaminya, ia juga menaburkan bunga dan menyiramkan air kembang.

Angelina Sondakh mengunggah momen ziarah ini melalui video singkat di Instagram. Adjie Massaid sendiri telah meninggal dunia pada tahun 2011.

6. Haji Faisal dan keluarga

artis ziarah kubur sebelum puasa ramadhan
Instagram @marissyaichareal

Berikutnya ada keluarga Haji Faisal, termasuk Fuji yang ziarah ke makam Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. Kepergian kedua sosok ini tentu meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga. Menjelang bulan Ramadhan, ayah mendiang Bibi Ardiansyah, yakni Haji Faisal serta keluarga menyempatkan diri berziarah ke makam Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. Tak ketinggalan, Haji Faisal pun turut membawa anak dari almarhum, Gala Sky Andriansyah.

BACA JUGA: Pria Tajir Berbisnis Digital di Rumah Saja, Kerap Dicurigai Tetangga!

7. Chand Kelvin

Tribun Manado

Artis ziarah kubur sebelum puasa Ramadhan berikutnya adalah Chan Kelvin. Ia menyempatkan diri untuk berziarah ke makam sahabatnya, yakni Olga Syahputra. Setelah 7 tahun lamanya ditinggal sang sahabat, Chand Kelvin pergi berziarah untuk mencurahkan kerinduannya dan mengirim doa kepada almarhum.

Ia datang tepat 7 tahun setelah kepergian Olga Syahputra. Meski hujan deras, Chand Kelvin tetap pergi ke makam almarhum kakak Billy Syahputra tersebut. Momen ini ia bagikan di akun Instagram pribadinya yaitu @chand_kelvin.

8. Bunga Citra Lestari

Celebrities

Bunga Citra Lestari atau yang akrab disapa BCL juga melakukan ziarah kubur ke makam suaminya, Ashraf Sinclair. Ia berziarah tepat setelah 2 tahun kepergian sang suami. Ditemani sang anak, yakni Noah, BCL mencurahkan kerinduannya sekaligus mengirimkan doa kepada almarhum. BCL mengaku, hingga saat ini ia dan Noah sudah mulai menyesuaikan diri tanpa kehadiran Ashraf. Momen ini ia unggah di akun Instagram pribadinya pada bulan Februari 2022 lalu.

Itu dia deretan artis Indonesia yang melakukan ziarah kubur menjelang bulan Ramadhan. Ternyata masih banyak selebritas yang melestarikan tradisi ini, ya. Nah, kalau Sedulur bagaimana?

Meski tidak menjelang Ramadhan atau Idulfitri, ziarah kubur tetap bisa dilakukan. Apalagi ini termasuk sunah Rasulullah SAW. Ziarah kubur memiliki tujuan mengingatkan kita akan kematian dan dunia akhirat. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk mengirimkan doa kepada orang terkasih yang sudah berpulang. Pastinya, ada banyak hikmah yang bisa diperoleh dari ziarah kubur. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!