makanan khas banyuwangi

Sejak beberapa tahun belakangan, destinasi wisata Banyuwangi semakin bergaung. Tidak hanya berwisata di alam yang indah, Sedulur juga wajib mencicipi makanan khas Banyuwangi yang kelezatannya tidak akan terlupakan.

Makanan khas Banyuwangi sendiri mungkin terbilang unik, karena banyak yang menggabungkan dua jenis makanan menjadi satu. Selain itu, kebanyakan makanan ini cukup sulit ditemui di daerah lain. Nah, berikut ini beberapa makanan khas dari Banyuwangi yang wajib untuk dicoba!

BACA JUGA: Oleh-Oleh Khas Malang, Wajib Dibawa Pulang

1. Telur petis

makanan khas banyuwangi
Unsplash/Wherda Arsianto

Telur petis merupakan makanan khas Banyuwangi yang terbuat dari telur rebus yang disiram dengan bumbu petis. Petis sendiri adalah saus atau pasta yang terbuat dari udang atau belut yang difermentasi dan dicampur dengan rempah-rempah.

Telur petis sering sering disajikan sebagai hidangan pelengkap dalam masakan tradisional Jawa Timur dan daerah sekitarnya, terutama Banyuwangi.

2. Sego tempong

Sego tempong adalah hidangan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan sambal tempong, lauk pauk seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu goreng, atau telur, dan juga lalapan seperti mentimun, tomat, atau daun kemangi.

Sambal tempong yang menjadi ciri khas sego tempong terbuat dari cabai rawit yang diulek bersama dengan garam, terasi, dan bahan khas lainnya.

3. Ayam kesrut

Ayam kesrut, makanan khas Banyuwangi yang terkenal dengan citarasa khas dengan bumbu yang melimpah. Hidangan ini dimasak dengan menggunakan bumbu kesrut, yang terbuat dari campuran rempah-rempah tradisional.

Bumbu tersebut dihaluskan dan dimasak bersama ayam hingga matang dan meresap ke dalamnya. Hidangan ini memiliki citarasa yang kaya akan rempah-rempah dengan sedikit bumbu pedas.

4. Pecel rawon

Sesuai namanya, hidangan ini merupakan perpaduan antara pecel dan kuah rawon. Pecel rawon sendiri terdiri dari aneka sayuran seperti kacang panjang, kangkung, tauge, tahu, tempe, dan daun singkong yang direbus, kemudian disajikan dengan sambal kacang yang kental dan kuah rawon yang kaya akan rempah.

Selain itu, hidangan ini biasanya juga sering disajikan dengan tambahan irisan telur rebus dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

BACA JUGA: Bakso President Malang: Keseruan Nikmati Bakso di Pinggir Rel

5. Rujak soto

rujak madura
Unsplash/Wherda Arsianto

Selain rawon, ada pula rujak soto yang merupakan perpaduan unik antara rujak buah dan soto, dua hidangan populer di Indonesia. Makanan khas Banyuwangi ini terdiri dari campuran buah-buahan segar yang diiris, kemudian disiram dengan kuah soto yang kaya rempah.

Kuah soto yang digunakan dalam rujak soto memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas, dengan tambahan santan yang memberikan tekstur kental dan kaya.

6. Bagiak

Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut, gula merah, dan sedikit garam, kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil dan dipanggang hingga matang. Bagiak mempunyai tekstur kenyal serta rasa manis dari gula merah yang meleleh di dalamnya.

Makanan yang satu ini sering dijadikan sebagai camilan atau hidangan penutup tradisional dalam berbagai acara dan juga sebagai oleh-oleh khas dari Banyuwangi.

7. Petulo

Petulo juga menjadi salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang berasal dari Banyuwangi. Kue ini dibuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula merah, garam, dan santan kelapa.

Tekstur petulo ini kenyal dan lembut, dengan rasa gurih manis dari penggunaan santan kelapa dan gula merah di dalamnya. Peluto juga cocok dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Banyuwangi.

8. Bolu kuwuk

Bolu kuwuk terbuat dari campuran antara tepung terigu, gula, telur, santan kelapa, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Karakteristik khas dari bolu kuwuk adalah teksturnya yang lembut dan sedikit padat serta aroma rempah-rempah yang harum.

9. Ayam pedas

Ayam pedas terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan gurih. Proses pembuatan makanan ini dimulai dengan memasak potongan ayam dengan menggunakan bumbu rempah seperti lengkuas, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, dan lainnya.

Selain itu, hidangan yang satu ini juga dimasak dengan tambahan santan untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya dan gurih.

10. Tahu walik

Tahu walik adalah makanan khas Banyuwangi yang telah menyebar ke berbagai daerah. Cemilan khas Banyuwangi ini mempunyai ciri khas, yaitu tahu yang digoreng hingga matang, kemudian dibelah menjadi dua bagian.

Setelah itu, diisi dengan berbagai macam bahan seperti daging ayam cincang, telur ayam, sayuran, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Resep Kue Janda Genit, Kue Lebaran yang Enak dan Simple

11. Ketan bubuk kedelai

ketan malang
Instagram/ketanbubukmalang

Ketan bubuk kedelai merupakan sejenis kue tradisional yang terbuat dari bahan dasar ketan yang dicampur dengan bubuk kedelai. Ketan bubuk kedelai seringkali disajikan sebagai camilan atau makanan ringan.

Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan manis karena menggunakan bubuk kedelai sebagai tambahan. Ketan bubuk kedelai juga menjadi salah satu kuliner tradisional yang populer di Banyuwangi, dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung.

12. Pecel pitik

Pecel pitik adalah hidangan dari daging ayam yang direbus atau dipanggang, lalu disajikan dengan sambal pecel dan sayuran. Ya, sambal pecel sendiri merupakan sejenis saus kacang khas Jawa Timur, yang biasanya disajikan sebagai pelengkap.

Sambal ini terbuat dari campuran bumbu-bumbu seperti kacang tanah, cabai, terasi, gula merah, garam, dan bumbu lainnya yang diulek hingga halus.

13. Botok tawon

Botok tawon merupakan khas yang terbuat dari campuran ikan atau daging cincang, kelapa parut, santan, dan juga rempah-rempah yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus hingga matang. Penggunaan rempah-rempah, membuat citarasa hidangan tersebut begitu istimewa.

14. Nasi krawu

Nasi Krawu terdiri dari nasi yang disajikan dengan daging sapi yang dipotong tipis, lalu dimasak dengan bumbu khas. Setelah itu, biasanya juga ditambahkan bahan pelengkap seperti telur, tauge, serundeng, dan sambal terasi.

Nasi Krawu memiliki cita rasa yang gurih dan rempah-rempah yang khas, serta menjadi salah satu hidangan favorit di wilayah Jawa Timur, termasuk Banyuwangi.

15. Serombotan

Serombotan merupakan hidangan tradisional khas, berupa campuran sayuran segar seperti kacang panjang, tauge, kecambah, kacang kedelai, kentang, dan tahu yang direbus, kemudian disajikan dengan bumbu sambal yang pedas dan gurih.

Sambal serombotan sendiri terbuat dari bumbu rempah seperti terasi, cabai, petis, gula merah, bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk yang diulek atau dihaluskan hingga merata.

16. Sate kulat

Terakhir ada sate kulat, sajian yang terbuat dari daging kulat (jamur yang tumbuh liar) yang ditusuk dan dipanggang seperti sate. Jamur kulat tersebut dicampur dengan bumbu-bumbu rempah seperti kecap manis, bawang putih, bawang merah, dan bumbu lainnya sebelum dipanggang.

Itulah beberapa makanan khas Banyuwangi yang wajib Sedulur coba ketika berkunjung ke sana. Itu hanya beberapa contoh dari beragamnya hidangan khas Banyuwangi.