skimming adalah

Skimming adalah salah satu jenis kejahatan yang terjadi seiring dengan kemajuan teknologi. Di balik kemudahan yang diberikan di era digital ini, kejahatan semakin beragam mengikuti eranya. Skimming kerap terjadi dan merugikan nasabah dari sebuah bank. Biasanya uang yang hilang terkena skimming sulit dikembalikan karena sering kali disebabkan oleh keteledoran nasabah.

Istilah scanning and skimming adalah teknik-teknik membaca. Namun, kata skimming juga mengandung makna lain. Jika selama ini Sedulur tahu bahwa skimming adalah membaca untuk menemukan ide utama, mari membahas artian skimming yang lain. Yuk, simak!

BACA JUGA: Apa itu Pers: Pengertian, Jenis, Fungsi Beserta Perannya

Apa itu skimming?

skimming adalah
Head Topics

Skimming adalah tindak kejahatan yang sering menimpa nasabah bank sebagai korbannya. Mereka juga biasanya pengguna kartu debit dan kredit. Pelaku mengincar uang yang disimpan nasabah pada rekening banknya. Adapun pelaku meraup keuntungan dengan mendapatkan semua yang disimpan di dalamnya melalui info yang didapatkan dari ATM/kredit.

Skimming dimulai dari pencurian informasi pada kartu kredit yang dimiliki oleh nasabah. Aksi ini tentu merupakan ilegal, maka itu disebut sebagai tindak kejahatan. Berbekal informasi tersebut, pelaku akan mencuri uang korban tanpa sepengetahuannya. Kejahatan skimming sering terjadi saat menggunakan mesin ATM. Perlu Sedulur waspadai juga bahwa sering kali kejahatan di mesin ATM terjadi pada mesin yang jauh dari keramaian karena pelakunya menjadi lebih leluasa dalam memasang mesin skimmer.

Cara kerja skimming

Teknologi.ID

Cara kerja skimming adalah dengan memasang alat skimming di tempat yang dirasa penjagaannya tidak ketat. Pelaku bisa memasang itu di mesin ATM bahkan e-banking. Skimming sangat merugikan karena pelacakan pelakunya dinilai sulit.

Maka, masyarakat harus mulai memperhatikan hal ini agar jumlah korban bisa berkurang. Tak hanya itu, pihak perbankan juga turut andil agar mencari solusi untuk keamanan uang nasabah yang disimpan di bank. Misalnya dengan membenahi sistem yang digunakan oleh bank tersebut, seperti salah satunya dengan kewajiban menggunakan chip yang sudah diterapkan serta memaksimalkan penggunaan CCTV di mesin ATM.

Target kejahatan skimming

skimming adalah
Anggigeo

Target kejahatan skimming adalah nasabah di bank-bank besar. Hal itu dikarenakan bank dengan nasabah yang banyak dinilai pelaku lebih rentan terkena skimming. Mesin ATM mereka sering kali tidak terjangkau oleh penjagaan yang ketat. Sebagai nasabah, Sedulur bisa coba kurangi risiko terkena skimming dengan lebih berhati-hati dalam bertransaksi. Artinya, tidak selamanya harus mengandalkan penjagaan. Kita juga harus turut mengurangi risiko tersebut dengan cara yang nanti akan diuraikan dalam poin selanjutnya.

Bahaya skimming

Salesman Help

Bahaya skimming adalah bisa merugikan pihak nasabah dan pihak bank juga. Untuk pihak perbankan, skimming bisa menyebabkan mereka kehilangan uang ratusan sampai miliaran. Kepercayaan masyarakat terhadap bank juga akan sangat merosot tajam dan reputasinya bisa menurun drastis. Kejadian itu pernah terjadi pada salah satu bank yang ada di Surabaya. Bank tersebut pernah menjadi korban kejahatan skimming. Akibatnya, para nasabah berbondong-bondong mengunjungi kantor bank untuk meminta pertanggungjawaban.

Sedangkan untuk nasabah, kerugian jelas terjadi karena uang mereka hilang. Namun, mereka juga tidak mendapat jaminan uangnya bisa kembali karena di sini, pihak perbankan pun bagian dari korban. Satu-satunya pelaku kejahatan adalah pelaku skimming itu sendiri. Permasalahan baru bisa diatasi hanya dengan mengembalikan kepercayaan masyarakat bagaimanapun caranya.

Ciri-ciri ATM yang dipasang alat skimming

skimming adalah
Parboaboa

Skimming ATM adalah kejahatan yang sulit diatasi, namun tentu masih bisa dicegah. Sekarang, mari kita uraikan bagaimana ciri-ciri ATM yang dipasangi alat skimming agar terhindar dari kejahatan ini.

  1. ATM biasanya terletak di tempat sepi, wilayah terpencil, atau di tempat wisata. Hal ini dikarenakan tempat tersebut memberikan banyak keleluasaan bagi mereka yang hendak melakukan kejahatan.
  2. Terdapat alat yang menghalangi bagian penutup keypad. Coba raba dahulu bagian kanopi yang ada di tempat keypad sebelum menekan pin. Pastikan tidak ada sesuatu semacam alat perekam yang ditandai dengan tekstur mengganjal.
  3. Perbedaan pada mulut slot kartu. Bukan hanya di alat penutup keypad, pelaku kejahatan juga bisa memasangnya di bagian tempat memasukkan kartu. Jika Sedulur melihat mesin ATM dengan mulut aneh, lebih baik tinggalkan saja dan cari mesin lainnya.

BACA JUGA: Apa itu Zodiak? Pengertian, Fungsi, Sejarah, Sifat & Karakternya

Tips terhindar dari kejahatan skimming

Teknologi.ID

Cara menghindari skimming ATM bisa dilakukan dengan cara-cara berikut. Mari simak seperti apa caranya!

  1. Rutin memeriksa rekening bank dengan melihat transaksi secara berkala. Ketika kita tersambung pada suatu koneksi seperti WiFi, itu bisa menjadi celah bagi mereka untuk melakukan aksi kejahatan.
  2. Hindari informasi berhadiah karena itu sangat mungkin merupakan cara pelaku meretas dan mencuri informasi dari Sedulur. Ketika Sedulur klik informasi tersebut, kemungkinan besar informasi langsung mereka dapatkan.
  3. Gunakan fitur pembayaran online daripada kartu kredit. Cara ini ternyata dinilai lebih aman karena pihak situs sendiri tidak bisa melihat informasi pribadi pembeli. Mereka hanya melihat alamat email yang digunakan.
  4. Jangan lupa untuk mengganti pin secara berkala. Ini bisa mengurangi risiko pencurian informasi dibanding suatu akun dengan pin yang tidak pernah diganti.
  5. Aktifkan fitur notifikasi melalui email atau SMS agar transaksi dalam rekening selalu terpantau, termasuk apabila ada sumber asing yang mencoba untuk log in atau jika ada transaksi tak dikenal lainnya.

Sedulur, skimming adalah proses untuk mencuri uang dalam rekening. Skimming adalah kejahatan yang patut diwaspadai mengingat tak hanya kerugian materi, namun bisa menyebabkan pengguna rekening menjadi paranoid juga. Semoga Sedulur selalu aman dari kejahatan apa pun di mana pun berada.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.