Yandex Rusia

Nama Yandex Rusia sedang banyak diperbincangkan oleh khalayak dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini tak lepas dari adanya isu Yandex akan menggantikan Google sebagai mesin pencari di internet.

Mungkin beberapa orang masih asing dengan nama Yandex, namun Yandex sudah sangat populer bagi masyarakat Rusia. Bahkan, mesin pencari kata atau search engine ini menjadi teknologi yang wajib ada di ponsel masyarakat Rusia.

Lalu, siapa sebenarnya Yandex Rusia ini dan seperti apa aplikasi penggunaannya? Langsung Sedulur simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Daftar Google Adsense & Mengaktifkannya untuk Pemula

Sejarah Yandex Rusia

Yandex rusia
Meduza

Dilansir dari CNBC Indonesia, pengertian Yandex merujuk pada salah satu perusahan bisnis berbasis teknologi terbesar yang ada di Rusia. Perusahaan ini menciptakan layanan mesin pencari yang setara dengan Google.

Memang banyak orang lebih familiar dengan Google karena hampir di setiap ponsel yang digunakan sekarang ini menggunakan fitur perusahaan yang dibentuk Larry Page dan Sergey Brin tersebut. Tetapi, kepopuleran Google ternyata tidak begitu diminati masyarakat di Rusia. Mereka lebih mengenal Yandex App sebagai mesin pencari utama di ponsel.

Yandex Rusia sendiri pertama kali diciptakan oleh Arkady Volozh dan Arkady Borkovsky pada tahun 1990. Dua saudara Arkady ini sebelumnya mendirikan perusahan teknologi bernama Arkadia yang mengembangkan perangkat lunak MS-DOS.

Melihat kemunculan Google pada era tersebut, Volozh mengajak temannya bernama Ilya Sagalovich untuk mengembangkan sebuah mesin pencari di internet juga. Keduanya pun sepakat memberikan nama mesin pencari tersebut Yandex. Dimana kata itu diambil dari ‘Yet Another iNDEXer’.

Pada September 1997, Yandex akhirnya resmi diperkenalkan kepada masyarakat luas saat Volozh menghadiri pamerat Softool di Moskwa, Rusia.

Klaim kalahkan Google

Yandex Rusia
Yahoo News

Dalam beberapa media, Yandex Russia mengklaim sudah mengalahkan Google dalam bisnis mesin pencari internet di dunia. Klaim ini tak lepas dari adanya pengguna Yandex yang berada di Belarusia, Kazakhstan, Tajikistan, dan banyak negara Skandinavia lainnya.

Di Russia sendiri, Yandex menjadi mesin pencari utama bagi seluruh ponsel yang digunakan masyarakat Rusia sejak tahun 2017. Bahkan dari data yang berhasil dihimpun, ada 50 persen dari jumlah total masyarakat Russia yang menggunakan Yandex.

Dengan keberhasilannya ini, Yandex pun masuk dalam jajaran perusahaan mesin pencari terbesar di dunia bersama dengan Google, Bing, Yahoo, dan Baidu.

BACA JUGA: 20 Google Game Rahasia yang Cocok untuk Ngabuburit

Fitur Yandex

Yandex Rusia
Yandex

Sebagai salah satu layanan mesin pencari terbaik di dunia, fitur yang diberikan Yandex Rusia tternyata tak kalah dengan teknologi dari Google. Bahkan, beberapa diantaranya lebih baik dari pada raksasa teknologi dunia tersebut. Berikut ini fitur-fitur terbaik dari Yandex.

Yandex Browser

Yandex Browser merupakan sebuah layanan browsing untuk mencari dan mendapatkan banyak informasi dengan cara mengaplikasikan mesin pencariannya. Fungsinya mirip seperti Google, namun ada kelebihan dan kekurangannya yang menjadi pembeda.

Seperti dari penampilan situs pencariannya di internet yang memakai bahasa Rusia. Kemudian teknologi yang digunakan dirancang seperti Google Chrome, yaitu berdasarkan Chromium. Beberapa orang di Rusia juga sering menyebut fitur ini sebagai Yandex Search.

Yandex Connect

Ini merupakan  layanan B2B dari Yandex yang lebih condong untuk konektivitas di jaringan internet yang bermanfaat untuk banyak orang. Secara umum, fitur ini tidak begitu diperlukan.

Yandex DNS

Yandex DNS merupakan sebuah layanan DNS publik gratis yang dirilis Yandex bagi semua penggunanya tanpa terkecuali. Fitur ini gratis, tidak dipungut biaya apapun.

Yandex Disk

Layaknya Google Drive, Yandex juga memiliki layanan penyimpanan digital dalam versi Yandex.

Yandex Images

Merupakan sebuah mesin pencari khusus gambar dari Yandex. Anda dapat mencari gambar yang diinginkan dengan mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu ataupun menggunakan gambar.

Yandex Mail

Sebuah layanan email atau surat elektronik yang tidak memiliki batasan penyimpanan. Kemudian dapat digunakan secara gratis bagi seluruh pengguna Yandex. Fitur ini mirip dengan Google Mail atau Gmail.

Yandex Money

Merupakan sebuah layanan pembayaran digital dari Yandex antar penggunanya. Dengan menggunakan fitur ini, tiap pengguna bisa mentransfer uang dalam jumlah tertentu, bahkan tanpa ada biaya tambahan alias gratis.

Yandex Taxi

Sebuah layanan transportasi dari yandex yang bisa menghubungkan pengguna dengan perusahaan jasa taksi di Rusia. Konsep ini mirip dengan taksi online dengan perantara pihak ketiga.

Yandex Translate

Layaknya Google Translate, Yandex juga memiliki layanan terjemahan teks secara online

Yandex Video

Sebuah layanan pencarian video oleh Yandex yang dapat diakses oleh para penggunanya.

Melihat fitur-fitur dari Yandex Rusia di atas, tentu Sedulur jadi semakin yakin dan sepakat bahwa layanan mesin pencari satu ini memang pesaing berat untuk Google.

BACA JUGA: Mengenal Profil Pendiri Google: Larry Page & Sergey Brin

Kelebihan

Kelebihan Google Maps
Assam Press

Selain memiliki banyak fitur mutakhir bagi masyarakat, Yandex memiliki beberapa kelebihan utama jika dibandingkan secara langsung dengan Google. Kelebihan ini pun menjadi alasan banyak masyarakat Rusia setia menggunakan mesin pencari satu ini dibandingkan Google. Berikut ini rincian kelebihannya.

  • Kemampuan mesin pencariannya cukup bagus walaupun masih kalah dengan Google
  • Tampilan beranda cukup menarik dengan gaya seperti majalah yang banyak halaman
  • Pengguna Yandex di wilayah Eropa, khususnya di negara Rusia dan sekitarnya sangat tinggi. Maka dari itu, Yandex dapat menjadi saingan berat untuk Google atau browser lainnya di Eropa
  • Menu navigasi di mesin pencariannya cukup lengkap serta mudah dipelajari bagi para pengguna pemula. Dengan begitu, Anda dapat lebih cepat untuk mempelajarinya
  • Mesin pencarian Yandex memiliki sistem algoritma yang bagus, sehingga bisa menampilkan informasi dengan cukup lengkap dan akurat bagi para penggunanya

Kekurangan

Yandex
Depositphoto

Namun, sehebat dan sebaik apapun sesuatu pasti ada kekurangannya begitu juga dengan Yandex. Berikut ini beberapa kekurangan Yandex Rusia yang berhasil dihimpun.

  • Loading yang dimuat terlalu lama untuk sekelas mesin pencarian. Tetapi lama tidaknya loading dalam sebuah sistem aplikasi juga ditentukan oleh kestabilan jaringan internet yang digunakan
  • Sebagian besar pengguna merasa kesulitan dalam menjalankan navigasinya. Bagi masyarakat yang tidak berada di Rusia atau tidak mengerti bahasa pengantar Rusia, akan sulit untuk memahaminya
  • Alat pencari satu ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang menggunakan perangkat dengan spesifikasi rendah. Sementara untuk perangkat dengan spesifikasi menengah ke atas, Yandex sangat direkomendasikan bagi Anda
  • Tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada virus, spam, atau Malware di dalam mesin pencarian Yandex. Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk memindai dengan antivirus terbaik dan terupdate saat Anda melakukan proses pengunduhan dan penginstalan file aplikasinya di perangkat Anda
  • Algoritma yang dimiliki Yandex belum dapat menyaingi Google
  • Cakupan index data dan informasi yang dimiliki Yandex juga belum sedetail Google. Maka dari itu, Yandex dapat dikatakan masih kalah dari Google

Demikian tadi penjelasan lengkap serta pengertian Yandex Rusia. Teknologi satu ini memang sangat bermanfaat sehingga tidak heran banyak perusahaan IT yang berlomba-lomba untuk membuatnya.

Lalu apakah menurut Sedulur aplikasi satu ini bisa mengalahkan Google di masa depan? Bila Sedulur penasaran, coba langsung saja kunjungi website resmi Yandex di yandex.com.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!