nama anak rasulullah

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar nama anak Rasulullah SAW beserta dengan riwayat hidupnya. Pengetahuan ini sangat penting bagi umat muslim, karena setiap hal terkait Muhammad SAW dapat menjadi tauladan dan pegangan umat muslim.

Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak daftar nama anak Rasulullah SAW yang dimaksud dalam penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA: Kisah Nabi Zakaria, dan Penantiannya Mengharap Anak

Istri Nabi Muhammad SAW

nama anak rasulullah
NU Online

Sebelum mengetahui daftar nama anak-anak nabi Muhammad, tentu penting untuk mengetahui nama-nama istri dari Nabi Muhammad. Istri-istri Nabi Muhammad sendiri dikenal dengan gelar Ummul Mukminin atau ibu dari orang-orang beriman.

Istri pertama dari Nabi Muhammad adalah Khadijah binti Khuwailid, Dia dinikahi saat nabi berusia 25 tahun dan istrinya 40 tahun. Kemudian, Saudah binti Zama’ah yaitu janda berusia 55 tahun yang nabi nikahi saat menjadi duda.

Lalu Aisyah binti Abu Bakar Ash-Shiddiq yang merupakan istri Nabi Muhammad yang paling dicintai. Istri keempat dan berturut-turut adalah Hafshah, Zainab, Ummu Salamah, Zainab binti Jahsy bin Rayyab, Juwairiyah, Ummu Habibah, Shafiyah, Maimunah, Mariyah, dan Raihanah.

Mengenal anak Nabi Muhammad SAW

NU Online

Sepanjang hidupnya, Nabi Muhammad SAW telah dikaruniai 7 orang anak, 4 perempuan dan 3 laki-laki. Seluruh anak nabi berasal dari hasil pernikahannya dengan Sayyidah Khadijah, kecuali Ibrahim yang dilahirkan oleh Sayyidah Mariyah al-Qitbhiyah.

Adapun dari istri Aisyah, Nabi Muhammad tidak memiliki keturunan. Maka dari itu, tidak ada nama anak Nabi Muhammad dari Siti Aisyah. Dijelaskan dalam materi sejarah dari sumber-sumber yang dapat dipercaya, bahwa anak Nabi Muhammad dan Aisyah tidak ada karena tidak memiliki keturunan.

Daftar nama anak Rasulullah SAW

NU Online

Berikut ini adalah daftar nama putra-putri dari Rasulullah SAW yang perlu diketahui oleh seluruh umat muslim. Terdapat beberapa daftar nama yang mungkin belum Sedulur ketahui.

Namun, dalam setiap materi pelajaran sejarah Islam dan sejarah Rasulullah SAW, penjelasan terkait anak-anak Rasulullah merupakan materi yang dijelaskan. Siapa saja nama-namanya? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini:

1. Qasim bin Muhammad

Anak pertama Nabi Muhammad SAW yaitu Qasim atau Al-Qasim. Ini merupakan anak Rasulullah dari Khadijah. Qasim sendiri berarti pemberi imbalan yang kelahirannya diharapkan menjadi anak yang memberikan harapan, sholeh dan panjang umur.

Namun, Allah SWT memiliki takdir lain, karena Qasim merupakan nama anak Rasulullah yang meninggal waktu kecil. Bahwa usia Qasim hanya bertahan 2 tahun dan meninggal pada 605 Masehi. Qasim sendiri dimakamkan di Jannatul Mu’alla, Mekkah.

2. Zainab binti Muhammad

Anak kedua yaitu Zainab binti Muhammad, ini merupakan putri tertua yang lahir ketika usia Rasulullah SAW berusia 30 tahun. Zainab sendiri berarti indah dan wangi. Zainab wafat pada usian 29 tahun yang disebabkan oleh sakit. Zainab sendiri dimakamkan di Jannatul Baqi.

3. Ruqayyah binti Muhammad

Anak ketiga selanjutnya yaitu Ruqayyah binti Muhammad. Nama anak Rasulullah dan artinya yaitu lembut. Dia lahir pada tahun ke-33 dari kelahiran Rasulullah SAW. Kemudian dinikahi oleh Utsman bin Affan dan dikaruniai anak bernama Abdullah yang meninggal pada usia empat tahun.

Putri Nabi Muhammad ini wafat saat perang Badar berlangsung dan jenazahnya dimakamkan di Jannatul Baqi.

4. Ummu Kultsum binti Muhammad

Nama anak Rasulullah selanjutnya yaitu Ummu Kultsum yang lahir enam tahun sebelum perintah kenabian turun. Atau tepatnya ketika Nabi Muhammad berusia tahun 34 tahun.

Dalam perjalannya, Ummu Kultsum dinikahi oleh Utbah bin Abu Lahab, namun kemudian diceraikan bahkan sebelum disentuh sama sekali. Kemudian Kultsum dinikahi oleh Utsman bin Affan pada tahun 3 Hijriah. Utsman sendiri salah satu sahabat nabi yang memegang peran penting meneruskan dakwan Nabi Muhammad.

5. Fathimah Az-Zahra binti Muhammad

Ini merupakan anak Nabi Muhammad SAW yang paling dikenal oleh seluruh umat muslim. Nama Fathimah sendiri merupakan nama yang banyak diberikan kepada setiap anak perempuan umat muslim.

Kebaikan serta kemuliaan hatinya, menjadikan anak Nabi Muhammad satu ini telah menginspirasi umat muslim di seluruh dunia. Tak heran, jika beliau dijuluki sebagai seorang yang memiliki karakter yang menyerupai Nabi Muhammad.

Fathimah sendiri merupakan istri dari Ali bin Abu Thalib, dan memiliki anak yang bernama Hasan dan Husein.

6. Abdullah bin Muhammad

Nama putra Nabi Muhammad SAW selanjutnya yaitu Abdullah bin Muhammad. Takdir Abdullah sendiri sama seperti kakak pertamanya, yaitu Qasim. Karena Abdululla sendiri meninggal di usia ketika kecil, yaitu pada 615 Masehi.

Abdullah sendiri memiliki nama lain yang merupakan nama sebutan kesayangan, Abdullah juga disebut dengan nama at-Thayyib dan ath-Thahir karena lahir pada masa kenabian.

7. Ibrahim bin Muhammad

Nama terakhir anak Nabi Muhammad yaitu Ibrahim. Ibrahim lahir dari rahim istri Rasulullah SAW yang bernama Maria al Qitbiya. Ibrahim sendiri lahir pada akhir bulan dari tahun 8 Hijriah, diberi nama Ibrahim yang berarti sama dengan nama salah satu leluhur bagi bangsa Arab dan Israel.

Orang Tua Nabi Muhammad

nama anak rasulullah
NU Online

Dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad, dijelaskan bahwa orang tua nabi adalah Abdullah bin Abdul Muththalib dan Aminah binti Wahab. Namun Nabi Muhammad harus kehilangan ayahnya bahkan dalam kondisi ketika Nabi belum lahir.

Sementara itu, ketika lahir pun, Nabi Muhammad dirawat dan dibesarkan oleh kakeknya Abdul Muththalib, karena ibunda sang Nabi meninggal dunia. Namun, Nabi Muhammad tidak pernah kekurangan kasih sayang, Nabi tumbuh sebagaimana anak-anak lainnya.

BACA JUGA: 5 Bacaan Doa Sholawat Nabi untuk Perbanyak Amalan

Saudara sepersusuan Nabi Muhammad

NU Online

Pengetahuan yang tidak kalah penting yang wajib Sedulur ketahui adalah tentang saudara sepersusuan Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Nabi merupakan anak yatim piatu sejak dari kecil.

Nabi Muhammad dirawat dan dibesarkan oleh kakeknya dan keluarga lainnya. Termasuk yang merawat dan memberikan asupan ASI kepada Nabi Muhammad. Maka dari itu, terdapat beberapa saudara sepersusuan (ASI) Nabi Muhammad, yang oleh karenanya diharamkan untuk menikah jika memiliki ikatan persaudaraan persusuan. Berikut ini daftar saudara sepersusuan dari Nabi Muhammad:

  • Hamzah bin Abdul Muththalib
  • Abu Salamah
  • Syaima binti Al-Harist bin Abdul Uzza bi Rafa’ah
  • Abdullah bin al-Harist bin Abdul Uzza bi Rafa’ah
  • Anisa al-Harist bin Abdul Uzza bi Rafa’ah

Nah itulah daftar nama anak Rasulullah SAW yang perlu Sedulur ketahui, semoga penjelasan di atas bisa menambah pemahaman dan pengetahuan sejarah terkait Nabi Muhammad SAW, panutan utama umat muslim di seluruh dunia dan di setiap zaman.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.