sunnah rasul malam jumat adalah

Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Diketahui, ada sejumlah dalil yang menunjukkan keistimewaan hari tersebut. Adapun umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada hari yang mulia itu. Selain itu, ada sejumlah amalan yang disunnahkan untuk dilaksanakan pada hari Jumat maupun menjelang hari Jumat. Salah satu sunnah Rasul malam jumat adalah membaca surat Al Kahfi dan surat Yasin.

Definisi sunnah rasul artinya yang sering dipakai oleh pasangan sah adalah berhubungan suami istri. Bukan ibadah biasa, ada doa yang harus dibaca supaya bisa berkah dan lancar.

Di sisi lain, beberapa ulama berpendapat berhubungan suami istri juga termasuk amalan yang disunnahkan pada malam Jumat. Dikatakan, ada keutamaan untuk mengerjakannya dibandingkan pada malam-malam yang lain.

Lantas, sunnah rasul apa saja yang disunnahkan pada malam Jumat? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 12 Hikmah Jalani Puasa Ramadhan, Kamu Sudah Tahu?

Keutamaan hari Jumat

sunnah rasul malam jumat adalah
unsplash

Terdapat sejumlah hadits yang menunjukkan tentang keutamaan atau keistemewaan hari Jumat. Berikut adalah beberapa dalil mengenai keutamaan hari Jumat.

سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fithri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali shilaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat,” (HR al Syafi’i dan Ahmad).

Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa sebaik-baiknya hari ialah hari Jumat. Berikut bunyi dalilnya.

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim)

Dari dalil-dalil di atas, bisa diuraikan terdapat sejumlah keutamaan maupun peristiwa penting pada hari Jumat. Berikut rangkumannya:

  • Hari Jumat dianggap sebagai rajanya hari di sisi Allah
  • Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi
  • Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat
  • Terdapat waktu tertentu di mana Allah akan mengabulkan permintaan hambanya
  • Hari kiamat disebut akan terjadi di hari Jumat

Hitungan hari dalam kalender Hijriah

Perlu Sedulur ketahui, terdapat perbedaan perhitungan hari antara kalender Hijriah atau kalender Islam dengan kalender Masehi yang kita gunakan sehari-hari. Perhitungan kalender Hijriah didasarkan pada revolusi bulan atau peredaran bulan mengelilingi bumi.

Selain itu, satu hari dalam kalendar Hijriah tidak dibatasi pada perhitungan jam, seperti misalnya pukul 00.00 hingga 24.00. Melainkan didasarkan pada terbenamnya matahari. Sehingga satu hari dalam kalender Hijriah ialah dimula ketika matahari terbenam hingga terbenam kembali pada keesokan harinya.

Berdasarkan hal tersebut, bisa dipahami bahwa keutamaan hari Jumat tidak terbatas ketika matahari sudah terbit pada hari Jumat, namun juga setelah tenggelamnya matahari pada hari Kamis. Dengan demikian, keutamaan amalan malam jumat agar doa terkabul tidak terbatas pada hari Jumat, namun juga malam Jumat.

BACA JUGA: Arti Hukum Mubah dalam Islam Beserta Contoh dan Dalilnya

5 amalan sunnah Rasul pada malam Jumat

Telah diketahui bersama bahwa hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Di samping itu, ada sejumlah sunah rosul malam jumat membunuh setan yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari Jumat maupun malam Jumat sebagai berikut.

1. Membaca surat Al Kahfi

sunah rosul malam jumat membunuh setan
unsplash

Al Kahfi merupakan surat ke 18 yang terdiri atas 110 ayat. Keutamaan membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat terkandung dalam hadits Nabi yang diriwayatkan Imam Al Hakim sebagai berikut.

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat,” (HR. Al Hakim).

Sementara pada hadits lainnya disampaikan keutamaan membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat.

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, ia akan diterangi dengan cahaya di antara ia dengan Kabah,” (HR. Ad-Darimi, disahihkan oleh Al-Albani).

BACA JUGA: Bacaan Surat Al Qadr Beserta Arti, Kandungan & Keutamaanya

2. Membaca surat Yasin

Selain membaca surat Al Kahfi, membaca surat Yasin atau yasinan pada malam Jumat juga dianjurkan. Keutamaan membaca surat Yasin ini ditunjukkan dalam hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut.

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya,” (HR Abu Daud dari al-Habr).

3. Membaca sholawat

apa sunnah rasul pada malam jumat
unsplash

Nabi Muhammad saw. juga menganjurkan untuk memperbanyak membaca selawat pada hari dan malam Jumat.

أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ الْجُمُعَةِ فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا

“Pebanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali,” (HR al Baihaqi).

Di samping itu, membaca selawat disebut memiliki banyak manfaat. Salah satunya ialah dikabulkannya doa.

4. Memperbanyak doa

Amalan yang dianjurkan pada malam Jumat lainnya adalah memperbanyak doa. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah pada hadits berikut.

“Pada hari Jumat terdapat waktu, yang tidaklah seorang hamba muslim salat dan meminta kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkannya,” ( HR. Bukhori dan Muslim ).

5. Berhubungan suami istri

sunnah rasul artinya
unsplash

Sedulur yang sudah menikah mungkin tidak asing dengan pernyataan bahwa terdapat keutamaan berhubungan suami istri pada malam Jumat. Bahkan hal tersebut disebut sebagai amalan sunah Rasul malam jumat bagi suami istri.

Dikutip dari berbagai sumber, salah satu hadits yang menjadi rujukan sunnah Rasul malam Jumat adalah sebagai berikut.

من اغتسل يوم الجمعة وغسّل وغدا وابتكر ومشى ولم يركب ودنا من الإمام وأنصت ولم يلغ كان له بكل خطوة عمل سنة

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan membuat orang lain mandi, lalu berangkat pagi-pagi dan mendapatkan awal khotbah, dia berjalan dan tidak berkendaraan, dia mendekat ke imam, diam, lalu berkonsentrasi mendengarkan khutbah, maka setiap langkah kakinya dinilai sebagaimana pahala amalnya setahun,” (HR Ahmad, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

Selain itu, dalil mengenai sunnah Rasul malam Jumat adalah juga terdapat pada hadits yang diriwayatkan Imam Baihaqi sebagai berikut.

أيعجز أحدكم أن يجامع أهله في كل يوم جمعة، فإن له أجرين اثنين: أجر غسله، وأجر غسل امرأته

“Apakah kalian tidak sanggup berhubungan badan dengan istri kalian pada setiap hari Jumat. Hubungan badan dengan istri di hari Jumat mengandung dua pahala: pahala mandinya sendiri dan pahala mandi istrinya.” (HR Baihaqi).

Pendapat lain tentang anjuran berhubungan suami istri pada malam Jumat

Kendati demikian, sunnah Rasul malam Jumat adalah berhubungan suami istri ditolak oleh sebagian ulama. Seorang ulama bernama Syekh Wahbah Az-Zuhayli menyebut, tidak ada anjuran untuk melaksanakan hubungan suami istri secara khurus pada malam Jumat.

“Di dalam sunnah tidak ada anjuran berhubungan seksual suami-istri di malam-malam tertentu, antara lain malam Senin atau malam Jumat. Tetapi ada segelintir ulama menyatakan anjuran hubungan seksual di malam Jumat.”

Adapun sunnah Rasul malam Jumat ini disebut didasarkan pada kata “ghassala” yang “memiliki arti membuat orang lain mandi” serta “siapa saja yang mandi di hari Jumat” dalam hadits Rasulullah. Namun menurut sebagian ulama riwayat hadits yang menganjurkan hal tersebut cenderung lemah.

Demikian tadi pembahasan mengenai sunnah Rasul malam Jumat adalah seperti penjelasan di atas. Dapat disimpulkan bahwa keistimewaan hari Jumat bisa dijadikan ajang untuk memperbanyak amalan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur semua, ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!