Makanan khas Mojokerto

Mojokerto merupakan kota paling kecil yang ada di Indonesia. Namun, meskipun hanya memiliki luas 16,47 kilometer persegi, Mojokerto menyimpan banyak kuliner lezat lho. Bahkan, makanan khas Mojokerto sudah begitu dikenal masyarakat.

Salah satu makanan khas Mojokerto yang paling populer adalah onde-onde. Sedulur bisa menemukan cemilan manis ini di seluruh sudut Mojokerto. Tapi ada juga lho kuliner lain yang wajib Sedulur coba saat berkunjung ke sana.

Penasaran ada apa saja makanan menarik di Mojokerto? Mari simak ulasan tentang kuliner khas Bumi Mojopahit berikut ini.

BACA JUGA: 17 Tempat Kuliner Mojokerto yang Tak Boleh Dilewatkan, Nikmat!

Pilihan Makanan Khas Mojokerto yang Populer

Kalau Sedulur sedang ada agenda untuk liburan ke Mojokerto, rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas di sana. Tapi Sedulur tak perlu khawatir karena ada beberapa rekomendasi makanan khas Mojokerto yang harus Sedulur coba. Biar nggak penasaran, berikut ini beberapa kuliner Mojokerto kerja yang perlu Sedulur rasakan kenikmatannya.

1. Makanan Khas Mojokerto yang Lezat: Serabi Notosuman

Makanan khas Mojokerto
Unsplash/Anna Zaro

Serabi Notosuman merupakan ide makanan khas Mojokerto yang bisa jadi oleh-oleh dan wajib Sedulur coba ketika berkunjung ke kota ini. Pancake tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang gurih. Jadi bisa dibayangkan betapa lezat dan enaknya bukan?

Di Mojokerto, pancake atau serabi tradisional ini sangat digemari karena ciri khas rasanya yang manis dan lezat. Serabi Notosuman sering disajikan dengan kelapa parut dan gula merah cair, jadi memang sedikit berbeda dengan yang ada di Solo. 

Karena kuliner ini disajikan dengan cara yang menarik, tak heran jika banyak orang yang menyukai jajanan ini. Bahkan tak jarang banyak wisatawan yang membawanya pulang sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabatnya.

2. Makanan Khas Mojokerto yang Lezat: Botok Tempe

Selanjutnya ada botok tempe sebagai salah satu makanan khas Mojokerto. Makanan tradisional khas Mojokerto ini merupakan perpaduan antara parutan kelapa dengan tempe. Bahkan, beberapa resep botok khas Mojokerto juga mencampurkan bahan lain seperti tahu, teri dan udang.

Makanan khas Mojokerto satu ini juga memiliki keunikan yang bisa menambah pengalaman kuliner Sedulur. Di mana botok tempe selalu disajikan dengan nasi jagung yang sangat terkenal di Jawa Timur.

Ketika berkunjung ke kota ini, Sedulur akan dengan mudah menemukan botok tempe. Salah satu yang paling populer di Mojokerto adalah Botok Mbah Parti. Warungnya bisakan biasa buka dari pukul 18.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Satu porsi botok tempe dipatok dengan harga murah, yakni mulai dari Rp5 ribu.

3. Makanan Khas Mojokerto yang Lezat: Sate Keong

Kuliner khas Mojokerto yang tak kalah unik dan lezat adalah sate keong. Mungkin jika Sedulur tinggal di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta, sate ini cukup mudah dijumpai. Namun, keunikan sate ini berasal dari bumbu kacang pedasnya yang sangat nikmat.

Selain itu, keong yang digunakan adalah keong sawah yang cukup banyak dijumpai di wilayah Mojokerto. Jadi kalau Sedulur berkunjung ke kota ini, wajib sekali untuk mencoba sate keong.

4. Makanan Khas Mojokerto yang Lezat: Sate Bangil

Makanan khas Mojokerto yang pertama bernama sate bangil. Sate ini merupakan sate kambing yang disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Walaupun terlihat mirip dengan sate kambing yang ada di daerah lain. Sate bangil memiliki bumbu khas Mojokerto seperti menggunakan bawang merah dalam bumbunya.

Sate bangil sangat diminati di sana. Uniknya, sate di Mojokerto ini Sedulur bisa memilih sendiri isian sate kambing dalam setiap porsinya sesuai sama kesukaan atau selera kamu. Misalnya, Sedulur menambahkan lemak atau tanpa lemak, tambah jeroan, dan seterusnya.

Tak hanya disajikan dengan bumbu kacang dan irisan bawang, biasanya juga diberi pelengkap lalapan. Kalau Sedulur ingin mencicipinya, di Mojokerto banyak banget pilihan sate bangli yang terkenal. Salah satunya Sate Bagil Bang Soleh. 

Kedai sate ini biasa buka dari pukul 9 pagi hingga pukul 10 malam. Tapi tidak hanya menyediakan sate bangil saja, di sini Sedulur juga bisa menikmati olahan daging kambing lainnya seperti gulai, sop kaki kambing, sampai asi kebuli.

5. Makanan Khas Mojokerto yang Lezat: Bubur Srunthul

Nah, kuliner khas Mojokerto tak hanya yang gurih-gurih saja Sedulur. Ada juga makanan manis yang wajib Sedulur coba, salah satunya adalah bubur srunthul.

Kalau dilihat dari namanya, Sedulur pasti setuju kalau makanan ini unik. Bubur srunthul terbuat dari tepung sagu yang dibuat membentuk bulat. Bentuk inilah yang akhirnya membuat bubur ini diberi nama Srunthul.

Ciri khas rasa dari makanan satu ini tak hanya pada rasa manisnya saja, Sedulur bisa menemukan tekstur kenyal dan legi dalam seporsi bubur. Kalau Sedulur mencari menu sarapan yang tidak terlalu berat, maka makanan satu ini sangat cocok untuk dicoba.

BACA JUGA: 7 Sego Sambel Malang Terenak, Pedesnya Nendang!

6. Makanan Khas Mojokerto yang Lezat: Onde-onde

Kue khas Jawa Timur
Unsplash/Jopopz

Makanan khas Mojokerto yang terakhir adalah onde-onde. Yup, dari julukan kota saja, Mojokerto sering disebut sebagai Kota Onde-Onde dan ini membuat tidak afdol jika tidak memasukkan makanan bulat ini ke dalam daftar makanan khasnya.

Onde-onde dari Mojokerto dibuat dari tepung ketan. Isiannya pun sangat beragam, dari mulai kacang hijau sampai kacang merah. Pada bagian permukannya pun, onde-onde memiliki taburan biji wijen yang membuat rasanya semakin gurih.

7. Makanan Khas Mojokerto yang Lezat: Sate Ponorogo

Masih masuk ke dalam daftar ide kuliner khas Mojokerto lainnya, yakni ada Sate Ponorogo yang menjadi sajian lezat berikutnya dan pastinya sayang untuk dilewatkan saat berwisata ke sana. Sate Ponorogo merupakan masakan khas Mojokerto yang sangat digemari dan disukai baik oleh warga sekitar maupun masyarakat luar Mojokerto.

Jika Sedulur pecinta sate dan menghindari makanan berminyak, menyantap Sate Ponorogo adalah ide yang bagus. Ayam atau daging sapi pilihanmu akan ditusuk rapi menggunakan tusuk bambu. Lalu sate yang sudah jadi dipanggang di atas arang. 

Setelahnya sate diberi bumbu kacang khusus agar rasa asin, manis, dan pedasnya lebih meresap. Penjual kemudian menyajikan sate dan sepiring lontong atau nasi sesuai pilihan dengan selera kamu.

8. Makanan Khas Mojokerto yang Lezat: Rawon Setan

Rawon Setan merupakan masakan khas Kota Mojokerto yang juga wajib untuk Sedulur coba. Rawon Setan bisa dikatakan merupakan salah satu variasi makanan yang unik karena sop daging ini sebagian besar mengandung kuah hitam dan memiliki aroma yang sangat khas.

Di Mojokerto sendiri, Rawon Setan memiliki keistimewaan karena memiliki daging kambing yang lembut dan kaya akan bumbu yang menambah cita rasa masakan kuliner ini. Jika Sedulur sedang traveling atau berwisata bersama keluarga tercinta, menyantap makanan Rawon Setan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi, kacang-kacangan, keripik dan telur asin. Kuliner ini dianggap sebagai salah satu khazanah kuliner Indonesia. Karena sekali mencicipinya pasti teringat akan rasanya yang lezat dan teringat Mojokerto. Jadi, Sedulur wajib banget mencobanya.

9. Makanan Khas Mojokerto yang Lezat: Lontong Balap

lontong mie surabaya
Endeus TV/Lontong Mie Surabaya

Lontong Balap merupakan ide makanan khas Mojokerto yang masuk dalam daftar rekomendasi terakhir. Lontong balap bisa dikatakan merupakan masakan tradisional Mojokerto. Dalam porsi lontong balapnya biasanya terdapat potongan lontong yaitu nasi ketan yang dibungkus dengan daun pisang, kacang-kacangan, tahu goreng, tempe, potongan timun dan sedikit sambal kacang.

Jika menyebut lontong balap, tidak ada penduduk setempat yang tidak mengetahuinya. Pasalnya kuliner yang satu ini merupakan masakan Mojokerto yang cukup populer dan terkenal. Tak hanya terkenal, lontong balap juga menjadi favorit para pecinta kuliner baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jadi jika berkunjung ke Mojokerto, jangan lupa sertakan Llntong balap sebagai salah satu kuliner lezat yang ingin Sedulur cicipi bersama keluarga tercinta. Pasalnya Sedulur akan dengan mudah menemukan kudapan ini di kota Mojokerto.

Demikian tadi daftar makanan khas Mojokerto yang wajib banget Sedulur coba. Makanan-makanan di atas tak hanya terkenal dengan kelezatan rasanya, tapi juga keunikan bentuk dan cara membuatnya.

Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!