subhanallah artinya

Dzikir adalah salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan kepada seluruh umat Muslim. Salah satu bacaan yang dilafalkan pada saat berdzikir adalah subhanallah. Lantas apakah Sedulur sudah tahu subhanallah artinya apa?

Tidak sekedar mengucapkannya berulang kali. Sebagai umat Muslim yang taat, kita juga harus mengetahui arti dari lafal yang kita ucapkan. Dengan mengetahui arti dan maknanya, kita bisa lebih khidmat pada saat mengucapkan lafal tersebut.

Sebelum itu, apakah Sedulur sudah tahu apa yang dimaksud dengan dizikir? Lalu apa pula tujuan dari kegiatan tersebut? Jika belum tahu, simak dulu penjelasan yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Sesuai Sunnah Islam

Apa itu dzikir?

subhanallah artinyaarti dzikir
Pexels

Dzikir adalah aktivitas bagi umat muslim untuk menyebut nama Allah SWT. Setiap umat Muslim di seluruh dunia dianjurkan untuk selalu mengingat Allah. Salah satunya dengan cara berdzikir. Selain untuk memuja kebesaran Allah SWT, berdzikir juga bisa membuat hati serta pikiran seseorang jadi lebih tenang.

Melansir dari laman NU Online, mengucap dzikir dianjurkan setelah selesai melaksanakan shalat wajib. Akan tetapi, sesungguhnya bacaan dzikir tersebut juga bisa dan boleh saja ucapkan setiap umat Muslim mulai dari sebelum terbitnya matahari sampai sebelum terbenam.

Hal ini sesuai dengan Allah SWT yang terdapat pada Al Quran Surah Toha Ayat 130:

فَٱصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ ٱلشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا ۖ وَمِنْ ءَانَآئِ ٱلَّيْلِ فَسَبِّحْ وَأَطْرَافَ ٱلنَّهَارِ لَعَلَّكَ تَرْضَىٰ

Faṣbir ‘alā mā yaqụlụna wa sabbiḥ biḥamdi rabbika qabla ṭulụ’isy-syamsi wa qabla gurụbihā, wa min ānā`il-laili fa sabbiḥ wa aṭrāfan-nahāri la’allaka tarḍā

Artinya: “Maka bersabarlah engkau (Muhammad) atas apa yang telah mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam.”

Salah satu bacaan dzikir yang kerap kali diucapkan oleh umat Muslim adalah kalimat subhanallah dan juga masyaallah. Biasanya, kedua lafal tersebut diucapkan seseorang pada saat melihat dan juga mengagumi segala keindahan ciptaan Allah SWT.

Akan tetapi, tidak jarang kedua lafal dzikir ini sering dianggap sama oleh sebagian umat Muslim. Namun tahukah Sedulur jika subhanallah dan masyaallah artinya itu berbeda? Untuk itu, simak penjelasan sebagai berikut ini.

Arti kalimat subhanallah

subhanallah adalah bacaan
Pexels

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, subhanallah adalah bacaan tasbih yang sering diucapkan oleh umat Muslim. Dalam bahasa arab, subhanallah artinya segala puji bagi Allah. Selain itu, kalimat tasbih tersebut juga bisa diartikan sebagai “Maha Suci Allah”.

Subhanallah ini disunahkan dibaca usai menunaikan ibadah shalat. Seringkali umat muslim menggunakan lafal tasbih ini ketika menyaksikan keindahan ciptaan Allah SWT, seperti peristiwa luar biasa, pemandangan alam yang indah hingga kabar baik.

Justru Rasulullah memilih untuk melafalkan bacaan subhanallah pada saat menyaksikan sesuatu yang tidak semestinya. Melansir dari NU Online, lafal tasbih pernah diucapkan Rasulullah SAW ketika melihat peristiwa yang tidak diinginkan, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut.

“Sebuah hadits diriwayatkan kepada kami di dalam Shahih Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA bahwa suatu hari Nabi Muhammad SAW berpapasan dengannya saat masih junub di sebuah jalan di Madinah. Abu Hurairah lalu pergi diam-diam meninggalkan Rasulullah kemudian mandi bersuci.”

“Rasulullah SAW sendiri mencari ke mana sahabatnya menghilang. Kamu tadi ke mana Abu Hurairah? tanya Rasulullah SAW setelah Abu Hurairah datang. Saat tadi kita bertemu, aku masih kondisi junub ya Rasul. Aku enggan duduk bersamamu sebelum aku mandi, jawab Abu Hurairah. Subhanallah, orang beriman itu tidak najis.”

Walaupun demikian, beberapa lafal dzikir bisa juga digunakan untuk mengekspresikan ketika melihat suatu keindahan. Sehingga tidak ada lafal khusus untuk merespon kondisi atau situasi tertentu. Jadi pada dasarnya, semua lafal dzikir itu dianjurkan umat Muslim untuk mengingat kebesaran Allah SWT.

Seperti halnya bacaan subhanallah wa bihamdihi. Dalam Bahasa Indonesia, subhanallah wa bihamdihi artinya “Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung”.

BACA JUGA: Adab & Doa Berhubungan Agar Punya Anak Dalam Agama Islam

Perbedaan arti subhanallah dan masyallah

subhanallah masyaallah
Pexels

Meskipun sering disamakan, tetapi lafal dzikir subhanallah dan masyaallah itu mempunyai arti yang berbeda. Jika subhanallah diartikan sebagai “Maha suci Allah”, maka masyaallah memiliki arti “atas kehendak Allah”.

Sehingga lafal subhanallah itu bisa digunakan pada saat melihat sesuatu yang membuat kita merasa takjub atas segala kebaikan dan keindahan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Kahfi ayat 39, yang berbunyi:

وَلَوْلَآ إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِ ۚ إِن تَرَنِ أَنَا۠ أَقَلَّ مِنكَ مَالًا وَوَلَدًا

Walau lā iż dakhalta jannataka qulta mā syā`allāhu lā quwwata illā billāh, in tarani ana aqalla mingka mālaw wa waladā

Artinya: “Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu ‘MasyaAllah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan.”

Manfaat berdzikir untuk kehidupan sehari-hari

manfaat
Pexels

Selain untuk terus mengingat kebesaran Allah SWT, berdzikir juga mempunyai sejumlah manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Nah, dilansir dari NU Online, berikut ini beberapa manfaat berdzikir untuk kehidupan sehari-hari.

  • Dijauhi setan
  • Melembutkan hati dan perasaan
  • Menenangkan hati dan pikiran
  • Menerangi hati
  • Menghapus dosa-dosa
  • Menghindarkan diri dari api neraka
  • Menghindarkan diri dari perkataan munafik
  • Menghindarkan hati dari prasangka buruk
  • Menjunjung tinggi perintah Allah SWT
  • Meringankan beban berat dalam menjalani hidup

Setelah membaca dan memahami informasi di atas, kini Sedulur sudah tahu ‘kan subhanallah artinya yang sebenarnya apa?

Selain itu, tentu saja Sedulur juga sudah tahu bacaan subhanallah untuk apa. Dengan begitu, Sedulur bisa melafalkannya dalam waktu yang tepat.


Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!