tahu tek surabaya

Tahu tek Surabaya adalah salah satu kuliner khas yang sangat populer di Indonesia, khususnya wilayah Jawa Timur. Hidangan yang terbuat dari olahan tahu ini, terkenal dengan rasa yang unik dan juga kelezatan yang terasa sangat khas.

Dalam satu porsi tahu tek, Sedulur bisa menemukan kombinasi antara tahu, telur dadar, lontong, kentang, dan juga sedikit tauge. Dalam penyajiannya, tahu tek kemudian disiram dengan bumbu kacang yang telah dicampur petis udang.

BACA JUGA: 7+ Tempat Warung Orem Orem Malang Terenak, Dijamin Nagih!

Rekomendasi Tempat Beli Tahu Tek Surabaya

Nah, penambahan petis udang inilah yang membuat citarasa tahu tek terasa semakin gurih. Jika ingin mencicipi hidangan tersebut, Sedulur bisa berkunjung ke penjual Tahu Tek Surabaya berikut ini!

1. Tahu Telur Pak Jayen

tahu tek surabaya
Unsplash/Caroline Attwood

Bagi Sedulur yang asli dari Surabaya, tentu saja sudah mengenal Tahu Telur Pak Jayen yang selalu ramai didatangi para pengunjung. Ya, Sedulur harus ekstra sabar untuk bisa mencicipi tahu teknya yang legendaris.

Sedulur bisa datang ketika sore hari agar tidak terlalu ramai. Untuk satu porsi tahu telurnya, Sedulur dapat menemukan potongan tahu goreng, telur, kentang rebus, tauge, lontong, dan kerupuk. Sedulur juga bisa meminta tingkat kepedasan sesuai dengan selera.

  • Lokasi: Jalan Dharmahusada Nomor 112, Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya
  • Jam buka: 16.00 – 00.00 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp13.000

2. Tahu Teck-Teck Pak H. Ali

Tahu Tek-Tek Pak H. Ali di Surabaya termasuk salah satu kuliner legendaris yang patut untuk dicoba bagi para pencinta makanan khas Indonesia, khususnya tahu tek. Pak H. Ali dikenal menggunakan tahu yang berkualitas tinggi, dan digoreng hingga teksturnya sempurna.

Pak H. Ali juga dikenal menggunakan cara tradisional dalam mempersiapkan dan menyajikan tahu tek. Selain itu, menikmati Tahu Tek-Tek di lapak Pak H. Ali juga menawarkan pengalaman kuliner autentik, tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

  • Lokasi: Jalan Dinoyo Nomor 147, Kelurahan Keputran, Kecamatan Tegalsari, Surabaya
  • Jam buka: 10.00 – 01.00 WIB (Senin-Kamis, Sabtu-Minggu), 16.00 – 01.00 WIB (Jumat)
  • Harga : Mulai dari Rp14.000

3. Tahu Tek Lauhan

Rekomendasi warung tahu tek Surabaya yang berikutnya adalah Tahu Tek Lauhan. Warung ini berada di dekat kawasan Universitas Surabaya (UBAYA), dan satu porsinya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, dengan tahu, lontong, serta telur yang melimpah.

Bisa dibilang jika Tahu Tek Lauhan ini tidak pernah sepi oleh pembeli, sehingga Sedulur harus mengantre kurang lebih sekitar satu jam. Lain halnya dengan tahu tek lainnya, Tahu Tek Lauhan mempunyai citarasa asin dan gurih yang khas.

  • Lokasi: Jalan Rungkut Mejoyo Utara, Kelurahan Kali Rungkut, Kecamatan Rungkut, Surabaya
  • Jam buka: 18.00 – 22.00 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp13.000

4. Tahu Tek Pak Ndut

Pada saat mencicipi tahu tek di tempat ini, Sedulur akan menemukan sesuatu yang berbeda, yakni adanya irisan timun. Walaupun terdengar unik, namun justru hal ini memunculkan rasa segar yang tidak akan membuat tahu tek jadi enek.

Nah, terdapat dua varian menu yang ditawarkan, yakni tahu telur dadar serta tahu tek polos. Keduanya pun dibuat dengan bumbu yang sama-sama sedap, tidak kalah enak dibandingkan dengan tahu tek legendaris di Surabaya yang lainnya.

  • Lokasi: Jalan Manyar Rejo I Nomor 2, Kelurahan Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya
  • Jam buka: 17.00 – 22.00 WIB (Senin-Sabtu)
  • Harga : Mulai dari Rp12.000

5. Tahu Tek Pak Munir

Bagi yang suka dengan citarasa pedas, maka bisa berkunjung ke Tahu Tek Pak Munir. Ya, Sedulur bisa memesan tahu tek dengan 10 buah cabai di sini. Rasa yang pedasnya membuat rasa dari hidangan khas Surabaya tersebut terasa semakin nikmat, apalagi dimakan ketika masih hangat.

Tidak perlu menunggu waktu yang terlalu lama, setelah 15 menit Sedulur sudah bisa menikmati tahu tek yang dipesan. Sementara untuk minumannya, hanya tersedia beberapa minuman kemasan botol, seperti halnya air mineral dan juga the saja.

  • Lokasi: Jalan Imam Bonjol Nomor 71-73, Kelurahan DR. Soetomo, Kecamatan Tegalsari, Surabaya
  • Jam buka: 17.00 – 00.00 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp12.000

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Makan Lontong Kupang di Surabaya

6. Tahu Tek Seno Jaya

tahu campur surabaya
Unsplash/Louis Hansel

Seno Jaya dikenal menjual berbagai macam olahan tahu, misalnya saja seperti tahu campur, tahu telur, dan tentu saja tahu tek. Ketika mencicipi tahu tek di warung ini, Sedulur langsung bisa merasakan bumbu petis yang benar-benar khas.

Lokasinya yang strategis dan kebersihan yang selalu terjaga, juga mampu membuat para pengunjung merasa betah. Tidak hanya itu saja, warung tahu tek Surabaya ini juga dilengkapi dengan toilet yang bersih. Hanya saja tempat parkir yang tersedia tidak terlalu luas, sehingga pengunjung sering kesulitan.

  • Lokasi: Jalan Raya Darmo Permai I Nomor 47, Kelurahan Sonokwijenan, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya
  • Jam buka: 11.00 – 23.00 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp10.000

7. Tahu Tek Doa Ibu

Tahu Tek Doa Ibu menjual tahu tek Surabaya dengan gerobak berwarna hijau yang ada di sekitar Kebun Bibit Wonorejo. Jika Sedulur mencari hidangan dengan porsi yang sangat melimpah, maka berkunjung ke warung ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Untuk harganya sendiri, walaupun porsi yang dihadirkan melimpah, namun Sedulur tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Yang lebih istimewanya lagi, bumbu petis yang digunakan cukup kental. Rasanya mampu menggoyang lidah dengan bumbu yang melimpah.

  • Lokasi: Jalan Wonorejo Selatan, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya
  • Jam buka: 18.00 – 22.30 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp13.000

8. Tahu Tek Cak Kahar

Warung Tahu Tek Cak Kahar telah berdiri sejak tahun 1960-an silam. Karena cukup legendaris, tempat yang satu ini juga menjadi salah satu primadonanya tahu tek di Surabaya.  Dalam Warung tahu tek yang satu ini, Sedulur bisa menikmati seporsi tahu tek yang sangat nikmati.

Akan tetapi, sebaiknya hindari datang terlalu malam apanila tidak ingin mengantre dalam waktu yang lama.  Tidak hanya tahu tek saja, para pengunjung juga bisa memesan tahu campur yang rasanya tidak kalah nikmat.

  • Lokasi: Jalan Embong Malang Nomor 78G, Kota Surabaya
  • Jam buka: 17.00 – 24.00 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp15.000

9. Tahu Tek Cak Kartolo

makanan khas banyuwangi
Unsplash/Wherda Arsianto

Rekomendasi warung tahu tek yang terakhir adalah Tahu Tek Cak Kartolo. Meski tempatnya cukup sederhana, namun warung Tahu Tek Cak Kartolo ini telah eksis sejak lama, yakni sudah buka sejak tahun 1980-an lalu. 

Sedulur bisa menemukan dua varian tahu tek yang dijual di tempat ini, yaitu tahu tek biasa serta tahu tek telur. Sama seperti sebelumnya, sebaiknya jangan datang terlalu malam supaya Sedulur tidak kehabisan saat datang ke sini.

  • Lokasi: Jalan Bratang Gede VI E, Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya
  • Jam buka: 17.00 – 22.00 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp10.000

Itulah beberapa rekomendasi warung tahu tek Surabaya yang bisa Sedulur kunjungi. Hampir semua warung tahu tek di Surabaya menawarkan harga yang terjangkau, membuatnya menjadi pilihan makanan yang populer tidak hanya bagi penduduk lokal tetapi juga bagi wisatawan.

Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!