ras negroid

Pengertian dari ras sendiri cukup beragam, salah satunya yakni sebagai golongan tertentu dari umat manusia berdasarkan ciri-ciri biologis yang dimiliki. Tidak hanya pengertiannya, namun jenis ras yang ada di dunia ini juga sangat kaya, mulai dari ras Negroid, Kaukasoid, Mongoloid, dan lain sebagainya.

Beberapa ahli sosiologi, mengartikan ras tersebut sebagai suatu kelompok manusia yang dibedakan dari kelompok lain. Melansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ras berarti kelompok manusia yang mempunyai ciri-ciri fisik bawaan yang sama.

Jadi jika seseorang menyebut satu kelompok ras tertentu, maka hal itu dilihat dari ciri fisiknya bukan dari budayanya. Nah, berhubungan dengan ras yang ada dunia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai ras Negroid. Langsung saja, simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Daftar Negara di Benua Eropa Serta Suku dan Karakter Iklimnya

Sejarah penyebaran ras Negroid

ras negroid
Pexels

Seperti yang diungkap dalam Ensiklopedia, ras Negroid berasal dari kawasan Benua Afrika dan sekitarnya, lebih tepatnya di bagian selatan Gunung Sahara. Kemudian, orang-orang dari ras ini pergi dan akhirnya memiliki keturunan yang menghuni dan menetap di berbagai wilayah di dunia.

Kini, ras Negroid mendiami wilayah Amerika Selatan, Amerika Utara, Eropa, dan juga wilayah Timur Tengah. Umumnya, mereka semua mempunyai kulit yang berwarna gelap dengan rambut bertekstur keriting. Contoh ras Negroid seperti African, Melanisia, dan Negrito.

Akan tetapi, ras ini ternyata juga masih punya kemiripan dengan ras yang lain, misalnya seperti Khoisan dan Australoid, yang juga memiliki ciri kulit gelap dan rambut keriting. Pada kenyataannya, kemiripan tersebut tidak dihitung, dan akhirnya ketiga ras tersebut dinyatakan berbeda.

Menanggapi hal tersebut, ada pendapat tentang ras yang diklasifikasikan berdasarkan pada fisiknya. Luigi Luca Cavalli-Sforza, menyatakan dengan bukti konkret jika membagi manusia berdasarkan ras merupakan hal yang membuang-buang waktu saja.

Faktanya, hanya ada satu ras yang pantas disebut sebagai manusia, yaitu Homo Sapiens yang artinya manusia modern. Kendati seperti itu, di dalam buku sejarah tetap tercantum mengenai ras berkulit gelap ini.

BACA JUGA: Teori Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia, Terlengkap

Ciri-ciri ras Negroid

Pexels

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), ciri-ciri dari ras Negroid pada umumnya adalah sebagai berikut.

1. Warna kulit

Memiliki kulit yang umumnya berwarna dari cokelat tua hingga hitam.

2. Rambut

Untuk bentuk rambut, kebanyakan keriting-keriting kecil dan juga berwarna hitam. Selain itu, biasanya rambutnya hanya tumbuh sedikit alias cenderung jarang.

3. Kepala

Bentuk kepala lebih didominasi oleh dolichocephalic, bentuk kepala yang bulat dengan daerah oksiput yang agak menonjol.

4. Hidung

Mereka mempunyai bentuk hidung yang lebar dan rata. Kemudian tulang hidungnya cenderung rendah.

5. Wajah

Bentuk wajah mereka, yakni adanya dahi bulat dengan alis yang sedikit menonjol dan bulu mata kecil.

6. Dagu

Untuk bentuk dagu, adalah membulat dan menyurut.

7. Mata,

Bentuk mata ras Negroid, memiliki orbit berbentuk persegi dengan warna bola mata cokelat tua atau hitam.

8. Telinga

Biasanya, bentuk telinga mereka pendek, lebar, dan terdapat heliks yang digulung.

9. Bibir

Ras ini memiliki bibir yang tebal dan juga terbuka.

10. Tinggi badan

Tinggi ras Negroid cukup bervariatif, mulai dari pendek sampai yang tinggi.

Ras Negroid di Indonesia

Pexels

Seperti yang kita tahu, Indonesia itu sangat beragam, bahkan hingga suku dan ras yang bersatu di dalamnya. Nah, untuk ras Negroid di Indonesia berasal dari India bagian selatan, bernama ras Weddoid.

Ciri-ciri dari ras tersebut adalah mempunyai kulit berwarna gelap, rambut keriting, dan postur tubuhnya berukuran sedang. Ras Weddoid sendiri bisa ditemukan di daerah NTT, Kepulauan Riau, Jambi, Siak, dan juga Riau.

Selain Weddoid, ada juga ras Papua Melanezoid yang tinggal di wilayah Papua, Pulau Kai, dan Pulau Aru. Ras yang satu ini mempunyai ciri yang hampir sama seperti Negroid, namun bentuk bibirnya lebih tebal.

BACA JUGA: Kumpulan Daftar Kode Nomor Telepon Negara di Seluruh Dunia

Nah, itu dia beberapa hal mengenai ras Negroid yang bisa dipelajari. Ya, jadikan hal tersebut sebagai salah satu bagian dari ilmu pengetahuan saja.

Seperti yang dikatakan oleh Luigi Luca Cavalli-Sforza, setiap manusia itu sama, entah dari suku dan ras apa pun. Setiap orang di dunia ini berasal dari satu ras yang sama, yakni Homo Sapiens.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.