Tahukah Sedulur bahwa ternyata ada banyak rahasia kucing? Ya, kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling populer di era sekarang. Saking populernya, peneliti bahkan belum menemukan berapa angka pasti jumlah kucing yang ada di dunia ini.

Sebagai hewan peliharaan, ternyata kucing memiliki berbagai rahasia yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Temukan 12 rahasia kucing di dalam pembahasan berikut ini!

BACA JUGA: Permutasi dan Kombinasi: Definisi, Rumus dan Contoh Soalnya

Rahasia kucing, apa saja?

Kucing ternyata hidup dengan menyimpan segudang rahasia yang sangat menarik untuk digali lebih dalam lagi. Yuk, simak apa saja rahasia hewan tersebut yang jarang diketahui banyak orang!

1. Rahasia kucing ketika mendengkur

rahasia kucing
Depositphotos

Tahukah Sedulur mengenai rahasia kucing ketika ia mendengkur? Kucing mendengkur tidak hanya karena ia sedang tidur, tetapi juga saat ia sedang merasa rileks dan bahagia. Selain kedua perasaan tersebut, dengkuran kucing juga bisa menjadi pertanda bahwa ia sedang gelisah, kelaparan, atau takut.

Jadi, sebagai majikan yang baik, Sedulur harus mampu membedakan apa arti dari setiap dengkuran tersebut dengan memperhatikan gerak-gerik sang kucing.

BACA JUGA: 10 Contoh Cerpen Pendidikan, Penuh Motivasi dan Pesan Moral

2. Lebih suka tinggal di dalam rumah, kenapa?

rahasia kucing
Depositphotos

Nenek moyang kucing dulunya hidup di alam liar. Jadi, secara tidak langsung naluri hewan liar tersebut turun ke kucing era sekarang, mulai dari insting untuk berburu, bersembunyi, hingga menjelajahi tempat baru.

Di masa sekarang, kucing lebih sering dipelihara di dalam rumah untuk menemani majikannya. Dari fenomena tersebut, terjadi perubahan signifikan dari lingkungan hidup si kucing. Jadi, tidak heran bahwa mayoritas kucing peliharaan akan lebih senang di rumah ketimbang di luar.

3. Mengeong tanda ia hendak berkomunikasi dengan Sedulur

rahasia kucing
Depositphotos

Kucing berkomunikasi dengan cara mengeong. Ia biasanya melakukan komunikasi tersebut dengan sesama kucing lainnya. Komunikasi kucing dapat memberi maksud apa yang ia alami, mulai dari rasa haus, lapar, sakit, takut, dan bahkan marah.

Jika kucing terus-terusan mengeong kepada Sedulur, itu tandanya ia sedang berusaha untuk berkomunikasi. Coba cari tahu apa keinginan dan maksud dari kucing mengeong tersebut agar ia menjadi lebih akrab dengan Sedulur.

BACA JUGA: 7 Keutamaan dan Adab Menuntut Ilmu Menurut Islam

4. Sedulur bisa jadi sudah dianggap seperti induknya sendiri

rahasia kucing
Depositphotos

Ketika Sedulur membesarkan kucing sedari bayi hingga dewasa, kemungkinan besar si kucing akan menganggap Sedulur sebagai induknya. Jika sudah begitu, kucing tak jarang akan menggesekkan kepalanya ke kaki Sedulur, memijat-mijat tubuh, hingga menjilati kulit Sedulur.

Di sisi lain, tingkah laku tersebut ternyata juga menjadi salah satu cara bujukan si kucing agar kita terus memberinya perhatian, makanan, serta tempat perlindungan. Wah, menggemaskan sekali, ya rahasia kucing ini!

5. Jangan sembarangan menyentuh perut kucing!

rahasia kucing
Depositphotos

Rahasia kucing yang akan dibahas selanjutnya berkaitan dengan salah satu bagian tubuh. Perut kucing diketahui merupakan bagian terlemah dari seekor kucing. Makanya, Sedulur kerap mendapati si kucing tidur secara tengkurap menutupi perutnya.

Namun, ketika kucing sudah berani tidur terlentang dan mengekspos bagian perut, hal tersebut bukan berarti ia mengundang Sedulur untuk mengelus-elus. Ia berperilaku seperti itu karena ingin menunjukkan kepercayaan Sedulur. Sedulur dianggap sebagai manusia yang aman, tidak akan mengganggu kucing walaupun ia menunjukkan sisi terlemahnya.

BACA JUGA: Ini Prediksi Karir & Kesehatan Shio Kambing di 2023, Lengkap!

6. Rahasia kucing ketika meminta makanan

rahasia kucing
Depositphotos

Pernahkah kucing Sedulur terus-terusan mengeong dan meminta makanan? Beberapa kucing memang pandai untuk berpura-pura lapar dan meminta mangkuk makanannya untuk diisi. Bahkan, ia tak segan untuk mengambil secuil makanan dari piring Sedulur, loh!

Tetapi, apakah Sedulur tahu arti di balik tingkah laku jahil tersebut? Ternyata, ketika kucing rewel meminta makanan padahal masih kenyang, ia bisa jadi hanya membutuhkan perhatian dari Sedulur. Mungkin Sedulur terlalu sibuk mengerjakan suatu pekerjaan di rumah, alhasil ia merengek minta makan hanya untuk diperhatikan saja.

7. Rahasia kucing, ia melihat Sedulur seperti kucing lainnya namun lebih besar

Depositphotos

Selama memelihara kucing, pastinya Sedulur pernah bertanya-tanya, “Sebenarnya ini kucing menganggap aku sebagai apa, sih? Teman, sesama kucing, atau?”. Nah, jika Sedulur ingin mencari jawabannya, ternyata kucing sering menganggap manusia sebagai sesama kucing.

Namun, terkadang kucing melihat kita sebagai kucing yang ceroboh dan tidak tahu caranya berburu. Maka dari itu, terkadang ia membawakan selembar daun, kaus kaki, atau bahkan bangkai tikus sebagai wujud hadiah darinya untuk kita. Si kucing ingin kita untuk melatih naluri berburu dengan hadiah tersebut. Jadi, usahakan untuk mengapresiasi dan menasehati kucing ketika ia membawa sesuatu kepada Sedulur, ya!

BACA JUGA: 50 Ayat Alkitab tentang Natal, Sambut Kelahiran Yesus Kristus

8. Gigi kucing yang harus terus dibersihkan

rahasia kucing
Depositphotos

Salah satu bagian tubuh kucing yang perlu Sedulur perhatikan adalah bagian mulut dan giginya. Rahasia kucing ini ternyata dapat mengganggu kesehatannya, loh Sedulur! Sama halnya seperti manusia, jika ada sesuatu yang mengganjal di dalam mulut atau gigi, tentunya konsumsi makanan sehari-hari akan terganggu.

Yuk, simak tips membersihkan gigi yang harus Sedulur ketahui berikut:

  • Gunakan sikat gigi khusus kucing.
  • Sedulur juga bisa menggunakan jari sendiri yang telah dilumuri aroma tuna. Gosok lembut gigi dan gusinya, pastikan tidak ada kotoran tersisa.
  • Mainan yang agak keras dan bertekstur bisa membantu kucing untuk membersihkan giginya sendiri.
  • Pastikan kucing untuk minum air setelah makan agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

9. Rahasia kucing ketika menyembunyikan rasa sakitnya

Depositphotos

Tahukah Sedulur bahwa kucing adalah salah satu hewan yang pandai menyembunyikan rasa sakit yang dideritanya? Sifat tersebut ternyata sudah menurun dari nenek moyang kucing. Pada zaman dahulu, jika kucing menampakkan rasa sakitnya maka ia akan menjadi sasaran empuk bagi para predator.

Maka dari itu, jika Sedulur sudah berkomitmen untuk memelihara kucing, cobalah untuk sering-sering memperhatikan gerak-geriknya. Jika ada beberapa aktivitas janggal dari si kucing, jangan sungkan untuk mengecek kesehatan anabul tersebut.

Ada beberapa pertanda yang menunjukkan bahwa kucing diam-diam sedang sakit:

  • Tidak mau makan atau justru terlalu banyak makan.
  • Mata dan hidung berlendir.
  • Lebih sering menjilati bulunya.
  • Lebih sering minum daripada biasanya.
  • Perubahan berat badan secara drastis.
  • Gusi tampak berwarna merah tua.
  • Napas berbau tidak sedap.

10. Ada waktunya kucing ingin sendiri, ada waktunya juga ia ingin selalu ditemani

Depositphotos

Di alam liar, kucing termasuk ke dalam salah satu hewan yang senang menyendiri. Kucing mampu untuk berburu bagi dirinya sendiri hingga mencari tempat perlindungan. Menurut beberapa penelitian ilmiah, fenomena tersebut memang sudah menjadi naluri alamiahnya.

Jadi, ketika kucing tersebut berubah menjadi hewan peliharaan di rumah (domestikasi), wajar apabila ia terkadang menginginkan waktu sendiri atau menginginkan waktu bermain bersama Sedulur. Ketika ia ingin ditemani, biasanya kucing akan menjadi sedikit manja dibanding sebelumnya. Jika ia sedang kesal, capek, dan ingin istirahat, pastinya si kucing tidak ingin diganggu.

11. Rahasia kucing yang pandai merayu

Depositphotos

Tahukah Sedulur bahwa kucing ternyata adalah hewan peliharaan yang pandai merayu majikannya? Dengan wujudnya yang kecil, berbulu, dan paras menggemaskan, ia bisa merayu siapapun untuk memenuhi kebutuhannya.

Jika kucing paham manusia yang ada di depannya bukan ancaman, ia mengerti taktik apa saja yang harus digunakan untuk meluluhkan manusia tersebut. Mulai dari membulatkan mata, mengibaskan ekor ke kaki, hingga mengeong dengan suara manja yang khas. Wah, menggemaskan sekali, ya Sedulur!

12. Kucing diam-diam suka dengan air? Benarkah?

Depositphotos

Orang-orang awam mungkin lebih akrab dengan fenomena kucing yang takut air. Ya, kocaknya kucing berlari terbirit-birit karena hendak dimandikan atau tercebur ke dalam genangan air memang terkadang sedikit menggelitik perut. Banyak yang mengira bahwa kucing sejatinya dari lahir sudah ditakdirkan untuk takut dengan air.

Akan tetapi, sebenarnya kucing tidak takut dengan air, loh Sedulur! Jika Sedulur sudah mengakrabkan si anabul dengan air sejak kecil, ia tidak lagi menghindari semua kegiatan yang bersinggungan dengan air. Bahkan, ada satu ras kucing yang diketahui sangat suka berenang. Ras tersebut adalah kucing Angora Turki.

Nah Sedulur, demikian ulasan singkat mengenai 12 rahasia kucing yang jarang diketahui oleh banyak orang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.