surat yusuf untuk ibu hamil

Memiliki keturunan adalah hal yang dinantikan oleh sebagian besar pasangan yang telah menikah. Tentunya ketika hal itu akhirnya terwujud lewat proses kehamilan, banyak hal yang calon orang tua lakukan. Selain mencukupi nutrisi ibu dan jabang bayi, berbagai doa baik pun dipanjatkan. Salah satu yang kondang adalah bacaan surat Yusuf untuk ibu hamil.

Ada beberapa keutamaan yang dipercaya dibawa oleh ayat suci tersebut. Termasuk melahirkan keturunan terbaik yang mampu membawa kebahagiaan untuk orang-orang di sekitarnya. Apa bacaan dan keutamaan lainnya? Mari kita ulik bersama.

BACA JUGA: Doa Setelah Sholat Tahajud yang Selalu Dibaca Rasulullah

1. Sejarah turunnya surat Yusuf 

sejarah
Pexels

Surat Yusufi turun di Mekkah pada masa Nabi Muhammad SAW. Saat itu beliau sedang dilanda kesusahan. Akhirnya, surat Yusuf diturunkan guna menghibur dan memberikan inspirasi serta kekuatan untuk Rasulullah. Surat tersebut berisi kisah hidup Nabi Yusuf yang dimusuhi saudara kandungnya dan difitnah. Hingga akhirnya ia dibebaskan dan diangkat derajatnya setelah dengan kuasa Allah berhasil menafsirkan mimpi Raja yang berkuasa. 

Selain itu, surat tersebut juga menggambarkan sosok Nabi Yusuf yang pemaaf, penyabar, penuh empati, dan cerdas. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang percaya, bahwa surat Yusuf memiliki keutamaan tersendiri untuk ibu hamil. 

2. Ayat dalam surat Yusuf yang ditujukan untuk ibu hamil 

surat yusuf untuk ibu hamil ayat berapa
Pexels

Penasaran Surat Yusuf ibu hamil masuk berapa? Jawabannya adalah juz 12 dan 13 dan terdiri dari 111 ayat. Tiap ayatnya menggambarkan alur kisah hidup Nabi Yusuf. Mulai dari kelahirannya, insiden ia dibuang oleh kakak-kakaknya, difitnah oleh seorang istri petinggi pemerintahan, hingga akhirnya berhasil menafsirkan mimpi dan hidupnya berbalik menjadi jauh lebih baik. 

Dari kisah hidupnya itu, banyak sifat-sifat yang bisa diteladani. Berikut beberapa sifat Nabi Yusuf yang tertera dari surat Yusuf:

  • Kesabarannya saat menghadapi perlakuan jahat kakak-kakaknya yang membuangnya di sumur Kegigihannya mempertahankan harga diri di tengah godaan
  • Kemampuannya berpikir secara cerdas dan strategis dalam mencari petunjuk atau jawaban atas masalah dengan logika dan akalnya 
  • Kemurahan hatinya saat memaafkan saudara-saudara yang telah menyakitinya
  • Menunjukkan sikap berbakti dan cintanya pada orang tua yang tak luntur meski telah berpisah bertahun-tahun lamanya   

Untuk itu, saat ditanya surat yusuf untuk ibu hamil ayat berapa. Jawabannya adalah semua ayat, karena semuanya merangkum berbagai sifat mulia sang utusan Allah tersebut. 

BACA JUGA: Doa untuk Orang Tua yang Masih Hidup, Harus Diajarkan pada Anak

3. Surat yusuf untuk ibu hamil dan terjemahannya

bacaan dan terjemahan
Pexels

Berikut beberapa ayat dalam surat Yusuf yang menampilkan berbagai sifat baik Nabi Yusuf semasa hidupnya. 

Ayat 33: قَالَ رَبِّ السِّجۡنُ اَحَبُّ اِلَىَّ مِمَّا يَدۡعُوۡنَنِىۡۤ اِلَيۡهِ‌ۚ وَاِلَّا تَصۡرِفۡ عَنِّىۡ كَيۡدَهُنَّ اَصۡبُ اِلَيۡهِنَّ وَاَكُنۡ مِّنَ الۡجٰهِلِيۡ

Artinya:  Yusuf berkata, “Wahai Tuhanku! Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Jika aku tidak Engkau hindarkan dari tipu daya mereka, niscaya aku akan (memenuhi keinginan mereka) dan tentu aku termasuk orang yang bodoh.

Ayat 54: وَقَالَ الۡمَلِكُ ائۡتُوۡنِىۡ بِهٖۤ اَسۡتَخۡلِصۡهُ لِنَفۡسِىۡ‌ۚ‌ فَلَمَّا كَلَّمَهٗ قَالَ اِنَّكَ الۡيَوۡمَ لَدَيۡنَا مَكِيۡنٌ اَمِيۡ

Artinya: Raja berkata, “Bawalah dia (Yusuf) kepadaku, agar aku bisa mengenalnya.” Ketika Raja berbincang dengan dia (Yusuf), Raja berkata, “Sesungguhnya mulai hari ini kamu menjadi seorang yang berkedudukan tinggi di lingkungan kami dan kami percaya.” 

Ayat 90: قَالُوۡۤا ءَاِنَّكَ لَاَنۡتَ يُوۡسُفُ‌ؕ قَالَ اَنَا يُوۡسُفُ وَهٰذَاۤ اَخِىۡ‌ ۖ قَدۡ مَنَّ اللّٰهُ عَلَيۡنَاؕ اِنَّهٗ مَنۡ يَّتَّقِ وَيَصۡبِرۡ فَاِنَّ اللّٰهَ لَا يُضِيۡعُ اَجۡرَالۡمُحۡسِنِيۡنَ

Artinya: Mereka berkata, “Apakah engkau benar-benar Yusuf?”, dan Yusuf menjawab, “Aku Yusuf dan ini saudaraku. Sungguh, Allah telah melimpahkan karunia-Nya kepada kami. Sesungguhnya siapapun yang bertakwa dan bersabar maka Allah tidak akan ragu mengaruniai pahala untuk orang yang berbuat baik.”

Ayat 99: فَلَمَّا دَخَلُوۡا عَلٰى يُوۡسُفَ اٰوٰٓى اِلَيۡهِ اَبَوَيۡهِ وَقَالَ ادۡخُلُوۡا مِصۡرَ اِنۡ شَآءَ اللّٰهُ اٰمِنِيۡنَؕ

Artinya: Maka ketika mereka masuk ke tempat Yusuf, dia merangkul dan menyiapkan tempat untuk kedua orang tuanya sambil berkata, “Masuklah ke negeri Mesir, dengan izin Allah semua dalam keadaan aman.” 

4. Keutamaannya untuk bayi dalam kandungan

bacaan surat yusuf untuk ibu hamil
Pexels

Bacaan surat Yusuf untuk ibu hamil memiliki beberapa keutamaan sebagai berikut. 

  • Berisi doa-doa baik yang ditujukan untuk kebaikan janin, sifat-sifat teladan tadi bisa jadi pelajaran bagi kedua orang tua untuk bekal mendidik anaknya nanti ketika lahir ke dunia. Sifat-sifat yang dimaksud adalah sabar, empati, iman dan prinsip yang kuat, serta kecerdikan dalam berpikir dan berdakwah. 
  • Banyak yang percaya bahwa Surat Yusuf bisa jadi doa agar keturunan kita mewarisi ketampanan Nabi Yusuf. Namun, tentu hendaknya tidak melihat ketampanan dan kecantikan dari segi fisik, tetapi kebaikan akhlak dan caranya memperlakukan orang lain di sekitarnya jauh lebih penting. 
  • Secara umum ayat Al Quran memiliki banyak manfaat untuk membantu janin rileks di dalam kandungan. Bayi terbiasa mendengar white noise saat berada di dalam rahim yang membantunya merasa nyaman. Di usia kehamilan 2 bulan, janin sudah memiliki telinga, tetapi belum mampu mendengar.  Kemampuan auditorinya mulai berfungsi pada minggu 22-24 atau bulan keenam. Di sini Sedulur sudah bisa berbicara dan membacakan cerita pada bayi dan memperdengarkannya suara-suara yang menenangkan, termasuk bacaan Al Quran. Namun, usahakan volumenya tidak melebihi 115 desibel. Untuk itu, hindari menempelkan headphone di perut. Gunakan speaker biasa dengan volume normal. 

BACA JUGA: Adab & Doa Berhubungan Agar Punya Anak Dalam Agama Islam

5. Doa-doa lain yang bisa dibacakan untuk bumil 

Doa-doa lain
Pexels

Selain surat Yusuf, Sedulur bisa juga membacakan beberapa doa dan surat berikut: 

Surat Maryam, terutama ayat ke-14 yang berisi doa dan harapan agar anak yang dikandung lahir menjadi sosok yang beriman dan berbakti. Bacaan surat Maryam dan surat Yusuf untuk ibu hamil dipercaya bisa jadi kombinasi yang sempurna untuk mendapatkan kemuliaan karakter dari Allah, seperti sifat sholeh dan sholehah. Mereka juga dipercaya dapat memberikan ketenangan bagi bayi dan ibu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tentang suara lafadz Al Quran yang memang menenangkan dan terapeutik. 

Surat Al Insyirah yang berisi doa agar anak menjadi sosok yang baik, tenang, dan tidak berulah. Inti dari surat ini juga harapan agar orang tua kuat menghadapi tanggung jawabnya yang besar dalam mendidik keturunannya. Ini adalah doa mujarab yang bisa dibaca selain surat Yusuf dan Maryam untuk ibu hamil.

Itu beberapa hal menarik tentang surat Yusuf untuk ibu hamil dan keutamaannya sebagai doa baik untuk calon ibu dan jabang bayi di kandungan. Sebenarnya semua ayat Alquran baik maknanya dan bisa diperdengarkan serta dibacakan sebagai doa baik. Bacaan Alquran bisa pula diimbangi dengan mengajak bayi berbincang sejak di dalam kandungan atau membacakannya buku cerita yang memiliki pesan moral. Selain itu, Sedulur juga wajib memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi agar stamina terjaga dan perkembangan janin tidak terhambat atau bermasalah. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.