parakang

Parakang merupakan salah satu makhluk gaib dan menjadi urban legend bagi masyarakat di  Sulawesi. Makhluk gaib ini muncul menjadi mitos dan menghantui banyak masyarakat Sulawesi. Di Indonesia sendiri, banyak mitos dan urban legend yang hidup di pikiran masyarakat Indonesia.

Parakang Sulawesi merupakan mahluk gaib jadi-jadian yang beberapa waktu lalu ramai dan viral diberitakan. Lantas apa bagaimana asal-usul dan penampakan makhluk itu?

BACA JUGA: 10 Hantu Seram yang Ada di Indonesia, Ada yang Berani?

Makhluk jadi-jadian asal Sulawesi

Makhluk jadi-jadian asal Sulawesi
Deposit Photos

Parakang adalah manusia yang pada awalnya mempelajari ilmu hitam. Ilmu hitam tersebut membuatnya berubah menjadi makhluk jadi-jadian. Biasanya parakang beraksi di luar rumah dengan wujud berbeda dan menyerupai mahluk halus. Ketika makhluk tersebut ke luar dan berkeliaran, artinya mereka tengah mencari korban atau target.

Biasanya, target dari wujud parakang hewan adalah orang yang sedang sakit, bayi, ibu hamil atau orang yang tengah sakit diare. Bahkan konon katanya, seseorang yang sering bolak-balik ke kamar mandi juga menjadi salah satu target dari mahluk jadi-jadian satu ini.

Asal usul parakang yaitu biasanya lelaki yang mempelajari ilmu hitam dan salah satu konsekuensinya adalah perubahan wujud menjadi mahluk jadi-jadian. Mencari korban sebagai salah satu bagian dari proses mempelajari ilmu hitam itu sendiri.

Cara mengusir parakang

Cara mengusir
GenPI

Wujud mahluk jadi-jadian ini sangat aneh, kadang berbentuk seperti hewan yang belum pernah ditemui. Berdasarkan pengakuan masyarakat yang pernah melihatnya, sosok mahluk ini biasanya berbentuk seperti anjing, namun tidak memiliki ekor dengan kaki bagian belakang yang lebih tinggi.

Kehadiran parakang asli tentu saja sangat meresahkan, banyak masyarakat yang mencari tahu dan mempelajari bagaimana cara mengusirnya. Konon katanya, cara mengusir makhluk ini adalah dengan memukulnya satu kali. Karena jika memukul lebih dari satu kali, makhluk ini akan melakukan perlawanan.

BACA JUGA: Kisah Hantu Momo, Boneka Seram Asal Jepang yang Viral

Dalam kondisi yang berubah wujud, tubuh asli mahluk ini akan tetap di rumah. Hanya jiwanya saja yang berjalan dan berubah bentuk. Namun, jika memukulnya, kendati hanya berbentuk jiwa tubuh atau jasadnya tetap akan merasa kesakitan. Oleh karena itu, memukul satu kali sudah cukup untuk mengusir makhluk satu ini.

Masyarakat setempat percaya bahwa agar tidak diganggu mahluk jadi-jadian ini, maka sebaiknya menempelkan jahe dengan peniti di bagian dada pada ibu hamil, bayi, orang sakit, atau orang yang menjadi target dari makhluk satu ini. Selain itu, disarankan juga untuk menaburkan garam di area sekitar rumah.

Dengan begitu, kita akan aman dari gangguan mahluk jadi-jadian yang bisa datang kapan saja. Hal ini tersebut berdasarkan kepercayaan masyarakat dan bisa diperkuat dengan doa dan keimanan agar terhindar dari gangguan mahluk jadi-jadian yang menakutkan serta meresahkan masyarakat.

 

Itulah penjelasan terkait parakang, mahluk jadi-jadian dan salah satu mitos di Pulau Sulawesi. Mahluk ini hanya satu dari sekian banyak mitos dan mahluk jadi-jadian yang ada di Indonesia yang dipercayai keberadaannya ada di tengah-tengah masyarakat.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.