Self reward merupakan tindakan menghargai diri sendiri. Tindakan ini dilakukan sebagai bentuk wujud rasa syukur telah melakukan segala sesuatu dengan baik, atau bisa melewati  segala rintangaan yang sudah dijalani dalam rentang waktu yang sebentar ataupun lama. Tindakan semacam ini perlu dilakukan, supaya membangun semangat lagi.

Banyak sekali contoh self reward yang bisa kamu lakukan. Baik itu menikmati waktu beristirahat bersama keluarga, melakukan perjalanan jauh, atau menikmati santapan lezat setelah seharian bekerja. Tindakan-tindakan semacam ini bisa diartikan sebagai bentuk dari menghargai diri sendiri. Nah, dari pada penasaran mengenai penjelasan tentang hal ini, berikut penjelasan lengkap tentang kegiatan self reward.

BACA JUGA : Lulur Bedda Lotong, Rahasia Kecantikan Alami Wanita Bugis

1. Apa itu self reward

self reward
detik

Self reward adalah merupakan sebuah bentuk penghargaan kepada diri sendiri. Biasanya saat seseorang berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan yang dikatakan tidak mudah, namun orang tersebut bisa menyelesaikannya dengan baik. Maka tindakan ini adalah sebuah puncak atau pencapaian tersebut.

Tindakan self artinya memang sebagai bentuk rasa syukur dan wajib dilakukan oleh semua orang. Supaya bisa kembali bersemangat ketika akan melakukan aktivitas yang padat. Meski mungkin banyak orang menganggap hal ini sepele, namun dampaknya sangat besar sekali dalam kehidupan diri kita masing-masing.

2. Alasan penting mengapa self reward perlu dilakukan

self reward
kompasiana

Merasakan sebuah self reward artinya kamu benar-benar sangat menghargai tubuhmu karena sudah bekerja keras dalam menjalani berbagai aktivitas yang sangat padat. Menjaga semangat dan motivasi dalam bekerja memang sangat  penting untuk dilakukan. Dan salah satu cara supaya dirimu tetap termotivasi adalah dengan memberikan sebuah hadiah untuk diri sendri.

Supaya tidak bingung apa sih alasan kita merayakan menghargai untuk diri sendiri, berikut  ini penjelasan secara lengkap tekait bentuk penghargaan buat diri  sendiri ini.

Menjaga motivasi kerja

Alasan yang satu ini memang sangat umum dan wajar. Selain mencari pemasukan, bekerja adalah bentuk ekspresi diri dalam upaya mengasah ketrampilan yang dimiliki.

Namun, dalam dunia kerja ada sebuah situasi, dimana kita harus dihadapkan dengan rasa bosan, jenuh, atau jengkel. Supaya bisa mengembalikan motivasi dalam bekerja atau mood dalam bekerja, melakukan self reward untuk diri sendiri adalah hal yang perlu kamu lakukan.

Contoh self reward itu adalah memberikan sebuah hadiah berupa memanfaatkan waktu cuti, makan-makanan yang lezat  atau  hanya sebatas melakukan istirahat yang cukup. Semuanya adalah bentuk-bentuk dari tindakan menghargai diri sendiri yang sudah lelah dalam menjalani aktivitas.

Positive reinforcement

Tindakan self reward yang kedua dan bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan positive reinforcement. Lantas apa itu positive reinforcement Sedulur? Yaitu suatu tindakan yang dapat dilakukan berulang kali setelah kamu memperoleh hadiah atau imbalan.

Manusia memang cenderung akan jauh lebih bersemangat ketika melakukan berbagai hal jika sudah mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Tindakan ini pula bisa meningkatkan kembali produktivitas kamu lho Sedulur dalam bekerja.

Kamu berhak mendapatkannya

Arti self reward adalah menghargai diri sendiri. Dan alasan kamu perlu melakukan tindakan ini adalah, karena kamu berhak mendapatkannya. Hidup kamu berhak dipenuhi rasa kebahagiaan setelah seharian melakukan kerja keras. Maka dari itu, penghargaan untuk diri sendiri sangat penting.

Bekerja tanpa henti dan tanpa apresiasi diri atau self reward untuk diri sendiri, yang ada akan menyebabkan semacam burn out atau kelelahan yang berlebihan. Dan bahkan, apabila kamu bekerja tanpa henti, yang ada motivasi dalam bekerja akan turun.

BACA JUGA : 12 Manfaat Rebung yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh

3. Contoh self reward yang bisa kamu lakukan

self reward
kumparan

Banyak sekali contoh tentang menghargai diri sendiri. Tindakan semacam ini perlu dilakukan supaya motivasi dalam bekerja bisa kembali pulih seperti sedia kala, dan tingkat produktivitas dalam bekerja akan semakin meningkat kembali. Melakukan tindakan self reward atau boros perlu dilakukan meski hanya sesekali saja.

Melakukan self reward psychology adalah sebuah sikap supaya bisa terhindar dari masalah stres akibat tekanan dalam bekerja atau terhindar dari masalah kejenuhan. Nah, supaya tidak penasaran, berikut ini adalah contoh tindakan menghargai diri sendiri yang wajib kamu lakukan.

Buat daftar yang ingin dicapai

Poin pertama dari contoh self reward adalah menyusun berbagai hal-hal yang hendak dicapai. Ketika kamu merasa punya kontrol diri sendiri, maka kamu akan jadi lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan. Jadi, apapun masalahnya, Sedulur punya keteguhan hati dalam menghadapinya

Tentukan bentuk self reward dari awal

Menentukan tindakan menghargai diri sendiri sejak awal memang dirasa sangat perlu. Tahukah kamu Sedulur, melakukan tindakan semacam ini bisa memompa semangat dalam menyelesaikan sebuah tugas. Mengapa bisa demikian, sudah ada hadiah yang bakal atau akan menghampiri Sedulur dalam waktu yang dekat, sebelum tugas benar-benar selesai.

Alokasikan budget yang sesuai

Self reward jika dirasa perlu dilakukan, namun jangan sampai membuat budget keluar terlalu banyak. Hai ini  dilakukan supaya bisa menyenangkan diri sendiri. Jangan sampai  Sedulur mengalokasikan budget untuk belanja terlalu besar. Tindakan ini dilakukan, supaya kamu masih tetap punya saldo atau tabungan di atm.

Atur jarak pemberian self-reward

Contoh menghargai diri sendiri berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah memberikan batasan waktu dari menghargai diri sendiri ini. Jika Sedulur ingin mendapatkan reward lagi, pastikan Sedulur sudah menyelesaikan sesuatu sebelumnya dengan benar-benar bermanfaat.

Jangan lupa untuk melakukan beri jaraj antara self reward psychology satu dengan lainnya, supaya kesenangan Sedulur yang didapatkan tidak akan berkurang kembali. Jadi, atur dengan benar melakuka tindakan menghargai diri sendiri ini.

Ingat kapan harus berhenti

Ternyata melakukan tindakan menghargai diri sendiri juga perlu yang namanya sebuah batasan. Sedulur harus mengetahui kapan harus berhenti dan kapan harus berjalan kembali. Tindakan menghargai diri sendiri tidak harus serta merta dalam bentuk barang atau pun uang.

Kamu bisa mewujudkan sikap ini dengan melakukan istirahat yang cukup setelah seharian bekerja  dan menyebabkan kelelahan. Jika tidak menghargai kesehatan dari sekarang, mungkin akan ada masalah besar dapat kamu alami di masa yang akan datang. Sehingga menjaga kesehatan juga bagian dari menghargai diri sendiri.

BACA JUGA : Rumput Fatimah, Kenali Manfaat & Bahayanya untuk Persalinan

4. Manfaat self reward

self reward
beautynesia

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu lakukan dari tindakan mengharagai diri sendiri. Selain terhindar dari masalah stress yang berkepanjangan, manfaat tindakan seperti ini bisa membuat kamu semakin bersemangat dalam menjalani sebuah hidup atau pekerjaan yang menuntut kamu harus bekerja keras.

Nah, daripada penasaran apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari manfaat self reward itu sendiri, berikut adalah contohnya.

Mengembalikan mood

Manfaat pertama dari melakukan tindakan self reward adalah, mood kamu bisa kembali dan semakin bersemangat kembali dalam melakukan beragam aktivitas. Salah satu contohnya adalah bekerja.

Mengembalikan motivasi kerja

Manfaat  self reward selanjutnya adalah bisa meningkatkan motivasi dalam bekerja. Maklum, lika-liku dalam bekerja selalu penuh dengan rasa jenuh, putus asa, dan juga rasa jengkel. Apabila tidak diatasi dengan baik,  maka yang ada kamu bisa mengalami masalah burn out atau kelelahan maksimal.

Demikian ulasan mengenai tindakan menghargai diri sendiri. Semoga penjelasan ini membantu Sedulur agar lebih mencintai diri sendiri dan terbebas dari masalah stres akibat beban kerja yang tidak bisa diatasi.