ucapan duka cita

Sejatinya, tidak ada yang abadi di dunia ini. Jika saatnya sudah tiba, setiap orang akan kehilangan apa yang ia miliki. Sebagai sesama umat manusia, sudah sepantasnya kita menaruh rasa empati pada saudara, teman, maupun rekan. Salah satu yang paling sederhana adalah dengan memberikan ucapan duka cita.

Walaupun sederhana, namun ternyata efek yang diberikannya tidak bisa dianggap remeh. Ya, secara tidak langsung, kita memberikan dukungan pada orang tersebut. Mengingat manusia itu adalah makhluk sosial, tentunya dalam keadaan tertentu seseorang juga butuh dukungan dari orang lain bukan?

Nah, ucapan tersebut bisa Sedulur sampaikan secara langsung ataupun tidak. Yang paling penting, jangan sampai salah memilih kata-kata yang akhirnya menyinggung perasaan orang yang menerimanya. Pastikan Sedulur memberikan ucapan belasungkawa kepada teman, rekan, atau saudara dengan tepat.

BACA JUGA: 30+ Inspirasi Ucapan Belasungkawa yang Tulus untuk Semua Kalangan

Pengertian duka cita

ucapan duka cita
pexels

Sebelum kita menuju ke pembahasan utama yakni ucapan duka cita islami, ada baiknya jika Sedulur paham terlebih dahulu makna yang sebenarnya dari duka cita. Jadi, duka cita sendiri merupakan rasa sedih dan susah di dalam hati.

Pengertian dari kata duka cita tersebut merujuk pada suasana hati yang merana dan sedih setelah kehilangan sesuatu. Peristiwa kehilangan inilah yang menggoncangkan jiwa, sehingga muncul rasa pedih di dalam hati.

Ya, bisa dibilang jika duka cita ini adalah kebalikan dari suka cita. Jika dalam keadaan suka cita kita merasa dunia ini terang dan penuh warna, maka tidak dengan duka cita. Dalam suasana tersebut, rasanya dunia ini benar-benar kelam dan semuanya hancur tidak tersisa.

Bahkan terkadang rasa duka cita ini terasa sangat mendalam dan butuh lama untuk kembali pulih. Tentu saja hal ini akan berdampak pada berbagai hal, terutama rutinitas yang dijalani. Sulit rasanya menerima kenyataan atas apa yang telah terjadi sebelumnya.

Sehingga banyak orang yang terkena mentalnya setelah berduka cita dalam waktu yang lama. Tidak sedikit pula yang benar-benar membutuhkan bantuan dari orang lain atau bahkan psikiater untuk memulihkan kembali mentalnya.

Penyebab rasa duka cita

ucapan duka cita
pexels

Umumnya, penyebab utama dari duka cita adalah kehilangan sesuatu yang disayangi, dimana dengan adanya peristiwa kehilangan ini membuat adanya keinginan yang tidak terpenuhi. Misalnya saja seperti kehilangan orang yang disayangi, barang kesayangan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Penyebab duka cita yang lain adalah kegagalan untuk memenuhi keinginan. Setiap orang yang gagal mendapatkan atau mencapai sesuatu, tentu akan merasa sedih. Contohnya ketika gagal dalam ujian, kegagalan dalam menjalankan bisnis, dan kegagalan-kegagalan yang lain.

Tidak hanya itu, menderita suatu penyakit juga bisa menjadi salah satu penyebab duka cita, terutama jika rasa sakit tersebut tak juga kunjung sembuh. Tidak hanya menimbulkan rasa sakit dan sedih pada yang orang yang mengalaminya, namun juga rasa pedih bagi orang yang mengasihinya.

BACA JUGA: 45 Ucapan Happy Valentine Romantis Bahasa Indonesia & Inggris

Ucapan duka cita Islami formal

pexels

Jika Sedulur ingin mengucapkan rasa duka cita kepada atasan, rekan bisnis, atau orang yang memiliki hubungan formal dengan Sedulur, maka berikut ini beberapa contoh ucapan belasungkawa formal Islami yang bisa digunakan.

  1. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang telah menimpamu.”
  2. “Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga Allah memberikan Jannatul Firdaus dan mengampuni dosa-dosa almarhum/almarhumah.”
  3. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga kamu dan keluarga kuat untuk menjalani ini semua. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya.”
  4. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabarlah atas kejadian yang menimpamu ini. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini.”
  5. “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un … Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga amal dan ibadah almarhum/almarhumah diterima di sisi Allah SWT dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.”
  6. “Semoga Allah SWT memberi almarhum/almarhumah perjalanan yang mudah dan dilimpahkan berkah di kuburan mereka.”
  7. “Semoga Allah SWT memberi almarhum/almarhumah puncak tertinggi dari Jannah dan mengampuni dosa-dosanya.”
  8. “Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik bagi almarhum/almarhumah yang memiliki amalan baik di dunia. Semoga Allah SWT juga senantiasa menjaga orang-orang yang ditinggalkan almarhum/almarhumah di dunia ini.”
  9. “Semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan memberinya kedamaian abadi. Allah selalu menyayangi orang-orang yang beriman kepada-Nya.”
  10. “Semoga Allah SWT menempatkan almarhum/almarhumah di Jannatul Firdaus.”

Ucapan duka cita Islami penuh doa

pexels

Selain memberikan ucapan duka cita, sudah sepantasnya kita juga memanjatkan doa sebagai salah satu bentuk dukungan pada orang tersebut. Nah, berikut ini contoh ucapan duka cita Islami khusnul khotimah yang perlu Sedulur tahu.

  1. “Almarhum/almarhumah sangat baik dan murah hati sepanjang hidupnya. Semoga Allah SWT memberikan balasan terbaik bagi almarhum/almarhumah dan menempatkan pada surga yang terbaik. Aamiin.”
  2. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut beduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan dan diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT.”
  3. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berdukacita sedalam-dalamnya untuk kamu dan keluarga. Semoga almarhum/almarhumah diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Semoga kamu dan keluarga diberikan ketabahan dan keikhlasan, jangan larut dalam kesedihan ya, tetap semangat.”
  4. “Kami atas nama keluarga besar turuT berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya…., Kami harap, kamu selalu bersabar dan tabah dalam menghadapi kepergiannya. Ingatlah selalu ayat Al-Qur’an yang berbunyi ‘Kullu nafsin dzaiqotul maut’. Semoga dengan mengingat ayat tersebut, kamu bisa merelakan kepergiannya.”
  5. “Saya turut berduka cita atas kepergian….., semoga diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Mudah-mudahan engkau dan keluarga yang kini telah ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima musibah ini. Innallaha ma’ashobirin, percayalah sesungguhnya Allah SWT selalu bersama dengan orang-orang yang sabar dan bertaqwa.
  6. “Saya turut berdukacita atas meninggalnya kakekmu, semoga beliau husnul khotimah.”
  7. “Selamat jalan teman baikku, mudah-mudahan engkau mendapatkan tempat terindah disisi-Nya, yaitu di surga-Nya yang sangat indah. Amin ya rabbal’alamin.”
  8. “Semoga Allah memudahkan almarhum/almarhumah melewati semua tahapan kehidupan di Akhirat.”
  9. “Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya karena segala sesuatu tersebut hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergiannya.”
  10. “Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik. Dan jadikanlah catatannya di ‘illiyyin.”

Ucapan duka cita Islami menyentuh hati

pexels

Perlu diingatkan sekali lagi, jangan sampai ucapan duka cita yang kita berikan justru menyakiti hati orang yang menerimanya. Agar Sedulur tidak salah dalam memilih kata-kata, bisa mencontoh salah satu dari ucapan duka cita islami khusnul khotimah untuk wanita dan pria berikut ini.

  1. “Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami sekeluarga mengucapkan turut berdukacita sedalam-dalamnya. Aku turut merasakan kesedihan yang mendalam atas kepergiannya.”
  2. “Semoga Allah SWT merahmatimu dan menambah ketabahan dalam hatimu. Ikhlaskan dengan lapang dada, semoga almarhum diterima Sang Pencipta.”
  3. “Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami turut berdukacita atas kepergian almarhum, semoga beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan.”
  4. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan Allah SWT berikan ketabahan. Percayalah, Allah pasti akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak.”
  5. “Selamat jalan teman sejatiku, aku teman hanya bisa mendoakanmu dari sini. Semoga seluruh doa yang ku panjatkan untukmu ini didengar dan diijabah oleh Allah SWT. Serta semoga Allah SWT menempatkanmu di tempat yang terbaik.”

BACA JUGA: 30 Ucapan Anniversary Pernikahan, Romantis & Menyentuh Hati

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian duka cita, penyebab duka cita, dan beberapa contoh ucapan duka cita yang perlu untuk Sedulur ketahui. Sedulur bisa memilih salah satu dari 25 contoh ucapan yang sudah disebutkan di atas.

Namun disamping memberi ucapan, sebenarnya ada hal jauh lebih penting, lho. Ya, rasa empati dan keikhlasan saat kita memberikan ucapan tersebutlah yang sebenarnya diharapkan oleh orang-orang yang sedang berduka cita.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.