Jajanan Surabaya

Ketika berkunjung ke Surabaya, pasti salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah berwisata kuliner. Makanan seperti rawon setan sampai bebek sinjay jadi menu wajib ketika datang ke Kota Pahlawan ini. Namun, bagaimana dengan jajanan Surabaya yang bisa dijadikan oleh-oleh?

Ternyata tak cuma memiliki keragaman pada makanan beratnya, ada banyak cemilan atau makanan ringan khas Surabaya yang bisa Sedulur coba. Selain cocok untuk dijadikan sangu selama berkunjung ke tempat wisata. Jajanan Surabaya juga bisa jadi buat tangan untuk keluarga di rumah. Berikut ini beberapa jajanan Surabaya yang begitu legendaris dan masih eksis sampai sekarang.

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Khas Sidoarjo yang Jarang Ditemui di Surabaya!

Spikoe

Spikoe jajanan surabaya
ManisdanSedap

Jajanan Surabaya pertama yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh adalah spikoe atau spiku. Spiku sendiri merupakanan jajanan yang mirip dengan kue lapis dengan isian selai tipis di tengahnya.

-->

Roti ini memiliki karakteristik yang mirip dengan chiffon cake, sehingga cocok dinikmati bersama minuman hangat seperti teh dan kopi. Roti spiku sendiri menjadi salah satu jajanan legendaris Surabaya yang sudah terkenal sejak zaman dahulu.

Tauwa

Tauwa jajanan surabaya
Fimela

Kultur Tionghoa memang banyak mempengaruhi kebudayaan di Surabaya. Jadi tidak heran jika Sedulur bisa dengan mudah menjumpai jajanan Surabaya yang mirip makanan Tionghoa. Salah satunya adalah tauwa.

Tauwa merupakan makanan yang mirip seperti puding berwarna putih. Puding lembut itu lantas disajikan dengan kuah beraroma jahe. Biasanya tauwa banyak dijadikan makanan penutup atau jajanan di malam hari.

Klanting

Klanting
Nawacita

Salah satu jajanan pasar Surabaya jadul yang masih bisa eksis sampai sekarang adalah klanting. Makanan ini menjadi salah satu cemilan yang wajib dicoba bagi para pelancong saat tiba di Surabaya.

Klanting sendiri mirip dengan cendol tapi bentuknya lebih besar. Rasanya manis dan memiliki tekstur yang kenyal saat digigit. Agar semakin lezat, biasanya klanting akan disajikan dengan campuran parutan kelapa halus dan siraman gula merah.

BACA JUGA: 11 Spot Nasi Goreng Surabaya Yang Legendaris!

Kue tok

kue tok jajanan surabaya
Resep Koki

Selanjutnya ada jajanan Surabaya yang mengadaptasi budaya Tionghoa, yaitu kue tok. Kue ini memiliki bentuk yang unik karena disajikan di atas potongan daun pisang.

Masyarakat di Surabaya biasanya membuat roti ini dengan tepung ketan yang pada bagian dalamnya diisi dengan kacang hijau. Roti ini juga memiliki warna merah mencolok sehingga sangat menarik perhatian.

Kue dollar

Kue dollar
Genpi

Jika mencari Jajanan tradisional Surabaya yang awet, maka kue dollar bisa Sedulur coba. Cemilan ini merupakan salah satu kue kering khas Kota Pahlawan dengan rasa yang sangat lezat.

Kue Dollar memiliki bentuk bundar tipis yang mirip dengan koin pada masa penjajahan dahulu. Jadi tidak heran jika pada akhirnya cemilan ini dinamakan kue dollar.

Almond krispy

Almond crispy
Fimela

Salah satu jajanan Surabaya kekinian yang wajib dicoba adalah almond crispy. Jajanan satu ini mirip dengan kue dollar namun memiliki rasa kacang almond. Selain itu, ukuran almond krispy juga lebih besar.

Almond krispy sendiri memiliki rasa yang manis dan gurih. Sedulur juga bisa merasakan berbagai macam rasa lainnya seperti coklat, keju, dan juga matcha.

BACA JUGA: Resep Es Semangka India Segar untuk Pelepas Dahaga

Kompyang

Kompyang jajanan surabaya
Resep Masakan Indonesia

Kompyang atau kompia adalah salah satu jajanan Surabaya yang juga diadaptasi dari makanan Tionghoa. Makanan satu ini termasuk dalam jenis roti yang mirip burger namun memiliki rasa gurih.

Kompyang biasanya memiliki isian daging ayam cincang yang dicampur dengan rumput laut. Perpaduan rasa roti kompyang yang legit ditambah dengan isian gurih pedas, tentu membuat jajanan satu ini wajib banget dicoba.

Cakue peneleh

Cakue peneleh
Mr Yum

Tidak afdol jika membicarakan jajanan tanpa memasukkan gorengan sebagai salah satu pilihannya. Kali ini ada jajanan legendaris asal Surabaya yang wajib Sedulur coba saat tiba di Kota Pahlawan. Jajanan itu adalah cakue peneleh.

Cakue ini memiliki bentuk yang mirip dengan cakue pada umumnya. Namun untuk rasa, Sedulur akan dibuat terkejut karena rasa gurih makanan satu ini tiada duanya. Sedulur bisa mencoba cakue peneleh yang ada di Pasar Atom yang sudah buka sejak puluhan tahun lalu.

Nah, itu tadi jajanan Surabaya yang wajib Sedulur coba ketika jalan-jalan ke Kota Pahlawan. Tak hanya memiliki makanan berat yang lezat, ada banyak cemilan enak yang juga bisa Sedulur jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.