Niche market adalah segmentasi pasar yang lebih besar, dimana ia biasanya mencakup kebutuhan, preferensi, serta keunikan yang diminati oleh para konsumen. Niche market itulah yang membuat satu produk berbeda dari produk yang lainnya.

Pada artikel kali ini, Sedulur akan mendapatkan informasi terkait seluk beluk dari niche market adalah tersebut. Yuk, langsung simak saja pembahasan berikut!

BACA JUGA: 1 Yard Berapa Meter – Simak Rumus, Cara Hitung & Contohnya

Pengertian niche market adalah

niche market adalah
Depositphotos

Niche market adalah salah satu istilah dalam dunia industri atau bisnis yang merujuk pada target konsumen dan pasar secara lebih spesifik. Dengan memanfaatkan target pasar tersebut, seorang pebisnis dapat mempromosikan dan menjajakan produk atau layanannya. 

Pun fakta bahwa persaingan bisnis yang semakin ketat di era sekarang, strategi bisnis dengan menentukan niche market sangat layak untuk Sedulur pertimbangkan. Dengan menentukan target pasar lebih mendalam, keuntungan yang didapat pun kemungkinan akan lebih besar.

BACA JUGA: 14 HP Gaming 1 Jutaan Terbaik & Terbaru 2022

Manfaat dari niche market adalah

niche market adalah
Depositphotos

Sebenarnya apa sih manfaat dari niche market? Kenapa seorang pebisnis harus mengetahui niche market-nya sebelum benar-benar menjajakan suatu produk atau layanan? Kedua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan memahami beberapa poin di bawah ini.

  • Niche market dapat menekan persaingan antara bisnis satu dengan yang lain.
  • Niche market dapat membuat produk atau layanan yang dihasilkan lebih dikenal oleh konsumen.
  • Niche market dapat mempertegas fokus seorang pebisnis dalam menjalani usahanya.

BACA JUGA: Cara Rumus Terbilang Excel, Mengubah Angka Jadi Huruf!

Cara menentukan niche market adalah

niche market adalah
Depositphotos

Nah, setelah Sedulur mengetahui apa yang dimaksud dengan niche market adalah serta beberapa manfaatnya, pada poin pembahasan ini kita akan sedikit mengulas bagaimana cara menentukan niche market tersebut.

Terdapat setidaknya lima langkah sederhana namun penting yang bisa Sedulur terapkan. Apa saja langkah-langkah tersebut?

BACA JUGA: 12 Ikan Air Payau yang Bisa Dikonsumsi Serta Dibudidayakan

1. Cari tahu ketertarikan dan kesukaan

Cara menentukan niche market yang pertama adalah dengan mencari tahu ketertarikan dan kesukaan diri. Langkah pertama ini menjadi sangat signifikan karena ia bisa menjadi batu loncatan pertama bagi Sedulur untuk menemukan niche market.

Kenapa harus terlebih dahulu paham akan ketertarikan dan kesukaan diri? Bayangkan saja, Sedulur mati-matian merintis sebuah bisnis dari nol tapi di dalam hati Sedulur tidak ada passion atau semangat menjalaninya. Kemungkinan bisnis berhenti di tengah jalan pun akan jauh lebih besar. Maka dari itu, menentukan ketertarikan dan kesukaan terhadap suatu aspek sangatlah penting untuk dilakukan. Sedulur dapat menuliskan 10 topik yang disukai, lalu satu per satu diseleksi.

2. Buat produk atau layanan yang beda dari lainnya

Pada dasarnya, menjual sesuatu yang tidak ada pesaing bisnisnya akan jauh lebih mudah untuk meraup keuntungan ketimbang suatu barang atau jasa yang sudah mainstream. Akan tetapi, hal tersebut rasa-rasanya sudah sangat jarang terjadi di masa sekarang. Ataupun kalau ada, maka ide, riset produk, dan proses lainnya akan sangat lama.

Jadi, tidak mengapa jika produk atau layanan yang Sedulur tawarkan adalah sama dengan para pesaing. Tetapi, beri suatu sentuhan unik yang belum tentu produk mereka punya. Trik tersebut dapat memudahkan konsumen untuk menemukan produk atau layanan Sedulur dan membelinya. Maka dari itu, riset mendalam sangat diperlukan dalam tahapan mencari niche market adalah ini.

3. Riset mendalam terkait kompetitor bisnis

Selain riset mengenai produk atau layanan yang akan Sedulur tawarkan, ternyata riset menyeluruh mengenai kompetitor bisnis juga sangat diperlukan, loh! Mungkin Sedulur bertanya-tanya, untuk apa kita melakukan observasi terhadap para pesaing bisnis kita?

Riset dan observasi secara menyeluruh terhadap para kompetitor bisnis diperlukan untuk mencari peluang dari sektor bisnis yang diterjuni. Sama halnya seperti membuat produk atau layanan yang unik, tentunya kita harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan produk atau layanan dari para pesaing. 

Dengan memanfaatkan kekurangan pesaing itulah kita bisa mengembangkan bisnis yang memenuhi celah tersebut. Alhasil, keuntungan pun akan lebih mudah diraup karena menargetkan pasar yang kurang puas atau belum terpenuhi dengan produk atau layanan milik kompetitor.

4. Pastikan niche market dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal

Apabila Sedulur sudah memastikan bahwa produk atau layanan sangat unik dan mengisi celah kekosongan di antara para pesaing bisnis, maka pada langkah ini Sedulur sudah bisa memilih niche market adalah mana yang bisa menghasilkan keuntungan maksimal. Sedulur dapat melakukan riset terhadap ide milik Sedulur, kemudian bandingkan dengan segmentasi pasar yang dicakup oleh kompetitor.

Akan tetapi, jika kasusnya niche market benar-benar sesuatu yang baru, maka Sedulur harus meneliti lebih lanjut mengenai ketertarikan konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Jika tidak ada ketertarikan sama sekali, mungkin Sedulur harus mundur ke langkah sebelumnya untuk mencari ide produk atau layanan yang tepat. Jika ternyata sangat banyak minat dari konsumen, maka Sedulur sudah berada di jalur yang tepat.

5. Lakukan uji coba ide terlebih dahulu

Nah, langkah terakhir dalam menentukan niche market adalah melakukan uji coba terhadap ide terlebih dahulu. Uji coba ini dilakukan sebelum produk atau layanan benar-benar diturunkan ke masyarakat. Dengan uji coba tersebut pula, Sedulur dapat memperkirakan sejauh mana keuntungan yang akan diperoleh ketika produk atau layanan sudah dijajakan.

Salah satu cara paling sederhana untuk menjalankan proses uji coba ini yaitu dengan membuat proses pre-order. Jangan berkecil hati dulu apabila ternyata jumlah pre-order tidak melebihi ekspektasi ya, Sedulur. Antusiasme konsumen terhadap sesuatu tidak bisa terbentuk dengan begitu saja. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak promosi dimana-mana, maka konsumen pun akan semakin tahu keberadaan produk atau layanan yang Sedulur jajakan.

Contoh-contoh niche market adalah

niche market
Depositphotos

Jika sudah memahami seluk-beluk bagaimana menentukan niche market, pada bagian ini Sedulur akan diajak untuk mencermati beberapa contohnya. Yuk, langsung saja simak pembahasan di bawah!

BACA JUGA: Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda Beserta Makna & Tokohnya

1. Kesadaran akan lingkungan

Contoh pertama dari niche market adalah kesadaran akan lingkungan. Ya, di abad ke-21 ini perlahan-lahan konsumen sudah mulai sadar akan kerusakan yang terus terjadi kepada bumi kita. Mereka pun sadar apabila tidak ada upaya kolektif untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, maka umur bumi dan penghuni di dalamnya tidak akan bertahan lama.

Dari fenomena itulah muncul kesadaran konsumen akan lingkungan. Para konsumen ini ingin terlibat langsung dalam mencegah kerusakan lingkungan. Mereka akan memperhatikan bagaimana proses produk dibuat, dikirim, dan dijual. Apakah proses-proses itu ramah lingkungan? Apakah komposisi produk tidak diujikan kepada hewan? Dan masih banyak pertanyaan lain yang menjadi pertimbangan mereka.

Maka dari itu, apabila Sedulur memiliki produk yang sesuai dengan niche market ini, kemungkinan keuntungan yang diraih akan sangat besar.

2. Kesehatan dan kebugaran diri

Di tengah wabah pandemi COVID-19 yang belum usai ini, kesehatan dan kebugaran diri merupakan niche market yang paling diminati. Masyarakat semakin waspada dengan kesehatan diri mereka. Maka dari itu, Sedulur dapat memenuhi keinginan dan minat masyarakat pada niche market tersebut.

3. Pemilik hewan peliharaan

Pemilik hewan peliharaan biasanya memiliki kecenderungan tertentu pada saat berbelanja, terutama untuk hewan peliharaannya. Niche market ini sangat memiliki potensi menguntungan yang tinggi. Beberapa produk yang dapat Sedulur tawarkan adalah produk kesehatan hewan, variasi makanan dengan berbagai nutrisi, atau perlengkapan seperti kandang, mainan, dan lain sebagainya.

4. Wisatawan

Cara masyarakat untuk berwisata di era serba maju saat ini sangat berkembang pesat. Wisatawan tidak hanya mencari tempat yang sedang nge-trend, akan tetapi juga yang memiliki manfaat positif lainnya.

5. Masyarakat setempat

Masyarakat setempat juga dikenal sebagai target pasar yang baik. Kebanggaan masyarakat Indonesia akan wilayahnya sendiri sangatlah tinggi. Maka dari itu, Sedulur dapat membuat produk yang mencirikan wilayah tersebut dan menjajakannya kepada masyarakat setempat atau wisatawan.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat mengenai niche market adalah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.