teknik pengumpulan data

Teknik pengumpulan data merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika melakukan penelitian. Hal ini berkaitan dengan bagaimana seorang peneliti akan memperoleh data yang menjadi bahan atau objek yang diteliti. Seperti yang Sedulur ketahui, penelitian harus dilakukan melalui proses yang runtut, mulai dari tahap persiapan hingga nantinya setelah memperoleh hasil penelitian.

Secara sederhana, teknik pengumpulan data adalah teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data yang akan diteliti. Teknik ini menjadi hal yang penting agar data yang diperoleh adalah valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk memahami lebih lanjut mengenai teknik pengumpulan data dalam penelitian, berikut informasi selengkapnya. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: Variabel Penelitian: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Pengertian teknik pengumpulan data

teknik pengumpulan data
Freepik

Disampaikan sebelumnya, teknik pengumpulan data merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika melakukan penelitian. Secara sederhana, teknik pengumpulan data dapat dijelaskan sebagai suatu teknik atau metode yang dilakukan oleh seorang peneliti untuk mengumpulkan data di lapangan. Data-data tersebut nantinya akan digunakan sebagai objek yang diteliti sekaligus menjadi fakta pendukung dalam penelitian. Adapun teknik ini bertujuan untuk memilah data-data yang tersedia di lapangan. Sehingga, data yang digunakan dalam penelitian adalah data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pengertian menurut para ahli

teknik pengumpulan data
Freepik

Sementara itu, berikut adalah beberapa pengertian teknik pengumpulan data menurut para ahli.

  • Sugiyono menjelaskan teknik pengumpulan data sebagai langkah yang paling strategis dalam penelitian. Sebab, tujuan utama dari penelitian adalah memperolah data.
  • Riduwan mengartikan teknik pengumpulan data adalah teknik atau cara-cara yang dapat digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data.
  • Djaman Satori dan Aan Komariah mengartikan pengumpulan data adalah prosedur sistematis untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ilmiah.
  • Eko Sudarmanto memaknai teknik pengumpulan data adalah teknik atau cara yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data, informasi, serta fakta pendukung yang ada di lapangan untuk keperluan penelitian.

Berdasarkan uraian pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa teknik pengumpulan data adalah suatu teknik, metode, atau cara yang digunakan oleh peneliti dalam rangka mengumpulkan data yang valid. Nantinya, data-data tersebut diteliti atau menjadi bahan dalam penelitian.

BACA JUGA: Contoh Hipotesis Penelitian Beserta Pengertian dan Jenisnya

Jenis-jenis teknik pengumpulan data

teknik pengumpulan data
Freepik

Secara umum, teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua kategori yaitu kuantitatif dan kualitatif. Pembagian ini didasarkan pada metodologi penelitian yang dilakukan, apakah penelitian kuantitatif atau kualitatif. Berikut adalah penjelasannya.

1. Teknik pengumpulan data kuantitatif

teknik pengumpulan data
Freepik

Sesuai namanya, teknik ini digunakan dalam penelitian kuantitatif. Yaitu penelitian yang menggunakan data-data bertipe numerik atau angka yang bisa dihitung atau diukur secara langsung. Contoh data kuantitatif adalah tinggi dan berat badan, suhu, pemasukan dan pengeluaran dalam sebuah perusahaan, populasi, serta angka kemenangan seorang calon presiden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif dibagi menjadi beberapa jenis, yakni survei atau kuesioner, data statistik, wawancara, dan observasi. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Survei atau kuesioner. Survei dalam pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner sebagai instrumen penelitian. Langkah tersebut dilakukan dalam rangka mengumpulkan data yang kemudian diukur secara numerik.
  • Dataset statistik. Biasanya dikumpulkan oleh pihak ketiga yang memiliki otoritas. Sehingga, peneliti tidak perlu mengumpulkan data dari lapangan, melainkan cukup mengakses data yang sudah tersedia.
  • Wawancara. Metode wawancara dapat dilakukan dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, peneliti melakukan wawancara terstruktur kepada informasi untuk memperoleh informasi atau data yang diperlukan.
  • Observasi. Sebuah cara pengumpulan data yang dilakukan dengan mengamati objek penelitian. Oleh karenanya, ketelitian dan kecermatan seorang peneliti sangat dibutuhkan agar data yang terkumpul adalah data valid.

2. Teknik pengumpulan data kualitatif

teknik pengumpulan data
Freepik

Kategori yang kedua adalah teknik pengumpulan data kualitatif. Sesuai dengan namanya, teknik ini digunakan dalam penelitian yang menggunakan metodologi kualitatif. Menurut Sugiyono, dalam penelitian kualitatif pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer. Selain itu, teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berikut jenis-jenis teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif beserta penjelasannya.

Observasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), observasi adalah peninjauan secara cermat. Sementara terkait dengan penelitian, observasi dapat dijelaskan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap unsur-unsur pada objek penelitian. Sehingga, inti dari teknik observasi ini ialah pada proses pengamatan terhadap objek penelitian. Observasi dalam penelitian dibagi menjadi 5 kategori, sebagai berikut.

  • Observasi partisipan, teknik observasi di mana peneliti masuk ke dalam masyarakat yang diteliti sehingga ia seolah ikut menjadi bagian dari masyarakat tersebut.
  • Observasi non-partisipan, dalam melakukan pengamatan, peneliti tidak ikut masuk dalam masyarakat yang diamati.
  • Observasi sistematik, orang yang melakukan pengamatan menggunakan pedoman sebagai instrumen pengamatan.
  • Observasi non-sistematik adalah kebalikan dari observasi sistematik sehingga pengamat tidak menggunakan instrumen pengamatan.
  • Observasi eksperimental, pengamatan terhadap gejala atau fenomena penelitian yang dilakukan dengan mengendalikan situasi.

Wawancara

Wawancara atau interview merupakan teknik pengumpulan data untuk memperoleh data atau informasi melalui tanya jawab. Metode ini menghendaki adanya komunikasi langsung antara peneliti dengan sumber data, yakni informan atau responden. Wawancara dapat dilakukan untuk pembuktian terhadap informasi yang telah diperoleh.

Dokumentasi

Dokumentasi adalah metode di mana peneliti mengumpulkan data dengan cara menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku, majalah, dan dokumen-dokumen lainnya. Objek dalam teknik pengumpulan data dengan dokumentasi sendiri terbagi menjadi dua yaitu dokumen pribadi dan dokumen resmi. Berikut penjelasannya.

  • Dokumen pribadi, artinya objek yang diteliti adalah dokumen-dokumen yang bersifat pribadi. Contohnya adalah buku atau catatan harian dan surat pribadi.
  • Dokumen resmi, contoh data penelitian berupa dokumen resmi adalah pengumuman, peraturan lembaga, dan surat-surat resmi.

BACA JUGA: Contoh Landasan Teori Beserta Pengertian & Cara Membuatnya

Data dalam penelitian

Freepik

Selain memahami tentang teknik pengumpulan data, penting bagi Sedulur untuk mengetahui apa itu data dalam sebuah penelitian. Menurut KBBI, data adalah keterangan yang benar dan nyata; keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian; dan informasi dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer seperti representasi digital dari teks, angka, gambar grafis, atau suara.

Sementara itu, sejumlah ahli juga telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari data penelitian. Berikut rangkumannya.

  • Siswantoro menjelaskan data sebagai sumber informasi yang diseleksi sebagai bahan analisis. Sehingga, data merupakan bahan yang dianalisis dalam sebuah penelitian.
  • Siswandari memaknai bahwa data dapat dipahami sebagai fakta dari suatu objek yang diamati. Dalam hal ini, data dapat berupa angka atau kata. Selain itu, data juga dijelaskan sebagai fakta-fakta yang akan digunakan sebagai bahan penarikan simpulan. Pengertian ini merujuk pada data menurut sudut pandang statistik.
  • Sutama membagi pengertian data menjadi dua. Pertama, data sebagai informasi faktual yang dipergunakan sebagai dasar untuk penalaran, diskusi, atau perhitungan. Kedua, data merupakan kenyataan-kenyataan murni yang belum diberi penafsiran apa pun, belum diubah, atau belum dimanipulasi, namun telah tersusun dalam sistematika statistika tertentu.

Jenis-jenis data

teknik pengumpulan data
Freepik

Setelah mengetahui pengertian data dalam penelitian, tak ada salahnya bagi Sedulur untuk mengenal jenis-jenis data. Dalam artikel ini, akan dijelaskan jenis-jenis data yang dibagi berdasarkan tiga kategori yaitu tipe penelitian, sumber, dan cara memperoleh data.

1. Data berdasarkan tipe penelitian

Freepik

Berdasarkan tipe penelitiannya, data dapat dibagi menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data yang berbentuk non-numerik sehingga tidak bisa diproses dalam bentuk angka. Data ini dapat berupa kata, kalimat, maupun paragraf yang memiliki makna yang berkaitan dengan penelitian. Data kuantitatif adalah kebalikan dari data kualitatif. Sebab, data-data yang dikumpulkan adalah berupa angka atau statistik.

2. Data berdasarkan sumbernya

Freepik

Berdasarkan sumbernya, data penelitian dibagi menjadi dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data utama atau data pokok yang digunakan di dalam penelitian. Selain itu, data primer biasanya diperoleh langsung dari subjek penelitian atau responden. Data sekunder merupakan data pelengkap. Adapun data sekunder tidak diperoleh langsung dari responden atau narasumber, melainkan dari tangan kedua, tangan ketiga, dan seterusnya.

3. Data berdasarkan cara memperolehnya

Freepik

Terakhir, data berdasarkan cara memperolehnya merujuk pada jenis-jenis teknik pengumpulan data yaitu data hasil observasi, wawancara, dan eksperimental. Data hasil observasi biasanya berupa catatan atau tulisan, rekaman suara, foto, video, dan lain sebagainya. Berikutnya data dari hasil wawancara akan berupa jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh peneliti kepada responden. Terakhir, adalah data hasil eksperimental.

Demikian tadi pembahasan seputar cara pengumpulan data dalam penelitian. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa teknik pengumpulan data adalah teknik atau cara yang digunakan oleh seorang peneliti untuk memperoleh data yang menjadi bahan dalam penelitian. Teknik-teknik tersebut terbagi dalam beberapa kategori yang didasarkan pada metodologi yang digunakan dalam penelitian.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.