sate klopo

Sate klopo adalah salah satu makanan paling legendaris yang ada di wilayah Surabaya. Bukan hanya terkenal karena kelezatannya saja, makanan bakar ini juga memiliki cita rasa dan bumbu yang unik.

Terbuat dari daging sapi dan lemak, sate lalu dibungkus dengan bumbu olahan kelapa parut. Setelah itu, sate akan dibakar di atas bara api hingga memunculkan aroma yang sedap. Ini jadi satu keunikan sate kelapa yang tidak ada di sate lainnya.

Bagi Sedulur yang ingin mencicipi sate klopo, tapi bingung dimana saja tempat terbaik untuk mencoba makanan ini? Berikut rekomendasinya!

BACA JUGA: Seger! 12 Minuman Khas Surabaya Terbaik yang Wajib Dicoba

1. Sate Klopo Tiara

sate klopo
Unsplash/Ali Burhan

Rekomendasi sate klopo yang pertama adalah Sate Klopo Tiara. Warung Sate Klopo Tiara merupakan salah satu tempat makan yang terkenal di Surabaya untuk menikmati sate klopo yang lezat. Berdiri sejak tahun 1960 di kawasan Tambaksari, Sate Kelapa Tiara menjadi spot legendaris pertama yang bisa Sedulur kunjungi.

Dengan pengalaman sudah lebih dari 40 tahun, rasa masakan di warung ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Sate klopo di sini, terasa sangat lezat dan citarasa yang istimewa tidak akan bisa ditemukan di tempat-tempat lainnya.

Selain itu, salah satu keunggulan Sate Kelapa Tiara adalah porsinya yang terbilang besar dan mantap. Tekstur daging sapi yang diberikan pun tidak alot. Dengan begitu, Sedulur bisa menikmati sate bumbu kelapa tanpa khawatir akan kesulitan.

Jika Sedulur ingin mencicipi kelezatan Sate Kelapa Tiara, warung makan ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 11 malam. Harganya pun cukup murah, untuk satu porsi sate kelapa, Sedulur hanya perlu membayar Rp15 ribu saja.

2. Warung Bu Misnah

Lokasi kedua yang wajib Sedulur kunjungi untuk bisa merasakan kelezatan sate kelapa ada warung Bu Misnah. Tempat makan sate ini memiliki menu sate kelapa yang sangat spesial, karena satenya menjadi pilihan sarapan banyak orang.

Berdiri di Jalan Dinoyo, warung sate klopo Bu Misnah sudah berdiri puluhan tahun lamanya. Dengan menu lengkap seperti nasi putih, serundeng, sambal kacang, dan cabe rawit. Sate kelapa buatan Bu Misnah memberikan kelezatan yang tiada duanya.

Warung Sate Klopo Warung Bu Misnah sendiri adalah tempat yang populer di Surabaya untuk menikmati sate klopo yang lezat dan autentik. Dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas dan bumbu rempah yang khas, mereka menyajikan hidangan yang memikat selera.

Selain itu, harga yang terjangkau dan suasana yang nyaman, juga mampu membuat warung ini menjadi pilihan yang baik bagi pecinta kuliner di Surabaya.

BACA JUGA: Resep Bumbu Semanggi Surabaya yang Lezat dan Gurih

3. Patua

sate klopo
Unsplash/Mufid Majnun

Patua adalah spot terbaik bagi Sedulur yang suka kuliner dengan sensasi street food. Hal ini lantaran kedai Sate Klopo Patua berada tepat di pinggir jalan besar dengan konsep warung yang sederhana.

Namun, walaupun tempatnya bisa dibilang ‘biasa’ saja, rasa sate kelapa yang ditawarkan Patua sangat luar biasa lho Sedulur. Apalagi dibandingkan dengan warung sate sebelumnya, harga seporsi sate klopo Patua bisa dibilang paling murah dibanding tempat lain yaitu Rp13 ribu saja.

Meskipun harga yang dibanderol cukup terjangkau, sate bumbu kelapa di Warung Patua ini tentu saja memiliki citarasa yang lezat, membuatnya cocok bagi berbagai kalangan. Warung Patua ini terletak di lokasi strategis di Surabaya, membuatnya mudah diakses oleh pengunjung.

Sedulur bisa berkunjung di kedai Sate Klopo Patua yang berada di Jalan Tentara Genie Pelajar, Sawahan, Kota Surabaya. Ya, warung ini sering kali menawarkan suasana yang nyaman dan ramah, cocok untuk makan bersama keluarga atau teman-teman.

4. Sate Klopo Kak Mad

Kalau biasanya nama penjual makanan di Surabaya selalu menggunakan panggilan ‘Pak’ atau ‘Cak’, maka tidak berlaku untuk Sate Klopo Kak Mad. Si pemilik ingin memberikan kesan santai dan bersahabat kepada pelanggannya sehingga lebih suka dipanggil Kak Mad.

Berlokasi di Jalan Pucang Anom Timur, tempat makan sate kelapa ini memiliki variasi menu yang beragam. Sehingga jika Sedulur sedang pergi dengan teman atau saudara, bisa memilih banyak menu lainnya seperti sop iga, sop buntut, sampai gulai.

Warung Sate Klopo Kak Mad juga dikenal selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk membuat sate bumbu kelapa dan hidangan-hidangan yang lainnya. Hal ini tentu saja mampu menjamin rasa dan tekstur daging yang baik.

Khusus untuk sate bumbu kelapa , telah dimarinasi dengan rempah khas sehingga memberikan cita rasa yang kaya dan aromatik pada daging sate.

Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 12 malam, satu porsi sate kelapa yang dibuat Kak Mad dibanderol dengan harga Rp30 ribu. Meskipun harganya cukup mahal, tapi porsi yang diberikan tergolong jumbo lho Sedulur.

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Tahu Tek Surabaya Paling Nikmat, Pernah Coba?

5. Ondomohen

sate klopo makanan surabaya timur
Unsplash/Eris Prayatama

Sate Klopo Ondomohen merupakan perintis sate kelapa paling legendaris yang ada di Surabaya. Berdiri sejak tahun 1945, kelezatan sate kelapa di sini sudah memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat.

Komposisi sate daging, sambal kacang, serundeng, cabe rawit, irisan bawang, sampai lontongnya terasa begitu pas dan mantap. Warung Sate Klopo Ondomohen juga dikenal dengan penggunaan daging yang berkualitas, sehingga rasa dan teksturnya sudah terjamin.

Sate kelapa enak di Surabaya ini berlokasi di Jalan Walikota Mustajab, Genteng, Kota Surabaya. Tempatnya bersih dan besar, tapi untuk harga cukup mahal yaitu sekitar Rp31 ribu per porsi.

Kendati demikian, Sedulur bisa datang ke warung ini kapan saja, karena Ondomohen buka dari pukul 7 pagi sampai 10 malam. Dengan begitu, sate bumbu kelapa di sini cocok dinikmati kapan saja.

6. Sate Klopo Dinoyo

Sate klopo enak di Surabaya terakhir adalah Sate Klopo Dinoyo. Tempat makan satu ini sedang viral dan banyak perhatian masyarakat karena memiliki racikan bumbu kelapa yang tak biasanya.

Banyak orang menilai rasa sate kelapa Dinoyo itu cenderung manis tapi terasa sangat lezat. Berjualan sejak 20 tahun yang lalu, si pemilik yang berasal dari Madura selalu kebanjiran pelanggan.

Bahkan, dari cerita yang beredar, dalam sehari penjualan sate kelapanya bisa meraup untung dari Rp1,5 juta sampai Rp3,3 juta. Jika Sedulur ingin merasakan kelezatan Sate Klopo Dinoyo, bisa langsung datang ke Jalan Upa Jiwa, Surabaya.

Hasil tersebut bisa mereka dapatkan hanya dengan membuka warung dari pukul 7 pagi sampai 12 siang saja. Bahkan, tidak jarang sate mereka sudah habis sebelum pukul 12. Oleh sebab itu, Sedulur harus datang lebih awal jika tidak ingin kehabisan.

Nah, itu tadi rekomendasi tempat makan sate klopo paling lezat di Surabaya. Makanan yang tergolong unik ini memang tidak bisa dilewatkan jika berkunjung ke Kota Pahlawan.

Ketika Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!