Jajanan kering khas Surabaya

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya memang jadi tujuan ribuan wisatawan setiap waktu. Sedulur pun bisa menemukan banyak sekali jenis oleh-oleh yang tersedia, salah satunya adalah jajanan kering khas Surabaya.

Para wisatawan memilih jajanan kering juga dengan berbagai macam alasan, salah satunya adalah daya tahan makanan yang bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Bila Sedulur sedang berlibur ke Surabaya dan ingin mencari jajanan kering khas Surabaya sebagai oleh-oleh, yuk coba simak rekomendasinya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Minuman Khas Jawa Timur, Segar dan Menyehatkan

1. Udalado

Jajanan kering khas Surabaya
Udalado.idn

Sedulur pasti setuju jika banyak makanan di Jawa Timur didominasi dengan rasa pedas yang nampol. Begitu juga dengan jajanan kering khas Surabaya satu ini, yaitu Udalado. Jajanan ini memiliki rasa pedas tapi dipadukan dengan bumbu rempah khas Nusantara.

Udalado sendiri memiliki dua jenis varian keripik, yaitu makaroni dan basreng. Dua varian keripik ini memang sangat populer di kalangan masyarakat belakangan. Namun, yang membuat Udalado semakin spesial adalah formula rasanya yang tidak biasa seperti balado pedas, jeruk purut, dan cabe ijo.

Dengan rasa yang istimewa dan pilihan camilan yang variatif, Udalado cocok banget untuk dijadikan teman ngemil di berbagai momen. Udalado sendiri bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko kelontong, warung dan juga bisa dibeli langsung secara online lewat marketplace dan SuperApp.

2. Lanting

Keripik lanting merupakan cemilan kering khas Jawa Timur yang juga sangat terkenal di Surabaya. Makanan ini terbuat dari olahan singkong yang ditumbuk halus lalu digoreng. Rasanya pun sangat memanjakan lidah karena didominasi gurih dan asin.

Tidak hanya rasanya saja, bentuk dari jajanan kering khas Surabaya yang satu ini juga cukup unik. Bagaimana tidak, adonan lanting dibuat menjadi bentuk seperti angka 8 baru digoreng sampai matang. Tentu bentuk ini cukup jarang ditemukan di jajanan yang lain, bukan?

Nah, untuk Sedulur yang ingin mencari oleh-oleh untuk saudara di rumah, makanan satu ini cocok banget dibeli. Lanting juga termasuk jajanan kering yang tahan lama meskipun dibuat tanpa pengawet. Harganya pun sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp10 ribuan saja.

3. Almond Crispy

tradisi lebaran
Unsplash/Nathan Dumlao

Jajanan kering selanjutnya yang bisa Sedulur temukan di Surabaya adalah almond crispy. Makanan ini merupakan salah satu cemilan legendaris karena sudah ada sejak zaman dahulu. Almond crispy sendiri cukup mirip dengan kue dollar namun didominasi rasa kacang di dalamnya. Selain itu, ukuran almond crispy juga lebih besar dibandingkan kue kering lainnya.

Tak hanya rasa kacang yang unik, Sedulur juga akan dimanjakan dengan sensasi manis dan gurih dari makanan ini. Perkembangan almond crispy juga sudah semakin besar, Sedulur bisa mencicipi variasi lain yang tak kalah lezat seperti coklat, keju, dan juga matcha.

Almond crispy menjadi salah satu camilan favorit di Indonesia. Dengan kombinasi yang sempurna antara rasa dan tekstur, almond crispy mampu memikat lidah dan hati banyak orang, menjadikannya sebagai salah satu pilihan camilan yang tak lekang oleh waktu.

Bagi Sedulur yang tertarik untuk menjadikan almond crispy sebagai oleh-oleh, maka bisa membelinya dengan harga sekitar Rp100 ribuan.

4. Kerupuk Udang Lobster

Umumnya kerupuk udang terbuat dari udang rebon berukuran kecil. Namun di Surabaya, cemilan satu ini terbuat dari udang lobster yang terkenal dengan ukuran besarnya. Perbedaan rasa udang rebon kecil dengan lobster juga jauh berbeda. Kerupuk ini memiliki rasa lebih gurih dan lezat.

Khasiat kerupuk udang lobster juga memiliki gizi yang lebih baik sehingga bisa dijadikan jajanan kering khas Surabaya yang menyehatkan. Sedulur bisa menemukan dengan mudah para produsen kerupuk udang lobster di Surabaya.

Kerupuk udang lobster menjadi pilihan bagi pecinta kuliner yang menginginkan pengalaman makan yang istimewa dan berkelas. Harga yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kerupuk udang biasa, tentu saja mencerminkan kualitas bahan baku dan proses produksi yang lebih eksklusif.

Bagi Sedulur yang tertarik, harap siapkan dana sekitar Rp150 ribuan sampai Rp200 ribuan untuk tiap bungkus jajanan kering ini.

5. Abon Sapi Padmo

Surabaya memiliki banyak macam kuliner yang bisa dijadikan untuk oleh-oleh. Abon Sapi Padmosusastro salah satunya. Abon Sapi Padmosusastro memiliki dua varian rasa, yaitu pedas dan manis. Untuk membeli abon sapi ini, pengunjung bisa pergi ke Jalan Padmosusastro Surabaya. Mereka akan melihat banyak penjual abon sapi di sepanjang jalan tersebut.

Abon Sapi Padmo sendiri memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dari abon sapi lainnya. Selain teksturnya yang lembut dan rasa yang gurih, abon ini juga memiliki aroma yang harum dan menggugah selera.

Kualitas bahan baku yang dipilih dengan teliti dan bumbu yang terbalut secara merata pada setiap serat daging menjadikan abon ini menjadi favorit bagi banyak orang. Nah, harga dari jajanan kering yang satu ini adalah sekitar Rp50 ribuan.

BACA JUGA: 10 Kuliner Khas Bondowoso Terbaik, dari Nasi Hingga Jajanan!

6. Kerupuk Ikan Kenjeran

Makanan khas pasuruan
Unsplash/Luna Wang

Kawasan Pantai Kenjeran terkenal akan kekayaan hasil lautnya. Tidak heran, Kenjeran juga dijadikan sebagai Sentra Ikan Bulak (SIB) atau tempat pelelangan dan penjualan berbagai macam olahan hasil laut seperti ikan segar, ikan asap, ikan asin, dan kerupuk.

Untuk kerupuk, makanan kering satu ini biasanya diolah lebih lama dibandingkan makanan lainnya. Hal ini tidak lepas dari para nelayan yang perlu menghaluskan daging ikan dan mengeringkannya agar bisa dijadikan kerupuk.

Kerupuk Ikan Kenjeran memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Dengan aroma yang khas dan teksturnya yang renyah, kerupuk ikan ini selalu jadi buruan para wisatawan. Kerupuk ini juga dijual dalam kemasan siap santap maupun mentah. Selain kerupuk ikan, di Sentra Ikan Bulak (SIB) wisatawan juga bisa membeli olahan kerupuk cumi, kerupuk udang, dan kerupuk rumput laut.

7. Bandeng Asap

Bandeng adalah ikan yang bisa dimanfaatkan menjadi berbagai olahan, seperti bandeng presto, sate bandeng, dan ada satu lagi yang cukup unik, bandeng asap. Dari namanya sudah pasti kaliah ketahui bahwa bandengnya akan diasapi agar bisa dikonsumsi.

Bandeng asap sendiri merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo, Jawa Timur. Namun oleh-oleh ini juga cukup digandrungi wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Bandeng asap bisa dijadikan lauk ditemani nasi putih dan sambal petis khas Surabaya.

Bandeng asap ini juga menjadi salah satu contoh dari kekayaan kuliner Indonesia yang kaya akan rasa dan tradisi. Kombinasi antara ikan bandeng yang berkualitas dengan proses pengasapan dan bumbu-bumbu khas menghasilkan hidangan yang lezat dan memikat bagi pecinta kuliner.

8. Spikoe Kuno Surabaya

Jajanan kering khas Surabaya
Unsplash/Jordane Mathieu

Spikoe Kuno Surabaya merupakan salah satu kue legendaris yang berasal dari Surabaya. Dengan sejarah panjang yang berakar pada masa kolonial Belanda, jenis kue lapis yang satu ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang khas.

Ya, Spikoe Kuno memang terkenal dengan cita rasa klasiknya yang selalu mempertahankan resep tradisional. Kue ini juga terdiri dari dua, tiga, atau beberapa lapisan yang berbeda warna dan rasa. Hanya saja, umumnya adalah warna kuning dan cokelat.

Kemudian di bagian tengahnya diberi selai serta kismis yang akan membuat cita rasanya terasa semakin legit. Sedulur pun dapat dengan mudah menemukan oleh-oleh ini di berbagai pusat oleh-oleh Surabaya, dengan harga antara Rp120 ribuan sampai Rp160 ribuan.

9. Kue Kacang

Rekomendasi jajanan kering khas Surabaya yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh adalah kue kacang. Sedikit berbeda dari kebanyakan kue kacang yang lain, ciri khas utama dari kue kacang ala Surabaya ini ada pada teksturnya yang renyah dan lembut.

Kue kering ini tidak terlalu keras, sehingga mudah digigit dan juga memberikan sensasi renyah yang memuaskan. Kue kacang Surabaya dibuat menggunakan kacang tanah yang disangrai dengan sempurna, sehingga menghasilkan rasa kacang yang gurih dan aroma yang harum.

Selain itu, kacang tanah yang dihaluskan memberikan rasa yang kaya dan mendalam. Jika disimpan dalam wadah kedap udara, kue kacang ini dapat bertahan cukup lama. Untuk mendapatkannya, Sedulur bisa berkunjung ke berbagai toko oleh-oleh dengan harga sekitar Rp50 ribuan.

10. Keripik Buah Kane

Keripik Buah Kane merupakan jajanan kering khas Surabaya yang dibuat dari buah-buahan segar pilihan, dan dipilih secara hati-hati untuk memastikan kualitas terbaik. Hanya buah-buahan yang matang sempurna yang digunakan, sehingga memberikan rasa alami.

Keripik Buah Kane juga menawarkan berbagai varian buah, seperti keripik pisang, apel, nangka, dan lainnya. Ragam pilihan ini memungkinkan Sedulur untuk menikmati berbagai rasa dan manfaat dari buah-buahan yang berbeda.

Tidak hanya itu, Keripik Buah Kane dikenal dengan teksturnya yang sangat renyah. Proses pengolahan yang tepat memastikan setiap keripik memiliki kerenyahan yang sempurna. Jajanan kering ini dijual dengan harga antara Rp20 ribuan hingga Rp50 ribuan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Nganjuk Terfavorit

11. Belinjo Udang

Jajanan kering khas Surabaya
Unsplash/Sean McClintock

Belinjo udang adalah jajanan kering khas Surabaya yang terbuat dari kombinasi antara biji melinjo dan daging udang. Belinjo udang sendiri menawarkan kombinasi rasa unik antara pahit khas biji melinjo dan gurih manis dari udang.

Tentu saja hal ini mampu memberikan cita rasa yang kompleks dan menarik, menjadikannya camilan yang disukai oleh banyak orang. Selain itu, kerupuk belinjo udang memiliki tekstur yang sangat renyah. Proses penggorengan yang tepat memastikan kerupuk mengembang dan memiliki kerenyahan yang baik.

Belinjo udang cocok dinikmati sebagai camilan sendiri atau sebagai pelengkap hidangan lainnya seperti nasi, soto, atau salad. Jika tertarik untuk membelinya, Sedulur bisa menemukan di toko oleh-oleh dengan harga sekitar Rp150 ribuan untuk 300 gram.

12. Kue Mente

Rekomendasi yang terakhir ada kue mente, salah satu camilan tradisional yang populer di Indonesia, khususnya Surabaya. Berbahan dasar kacang mete yang kaya akan rasa gurih, kue ini memiliki cita rasa yang unik dan menggoda.

Bukan hanya lezat, kue mente juga memiliki nilai budaya yang tinggi dalam masyarakat Indonesia. Kue ini sering dihadirkan dalam acara-acara spesial seperti perayaan hari raya, pernikahan, dan tentu saja sebagai oleh-oleh khas daerah.

Dengan cita rasa yang khas dan berbagai variasi resep di setiap daerah, kue mente menjadi salah satu simbol dari kekayaan kuliner yang ada di Indonesia. Sedulur bisa membeli kue ini seharga sekitar Rp40 ribuan di pasar tradisional atau toko oleh-oleh.

Demikian tadi deretan jajanan kering khas Surabaya yang bisa Sedulur jadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke Jawa Timur. Alasan kenapa deretan makanan di atas cocok jadi buah tangan untuk saudara di rumah, tidak lepas dari rasanya yang enak dan tahan lama.

Kalau Sedulur suka dengan berbagai macam oleh-oleh di atas dan ingin membuatnya sendiri di rumah. Sedulur bisa mencari kebutuhan bumbu serta resepnya di toko kelontong serta SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!