Ketika seseorang mengatakan syafakillah atau syafakallah, pasti ada banyak dari kalian yang masih bingung dengan perbedaannya. Kedua ungkapan tersebut memang memiliki inti yang sama, yaitu untuk mendoakan kesembuhan kepada Allah ketika sedang bertemu atau menjenguk kerabat atau saudara yang sedang sakit. Namun, cara penggunaan kedua ungkapan tersebut ternyata berbeda lho, Sedulur.

Jadi, apa artinya syafakillah dan apa yang membedakan arti dari ungkapan kedua kata dalam bahasa arab itu beserta cara menggunakannya? Simak penjelasan singkatnya berikut ini, ya!

BACA JUGA: Doa Sholat Tahajud dan Dzikir, Lengkap dengan Waktu Amalnya

1. Apa itu syafakillah?

syafakillah
pixabay

Apa arti syafakillah sendiri merupakan kalimat yang diambil dari sebuah hadis sahih serta doa dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam ketika beliau sedang mengunjungi seorang sahabatnya yang jatuh sakit dan belum kunjung sembuh. Sabda dari Rasulullah tersebut kemudian diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Imam Bukhari dan Muslim, yang isinya adalah sebagai berikut:

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa an laa yughaadiru saqoman.

Artinya: “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah dia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” (HR Bukhari dan Muslim). 

2. Petunjuk Penggunaan arti syafakillah (bahasa Arab: شفاك الله )

syafakillah
femina

Bagian doa dari oleh Rasulullah SAW tersebut terdapat kata syafakillah ucapan untuk orang sakit. Yang dimaksud dalam doa tersebut adalah sebagai berikut:

Syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman 

Artinya: “Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.”

Kata tersebut memiliki arti semoga diberikan kesembuhan kepadamu, yang dikhususkan untuk perempuan.

BACA JUGA: Doa Agar Dagangan Laris, Berkah dan Kaya [Lengkap Arab dan Latin]

3. Petunjuk penggunaan arti syafakallah (bahasa Arab: شفاك الله )

syafakillah
idntimes

Yang membedakan syafakillah artinya apa meskipun hampir memiliki makna yang sama adalah kepada siapa doa atau ungkapan ini ditujukan. Bunyi dari doa lengkapnya adalah sebagai berikut:

Syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman.

Artinya: “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (lelaki).”

Kalimat diatas memiliki makna sebagai harapan untuk kesembuhan seorang laki-laki, daan harapan agar penyakit yang sama atau yang berbeda tidak akan hadir dan datang kembali.

4. شفاكم الله (Syafakumullah)

tirto

Setelah mengetahui syafakillah apa artinya, ada juga istilah syafakumullah ( شفاكم الله ) yang memiliki arti ucapan dan doa kesembuhan untuk orang yang lebih dari dua dan memiliki jenis kelamin laki-laki. Arti dari doa kesembuhan yang satu ini adalah “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian (lelaki).”

BACA JUGA: Bacaan Doa Ketika Sakit Agar Segera Diberikan Kesembuhan

5. شفاه الله (Syafahullah)

popbela

Selanjutnya, istilah yang digunakan untuk mendoakan orang yang sedang sakit dalam bahasa arab adalah syafahullah (شفاه الله) yang memiliki arti “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (lelaki).” Untuk penggunaan kalimat tersebut, biasanya adalah untuk mendoakan kesembuhan dari seorang lelaki yang jaraknya jauh dari kita.

6. شفاهن الله (Syafahunnallah)

klikdokter

Selain mengetahui syafakillah artinya seperti apa, ada pula istilah lainnya yaitu syafahunnallah ( شفاهن الله) yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (perempuan)”. Biasanya, ungkapan ini digunakan untuk mendoakan kesembuhan pada orang yang sakit bagi perempuan yang jumlahnya banyak.

Jawaban atas doa yang diberikan

Ketika kita sedang dalam posisi sakit serta didoakan oleh orang terdekat dengan ucapan syafakillah, ada baiknya untuk menjawab doa tersebut. Ada beberapa variasi jawaban yang bisa diucapkan oleh Sedulur, diantaranya adalah sebagai berikut:

  •  آمين – Aamiin (Aamiin)
  • آمين شكرا – Aamiin syukron (Aamiin, terima kasih)
  •  آمين شكرا جزاك الله خيرا – Aamiin syukron jazakallahu khairan (Aamin, terima kasih. Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)
  •  آمين شكرا جزاكم الله خيرا – Aamiin syukron jazakumullah khairan (Aamin, terima kasih. Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan)
  •  آمين شكرا لاهتمامه – Aamiin syukron Lihtimaamihi (Aamiin, terima kasih atas perhatiannya)
  •  آمين شكرا لزيارته – Aamiin syukron Li Ziyaaratihi (Aamiin, terima kasih atas kunjungannya)

Demikianlah beberapa ucapan doa kesembuhan dalam bahasa arab dan perbedaan dari syafakillah adalah seperti apa, syafakallah, dan beberapa ungkapan lainnya. Semoga dengan adanya penjelasan di atas tidak membuat kita menjadi bingung lagi ketika sedang ingin mendoakan orang yang sedang mengalami sakit. Semoga bermanfaat!