succubus

Succubus, pernahkah Sedulur mendengarnya? Ternyata, itu merupakan salah satu nama iblis yang terkenal dari Sumeria. Jika Sedulur pernah mendengar kisah cinta antara manusia dengan makhluk halus, maka succubus adalah salah satunya. Tak hanya itu, ada lagi jenis lain bernama incubus yang juga tak jauh berbeda, yaitu mengisahkan cinta manusia dengan makhluk halus.

Lalu, apa perbedaan dari keduanya? Incubus memang mengingatkan kita pada sebuah grup musik beraliran alternatif rock yang mendunia, namun ternyata nama itu ada asal-usulnya. Di lain sisi, incubus pun berkaitan erat dengan sosok iblis yang ada dalam kisah mitologi. Mau tau perbedaan keduanya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

BACA JUGA: Mitos Gunung Slamet Jika Meletus & Terbelahnya Pulau Jawa

Apa itu succubus?

succubus
Aroged

Succubus adalah sebutan untuk iblis penggoda yang menyerupai sosok perempuan. Namanya sendiri berasal dari bahasa Latin “succuba” yang memiliki makna “wanita jalang”. Saat menjerat mangsanya, sang iblis akan menampakkan diri menjadi seorang wanita yang sangat menawan. Dengan itu, tidak ada satu pun laki-laki yang mampu menolak keindahannya.

Ada juga yang mengatakan bahwa iblis satu ini lebih sering menampakkan diri sebagai perempuan cantik. Meskipun ia muncul dalam wujud asli pun, pria akan tetap tertarik olehnya karena penampilannya yang menarik meski ada tanduk, ekor, sayap, serta tanpa busana.

Ia memiliki tabiat yang cenderung licik, tukang menggoda manusia, dan amoral. Mereka banyak menjerat laki-laki dari yang usianya muda hingga laki-laki tua. Mereka dikenal memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan tidak bisa menandingi perempuan biasa. Masyarakat meyakini bahwa itu semua terjadi karena dahulu perempuan banyak memiliki dosa.

Belum ada yang tahu cara memanggil succubus karena kehadirannya sendiri menakutkan. Meski laki-laki awalnya merasa puas, namun nyatanya ia mengambil energi dari manusia yang dihisapnya. Hingga akhirnya tidak ada yang bisa dilakukan selain mati.

Apa itu incubus?

Prints Online

Incubus adalah roh laki-laki yang mengunjungi wanita saat sedang tidur di malam hari. Hal itu ia lakukan untuk melakukan hubungan seksual dengan korbannya. Jika terjadi berkelanjutan, hubungan itu diyakini akan mengundang penyakit dan sangat buruk bagi kesehatan.

Adapun tujuan mereka melakukan kejahatan ini adalah untuk mendapatkan keturunan. Mereka dikenal sebagai setan badai atau setan malam karena sering muncul pada malam hari. Berhubungan dengan incubus bisa menyebabkan kematian.

Perbedaan incubus dan succubus

succubus
Quora

Succubus dipercaya mendapatkan kekuatannya dengan menyerap kehidupan korbannya sebagai makanan. Sedangkan incubus mendapatkan kekuatan dengan menghamili korbannya. Saat baru lahir, bayi tidak akan bernapas, namun 7 tahun kemudian akan hidup dan menjadi sosok yang menarik serta cerdas.

Selain itu, tentu saja perbedaan terletak pada jenis kedua makhluk ini. Incubus merupakan sosok laki-laki, sebaliknya iblis yang lain adalah perempuan. Keduanya memiliki wujud yang menarik dan sulit membuat lawan jenisnya memalingkan muka.

Kisah serupa dengan succubus

Ocean Wallpapers

Incubus succubus adalah hanya beberapa dari banyaknya kisah mitologi populer yang terus dipercaya secara turun temurun. Kali ini adalah jenis iblis lain yang digambarkan memiliki paras cantik. Namun dibalik kecantikannya, ia menyimpan kekuatan yang tujuannya untuk menguasai energi korbannya sampai mati.

Pertama, ada Medusa, makhluk mitologi cantik yang hidup dalam legenda Yunani. Dahulunya, ia adalah seorang pendeta yang selalu menjaga kesuciannya. Hingga suatu waktu, Poseidon, sang penguasa laut, memerkosanya di kuil suci Athena. Karena hal itu pula, ia malah dikutuk menjadi wanita berambut ular yang bisa membuat orang menjadi batu.

Selanjutnya, Dziwozona yang dikenal dengan julukan Mamuna. Makhluk ini berasal dari Slavia yang konon tinggal di pinggir sungai atau rawa-rawa. Selain menjadi wanita cantik, Dziwozona juga bisa menjelma menjadi nenek yang menukar bayi orang lain dengan anaknya sendiri, Changelings, yang tumbuh menjadi anak serba kekurangan secara fisik dan mental.

Berikutnya adalah Sphinx. Dalam Mitologi Yunani, Sphinx digambarkan memiliki tubuh singa dan sayap burung yang lebar. Namun tentu saja ia memiliki kepala dengan wajah yang cantik. Tetapi, Sphinx memiliki sifat yang kejam dengan selalu memberikan teka-teki, kemudian orang yang tidak bisa menjawab akan mengalami nasib tragis.

BACA JUGA: Apa itu Kuyang: Pengertian, Sejarah, Mitos & Legendanya

Kisah serupa dengan incubus

succubus
Kesin Cevap

Jika sebelumnya menceritakan tentang iblis wanita, kali ini dengan pria yang menampakkan diri sebagai sosok yang sangat tampan. Pertama, ada Encantado yang berasal dari Brazil. Ia digambarkan sebagai lumba-lumba atau ular yang bisa berubah bentuk. Tujuannya untuk membawa para wanita ke dalam air dan menculiknya.

Ada juga makhluk lain yang dijuluki Alp, sosok vampir yang hampir sama dengan incubus. Ciri khasnya adalah mereka dikenal memiliki topi magis yang disebut tarnkappe sebagai sumber kekuatannya. Mereka akan menyerang wanita pada malam hari dan menyerang dada wanita yang menjadi korbannya karena dia sangat suka ASI. Versi perempuan dari Alp dinamakan Mara.

Lalu ada satu makhluk yang muncul dari Negeri Jiran, Malaysia, yakni orang minyak atau oily man. Ini berasal dari sebuah film yang pernah tayang pada 1956 yaitu seorang pria yang dikutuk karena menggunakan sihir untuk mendapatkan cinta. Iblisnya menawarkan bantuan dengan syarat si orang minyak memperkosa 21 wanita dalam 1 minggu. Seram sekali!

Nah, Sedulur, itulah penjelasan mengenai succubus sekaligus perbedaannya dengan incubus. Succubus Islam mungkin lebih pada sosok manusia yang karakteristiknya sama dengan iblis itu. Meski demikian, semoga kita tetap terjaga dari iblis-iblis dalam jiwa manusia yang jahat dan merugikan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!