Shareloc adalah salah satu kata yang akhir-akhir sering kita jumpai pada saat bertukar pesan melalui aplikasi messaging seperti WhatsApp, Line, dan lain sebagainya. Biasanya seseorang akan menyebutkan “Shareloc, dong!” apabila ia ingin mengetahui keberadaan kita.

Mungkin sebagian dari Sedulur sudah ada yang tahu tentang fitur shareloc atau share location yang tersedia pada aplikasi-aplikasi perpesanan. Tidak perlu khawatir apabila Sedulur masih belum familiar dengan istilah shareloc tersebut. Di artikel ini akan dijelaskan secara lengkap pengertian shareloc adalah dan cara mudah shareloc melalui WhatsApp, LINE, dan Google Maps.

BACA JUGA: Pengertian Kalimat Efektif Beserta Syarat, Ciri-Ciri & Contohnya

Pengertian share location atau shareloc adalah

shareloc adalah
Depositphotos

Shareloc adalah singkatan yang banyak digunakan oleh masyarakat luas. Shareloc sendiri merupakan akronim dari share location. Dalam bahasa Indonesia, share location atau shareloc artinya bagikan lokasi. Fitur shareloc ini memanfaatkan teknologi GPS (global positioning system) dan sudah lazim dimiliki oleh smartphone dengan OS Android ataupun iOS. Shareloc digunakan seseorang untuk membagikan lokasi terkininya atau lokasi tertentu.

Fitur shareloc sendiri terbagi menjadi dua, yaitu share live location dan share current location. Share live location artinya Sedulur mengizinkan smartphone untuk membagikan lokasi Sedulur secara langsung atau real-time. Dengan kata lain, apabila Sedulur bergerak atau berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain pada saat fitur share live location diaktifkan, maka penerima share live location dapat melihat lokasi Sedulur berubah secara real-time.

Sedangkan share current location artinya Sedulur mengizinkan smartphone untuk membagikan lokasi tertentu dengan cara memberi pin penanda pada peta. Artinya, jika Sedulur membagikan lokasi melalui fitur share current location kepada orang lain, lokasi yang diterima tersebut akan sesuai dengan pin yang dipasangkan ke peta, walaupun sejatinya Sedulur sedang tidak berada di lokasi tersebut atau telah berpindah dari lokasi tadi.

BACA JUGA: Pengertian Tanggung Jawab Beserta Bentuk, Ciri & Contohnya

Mengapa harus menggunakan share location atau shareloc?

shareloc adalah
Depositphotos

Seperti yang telah disinggung di atas, fitur shareloc atau share location biasa dimanfaatkan untuk berbagi lokasi terkini atau lokasi tertentu. Sebagai fitur yang saat ini banyak digunakan, tentunya shareloc memiliki beberapa kelebihan tersendiri bagi para penggunanya. Kelebihan dari menggunakan fitur shareloc adalah sebagai berikut.

1. Memudahkan untuk menemukan lokasi seseorang

Fitur share location atau shareloc adalah dapat memudahkan kita untuk menemukan lokasi seseorang. Contohnya, pada saat kurir paket akan mengantarkan paket ke rumah kita. Tidak jarang kurir tersebut terlebih dahulu menghubungi kita untuk memastikan apakah alamat yang tertera sudah benar atau belum. Biasanya, kurir paket juga meminta kita untuk shareloc lokasi rumah agar ia tidak perlu berputar-putar mencari alamat.

2. Memudahkan untuk memverifikasi lokasi seseorang

Fitur share location atau shareloc adalah dapat memudahkan kita untuk memverifikasi lokasi seseorang. Contohnya, ketika kita ingin mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak mengenai lokasi terkininya, coba saja minta untuk share live location. Share live location akan memanfaatkan fitur GPS yang terhubung melalui internet secara real-time. Alhasil, akan susah untuk mengelabui seseorang apabila fitur share live location dinyalakan.

BACA JUGA: 8 Unsur-unsur Seni Rupa Beserta Pengertian dan Contohnya

Cara shareloc di aplikasi WhatsApp

shareloc adalah
Depositphotos

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang memiliki fitur shareloc atau share location. Indonesia sendiri merupakan salah satu pasar terbesar bagi aplikasi besutan Meta tersebut. Per Juni 2021, setidaknya terdapat 84,8 juta pengguna WhatsApp di Indonesia. 

Saking banyaknya orang-orang yang bertukar pesan melalui aplikasi ini, akhirnya membuat Indonesia menjadi negara ketiga dengan jumlah pengguna WhatsApp terbanyak di dunia, setelah India dan Brazil.

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi pesan instan ini adalah share location. Lantas, bagaimana caranya mengaktifkan fitur shareloc WA?

Langkah-langkah shareloc adalah di aplikasi WhatsApp

Berikut ini merupakan langkah-langkah shareloc di aplikasi WhatsApp.

  • Buka aplikasi WhatsApp yang sudah diunduh melalui Google Play Store atau AppStore, kemudian pilih kontak yang ingin Sedulur bagikan lokasi.
  • Tekan tombol “+” yang ada di sebelah ujung kiri. Setelah tombol tersebut ditekan, akan muncul beberapa opsi, seperti Camera, Photo & Video Library, Document, Location, dan Contact.
  • Pilih Location, kemudian Sedulur bisa pilih beberapa opsi, Share Live Location, Share Your Current Location, atau memasukkan alamat tertentu yang Sedulur ingin kiri,.
  • Apabila Sedulur memilih Share Live Location, maka setelah itu Sedulur dapat menentukan jangka waktu fitur tersebut dibagikan, 15 menit, 1 jam, atau 8 jam.

BACA JUGA: Pengertian Identitas Nasional Beserta Jenis, Contoh & Faktornya

Cara shareloc di aplikasi LINE

LINE CREATIVE

LINE merupakan salah satu aplikasi messaging yang banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi LINE adalah produk dari Line Corporation, sebuah anak perusahaan dari Softbank Group dan Naver Corporation yang berlokasi di Tokyo, Jepang. 

Indonesia pun menjadi salah satu negara dengan pengguna LINE terbanyak, selain Jepang, Taiwan, dan juga Thailand. Tahun 2021 lalu, setidaknya terdapat 178 juta pengguna aktif LINE di Indonesia.

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi perpesanan LINE adalah share location. Lantas, bagaimana cara mengaktifkannya?

Langkah-langkah shareloc adalah di aplikasi LINE

Berikut ini merupakan cara share loc di aplikasi LINE.

  • Buka aplikasi LINE yang sudah diunduh melalui Google Play Store atau AppStore, kemudian pilih kontak yang ingin Sedulur bagikan lokasi.
  • Tekan tombol “+” yang ada di sebelah ujung kiri. Setelah tombol tersebut ditekan, akan muncul beberapa opsi, seperti File, Contact, Location, Keep, LINE Avatar, Split Bill, Poll, Schedule, Ladder Shuffle, dan GIFMAGAZINE.
  • Pilih Location, kemudian Sedulur bisa mengirimkan lokasi yang dikehendaki.
  • Fitur shareloc pada LINE tidak sebanyak WhatsApp, hanya dapat memberikan lokasi tertentu tanpa share live location.

BACA JUGA: Hujan Asam: Pengertian, Penyebab, Dampak & Solusinya

Cara shareloc di aplikasi Google Maps

Depositphotos

Salah satu aplikasi peta yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Google Maps. Bahkan posisinya mengalahkan aplikasi Maps sebagai aplikasi peta bawaan pada gadget iOS karena informasi-informasi yang diberikan Maps tidak selengkap Google Maps.

Ternyata Google Maps tidak hanya dapat berfungsi sebagai penunjuk jalan, namun juga dapat digunakan untuk berbagi lokasi. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan fitur shareloc di Google Maps?

Langkah-langkah shareloc adalah di aplikasi Google Maps

Berikut ini merupakan langkah-langkah shareloc di aplikasi Google Maps.

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Tekan foto profil Sedulur yang terletak pada pojok kanan atas. Setelah itu akan terbuka menu dengan beberapa opsi, seperti Turn on incognito mode, Your profile, Your timeline, Location sharing, Offline maps, Your data in maps, dan Settings.
  • Pilih Location sharing, lalu Share location.
  • Sedulur dapat memilih jangka waktu fitur ini dinyalakan, bisa dari satu jam hingga 12 jam, 1 hari, 2 hari, atau bahkan 3 hari.
  • Lalu, pilih kontak yang ingin Sedulur bagikan lokasi.

Itulah informasi singkat mengenai shareloc adalah dan cara-caranya melalui aplikasi WhatsApp, LINE, dan Google Maps. Selamat mencoba untuk membagikan lokasi, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.