Apa itu zodiak

Pasti Sedulur sering membaca ramalan zodiak, baik dari media cetak maupun media online. Ramalan zodiak biasanya berkaitan dengan ramalan nasib seseorang yang meliputi tentang keuangan, kisah cinta, sampai kehidupan secara umum. Namun, Sedulur yakin sudah mengerti tentang apa itu zodiak?

Zodiak sendiri menjadi salah satu hal yang cukup umum diketahui oleh banyak orang di dunia. Namun, beberapa orang percaya bahwa Zodiak hanyalah tipuan atau hal yang sama sekali tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari. Tapi bagi anak-anak muda, zodiak bisa menjadi satu hal yang menambah motivasi dan menjadi pengingat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tidak heran zodiak menjadi satu bahasa yang cukup gaul untuk para anak remaja. Tapi apa itu zodiak dalam bahasa gaul? Bisa dibilang ini menjadi acuan para anak muda untuk mencari jodoh atau pasangannya agar mereka bisa menemukan kecocokan satu sama lain.

Banyak ilmu yang membahas mengenai zodiak, sehingga banyak pertanyaan muncul tentang apa itu zodiak dan apa saja sifat serta karakternya? Dari pada penasaran, yuk simak penjelasan tentang zodiak di bawah ini. 

BACA JUGA : Cerita Jenaka: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contohnya

-->

Pengertian

apa itu zodiak
Pixabay

Apalah Sedulur sudah mengetahui apa itu zodiak? Secara etomologi zodiak atau dalam bahasa Inggris disebut zodiac, berasal dari kata latin yaitu zodiacus yang artinya “lingkaran” hewan Sedangkan dalam bahasa Yunani yaitu zodiakos kyklos yang artinya lingkaran hewan. Kata zodiak pertama kali muncul pada sebuah manuskrip Yunani pada abad pertengahan. Hal itu yang menjadi latar belakang penggunaan nama binatang untuk menamai zodiak.

Sedangkan secara ilmiah, zodiak memiliki makna menyatakan suatu siklus tahunan dari belas wilayah yang berada di sepanjang lingkaran ekliptik. Lingkaran ekliptik sendiri adalah suaty pola lintasan perubahan posisi matahari di tata surya. Adanya wilayah yang terbagi-bagi tersebut, karena lingkaran ekliptik dibagi oleh gugus-gugus bintang menjadi 12 wilayah dengan ukuran busur yang sama.

Meski berasal dari istilah bahasa Yunani, akan tetapi Babilonia juga telah menggunakan konsep zodiak ini lebih dulu lho Sedulur. Pada sekitar abad ke-5 SM, para astronom Babilobia menemukan jika ada tiga belas rasi bintang yang sepanjang tahun saling bergantian dilintasi oleh matahari.

Akan tetapi, karena dalam kalender Babilonia hanya ada 12 bulan, maka hanya ada 12 rasi bintang yang diakui. Penamaan rasi bintang tersebut disesuaikan dengan nama resep pengobatan untuk pasien yang menderita pada bulan-bulan tertentu.

BACA JUGA : Internet adalah: Pengertian, Sejarah, Perkembangan & Manfaat

Fungsi

apa itu zodiak

Pasti banyak yang penasaran mengenai apa sebenarnya fungsi zodiak. Zodiak berkaitan dengan astrologi atau ilmu yang menghubungkan antara gerakan benada-benda tata surya seperti planet, bulan dan matahari dengan karakter nasib manusia.

Sedulur tentu sering meemukan ramalan yang berdasarkan zodiak. Ramalan astrologi memang didasarkan pada kedudukan benda-benda tata surya di dalam zodiak. Masing-masing orang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan dari kedudukan matahari di dalam zodiak sesuai dengan tanggal kelahirannya.

Tak hanya itu, bangsa China, Mesopotamia, lembah Indus, Mesir juga menggunakan zodiak ini untuk memprediksi karakter dan kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, sampai sekarang zodiak pun masih diperaya sebagai metode untuk meningkatkan kesadaran diri, memahami potensi, dan mengajarkan seseorang untuk dapat hidup harmonis dengan alam semesta.

Macam-macam zodiak

Zodiac Sign
GNN
  1. Aries (21 Maret – 19 April)
  2. Taurus (20 April – 20 Mei)
  3. Gemini (21 Mei – 20 Juni)
  4. Cancer (21 Juni – 22 Juli)
  5. Leo (23 Juli – 22 Agustus)
  6. Virgo (23 Agustus – 22 September)
  7. Libra (23 September – 22 Oktober)
  8. Scorpio (23 Oktober – 21 November)
  9. Sagitarius (22 November – 21 Desember)
  10. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)
  11. Aquarius (20 Januari – 18 Februari)
  12. Pisces (19 Februari – 20 Maret)

Tanda-tanda zodiak di atas berasal dari rasi bintang di sepanjang jalur matahari di langit. Gerakan bumi, matahari dan juga bintang-bintang menunjukkan tatanan zodiak lebih rumit dari yang dibayangkan.

BACA JUGA : Arti Nolep Beserta Ciri-Ciri, Penggunaan & Cara Mengatasinya

Karakter dan sifat masing-masing zodiak

apa itu zodiak
Pixabay
  • Aries

Apa itu zodiak aries ? Zodiak aries mempunyai elemen api dan simbol zodiak ini adalah domba. Orang yang bezodiak Aries merupakan seseorang yang sanat loyal. Tak hanya itu pemilik zodiak ini sangat dicintai karena sosoknya yang sangat mementingkan kepentingan kebutuhan orang lain. Mereka akan melakukan hal yang terbaik untuk menolong orang-orang di sekitarnya.

  • Taurus

Zodiak taurus punya elemen tanah dan memiliki simbol banteng atau sapi jantan. Taurus merupakan zodiak yang sangat murah hati. Taurus juga merupakan sosok yang tak segan menawarkan bantuan kepada teman maupun keluarga yang sedang memiliki masalah.

  • Aquarius

Apakah Sedulur masih bingung apa itu zodiak Aquarius? Zodiak Aquarius memiliki elemen angin dan simbolnya adalah air. Aquarius memiliki kepribadian yang asli dan apa adanya. Tindakannya selalu jujur terhadap orang di sekitarnya dan biasa memberi rasa nyaman bagi orang lain.

  • Libra

Zodiak Libra mempunyai simbol udara dan simbol zodiak ini adalah timbanga. Kata yang cocok untuk mengga,barkan kepribadian Libra adalah hati. Hal ini karena apa saja yang dilakukan oleh Libra selalu dengan sepenuh hati. Selain itu, mereka jug mudah menolong orang-orang di sekelilingnya dengan hati yang sangat tulus.

  • Gemini

Apa itu zodiak Gemini?  Sedulur pasti sering bertanya terntang hal tersebut. Zodiak Gemini memiliki elemen angin dan simbol zodiak ini adalah saudara kembar. Zodiak Gemini memiliki kepribadian yang sangat hangat sekaligus memesona. Hal ini tentu menjadi kelebihan yang membuat orang-orang di sekitar Gemini merasa nyaman dan senang. Selain itu, Gemini juga mudah bergaul dan bergabung dalam lingkup pertemanan yang baru.Tak heran jika Gemini memiliki banyak teman.

  • Leo

Apa itu zodiak Leo? Zodiak Leo memiliki elemen api dan simbilnyya adalah singa. Sifar da karakter Leo adalah pemberani seperti seekor singa. Tak hanya itu, Leo juga dapat dengan mudah membuat orang-orabf di sekitarnya jatuh cinta dengan menunjukkan keberanian ketika sedang menyelesaikan masalah.

  • Cancer

Apa itu zodiak Cancer? Zodiak Cancer mempunyai elemen air dan simbolnya kepiting. Cancer merupakan zodiak yang memiliki empati tinggi dan juga memiliki pengertian yang kuat terhadap lingkungan.

  • Virgo

Zodiak Virgo mempunyai elemen tanah dan simbol sang gadis. Dari macam-macam zodiak, karakter kepribadian zodiak ini penuh dengan kebaikan. Pemilik zodiak Virgo juga  mudah menemani teman atau keluarga melalui kesulitannya. Zodiak Virgo juga piawai memberikan dukungan kepada mereka.

  • Scorpio

Apa itu zodiak scorpio ? Zodiak Scorpio memiliki elemen apai dan simbolnya adalah binatang kalajengking. Scorpio memiliki kepribadian yang sangat kuat. Zodiak ni juga terkenal dengan kemampuan yang dapat melakukan semuanya dan mempunyai kekuatan yang membuat orang-orang di sekitarnya aman dan nyaman di dekatnya.

  • Sagitarius

Zodiak selanjutnya adalah Sagitarius. Zodiak ini memiliki elemen api dan simbol pemanah. Kata yang tepat untuk menggambarkan kepribadian Sagitarius adalah optimistis. Sagitarius selalu yakin dengan keputusan jalan hidup yang akan dipilih. Hal itulah yan menjadi inspirasi orang-orang di sekitarnya.

  • Pisces

Zodiak yang terkahir adalah Pisces. Zodiak ini mempunyai elemen air dengan simbol ikan. Pisces merupakan zodiak yang cukup sensitif. Hal itulah yang membuatnya sensitif dan peduli kepada kebuthan orang lain. Orang-orang di sekitar Pisces akan merasa dihormati dan dihargai.

Zodiak menurut Islam

Zodiac Sign
Pexels

Pada dasarnya, mempercayai suatu ramalan tidak dibenarkan sebagai seorang muslim. Bahkan, semua jenis ramalan masuk dalam kategori syirik. Dalam Islam, percaya ramalan secara umum dilarang atau haram. Menurut Adz-Dzahabi, percaya ramalan zodiak termasuk dosa besar dalam Islam.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surat An Naml ayat 65 sebagai berikut:

“Katakanlah (Muhammad), Tidak ada sesuatu pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah. Dan mereka tidak mengetahui kapan mereka akan dibangkitkan.” (QS. An Naml: 65)

Seseorang yang membaca zodiak dianggap mendatangi dukun sehingga salatnya tidak diterima selama 40 hari. Hal ini didasarkan atas hadits berikut.

“Barangsiapa yang datang ke tukang ramal lalu memercayai apa yang dikatakan maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari.” (HR. Muslim, Abu Daud, Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

An-Nawawi menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan salatnya tidak diterima selama 40 hari adalah tidak mendapatkan pahala dan bukan shalatnya menjadi tidak sah.

Sedulur sudah mengetahui tentang pengertian jan juga macam-macamnya. Lantas apa itu zodiak dalam islam? Dalam Islam percaya pada ramalan adalah haram. Menurut Adz-Dzahabi, percaya ramalan zodiak termasuk dosa besar dalam Islam. Semua tergantung dari Sedulur apakah percaya pada ramalan zodiak atau tidak. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!