sego sambel malang

Salah satu yang terkenal dari Malang yakni kuliner pedasnya yang nikmat dan menggoyang lidah. Citarasa dari sego sambel Malang memang sudah terkenal sampai ke berbagai wilayah. Sehingga jalan-jalan di Malang tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner pedas yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, sego sambel Malang adalah hidangan khas berupa nasi dengan perpaduan sambal dan juga lauk tradisional yang sangat nikmat dan menggugah selera. Untuk jenis sambalnya sendiri, terdapat beberapa pilihan yang ditawarkan dan tidak selalu sama antar tempat.

Ada yang menyajikan jenis sambal mentah, sambal bawang, sambal tomat, dan juga sambal gami yang saat ini tengah tren. Nah, bagi Sedulur yang penasaran ingin mencoba sego sambel Malang, berikut ini beberapa rekomendasi tempatnya!

BACA JUGA: 9 Kuliner Khas Gresik yang Terkenal Enak, Dijamin Bikin Nagih

1. Sego Sambel Cak Uut

sego sambel malang
Freepik/Freepik

Rekomendasi warung sego sambel Malang yang pertama adalah Sego Sambel Cak Uut. Warung sambel sego yang satu ini, tidak hanya populer di kalangan warga lokal Malang saja, namun banyak turis dari luar daerah yang sudah mengenalnya.

Racikan sambal di tempat ini memang terbilang unik, karena tidak memakai sambal terasi, melainkan sambal tomat dengan rasa yang lebih segar. Nah, sambal tomat tersebut juga dilengkapi irisan kacang panjang mentah serta paduan irisan tempe yang memberikan efek renyah.

Sego sambel Cak Uut juga menyajikan aneka lauk yang sangat nikmat. Mulai dari ayam goreng, udang goreng, lele goreng, krengsengan, cakalang suwir, cumi hitam, paru balado, dan lain sebagainya. Selain mencicipi sambal tomat, Sedulur juga dapat memesan beberapa jenis sambal lain.

Di antaranya seperti sambal bawang dengan bumbu bawang yang khas, serta sambal tempong. Bagi yang belum tahu, sambal tempong adalah sambal mentah khas Banyuwangi yang memiliki citarasa pedas dan tidak kalah nikmat dari jenis sambal yang lainnya.

  • Alamat: Jalan Simpang Raya Langsep No. 30, Bareng, Kota Malang
  • Jam operasional: Mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp18.500 sampai Rp39.500

2. Sego Lombok Mbah Buyut

Sego Lombok Mbah Buyut merupakan salah satu rumah makan yang menjadi favorit bagi kalangan mahasiswa. Sudah pasti, hal ini karena harga yang dipatok untuk setiap menunya terbilang murah meriah. Kendati demikian, Sedulur tidak bisa meragukan citarasa yang dihadirkan.

Saking laris dan juga populernya warung sego sambel Malang yang satu ini, bahkan kini Sego Lombok Mbah Buyut memiliki 2 cabang, lho! Dengan begitu, maka para pembeli bisa memilih cabang mana yang paling dekat atau yang sedang tidak terlalu ramai.

Nah, bicara soal kualitas dan rasa, sepertinya menu sego sambel di sini tidak bisa disepelekan. Banyak yang jatuh cinta dengan kenikmatan lauk dan juga pedasnya sambal ala Mbah Buyut. Terlebih lagi jika dipadukan dengan lauk tradisional ala Jawa, dijamin Sedulur akan langsung ketagihan!

Beberapa jenis lauk yang bisa ditemukan di warung ini seperti krengsengan sapi dan kikil, ayam lodho, atau bahkan penyetan ikan asap. Selain itu, Sego Lombok Mbah Buyut juga menawarkan lauk berupa cumi asap yang sangat sayang untuk dilewatkan.

  • Alamat: Jalan Bunga Kumis Kucing No. 4 Jatimulyo, Lowokwaru, Malang (Cabang 1), Jalan Abdul Rahman Saleh No.34, Krajan, Surodakan, Trenggalek (Cabang 2)
  • Jam operasional: Mulai pukul 12.00 sampai 22.00 WIB
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp10.000 sampai Rp20.000

3. Warung Pedas Tangkilsari

Mungkin Warung Pedas Tangkilsari ini memang tidak menawarkan hidangan berupa sego sambel Malang khusus. Akan tetapi, kuliner serba pedas yang ada di sini dijamin akan membuat banyak orang langsung jatuh cinta dan tidak akan bisa melupakannya.

Bisa dibilang jika Warung Pedas Tangkilsari ini berawal dari warung sederhana yang berdiri pada tahun 2005 salam. Dan untuk saat ini, warung tersebut sudah berupa rumah makan yang jauh lebih nyaman bagi para pengunjung yang datang menikmati hidangannya.

Popularitas dari warung makan pedas yang satu ini juga semakin meroket ketika disambangi oleh para food vlogger. Beberapa lauk andalan yang dihadirkan, di antaranya seperti cumi, kikil, ikan kakap, ikan gurame, dan juga ikan dorang yang semuanya diolah dengan bumbu cabai yang pedas dan mantap.

Tidak hanya itu, jika berkunjung jangan lewatkan menu unggulan yakni gulai kepala ikan. Terdapat ikan kakap, tenggiri, tuna, sampai gurame yang sangat nikmat. Silahkan Sedulur pilih jenis ikan mana yang paling sesuai dengan keinginan.

  • Alamat: Jalan Raya Tangkilsari 37, Kertowinangun, Tajinan, Kabupaten Malang
  • Jam operasional: Mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp20.000 sampai Rp30.000

BACA JUGA: 11 Tempat Kuliner Kawasan Ampel Surabaya yang Patut Dicoba

4. Sambal Bawang Mbok Jayus

nasi tempong banyuwangi
Unsplash/Shibupavizha

Rekomendasi sego sambel yang populer di Malang berikutnya adalah Sambal Bawang Mbok Jayus. Saking populernya, Rumah makan sambal yang satu kerap kali menjadi tujuan bagi para turis untuk bersantap ketika sampai di wilayah Malang.

Sambal yang disajikan di tempat ini bukanlah sambal terasi maupun sambal gami. Namun sambal bawang dengan citarasa pedas yang tidak kalah nikmat. Ciri khas dari hidangan di sini, yakni sambalnya disajikan di atas cobek tanah liat yang khas, lengkap dengan ulekannya.

Nah, para pembeli dapat request untuk jumlah cabai yang digunakan pada sambalnya. Mulai dari 5 sampai 40 buah, atau bahkan ada juga yang minta sampai ratusan buah cabai, lho! Setelah itu, sambal bawang ini disajikan bersama dengan lauk goreng pilihan dari para pembeli.

Lauk yang tersedia di antaranya seperti ayam, lele, tahu, tempe, empal, dan juga babat rawis. Jika Sedulur ingin camilan seperti mendoan dan perkedel, maka warung Sambal Bawang Mbok Jayus ini juga menyediakannya, kok!

  • Alamat: Jalan Candi Sewu No.6, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang
  • Jam operasional: Mulai pukul 11.00 sampai 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp15.000

5. Sego Sambel Sarumpet

Rumah makan yang satu ini memiliki 5 jenis hidangan sego sambel yang siap untuk memanjakan sekaligus menggoyangkan lidah para penikmat pedas. Pilihannya yakni ada sego sambel tongkol, udang, ayam suwir, oseng cumi, dan juga paru.

Selain itu, Sego Sambel Sarumpet juga terkenal dengan menunya yang baru, sambal gami. Racikan sambal yang dimasak di atas cobek tanah liat tersebut, akan sangat spesial dan sempurna ketika berpadu dengan aneka lauk yang tadi sudah disebutkan.

Menu spesial dari Sambal Sarumpet ini mempunyai penyajian yang cukup unik, dimana sambal tersebut disajikan di cobek tanah liat yang sebelumnya telah dibakar terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, harga dari menu yang ada di sini juga terbilang terjangkau.

Warung makan yang satu ini memang sangat cocok dijadikan destinasi untuk mengisi perut bersama keluarga maupun teman-teman. Pokoknya jika Sedulur berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mampir ke warung sego sambel Malang yang satu ini.

  • Alamat: Jalan Candi Panggung Bar. No.55-56, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Malang
  • Jam operasional: 24 Jam penuh
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp15.500 sampai Rp30.500

6. Sego Sambel Malangan

Jika masih belum menemukan warung sego sambel Malang terbaik, mungkin Sego Sambel Malangan ini bisa menjadi pilihan terbaik. Ada banyak menu menarik yang disajikan di Sego Sambel Malangan, di antaranya seperti sego sambel udang, sego sambel usus, sego sambel ayam, dan sego sambel komplet.

Sambal yang disediakan oleh warung sego sambel yang satu ini benar-benar istimewa. Sambal yang disajikan tersebut, dibuat dari cabai rawit yang diulek bersama dengan bawang merah, tomat, garam, dan berbagai bumbu khas yang lainnya.

Bisa dibilang jika Sego Sambel Malangan ini sering dijadikan sebagai destinasi sarapan, makan siang, dan juga makan malam oleh penduduk setempat. Ya, hidangan di tempat ini dikenal karena rasanya yang pedas dan gurih, serta sederhana namun sangat lezat.

Selain itu, citarasa dari menu lauk-pauknya juga tidak bisa disepelekan. Walaupun hanya menu-menu sederhana seperti ayam goreng, udang goreng, atau usus, namun dijamin akan membuat para pembeli kembali lagi untuk menikmati hidangan yang disajikan!

  • Alamat: Jalan Candi Mendut Barat VI Nomor 5, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Malang
  • Jam operasional: Mulai pukul 07.00 sampai 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp17.000

7. Sego Sambel Babat Cokro

kuliner malam mojokerto
Unsplash/Fahrizal Saugi

Rekomendasi sego sambel Malang yang terakhir adalah Sego Sambel Babat Cokro. Sesuai dengan namanya, warung ini menyajikan nasi sambal khas Malang yang terdiri dari nasi putih, kemudian disajikan dengan sambal yang pedas serta potongan babat yang diolah menjadi hidangan yang lezat.

Menu sego sambel di sini memang telah menjadi favorit bagi warga Malang. Sambal yang digunakan, dibuat dari perpaduan antara cabai rawit, bawang putih, bawang merah, tomat, garam, dan juga berbagai bumbu yang lain.

Sementara untuk babat adalah bagian perut dari hewan seperti sapi, yang diolah dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Dengan begitu, maka dapat menghasilkan olahan daging babat dengan citarasa yang khas dan juga lezat.

Bisa dibilang jika Warung Sego Sambel Babat Cokro merupakan salah satu tempat yang terbaik di Malang untuk menikmati hidangan sego sambel. Warung ini terkenal dengan penyajian sego sambelnya yang lezat dan kualitas babat yang sangat baik.

  • Alamat: Jalan Cokroaminoto Nomor 28, Kecamatan Klojen, Malang
  • Jam operasional: Mulai pukul 11.00 sampai 00.00 WIB
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp4.000 sampai Rp20.000

Nah, itulah beberapa warung sego sambel Malang yang direkomendasikan untuk kali ini. Pastikan untuk mencicipi setiap warung sego sambel yang ada di Malang untuk menemukan yang paling cocok dengan selera!