Sate Klopo

Sate klopo adalah salah satu makanan paling legendaris yang ada di wilayah Surabaya. Bukan hanya terkenal karena kelezatannya saja, makanan bakar ini juga memiliki cita rasa dan bumbu yang unik.

Terbuat dari daging sapi dan lemak, sate lalu dibungkus dengan bumbu olahan kelapa parut. Setelah itu, sate akan dibakar di atas bara api hingga memunculkan aroma yang sedap. Ini jadi satu keunikan sate kelapa yang tidak ada di sate lainnya. Bagi Sedulur yang ingin mencicipi sate klopo, tapi bingung dimana saja tempat terbaik untuk mencoba makanan ini? Berikut rekomendasinya!

BACA JUGA: Bikin Edan? Ternyata Begini Asal Mula Nama Nasi Goreng Gila!

Sate Klopo Tiara

Sate Kelapa Tiara
Suara Surabaya

Rekomendasi sate klopo yang pertama adalah Sate Klopo Tiara. Berdiri sejak tahun 1960 di kawasan Tambaksari, Sate Kelapa Tiara menjadi spot legendaris pertama yang bisa Sedulur kunjungi. Dengan pengalaman sudah lebih dari 40 tahun, rasa masakan di warung ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

-->

Selain itu, salah satu keunggulan Sate Kelapa Tiara adalah porsinya yang terbilang besar dan mantap. Tekstur daging sapi yang diberikan pun tidak alot.

Jika Sedulur ingin mencicipi kelezatan Sate Kelapa Tiara, warung makan ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 11 malam. Harganya pun cukup murah, untuk satu porsi sate kelapa, Sedulur hanya perlu membayar 15 ribu saja.

Warung Bu Misnah

Sate Klopo Bu Misnah
Detik

Lokasi kedua yang wajib Sedulur kunjungi untuk bisa merasakan kelezatan sate kelapa ada warung Bu Misnah. Tempat makan sate ini memiliki menu sate kelapa yang sangat spesial, karena satenya menjadi pilihan sarapan banyak orang.

Berdiri di Jalan Dinoyo, warung sate klopo Bu Misnah sudah berdiri puluhan tahun lamanya. Dengan menu lengkap seperti nasi putih, serundeng, sambal kacang, dan cabe rawit. Sate kelapa buatan Bu Misnah memberikan kelezatan yang tiada duanya.

Patua

Sate Klopo Patua
Tripzilla Indonesia

Patua adalah spot terbaik bagi Sedulur yang suka kuliner dengan sensasi street food. Hal ini lantaran kedai Sate Klopo Patua berada tepat dipinggir jalan besar dengan konsep warung yang sederhana.

Namun, walaupun tempatnya bisa dibilang ‘biasa’ saja, rasa sate kelapa yang ditawarkan Patua sangat luar biasa lho Sedulur. Apalagi dibandingkan dengan warung sate sebelumnya, harga seporti sate klopi Patua bisa dibilang paling murah. Hanya 13 ribu saja.

Sedulur bisa berkunjung di kedai Sate Klopo Patua yang berada di Jalan Tentara Genie Pelajar, Sawahan, Kota Surabaya.

BACA JUGA: 11 Spot Nasi Goreng Surabaya Yang Legendaris!

Sate Klopo Kak Mad

Sate Kelapa Kak Mad
Restaurant Guru

Kalau biasanya nama penjual makanan di Surabaya selalu menggunakan panggilan ‘Pak’ atau ‘Cak’, maka tidak berlaku untuk Sate Klopo Kak Mad. Si pemilik ingin memberikan kesan santai dan bersahabat kepada pelanggannya sehingga lebih suka dipanggil Kak Mad.

Berlokasi di Jalan Pucang Anom Timur, tempat makan sate kelapa ini memiliki variasi menu yang beragam. Sehingga jika Sedulur sedang pergi dengan teman atau saudara, bisa memilih banyak menu lainnya seperti sop iga, sop buntut, sampai gulai.

Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 12 malam, satu porsi sate kelapa yang dibuat Kak Mad dibanderol dengan harga 30 ribu. Meskipun harganya cukup mahal, tapi porsi yang diberikan tergolong jumbo lho Sedulur.

Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen
Pergi Kuliner

Sate Klopo Ondomohen merupakan perintis sate kelapa paling legendaris yang ada di Surabaya. Berdiri sejak tahun 1945, kelezatan sate kelapa di sini sudah memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat.

Komposisi sate daging, sambal kacang, serundeng, cabe rawit, irisa bawang, sampai lontongnya terasa begitu pas dan mantap.

Sate kelapa enak di Surabaya ini berlokasi di Jalan Walikota Mustajab, Genteng, Kota Surabaya. Tempatnya bersih dan besar, tapi untuk harga cukup mahal yaitu sekitar 31 ribu per porsi.

Sate Klopo Dinoyo

Sate Dinoyo
Good News From Indonesia

Sate klopo enak di Surabaya terakhir adalah Sate Klopo Dinoyo. Tempat makan satu ini sedang viral dan banyak perhatian masayrakat karena memiliki racikan bumbu kelapa yang tak biasanya.

Banyak orang menilai rasa sate kelapa Dinoyo itu cenderung manis tapi terasa sangat lezat. Berjualan sejak 20 tahun yang lalu, si pemilik yang berasal dari Madura selalu kebanjiran pelanggan.

Bahkan, dari cerita yang beredar, dalam sehari penjualan sate kelapanya bisa meraup untung dari 1,5 juta sampai 3,3 juta. Jika Sedulur ingin merasakan kelezatan Sate Klopo Dinoyo, bisa langsung datang ke Jalan Upa Jiwa, Surabaya.

Nah, itu tadi rekomendasi tempat makan sate klopo paling lezat di Surabaya. Makanan yang tergolong unik ini memang tidak bisa dilewatkan jika berkunjung ke Kota Pahlawan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.