sketsa ikan

Anak-anak biasanya gemar menggambar maupun melukis sesuatu, baik itu buah-buahan, bunga hingga binatang. Bagi Sedulur yang memilki anak dengan hobi menggambar, dapat menjadikan gambar sketsa ikan untuk dijadikan referensi agar sikecil semakin kreatif. 

Penasaran ikan apa saja yang mudah digambar? Berikut berbagai jenis sektsa gambar ikan yang sangat mudah untuk ditirukan anak-anak. 

BACA JUGA : Gejala Scabies Pada Kucing Beserta Cara Mengobatinya

1. Sketsa gambar ikan koi

sketsa ikan
siswapedia

Ikan Koi memiliki bentuk yang sangat indah ditambah dengan warna yang mencolok. Tak heran jika ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang sangat digemari oleh pecinta ikan hias. Kelebihan lain dari ikan koi adalah perawatannya yang cukup mudah dan tidak membutuhkan strategi khusus. Nah, untuk menggambar sketsa ikan ini, Sedulur harus fokus pada bagian badan terlebih dahulu. Caranya yatu Sedulur dapat memulai menggambar dari bagian kepala, kemudian dilanjutkan ke bagian yang lainnya.

2. Sketsa ikan cupang

sketsa ikan

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan ikan cupang. Ikan ini merupakan ikan yang cukup populer terlebih pada penggemar ikan aduan. Dalam beberapa kasus tertentu, pemenang adu ikan cupang adalah yang berhasil merontokkan sirip lawan aduannya hingga gundul. Jika Sedulur ingin menggambar sketsa ikan cupang, Sedulur dapat memodifikasi model siripnya menjadi beraneka ragam sesuai dengan kreativitas.

3. Sketsa ikan channa

sketsa ikan
BROONET

Beberapa waktu belakangan ini, ikan hias channa menjadi idola bagi pecinta ikan hias. Ikan channa memiliki berbagai jenis yang harganya dibanderol hingga puluhan juta rupian per ekornya. Meski ikan ini termasuk ikan hias, akan tetapi ikan channa merupakan jenis ikan predator. Jika Sedulur ingin menirukan gambar ikan jenis ini cukup mudah. Bagian-bagiannya simpel dan tidak rumit.

4. Ikan komet

BROONET

Ikan komet juga menjadi salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Akan tetapi, banyaknya yang memelihara ikan ini tentu bukan itu saja alasannya. Bentuk dan warna khas dari ikan Komet sangatlah berbeda dengan ikan lainnya. Biasanya yang banyak dijumpai berwarna emas dengan kombinasi warna putih. Untuk menggambar jenis ikan ini yang paling menonjol perbedaannya adalah pada bentuk siripnya, dan juga badan yang mirip benda luar angkasa, komet.

5. Ikan arwana

Depositphotos

Salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari yaitu ikan Arwana, bahkan harganya pun terbilang sangat tinggi bahkan ada yang mencapai puluhan juta rupiah. Berdasarkan berbagai informasi, populasi ikan Arwana ini menyebar di berbagai belahan dunia dengan memiliki ciri khasnya masing-masing. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis yang tergolong arwana Asia dengan ciri-ciri memiliki bentuk badan yang panjang dan berwarna perak.

BACA JUGA : Mengenal Hewan Endemik Asal Kalimantan yang Mempesona

6. Ikan gupi

sketsa ikan
PNG

Ikan yang berukuran kecil dengan warna yang indah serta bentuk ekor yang menarik perhatian adalah ciri khas ikan Guppy. Ikan jenis ini sangat mudah berkembang biak dan juga merupakan jenis ikan hias air tawar. Sedulur tentu sudah sering melihat keberadaan ikan ini dengan mudah misalnya di parit sawah. Kelebihan lain dari ikan ini yaitu mudah dikenali karena warnanya sangat mencolok dan indah.

7. Ikan platy

BROONET

Meski mempunyai bentuk dan juga warna yang indah, akan tetapi, ikan platy terkenal memakan anak-anaknya. Ikan platy menjadi salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari karena memiliki banyak jenis dengan beragam karakternya. Ikan ini memiliki warna yang sangat mencolok begitu juga bentuk sirip dan ekornya yang unik. Untuk menggambar sketsa gambar ikan platy yang paling menonjol adalah bentuk sisik dan juga garis-garis yang ada di sirip dan ekor.

8. Ikan mas

rimbakita

Membahas ikan hias dari ikan air tawar yang mudah dijumpai dan digemari banyak orang tentu nama ikan mas tidak boleh ketinggalan. Memiliki warna yang khas dan sirip yang banyak serta melambai-lambai menjadikan ikan ini tetlihat indah dijadikan salah satu hiasan di aquarium. Untuk menggambar sketsa ikan jenis ini terlihat simpel dan mudah untuk ditirukan.

9. Ikan nemo

anak pintar

Ikan nemo atau yang disebut juga dengan ikan badut adalah jenis ikan hias yang banyak digemari oleh pecinta ikan, terutama anak-anak. Ikan nemo memiliki warna yang cerah dengan tiga garis putih di bagian tubuhnya. Jika Sedulur ingin menggambar sketsa ikan nemo, dapat dimulai dengan menggambar bagian tubuhnya terlebih dahulu.

10. Ikan giru

BROONET

Ikan giru ini memiliki ciri seperti badut, maka tidak heran julukan ikan badut pun tersemat pada ikan giru. Biasanya warna ikan ini yang populer adalah campuran dari warna emas, hitam, putih dan jingga. Dengan ciri khas lucu itulah yang menjadikan ikan ini sangat indah saat dipajang di dalam aquarium, terlebih jika berbaur dengan ornamen benda dan tumbuhan laut lainnya.

BACA JUGA : 10 Jenis Hamster yang Cocok Dipelihara & Cara Merawatnya

11. Ikan lauhan

sindunesia

Ikan lauhan memiliki nilai jualn cukup tinggi , jadi tak heran jika ikan lauhan menjadi jenis ikan yang dibudidayakan untuk diperjual belikan. Akan tetapi, tidak semua penghobi ikan hias bisa memelihara ikan ini karena harga yang dimiliki. Di Indonesia ikan Lauhan sempat booming keberadaannya, hingga pelosok desa pun membahasnya.

12. Ikan bidadari 

BROONET

Salah satu jenis ikan yang memiliki keindahan adalah ikan bidadari. Seperti namanya, ikan ini memang terlihat feminim terlebih yang berwarna pink. Memiliki bentuk sirip dan ekor yang dimiliki menjadikan ikan bidadari sebagai salah satu ikan hias yang sangat cocok untuk dipelihara. Selain itu, yang menjadi pembeda dengan jenis ikan lainnya adalah bentuk tubuh yang lebar.

13. Ikan discus

BROONET

Sketsa gambar ikan diskus ini memang terlihat sedikit galak, namun ternyata ikan ini memiliki warna dan bentuk yang sangat cantik. Memang adanya guratan warna di sekitar wajah, menjadikan ikan ini nampak seram. Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, ikan ini memiliki ciri khas mirip dengan ikan bidadari dengan bentuk pipih dan lebar.

14. Ikan pedang

FishIder

Bagian dari swordtail fish yang sangat menonjol adalah bentuk ekor bawah yang menyerupai pedang. Keberadaan buntut yang unik tersebut melengkapi keindahan warna-warni yang dimiliki oleh ikan ini. Sehingga tidak heran jika banyak yang menggemari ikan pedang. Sketsa gambar ikan ini bisa kalian jadikan referensi saat menggambar atau mewarnai jenis ikan hias yang populer.

15. Ikan hiu

iStock

Disadari atau tidak banyak orang mengenal ikan hiu dari sebuah film yang mayoritas menggambarkan ikan ini sangatlah menyeramkan karena sering memangsa manusia. Maka tidak heran jika mendengar kata hiu membuat bulu kuduk merinding. Padahal ikan hiu meskipun memiliki ukuran tubuh yang besar, makanan utamanya adalah plankton. Plankton tersebut didapat dengan cara menyaring air laut.

16. Ikan lumba-lumba

Pixabay

Lumba-lumba menjadi ikan yang populer karena kemampuannya untuk dapat melompat tinggi di atas permukaan air. Bahkan lumba-lumba yang sudah dilatih bisa mengerjakan beberapa perintah dari pawangnya. Dengan kepiawaian tersebut ikan ini bisa diajak mencari pundi-pundi rupiah dengan penampilan atraksinya.

BACA JUGA : Pengertian Hewan Arboreal Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

17. Sketsa ikan bandeng

rimba kita

Selanjutnya, Sedulur dapat menggambar sketsa ikan bandeng yang sangat sederhana. Meski memiliki banyak duri, ikan bandeng banyak gizi dan protein seperti fosfor, kalsium dan zat besi. Sedulur dapat menggambar ikan bandeng dimulai dari sirip, kemudian dilanjutkan dengan bagian lainnya. 

18. Sketsa ikan lele

Pinterest

Ikan lele memiliki rasa yang lezat saat diolah menjadi berbagai menu makanan. Tak hanya itu, ikan lele menjadi primadona banyak orang. Jika Sedulur sedang mencari ikan lele dalam bahasa Inggris maka artinya adalah cat fish. Lele memang memiliki kumis layaknya kucing, jadi tidak heran jika ikan lele memiliki nama itu. Selain kumis, pada gambar ini, ikan lele juga terlihat memiliki jenggot.

19. Ikan zebra 

BROONET

Jika dilihat corak tubuhnya ikan zebra memiliki kesamaan dengan hewa zebra, hanya saja terdapat beberapa variasi warna yang beragam. Karena bentuk dan keindahan warna-warni yang dimiliki ikan zebra, ikan ini menjadi salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari. Untuk membuat sketsa gambar ikan zebra ini, Sedulur harus fokus pada garis-garisnya, karena ciri ini yang membedakan dengan jenis ikan yang lainnya.

20. Ikan bawal 

wikipedia

Bagi ibu hami, mengonsumsi ikan bawal dapa menurunkan risiko cacat pada janin lho. Ikan air tawar ini memang memiliki banyak kandungan gizi seperti kalium, fosfor, dan yang lainnya. Tak heran jika ikan air tawar ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Jika Sedulur ingin menggambar sketsa ikan bawal, dapat dimulai dengan menggambar badan kemudian siripnya. 

21. sketsa ikan gurame 

kibrispdr

Tak hanya ikan bawal, ikan gurame juga menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi. Ikan gurame memiliki bentuk tubuh agak panjang, pipih, dan juga lebar. Badannya tertutupi oleh sisik yang kuat dengan tepi yang kasar. Ikan ini memiliki ukuran mulut yang kecil yang letaknya miring tidak tepat di bawah ujung moncong. Sedulur dapat menggambar sketsa ikan gurame dimulai dengan badan, kepada kemudian siripnya. 

Demikianlah berbagai jenis sketsa ikan yang dapat Sedulur gambar dan mudah untuk ditiru oleh anak-anak. Mana sketsa ikan yang mudah digambar menurut Sedulur? 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.