makna surat al quraisy

Al Quran merupakan kitab suci umat Islam dan mempunyai beragam manfaat serta khasiat bagi siapa saja yang membacanya. Dalam Al Quran terdapat satu surat dalam Al Quran yang bercerita tentang salah satu suku paling penting dalam perkembangan Islam di dunia. Surat tersebut adalah surat Al Quraisy. Diketahui surat ini termasuk surat Makkiyah.

Surat ini termasuk surat pendek karenatersusun hanya 4 ayat saja. Dan bila surat Al Quraisy diartikan, maka akan merujuk pada cerita kehidupan Suku Quraisy. Suku ini memiliki tanggung jawab dan peran yang penting dalam berkembangnya Islam di dunia. Bahkan, kaum Quraisy ditakdirkan untuk menjaga Ka’bah sebagai tempat paling suci. Agar lebih memahami tentang isi surat Al Quraisy, yuk simak dan pahami artikel di bawah ini Sedulur.

BACA JUGA: Surat Al Lahab Beserta Latin, Terjemahan & Isi Kandungannya

Sejarah Al Quraisy

surat al quraisy
Pikiran Rakyat

Sebelum Sedulur memahami tentang surat Al Quraisy latin dan artinya, maka ada baiknya Sedulur perlu mengetahui tentang sejarahnya. Mungkin Sedulur bertanya Al Quraisy ada berapa ayat, maka jawabannya surat ini tersusun atas empat ayat. Dimana surat tersebut merupakan surat ke-106 dalam Al-Quran.

Surat ini  sudah termuat pada juz 30 atau biasa dinamakan dengan Juz Amma dan masuk pada golongan surat Makkiyah. Dinamakan dengan Makkiyah karena surat ini diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Surat Al Quraisy ayat 1-4

surat al quraisy
Sindonews

Sedulur sebenarnya mampu menghapalkan bacaan surat pendek ini, sebab surat Al Quraisy tersusun atas empat ayat pendek saja. Di  bawah ini penjelasan mengenai bacaannya.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmannirrahiim.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Ayat 1

لِاِيْلٰفِ قُرَيْشٍۙ

Li’īlāfi quraīsy.

Artinya: “Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,”

Ayat 2

اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاۤءِ وَالصَّيْفِۚ

Ilāfihim rihlatasy-syitā’i was-saīf.

Artinya: “(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.”

Ayat 3

فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ

Falya’budụ rabba hāzal-baīt.

Artinya: “Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Ka‘bah).”

Ayat 4

الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ 

Allazī at’amahum min jụ’iw wa āmanahum min khaụf.

Artinya: “Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan.”

BACA JUGA: Bacaan Surat Al Waqiah Beserta Arab, Latin & Terjemahannya

Makna surat

surat al quraisy
Ikram

Setelah Sedulur mengetahui surat Al Quraisy artinya dan latinnya, maka perlu mengetahui tentang makna yang terkandung dalam surat ini juga. Sebenarnya kata Quraisy pada surat ini menjelaskan tentang suku di masa lalu yang menetap di wilayah Arab bernama Suku Quraisy. Suku tersebut dipercaya untuk menjaga Ka’bah yang merupakan tempat paling suci bagi umat muslim.

Dalam ayat ke-3 pada surat ini dijelaskan bahwa mereka punya kewajiban untuk menyembah Allah SWT dimana merupakan Sang Pemilik Ka’bah. Allah SWT memberikan amanah untuk dijaga oleh kaum Quraisy. Sebagai balasannya, Allah selalu memberikan nikmat dan anugerah dunia berupa makanan, minuman hingga rasa aman untuk mereka. Sehingga itulah makna dari diturunkannya surat ini.

Alasan diturunkan surat Al Quraisy ke dunia

surat al quraisy
Rumah 123

Dijelaskan bahwa keberadan surat ini tidak lepas dari peran Nabi Muhammad SAW. Surat ini diturunkan kepada Nabi Muhammad supaya kaum Quraisy tidak melupakan nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Allah SWT bahkan juga mengingatkan bahwa nikmat lain sudah diberikan berupa makanan sampai minuman.

Maka dengan demikian sudah seharusnya Al Quraisy tidak menyembah selain Allah SWT dan tidak diizinkan menyekutukan Nya. Sebaliknya jika mendurhakai segala perintah Allah SWR, maka dia akan balasan paling setimpal seperti dicabutnya nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

Demikian penjelasan lengkap mengenai surat Al Quraisy latin dan artinya. Semoga penjelasan di atas dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!