kuliner mojokerto

Salah satu makanan khas Kota Pahlawan yang tidak boleh Sedulur lewatkan adalah Semanggi Surabaya. Makanan ini merupakan salah satu resep semanggi yang diolah menjadi pecel. Dan untuk membuat resep semanggi Surabaya sendiri cukup mudah untuk dilakukan.

Sedulur hanya perlu menyiapkan beberapa bahan utama seperti daun semanggi, taoge, dan kerupuk puli. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini juga terbilang murah, dan mudah ditemukan, baik di pasar tradisional maupun supermarket.

Penasaran bagaimana cara membuat resep semanggi Surabaya yang enak dan lezat? Langsung saja Sedulur simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 10+ Tempat Makan Tahu Campur Surabaya Paling Mak Nyus

Sejarah Semanggi Surabaya

pecel punten kediri Resep semanggi surabaya
Freepik/Freepik

Sebelum kita bahas tentang pembuatan Semanggi Surabaya, ada baiknya Sedulur tahu tentang sejarah dan asal mulanya terlebih dahulu. Menurut beberapa sumber, hidangan tradisional ini berasal dari wilayah Surabaya Barat, tepatnya di Desa Kendung, Kecamatan Benowo.

Penduduk dari desa tersebut memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar rumah mereka untuk dimasak dan diolah jadi hidangan yang lezat. Seiring dengan perkembangannya, Semanggi Surabaya kemudian mulai diperjualbelikan.

Di zaman dahulu, masakan ini dijual oleh kaum ibu-ibu yang mengenakan jarit serta selendang untuk memanggul keranjang berisikan semanggi. Biasanya mereka berkeliling ke pasar tradisional atau perkampungan, dan berteriak untuk menawarkan dagangannya.

Penyajian dari semanggi ini juga masih benar-benar tradisional karena menggunakan pincuk daun pisang. Dalam satu porsi Semanggi Surabaya, terdapat daun semanggi kukus yang ditiriskan, kemudian ditambahkan dengan sayuran pelengkap.

Umumnya, pelengkap yang digunakan seperti taoge dan kerupuk puli. Setelah itu, baru disiram dengan bumbu pecel yang khas dan kaya rasa.

Bahan Semanggi Surabaya

Untuk bisa membuat resep semanggi khas Surabaya, Sedulur perlu menyiapkan satu bahan utama yaitu daun semanggi. Persiapkan sebanyak 200 gram daun semanggi segar yang bisa dibeli di pasar ataupun di toko kelontong sayuran.

Harga daun semanggi sendiri cukup murah, untuk 500 gram, Sedulur bisa membelinya di harga sekitar Rp 40 ribu saja. Jika Sedulur awam dengan daun yang satu ini, maka bisa memperhatikan bentuk daun yang memiliki empat helai melingkar.

Daun semanggi sendiri memiliki tekstur yang lembut dengan serat yang tinggi. Selain itu, Sedulur perlu menyiapkan 100 gram taoge, kacang panjang, dan wortel sebagai sayuran utama pada pecel. Berikut ini rincian bahan untuk membuat resep sayur semanggi.

Bahan utama sayur

  • 200 gram daun semanggi
  • 100 gram taoge

Bahan bumbu kacang

  • 100 gram kacang tanah yang telah digoreng
  • 100 gram ubi rebus
  • 40 gram gula merah haluskan
  • 2 ruas kencur
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Petis secukupnya

Cara membuat

Proses membuat resep semanggi Surabaya sebenarnya cukup sederhana. Sedulur hanya perlu merebus bahan utama yang berupa sayuran dan membuat bumbu kacang yang dicampur dengan petis. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan:

  • Siapkan panci dan air bersih lalu rebus sampai mendidih. Masukkan taoge dan daun semanggi tunggu sayur sampai matang.
  • Jika sayur daun semanggi dan taoge sudah matang, Sedulur bisa tiriskan dan pindah sayur ke wadah berbeda.
  • Persiapkan alat dan bahan untuk membuat bumbu kacang. Mulai dengan haluskan gula merah, bawang putih dan bawang merah. Sisihkan.
  • Haluskan ubi rebus dan kacang tanah. Campurkan dengan adonan bumbu bawang putih dan merah yang telah dihaluskan sebelumnya. Campur dan aduk rata.
  • Bersihkan kencur dan masukkan ke dalam adonan bumbu. Campur dengan air, petis, dan garam secukupnya. Koreksi rasa, jika bumbu sudah sesuai selera maka Sedulur bisa mencampurnya dengan sayur yang sudah direbus sebelumnya.
  • Hidangkan dengan nasi panas dan kerupuk puli. Resep semanggi khas Surabaya siap disantap.

Saran Penyajian

Menyajikan Semanggi Surabaya dengan cara yang tepat tentunya akan membantu menonjolkan ciri khas dan kelezatan dari hidangan ini. Untuk itu, usahakan memilih daun semanggi yang masih muda dan segar. Daun yang segar memiliki rasa yang lebih enak, namun harus dicuci sebelum direbus sampai matang.

Kendati demikian, pastikan daun semanggi tidak terlalu lembek agar tetap memiliki tekstur yang baik saat disantap. Selain itu, kunci dari lezatnya dari hidangan ini adalah sambal kacangnya. Pastikan untuk menggunakan kacang tanah yang berkualitas.

Jangan lupa sajikan semanggi dan pelengkapnya lainnya selagi hangat. Panasnya semanggi dan sambal kacang akan membantu mengeluarkan aroma dan rasa yang lebih kaya. Perlu diketahui, penyajian yang menarik juga sangat penting, terlebih jika ingin diperjualbelikan.

Gunakan daun pisang untuk menghadirkan kekhasan hidangan ini. Kemudian tata semanggi di dasar dan siram dengan sambal kacang. Lalu beri kerupuk puli di atasnya bersama berbagai pelengkap yang digunakan untuk tampilan yang menarik.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Lontong Balap Surabaya Terbaik, Wajib Mampir!

Keunikan Semanggi Khas Surabaya

kuliner mojokerto
Unsplash/Tubagus Topan

Semanggi Surabaya telah menjadi simbol dari budaya dan tradisi setempat. Hidangan ini telah lama menjadi bagian dari sejarah kuliner Surabaya, dan menjadi salah satu cara masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar.

Salah satu keunikan pecel semanggi khas Surabaya adalah pada rasa petis yang dicampur dalam bumbu. Hal ini membuat semanggi Surabaya memiliki rasa unik saat disantap.

Selain itu, daun semanggi memiliki karakteristik yang kaya akan serat dan aromanya yang wangi. Jika Sedulur menyantap semanggi Surabaya maka akan bisa merasakan perpaduan bumbu kacang, petis dan aroma daun semanggi yang sangat sempurna.

Selain itu, untuk menyantap pecel daun semanggi biasanya Sedulur juga harus menggunakan pincuk, yaitu menyantap makanan dengan alas daun pisang yang dibuat seperti kerucut. Menikmati pecel semanggi Surabaya dengan pincuk diyakini lebih nikmat lho. Nggak percaya? Langsung cobain aja deh.

Gizi Daun Semanggi

Walaupun memiliki komposisi yang sederhana, resep daun semanggi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Healthline, daun semanggi memiliki kandungan 25 kalori, 4 gram karbohidrat, 3 gram protein, zat besi, dan serat.

Semanggi juga memiliki mineral seperti isoflavone dan polisakarida yang baik untuk tubuh. Dua mineral ini bisa membantu tubuh untuk bisa meningkatkan kemampuan anti inflamasi.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Bani Dewi Marlena di Universitas Airlangga Surabaya juga menunjukkan adanya kandungan saponin dan polifenol dari daun semanggi. Dimana zat tersebut bisa membantu untuk meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Namun meski kaya akan berbagai nutrisi, penting untuk diingat bahwa daun semanggi tidak disarankan untuk terlalu sering dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Dengan begitu, maka kontribusinya terhadap asupan harian nutrisi tidak terlalu signifikan dan tetap seimbang.

BACA JUGA: 12 Kedai Cwie Mie Malang Paling Worth It, Enak dan Legendaris!

Pengalaman Kuliner

Resep semanggi surabaya
Unsplash/Toni Koraza

Bisa dibilang jika Semanggi Surabaya lebih dari sekadar makanan tradisional. Hidangan yang satu ini juga melambangkan keberagaman kuliner yang ada di Surabaya. Dulunya, semanggi dianggap sebagai makanan rakyat jelata karena bahan utamanya yang murah dan mudah ditemukan.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, semanggi telah menjadi bagian dari identitas kuliner Surabaya dan dicari oleh banyak orang, termasuk para wisatawan dari luar daerah.

Bagi Sedulur yang baru mencoba semanggi untuk pertama kalinya, hidangan ini menawarkan pengalaman unik untuk merasakan bagaimana citarasa lokal yang berbeda namun menyenangkan.

Tekstur semanggi yang unik, dipadukan dengan sambal kacang yang kaya rasa dan pelengkap lainnya, membuat Semanggi Surabaya menjadi salah satu contoh bagaimana makanan sederhana dapat menjadi sangat istimewa.

Pecel Semanggi Legendaris di Surabaya

Pecel semanggi Surabaya merupakan salah satu kuliner Jawa Timur yang cukup langka. Tidak banyak pedagang yang menjual makanan unik satu ini.

Namun, jika Sedulur sempat datang ke Surabaya maka bisa mencoba resep semanggi Surabaya yang dijual di sekitar Masjid Al Akbar, Benowo. Di wilayah tersebut, ada beberapa penjual pecel semanggi yang memiliki rasa super lezat.

Sementara bagi Sedulur yang tidak memiliki waktu luang untuk berlibur dan berkunjung ke Surabaya, bisa membuat sendiri hidangan yang khas tersebut di rumah dengan resep yang ada di atas.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang resep semanggi Surabaya yang legendaris. Tak hanya terkenal akan kelezatannya, pecel semanggi juga menyehatkan dan memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Jadi jika tak sempat datang ke Surabaya langsung, Sedulur juga bisa membuatnya di rumah sendiri.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep kali ini bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!