makanan khas lumajang

Lumajang tak hanya terkenal dengan pesona alamnya saja. Kota yang berada di bagian utara Pulau Jawa ini juga menyimpan harta karun berupa kuliner khas. Bahkan, makanan khas Lumajang dikenal bisa menggoyang lidah para pelancong.

Jadi tidak heran jika banyak orang yang datang ke Lumajang, selalu terpikat dengan berbagai macam hidangannya. Jika Sedulur memiliki rencana datang ke sana, maka wajib banget dong mencoba berbagai macam makanan khas Lumajang biar lebih afdol.

Agar Sedulur tidak bingung, kami sudah menyiapkan deretan makanan khas Lumajang yang enak dan wajib dicobain. Yuk, simak bersama!

BACA JUGA: 7 Kuliner Khas Bondowoso Terpopuler yang Wajib Dicoba!

1. Pecel telo

Detik Food

Jika pecel pada umumnya punya isian aneka sayuran seperti tauge dan potongan kacang panjang di atasnya, berbeda jika kamu sedang berada di Lumajang. Di kota ini kamu bisa memakan nasi pecel dengan tambahan godong telo atau daun ketela.

Dengan tambahan daun ketela memang rasanya pahit jika disantap, tetapi rasa pahit itu tidak akan kamu rasakan karena bumbu kacang yang memiliki citarasa pedas dan manis membuat rasa pecel khas Lumajang ini bikin nagih.

2. Tape pisang

Umumnya tape berasal dari singkong atau beras ketan, kota Lumajang juga punya tape tapi menggunakan bahan dasar yang berbeda. Tape ini berbahan dasar pisang dengan tekstur yang lembut. Untuk mendapatkannya banyak tersedia di toko oleh-oleh kota ini.

3. Kue latok

Kue latok merupakan jajanan tradisional khas Lumajang. Kue ini terbuat dari tepung tapioka yang kenyal. Kue ini memiliki bentuk dan warna-warna yang cantik. Kue latok biasanya disajikan bersama parutan kelapa. Kue latok memiliki tekstur kenyal dan empuk dan cocok menjadi kudapan bersantai bersama keluarga.

4. Bledus

Banyak makanan tradisional yang hilang ditelan zaman, namun tidak sedikit makanan yang puluhan tahun masih bertahan hingga saat ini. Salah satu makanan tradisional yang masih bertahan tersebut adalah Bledus.

Sesuai dengan namanya, Bledus atau meledak, makanan khas ini disajikan seolah berhamburan. Bahan utama untuk membuat makanan khas Lumajang ini yaitu dari jagung yang sudah direbus. Jika sudah dipipil, jagung akan ditaburi dengan parutan kelapa tua yang sudah dicampur gula.

5. Pisang agung

Lumajang dikenal sebagai Kota Pisang. Pisang yang sangat terkenal di daerah ini adalah Pisang Agung. Pisang agung merupakan salah satu komoditas unggulan di Lumajang. Daerah penghasil terbesar pisang Agung sebenarnya ada di Senduro.

Pisang agung sendiri adalah pisang jenis ‘Plantain’, yakni jenis pisang yang harus diolah sebelum dikonsumsi. Namun, ada juga yang bisa langsung dikonsumsi. Jenis kulitnya yang relatif tebal dan keras, membuat pisang Agung dapat bertahan lama untuk mencapai fase masak sehingga rasanya semakin manis.

6. Teh kocok

makanan khas lumajang
Fimela

Bukan makanan, melainkan minuman penyanding makanan. Teh kocok khas kota Pisang ini memiliki rasa yang khas yang tak akan dijumpai di kota lainnya. Teh kocok ini dicampur dengan daun mint sehingga memberikan rasa segar saat meminumnya.

7. Rujak otek

Nama makanan ini memang cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun rujak khas Lumajang ini memiliki cita rasa yang lezat. Rujak ini berbeda dengan rujak pada umumnya karena di rujak otek terdapat tambahan rebung yang mampu menambah cita rasa rujak ini.

8. Ketan koro

Berbeda dengan ketan biasa, makanan khas Lumajang seperti Ketan Koro memiliki ciri khasnya sendiri. Makanan ini memiliki bahan utama yaitu biji kacang koro kering yang dihaluskan. Bahan tersebut kemudian dihaluskan dan ditambah nasi putih.

Selain itu, parutan kelapa, daun pandan, dan garam juga menjadi bahan wajib yang harus ada untuk mendapatkan Ketan Koro yang nikmat dan menggugah selera. Kuliner ini memiliki dua rasa ketika di lidah, yakni dominan gurih dan sedikit asin.

9. Keripik pisang

Buah pisang memang rasanya manis, namun jika sering dikonsumsi dalam bentuk buah, kadang rasa bosan dan jenuh melanda. Oleh karena itu, di sinilah kreativitas itu mulai tumbuh di masyarakat Lumajang, khususnya para anak mudanya.

Mereka mengolah buah pisang yang banyak tumbuh di sana menjadi Keripik Pisang dengan berbagai varian rasa, seperti vanilla lumer, cokelat lumer, keju lumer dan rasa lainnya. Tentunya ini menjadi salah satu ciri khas dari makanan khas Lumajang.

10. Lontong petis

makanan khas lumajang
Endeus TV

Lontong petis berisi potongan lontong atau ketupat dengan tahu dan sayuran. Lontong ini kemudian disiram dengan bumbu petis yang nikmat. Sekilas lontong petis mirip dengan tahu tek dari Surabaya. Lontong petis biasanya juga disantap bersama sayur daging ayam, telur, atau lauk lainnya.

Lontong petis merupakan makanan yang paling banyak dicari oleh wisatawan jika berkunjung ke Lumajang. Kuliner satu ini sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan di Lumajang.

Nah, itu tadi deretan makanan khas Lumajang yang wajib dicoba ketika tiba di sana. Sedulur dijamin tidak akan menyesal, karena setiap hidangan di atas memberikan pengalaman kuliner yang unik dan berbeda. Jadi jangan sampai terlewat ya!