mata uang tertinggi di dunia

Sebagian dari kita masih mengira bahwa dolar Amerika Serikat dan pound sterling merupakan mata uang tertinggi di dunia. Faktanya, yang menempati peringkat atas untuk mata uang tertinggi di dunia 2022 bukanlah keduanya. Melainkan mata uang dinar negara Kuwait dan Bahrain.

Nilai dari sebuah mata uang biasanya dipengaruhi oleh seberapa kuat perekonomian dari suatu negara. Makin kuat perekonomian negara, makin tinggi pula nilai mata uangnya. Sumber kekayaan suatu negara juga menjadi faktor lain yang membuat besaran mata uang makin tinggi.

Dalam dunia bisnis dan ekonomi, urutan mata uang tertinggi sampai terendah di dunia penting untuk dipahami. Berikut adalah 10 mata uang tertinggi di dunia saat ini. Apakah mata uang Indonesia yaitu rupiah (IDR) termasuk di dalamnya? Yuk, langsung cek!

BACA JUGA: Devisa: Pengertian, Sumber, Jenis, Fungsi & Contohnya

1. Dinar Kuwait

mata uang tertinggi di dunia
PORTAL ISLAM

Peringkat pertama untuk mata uang tertinggi di dunia ditempati oleh dinar Kuwait (KWD). Negara Kuwait memiliki kekayaan yang melimpah. Tingginya mata uang Kuwait (terhadap dolar AS) dipengaruhi oleh ekspor minyak buminya yang signifikan di pasar global. Perekonomian berbasis minyak bumi yang stabil, serta produksi dan ekspor minyak bumi yang sangat maju membuat Kuwait dinilai sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

Kurs dinar Kuwait mata uang dunia ke rupiah yaitu 1 KWD = 47.031 IDR. Sementara jika diubah menjadi dolar Amerika Serikat nilainya menjadi 1 KWD = 3.27 USD.

2. Dinar Bahrain

Kamus Data

Sama halnya Kuwait, sumber pendapatan terbesar negara ini dari ekspor minyak bumi. Bahrain merupakan negara kepulauan di Teluk Persia dengan populasi sekitar 1 juta orang lebih. Bahrain menjadi negara beroda penggerak ekonomi di sektor perminyakan dunia. Tak heran, dinar Bahrain (BHD) menempati posisi kedua dalam daftar mata uang tertinggi di dunia.

Menariknya, berdasarkan nilai tukar dolar AS, dinar Bahrain memiliki nilai yang stabil sejak tahun 2005. Dinar Bahrain sebagai mata uang tertinggi di dunia jika dirupiahkan yaitu 1 BHD = 38.322 IDR. Dalam dolar AS nilainya setara dengan 2.65 USD.

3. Rial Oman

mata uang tertinggi di dunia
Kamus Data

Posisi ketiga ditempati oleh Oman, salah satu negara yang terletak di Semenanjung Arab. Mata uangnya bernama rial Oman (OMR). Berkat lokasinya yang strategis, negara ini menghasilkan sebagian besar pendapatannya dari pariwisata dan pertanian. Ekonominya terus dikembangkan sehingga mampu menawarkan kualitas hidup yang sangat baik kepada masyarakatnya.

Nilai tukar rial Oman ke rupiah yaitu 1 OMR = 37.526 IDR. Sementara terhadap dolar AS nilainya sekitar 2.59 USD.

BACA JUGA: 15 Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

4. Dinar Yordania

Kamus Data

Dinar Yordania (JOD) merupakan mata uang wilayah Yordania. Meski menjadi negara dengan mata uang tertinggi keempat, hal yang menarik yaitu Yordania masih dikelompokkan sebagai negara ekonomi pasar berkembang. Negara ini memang belum berkembang secara ekonomi karena tidak memiliki sumber daya alam yang esensial seperti minyak bumi.

Namun, nilai tukar mata uang dinar Yordania cukup tinggi terhadap dolar AS. Pada 2019, negara ini bahkan memiliki PDB sebesar 44.4 miliar USD. Saat ini, nilai tukar dinar Yordania ke rupiah yaitu 1 JOD = 20.409 IDR. Nilai 1 JOD setara dengan 1.41 USD.

5. Pound sterling

mata uang tertinggi di dunia
Corporate Finance Institute

Sebagian orang masih menganggap bahwa pound sterling Inggris (GBP) menjadi mata uang terkuat di dunia. Namun ternyata mata uang ini menempati posisi kelima mata uang tertinggi di dunia pada tahun 2022. Fakta menarik yang perlu diketahui, koloni Inggris memberikan mata uang mereka sendiri, yang sangat berbeda dari yang dikeluarkan oleh Bank of England.

Namun, mata uang tersebut memiliki nilai sama. Karenanya ada beberapa mata uang pound seperti Irlandia Utara, Skotlandia, Jersey, Manx, Guernsey, pound Gibraltar, pound Saint Helena, dan pound Kepulauan Falkland. Yang mengherankan, biasanya warga asli Inggris tidak mau menerima pound “lain” sebagai alat pembayaran, meski semuanya memiliki nilai sama.

Adapun nilai tukar pound sterling ke rupiah yaitu 1 GBP = 18.578 IDR. Terhadap dolar AS nilainya setara dengan 1.28 USD.

6. Dolar Kepulauan Cayman

Depositphotos

Kepulauan Cayman adalah sebuah wilayah yang terletak di seberang laut Inggris, tepatnya di Laut Karibia Barat. Terdiri dari 3 pulau yaitu Cayman Brac, Grand Cayman, dan Little Cayman. Mata uang yang digunakan adalah dolar Kepulauan Cayman (KYD). Kepulauan ini termasuk yang terbaik di dunia dalam hal pajak.

Wilayah Kepulauan Cayman telah memberikan lisensi untuk ratusan bank, dana lindung nilai, serta perusahaan asuransi. Berkat kepemimpinannya di antara negara suaka pajak, dolar Kepulauan Cayman memiliki nilai yang cukup tinggi terhadap dolar AS. Jika dirupiahkan, 1 KYD = 17.326 IDR. Dolar Kepulauan Cayman bernilai sekitar 1.20 USD.

BACA JUGA: Investasi: Pengertian, Jenis, Manfaat, Risiko, Cara & Contohnya

7. Euro

mata uang tertinggi di dunia
VOI

Sudah tidak heran jika euro (EUR) termasuk dalam mata uang tertinggi. Mengingat euro adalah mata uang resmi yang diadopsi oleh benua Eropa, di mana terdapat banyak negara maju secara ekonomi. Euro Eropa telah menjadi mata uang cadangan dunia kedua setelah dolar AS. Nilainya meningkat beberapa tahun terakhir, hingga pada tahun 2022 mata uang euro menempati posisi ketujuh mata uang terkuat di dunia.

Apabila dirupiahkan nilai 1 EUR = 15.654 IDR. Sementara terhadap dolar AS, nilai tukarnya setara dengan 1.08 USD.

8. Franc Swiss

Pikiran Rakyat

Swiss merupakan negara terkaya di dunia. Negara ini mempunyai perekonomian yang paling stabil. Sistem perbankannya telah lama dikenal atas sifat “kerahasiaan bank” yang tegas. Enggak cuma itu, sistem berteknologi tingginya dikenal dengan baik di seluruh dunia. Swiss menjadi negara yang mampu menawarkan kehidupan berkualitas baik kepada masyarakatnya.

Tidak heran, mata uangnya pun bernilai tinggi di dunia. Jika dirupiahkan, nilai mata uang franc Swiss yaitu 1 CHF = 15.112 IDR. Terhadap nilai dolar, nilai tukar 1 franc Swiss sama dengan 1.04 USD.

9. Dolar Amerika Serikat

Grid.ID

Dolar Amerika Serikat (USD) menjadi mata uang cadangan di dunia. Hal ini karena kepemimpinan ekonomi dunia dipegang oleh Amerika Serikat. Dengan predikat tersebut, artinya mata uang dolar AS bisa diterima di negara mana saja. Sedulur bisa melakukan pembayaran dalam dolar AS di negara mana pun. Saat ini, nilai tukar dolar AS jika dirupiahkan yaitu sekitar 14.470 IDR.

10. Dolar Kanada

mata uang tertinggi di dunia
FOREXimf

Meski menempati posisi kesepuluh, dolar Kanada (CAD) termasuk mata uang cadangan dunia terbesar kelima. Dolar Kanada sering disebut loonie sebagai penghormatan terhadap jenis burung yang tergambar pada uang koinnya. Nilai tukar dolar Kanada jika dirupiahkan yaitu 1 CAD = 11.383 IDR. Sedangkan terhadap dolar AS nilainya sekitar 0.79 USD.

Demikian informasi mengenai 10 mata uang tertinggi di dunia yang bisa menjadi referensi untuk Sedulur. Nilai tukar yang tercantum dari ulasan di atas diambil per 24 April 2022 dan dapat berubah setiap waktu.

Sebagai tambahan, bila Sedulur mencari info tentang mata uang tertinggi di Asia Tenggara, jawabannya adalah dolar Singapura. Mata uang negara Singapura ini jika dirupiahkan yaitu 1 SGD = 10.553 IDR. Sementara peringkat rupiah dalam mata uang dunia masih termasuk yang paling rendah. Rupiah masih menempati posisi keempat dalam mata uang terendah di dunia.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!