sego goreng resek

Tentu saja Sedulur sudah tahu jika Indonesia memiliki banyak sekali varian kuliner yang unik. Dari sekian banyak kuliner yang ada, salah satu yang menarik untuk dicoba adalah sego goreng resek. Ya, ini merupakan warung nasi goreng yang terkenal di daerah Jawa Timur, khususnya Malang.

Bagi Sedulur yang sedang berkunjung atau berlibur ke daerah Malang dan sekitarnya, tentu saja akan sangat rugi jika tidak mencobanya. Nah, lantas apa itu yang dimaksud dengan sego goreng resek? Langsung saja, simak informasi yang akan dijelaskan di bawah ini!

BACA JUGA: 20 Tempat Makan 24 Jam di Surabaya, Enak dan Dijamin Nagih

Sego Goreng Resek

sego goreng resek
Unsplash/Masaaki Komori

Sego Goreng Resek merupakan salah satu varian sekaligus warung nasi goreng yang bisa ditemukan di Malang. Nasi goreng yang satu ini bisa dibilang legendaris, karena telah ada sejak 1959 alias berusia lebih dari 60 tahun lamanya.

Sebenarnya nasi goreng yang satu ini tidak jauh berbeda dengan nasi goreng jawa pada umumnya. Namun dijamin, citarasa yang dihadirkan benar-benar istimewa, beda dengan nasi goreng jawa yang ditemukan di warung penjual nasi goreng lain.

Hal ini dapat terjadi, salah satu penyebabnya karena proses masaknya yang menggunakan arang. Sehingga tidak hanya rasa nasi goreng yang gurih, tetapi aromanya juga terasa khas.

Komposisi Sego Goreng Resek

Sego Goreng Resek memiliki komposisi yang serupa dengan nasi goreng pada umumnya, namun dengan beberapa kekhasan dalam bumbu dan cara penyajiannya. Bagi yang penasaran, berikut ini beberapa komposisi dari nasi goreng unik tersebut.

1. Nasi

Sama seperti nasi goreng lain, varian ini menggunakan nasi putih yang telah dingin agar teksturnya lebih kering dan tidak lembek saat digoreng.

2. Bumbu halus

Bumbu utama yang digunakan biasanya meliputi bawang putih, bawang merah, cabai, terasi, garam, dan kecap manis untuk memberikan rasa manis yang khas.

3. Pelengkap

Sego goreng yang satu ini juga disajikan dengan beberapa bahan tambahan seperti halnya potongan telur, suwiran ayam, juga potongan usus ayam, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Seger! 12 Minuman Khas Surabaya Terbaik yang Wajib Dicoba

Kenikmatan yang Dihadirkan

sego goreng resek
Unsplash/Yoga Sukma

Variasi nasi goreng yang satu ini memang memiliki keistimewaan ketimbang nasi goreng yang lainnya. Penggunaan dari bumbu halus yang khas dan kaya, tentu saja mampu memberikan rasa yang kuat dan gurih pada nasi goreng ini.

Proses memasak nasi dengan menggunakan arang ini juga dapat menghasilkan tekstur yang lebih garing, dan aroma khas yang disukai oleh banyak orang. Pada intinya, nasi goreng yang satu ini benar-benar terasa nikmati dijadikan sebagai makan malam sambil menikmati suasana Kota Malang.

Sejarah Sego Goreng Resek

Dapat dikatakan jika nama yang sebenarnya dari nasi goreng ini bukanlah nasi goreng resek, namun Sego Goreng Pak Man. Hanya saja, dulunya warung nasi goreng jawa ini berlokasi di sebelah tempat sampah. Pada akhirnya orang-orang menyebutnya sebagai sego goreng resek yang berarti nasi goreng sampah.

Namun seiring dengan perkembangannya, kini para pembeli tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Tempat yang tersedia kebersihannya benar-benar terjaga. Ya, untuk saat ini, warung nasi goreng ini telah dijalankan oleh generasi kedua.

Lokasi dan Jam Operasional

Tentu Sedulur akan benar-benar rugi jika tidak berkunjung ke warung sego goreng resek jika berkunjung ke Malang. Jika merasa tertarik, maka bisa langsung menuju ke Jalan Brigjen Katamso, Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Warung yang satu ini buka mulai pukul 17.00 WIB sampai habis. Biasanya, sejak dibuka warung sudah ramai oleh para pelanggan yang antri untuk membeli. Menariknya, dalam satu hari Pak Man dapat menjual sampai 500 porsi nasi goreng.

Harga Satu Porsi

Selain memiliki citarasa yang enak dan aroma yang khas, harga dari nasi goreng ini juga cukup terjangkau. Ya, satu porsi nasi resek hanya dibanderol seharga Rp9.000 saja. Jadi tidak heran jika warung nasi goreng tersebut benar-benar laris.

Sego goreng resek merupakan contoh bagaimana masakan sederhana dapat diubah menjadi sesuatu yang unik dan khas. Bagi Sedulur yang menyukai masakan Indonesia terutama nasi goreng, mencoba nasi goreng ini tentu bisa menambah wawasan dan pengalaman kuliner.

Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!