Pengertian hewan vertebrata adalah

Dalam dunia sains khususnya biologi kita mengenal istilah hewan vertebrata dan invertebrata. Kedua hewan ini punya perbedaannya masing-masing. Hewan invertebrata adalah hewan yang tidak mempunyai tulang punggung atau kolom vertebral. Sedangkan hewan vertebrata adalah kebalikan dari invertebrata alias hewan yang mempunyai tulang belakang.

Tulang belakang pada hewan vertebrata adalah berasal dari perkembangan sumbu penyokong tubuh primen atau notokorda (korda dorsalis). Sehingga hewan-hewan ini banyak dijumpai dan salah satu hewan yang bisa bertahan hidup lebih kuat di alam.

Itulah penjelasan umum mengenai hewan invertebrata dan vertebrata. Selanjutnya, untuk mengetahui ciri-ciri hewan vertebrata dan contohnya, serta penjelasan mengenai yang termasuk hewan vertebrata adalah maka simak dahulu ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: Contoh dan Ciri-Ciri Hewan Vertebrata Serta Klasifikasi Kelasnya

1. Pengertian hewan vertebrata

vertebrata adalah
harapanrakyat

Dalam bidang sains biologi, klasifikasi hewan dibedakan menjadi dua bagian saja. Pertama hewan vertebrata dan hewan invertebrata. Namun yang akan dibahas saat ini adalah hewan vertebrata. Hewan vertebrata adalah jenis hewan yang mempuyai tulang belakang. Tulang belakang pada hewan ini berasal dari perkembangan sumbu penyokong tubuh primer atau notokorda (korda dorsalis).

Dalam sistem klasifikasi, hewan vertebrata adalah tersusun atas subfilum dari filum Chordata. Dimana filum chordata pada hewan-hewan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

  • Pertama mempunyai notokord, yaitu kerangka berbentuk batangan keras tetapi lentur. Untuk notokord letaknnya di antara saluran pencernaan dan tali saraf, memanjang sepanjang tubuhh dan membentuk kerangka.
  • Ciri kedua hewan vertebrata adalah mempunyai tali saraf tunggal, lalu berlubang terletak pada dorsal terhadap notokord, dan mempunyai ujung anterior yang membesar berupa otak.
  • Ciri ketiga, mempunyai ekor memanjang ke arah posterior terhadap anus.
  • Terakhir ciri hewan vertebrata adalah mempunyai celah faring.

2. Ciri ciri hewan vertebrata

vertebrata adalah
tokopedia

Sebagai hewan yang mempunyai tulang belakang, hewan ini memiliki beberapa keunikan. Tubuh vertebrata diketahui mempunyai tipe simetri bilaterall dan terletak di bagian dalam atau endoskleton. Pada bagian otak vertebrata adalah mereka dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak (kranium). Sementara pada bagian kulit tersusun atas epidermis atau lapisan luar dan dermis sebagai lapisan dalam.

Ciri ciri hewan vertebrata adalah secara umum memiliki alat tubuh lengkap yang menyusun sistem organ di tubuhnya. Di antaranya meliputi sistem pencernaan yang bentuknya memanjang dari mulut sampai anus, lalu sistem peredaran darah tertutup ( darah akan mengalir di dalam pembuluh darah). Selanjutnya ada alat ekskresi berupa ginjal, alat pernapasan berupa paru-paru atau insang. Kemudian sepasang alat reproduksi (kanan dan kiri) serta sitem endokrin yang memiliki fungsi menghasikan hormon.

Lalu ciri-ciri hewan vertebrata adalah sebagai berikut.

  • Ciri hewan vertebrata adalah yang pertama mempunyai syaraf yang tersusun atas otak dan sumsum pada bagian tulang belakang.
  • Kedua adalah bernafas menggunakan paru-paru kulit dan insang
  • Ciri hewan vertebrata adalah yang kedua memiliki kelenjar bundar dan endoksin serta menghasilkan hormon pengendali.
  • Selanjutnya ciri hewan vertebrata adalah memiliki suhu tubuh yang panas dan tetap (homoiternal) atau bersuhu tubuh dingin sesuai dengan kondisi lingkungan (poikiloternal).
  • Ciri hewan vertebrata berikutnya alat pencernaan berbentuk memanjang. Mulai dari mulut sampai ke anus. Letak organ ini berada di sebelah vertran dan di belakang.
  • Mempunyai kulit epidermis (bagian luar) dan kulit endodermis (bagian dalam).
  • Selanjutnya mempunyai alat reproduksi yang berpasangan. Namun tidak berlaku pada hewan burung.

BACA JUGA: Mengenal Hewan Ovivivipar, Contoh & Penjelasannya, Lengkap!

3. Klasifikasi hewan vertebrata

vertebrata adalah
suarajogja

Hewan berjenis vertebrata ternyata masih dibagi lagi menjadi beberapa kelompok. Kelompok hewan vertebrata digolongkan dalam lima jenis berbeda.  Untuk itu, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pisces

Contoh hewan vertebrata adalah yang pertama berjenis ikan atau Pisces. Pisces mempunyai habitat di air dengan alat pernafasann berupa insang. Sesuai namanya Pisces, hewan ini mempunyai sirip yang fungsinya untuk menentukan arah gerak di dalam air dan mempunyai gurat sisi untuk mengetahui tekanan di air.

Namun golongan Pisces tenyata masih dibedakan lagi menjadi tiga bagian. Untuk itu, berikut contoh hewan vertebrata adalah

  • Agnatha (Ikan tanpa rahang) : ordo agnatha, contoh spesies Petromyzon, ikan lamprey Polistrotema (ikan hag), Contoh spesies Polistrotema (Ikan hag).
  • Chondrichthyes atau ikan tulang rawan, Contoh spesies : Ikan hiu berkepala bison (Heterodontus sp), Ikan hiu martil (Spyrna tudes), Ikan hiu berkepala anjing (Squalus acanthias), Ikan Pari (Dasyatis sabina), Ikan cucut macan (Sphyrna blochii).
  • Osteichthyes atau ikan tulang keras, contohnya adalah Ikan mas, ikan gurami, ikan tongkol, vertebrata pisces.

Amphibia

Selanjutnya selain bergolongan Pisces, ada pula contoh hewah vertebrata adalah Amphibia. Amphibia adalah hewan yang bisa hidup pada dua habitat. Yang pertama habitat darat dan air. Namun ada pula yang hidup selain di dua tempat tersebut. Ciri ciri hewan vertebrata adalah untuk Amphibi mereka bernafas dengan insang, paru-paru, dan mempunyai suhu badan poikiloterm. Tidak cuma itu, mereka dapat berkembang biak dengan bertelur (ovipar) dan pembuahan terjadi pada luar tubuh atau eksternal.

Dalam kelompok hewan Amphibiapun masih dibagi lagi menjadi 3 ordo yaitu.

  • Ordo Stegoephalia : Contoh spesiesnya adalah Ichtyopsis
  • Ordo caudata : Contoh spesiesna adalah Cryptobranchus (Salamander sungai), Hynobius (Salamander yang hidup di dataran Asia). Kemudian Megalobatrachus maximus (Salamander yang kerap di makan di Jepang).
  • Ordo Anura : Contoh spesiesnya adalah Rana sp. (Katak), Polypedates leucomystax (Katak pohon), Microhyla (Kintel), Bufo Marinus (Katak besar).

Reptilia

Yang termasuk hewan vertebrata adalah hewan reptilia. Reptilia dalam bahasa latin berasal dari kata reptil yang berarti melata. Ciri ciri hewan vertebrata adalah reptil yang mempunyai tubuh berjari lima, bernapas dengan paru-paru, jantung dengan ruang berjumlah tiga atau empat, memanfaatkan energi lingkungan dalam mengatur suhu tubuhnya sehingga tergolong hewan poikiloterm.

Dalam bidang sains biologi, ordo Reptilia pada hewan vertebrata adalah ordo chelonia, rhynchpcephalia, ordo squamata, dan ordo crocodilia.

Aves

Setelah tadi membahas klasifikasi hewan vetrebrata adalah jenis Reptilia, maka berikutnya adalah golongan Aves atau burung. Ciri khas hewan Aves adalah memiliki tubuh berbulu dan membentuk sayap. Fungsinya digunakan untuk terbang dari tempat satu ke tempat lain.

Tidah hanya itu, hewan vertebrata berjenis Aves mempunyai tulang yang berongga sehingga ringan. Selanjutnya mereka berkembang biak dengan cara bertelur alias Ovipar dan pembuahannya berada di dalamm tubuh. Ada pun contoh hewan vertebrata golongan Aves adalah sebagai berikut, ayam, kasuari, pinguin, bebek hingga angsa. Selanjutnya, golongan Aves masih dibagi lagi menjadi beberapa ordo yaitu :

  • Ordo Colombiforines
  • Ordo Coracaiiformes
  • Ordo Grana Cares
  • Ordo Nato Tores
  • Ordo Rapaces

Mamalia

Berikutnya ada contoh hewan vertebrata adalah Mamalia. Untuk mengetahui apakah hewan vertebrata tersebut adalah Mamalia, maka bisa dilihat dari kelenjar susu. Susu yang dihasilkan oleh kelenjar (mammae) terdapat pada daerah perut atau dada. Jadi berbeda dengan jenis hewan lainnya, di mana Mamalia dinamakan sebagai  hewan yang menyusui. Selain masuk dalam golongan hewan menyusui, mamalia memiliki beberapa ciri lagi yaitu pada bagian tubuh ditutupi oleh rambut dan berfungsi sebagai insulasi yang memperlambat pertukaran panas dengan lingkungan.

Fungsi rambut pada Mamalia dipakai sebagai indera peraba antara lain pada kumis, sebagai penciri kelamin, sebagai pelindung dari gesekan maupun dari pancaran sinar matahari. Selain itu, Mamalia dapat berkembang biak dengan cara melahirkan atau biasa dinamakan sebagai hewan vivipar. Hewan Mamalia juga memiliki otak yang lebih berkembang dibandingkan dengan hewan vertebrata lainnya. Lantas apa saja ordo-ordo hewan pada Mamalia, maka dari itu simak ulasan di bawah ini.

  • Ordo insectivora
  • Ordo phalidata
  • Ordo chiroptera
  • Ordo marsupialia
  • Ordo prosboscidea
  • Ordo artidactyea.

Demikian ulasan mengenai klasifikasi pada hewan vertebrata yang mana mereka masih terbagi lagi dalam beberapa ordo.

BACA JUGA: Klasifikasi Makhluk Hidup: Definisi, Tujuan, Sistem & Ragam

4. Morfologi dan anatomi hewan vertebrata

Salamander jenis
suara

Hewan pisces

Sebagai hewan yang lebih banyak hidup di air, Pisces ternyata mempunyai beberapa ciri morfologi dan anatomi. Untuk morfologi hewan Pisces memiliki ciri yaitu ditutupi oleh sisik dan memiliki gurat sisi dalam menentukan arah dan posisi sekarang, tubuhnya terdiri atas kepala, rangkanya tersusun atas tulang sejati dan mereka tidak mempunyai daun telinga.

Itulah penjelasan mengenai morfologi hewan Pisces, berikutya adalah ciri anatomi yang terdapat pada Pisces. Diketahui, Pisces mempunyai otak yang terdiri dari lima bagian 10 saraf cranial. Selanjutnya, hewan betina mempunyai sepasang ovarium dan sepasang oviduk, ovipar atau vivipara.

Hewan amphibia

Selanjutnya, setelah hewan Pisces berikutnya ada hewan Amphibia. Amphibia adalah hewan dengan kelembapan kulit yang tinggi, tidak tertutup oleh rambut dan mampu hidup di air dan darat. Lalu bagaimana ciri morfologiny, ya, hewan vertebrata dari jenis Amphibia hampir sama dengan Pisces dimana mereka tak memiliki tulang daun, kulit terdiri dari dermis dan bernafas dengan paru-paru dan kulit.

Adapun ciri anatomi hewan vertebrata adalah untuk Amphibi yaitu mulut berlidah, percernaan sempurna, berahan dan berkloaka. Tidak hanya itu, anatomi hewan ini adalah mereka memiliki kelenjar endoktrin dan kelenjar tiroid.

Hewan reptilia

Bila tadi Amphibia yang terkenal dapat hidup di dua tempat berbeda, maka berikutnya kelas Reptilia. Ciri ciri morfologi hewan Reptilia adalah mereka mempunyai kulit kering bersisik dari zat bertanduk karena zat kertin  dan mempunyai alat gerak berupa kaki dan ekor serta tidak memiliki daun telinga. Adapun anatomi Reptil adalah mereka memiliki hati, pankreas, gigi dan lidah. Tidak hanya itu, mereka mempunyai alat pernapasan paru-paru dan trakea yang panjang bercinncin kartilago. 

Hewan aves

Berikutnya penjelasan morfologi dan anatomi pada hewan bergolongan Aves. Aves adalah hewan yang masuk dalam kategori burung. Mereka memiliki bulu dan sayap untuk terbang. Lantas bagaimana dengan morfologi dan anatominya? Ya untuk  morfologi Aves mereka berdarah panas (homoioteral), kulit berbulu dan alat penglihatan, pendengaran dan alat suara dapat berkembang dengan baik. Sementara untuk anatomi hewan ini adalah mereka memiliki sistem saraf pusat otak dengan 12 pasang saraf cranial, lalu pada hewan jantan belum memiliki penis dan hewan betina hanya mempunyai satu ovarium.

Hewan mamalia

Penjelasan tentang morfologi dan anatomi berikutnya adalah hewan mamalia. Diketahui, ciri morfologi pada hewan Mamalia umumnya hidup di daratan, tetapi ada pula yang hiidup di air seperti ikan dan lumba-lumba. Tidak hanya itu, ciri morfologis hewan ini adalah mereka memiliki darah panas.

Bila secara morfologi mereka termasuk hewan berdarah panas, maka berikutny adalah anatominya. Anatomi hewan Mamalia yaitu pada area dalam mulut terdapat langit-langit atas yang kersa dan bagian belakangnya lunak. Kemudian, kelenjar pencernaanya berupa 4 pasang kelenjat ludah, hati dan kandungan empedu dan pankreas. Selanjutnya, mereka memiliki 2 buah pembuluh vena cava anterior kiri dan kanan. Serta mempunyai jantung beruang 4 dengan sekat  sempurna. Sel darah merah tidak berinti.

Demikian ulasan mengenai pengertian, ciri ciri hewan vertebrata dan contohnya. Semoga menambah wawasan kamu tentang dunia sains Biologi ya Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.