Makanan khas Bojonegoro

Bojonegoro adalah salah satu kota yang berada di Jawa Timur. Wilayah ini terkenal sebagai penghasil minyak bumi terbesar. Namun, tak hanya itu saja, makanan khas Bojonegoro juga terkenal lezat lho.

Letak Bojonegoro yang dekat dengan aliran sungai Bengawan Solo juga memperkaya khasanah kuliner di Kota Jati ini. Lalu apa saja sih makanan khas Bojonegoro yang wajib dicoba? Simak ulasannya berikut.

BACA JUGA: Resep Lapis Legit Lembut & Praktis untuk Suguhan Lebaran

Sego Flambe

makanan khas bojonegoro
Nasi Flambe Dumi

Makanan khas Bojonegoro yang pertama adalah nasi flambe atau sego flambe. Makanan satu ini mirip dengan nasi rames karena terdiri dari nasi yang disajikan dengan ayam suwir, udang goreng dan telur orak arik.

-->

Biasanya agar semakin nikmat, penjual sego flambe akan memberikan sambel terasi sebagai pelengkap. Perpaduan lauk, nasi dan sambel ini akan menciptakan rasa lezat yang membuat pembeli ketagihan.

Sego Buwuhan

makanan khas bojonegoro
YT Cak Inur

Masih seputar nasi, Bojonegoro juga terkenal dengan kuliner benama sego buwuhan. Makanan ini sudah sangat umum di Bojonegoro karena hampir di setiap warung menyediakan sego buwuhan. Namun, untuk para pelancong jelas sego buwuhan bukan makanan yang biasa.

Sedulur pasti akan dibuat terkesima dengan kelezatan makanan satu ini karena dalam satu porsi terdapat lauk seperti momok tempe, mie, sayur tewel, sate daging sapi dan telur. Nasi ini juga disajikan di atas daun jati yang membuat sensasi unik semakin terasa.

Sego buwuhan juga merupakan salah satu kuliner Bojonegoro yang sangat spesial karena pada tahun 2019 lalu, makanan ini masuk ke dalam MURI karena dihidangkan dalam porsi yang sangat besar di acara Bojonegoro Thengul International Folklore Festival.

Serabi Bojonegoro

makanan khas bojonegoro
Foodnesia

Satu makanan khas Bojonegoro yang tidak boleh dilewatkan adalah serabi. Makanan ini berupa kue yang memiliki rasa manis gurih. Biasanya serabi dijual pada pagi hari sampai siang hari.

Alasan serabo Bojonegoro merupakan kuliner yang wajib dicoba tidak lepas dari rasanya yang otentik. Ada dua jenis serabi Bojonegoro yang biasanya dijual, yaitu serabi kering dan serabi basah.

Serabi kering menggunakan bahan dasar tepung beras yang lalu disajikan bersama dengan kelapa parut, ketan dan bubuk kedelai. Sementara serabi basah hanya disiram dengan kuah santan yang super gurih.

Salah satu warung Serabi Bojonegoro yang paling terkenal ada di kawasan Jalan Dr. Soteomo. Jika Sedulur tertarik, maka bisa mengunjungi warung tersebut.

BACA JUGA: 10+ Resep Kue & Jajanan dari Tepung Beras, Murah dan Enak

Gethuk Lindri

Gethuk Lindri
YT Chalistaa Kitchen

Salah satu makanan tradisional khas Bojovnegoro yang menarik untuk dinikmati adalah gethuk lindri. Makanan ini banyak dijumpai di berbagai daerah di Pulau Jawa, tapi ada satu keunikan gethuk yang berasal dari Kota Jati ini.

Gethuk lindri Bojonegoro terbuat dari singkong atau biasa disebut dengan pohong. Jika gethuk biasa berwarna putih atau coklat, beberapa variasi gethuk lindri di Bojonegoro biasanya berwarna merah dan hijau.

Untuk menikmati gethuk lindri pun Sedulur tidak perlu merogoh dompet terlalu dalam, karena dengan uang 3 ribu rupiah saja, Sedulur bisa mencicipi kelezatan gethuk lindri yang ditaburi dengan parutan kelapa yang gurih.

Kue Putu

Kue Putu
VIVA

Sedulur pasti tidak asing dengan cemilan hangat bernama kue putu. Di Bojonegoro, kue yang terbuat dari tepung beras ini ternyata sangat terkenal lho. Bahkan, sebagain besar pelancong tidak pernah absen untuk mencicipi makanan ini ketika datang ke Bojonegoro.

Kue yang biasanya dijual secara keliling dengan ciri khas suara siulan dari tempat memasak putu memang ikonik. Namun, ujntuk kue putu Bojongeoro warnanya adalah hijau. Para penjual putu biasanya mencampurkan adonan kue putu dengan sari pandan sehingga aroma kue ini menjadi sangat lezat.

Untuk sepotong makanan khas Bojonegoro ini, biasanya dijual dengan harga seribu rupiah. Wah, murah banget kan Sedulur.

Ledre

makanan khas bojonegoro
Kilat

Salah satu julukan dari Bojonegoro adalah Kota Ledre. Hal ini bukan tanpa alasan, karena Bojonegoro adalah penghasil makanan ledre terbesar di Indonesia.

Makanan khas Bojonegoro satu ini memiliki bentuk yang unik. Mirip seperti sedotan, ledre memiliki karakter yang renyah seperti biscuit.

Rasa dari makanan yang terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras dan guka ini juga sangat enak. Selain itu, ada bahan rahasia yang membuat ledre khas Bojonegoro berbeda dengan makanan lainnya, yaitu campuran pisang raja di dalamnya.

Jadi tidak heran jika Sedulur ketitika mencicipi keripik ini akan merasakan aroma pisang yang menggugah selera.

BACA JUGA: Legendaris! 8 Wisata Kuliner khas Malang Yang Bikin Perut Kenyang

Ender-Ender

Ender Ender Bojonegoro
Traveldiva

Selanjutnya adalah makanan khas Bojonegoro yang memiliki nama cukup unik, yaitu ender-ender. Makanan ini terbuat dari ubi jalar yang dipotong tipis lalu digoreng kering. Ender-ender mirip seperti keripik singkong tapi dengan rasa yang lebih gurih.

Selain ledre, ender-ender juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang rumah. Apalagi keripik ini memang terkenal awet dan tahan lama.

Jika Sedulur tertarik untuk membeli ender-ender, makanan ini tersedia hampir di seluruh depot oleh-oleh di Bojongeoro. Harganya pun tidak mahal, hanya 23 ribu rupiah saja!

Keripik Tempe

makanan khas bojonegoro
Endeus TV

Walaupun terlihat sederhana, tapi keripik tempe menjadi salah satu makanan khas Bojonegoro yang sangat enak. Keripik ini memiliki karakteristik yang renyah dan gurih.

Jika Sedulur berkunjung ke Bojonegoro, tepatnya di kawasan Ngampel maka tidak boleh melewatkan membeli makanan satu ini. Harganya pun sangat murah hanya 10 ribu rupiah saja per bungkusnya.

Pecel Wader Kali

makanan khas bojonegoro
Lagi Libur

Terakhir makanan Bojonegoro yang tidak boleh dilewatkan adalah pecel wader kali. Aliran sungai Bengawan Solo yang melintas di Bojonegoro memang membuat kota ini dilimpahi banyak sekali ikan air tawar. Salah satu yang paling terkenal adalah wader kali.

Ikan wader biasanya disantap bersama dengan pecel khas Bojonegoro yang memiliki cita rasa pedas gurih. Adanya ikan wader membuat pecel menjadi lebih lengkap dan sedap. Kalau Sedulur berkunjung ke Bojonegoro, maka jangan sampai terlewat untuk mencicipi kuliner satu ini.

Demikian tadi daftar makanan khas Bojonegoro yang bisa Sedulur coba. Kota Jati ini memang tak hanya terkenal sebagai penghasil minyak bumi saja tapi juga dengan kulinernya yang istimewa.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.