manfaat kondom dan efek samping

Sedulur mungkin tahu kondom, tapi belum mengatahui manfaat kondom dan efek samping. Meskipun di Indonesia, kondom merupakan alat seksual yang bertendensi negatif dan tabu. Namun, Sedulur perlu mengetahui penjelasan terkait manfaat dan fungsinya secara ilmiah, agar bisa menggunakannya dengan bijak.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan ulas bersama terkait manfaat kondom dan efek samping. Bagi Sedulur yang penasaran ingin mengetahui manfaat dan fungsinya? Yuk, mari kita simak langsung di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Ciri Fisik Proses Pembuahan Berhasil Setelah Berhubungan

1. Mencegah kehamilan yang tidak diinginkan

manfaat kondom dan efek samping
Alodokter

Hal pertama yang menjadi manfaat dari penggunaan kondom adalah mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Kadang, Sedulur dan pasangan ingin berhubungan namun tidak sedang ingin memiliki momongan. Dalam hal ini, kondom berfungsi.

Namun, konsekuensi jika kondom bocor seperti apa? Kembali lagi, mungkin saja dapat terjadinya kehamilan. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan kualitas kondom, terutama keamanan dari kondom itu sendiri. Agar kebocoran bisa dihindari, dan hal-hal lain di luar yang direncanakan tidak terjadi.

2. Mencegah penularan HIV

Klik Dokter

Pembahasan terkait manfaat kondom dan efek samping, pasti akan menyinggun penularan HIV. HIV merupakan virus yang sangat berbahaya, yang penularannya dapat terjadi dengan berhubungan intim. Sangat berbahaya terutama bagi yang sering berhubungan intim dengan pasangan yang berbeda-beda. Kemungkinan untuk terkena HIV sangat tinggi.

Dalam hal ini merupakan tugas dan fungsi kondom selain untuk berhubungan intim, yaitu untuk melindungi tubuh dari penularan virus HIV yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

3. Memberi perlindungan ekstra

manfaat kondom dan efek samping
Pikiran Rakyat

Manfaat kondom dan efek samping yang selanjutnya akan dibahas adalah terkait berhubungan intim yang lebih aman bahkan bisa mendapatkan perlindungan ekstra. Penggunaan kondom dapat membantu meningkatkan kualitas hubungan Sedulur bersama pasangan, terutama hubungan di ranjang.

Termasuk, pilihan menggunakan kondom saat masa subur. Terkait hal ini tentu dikembalikan lagi kepada Sedulur dan pasangan, apakah ingin mendapatkan momongan atau tidak. Kondom dapat digunakan untuk berbagai kepentingan dan berbagai gaya dalam berhubungan seksual, karena kondom dapat memberikan perlindungan yang ekstra.

4. Memperpanjang durasi berhubungan intim

Halodoc

Manfaat kondom dan efek samping lainnya yaitu dapat memperpanjang durasi saat berhubungan intim, terutama bagi pria. Seperti yang Sedulur ketahui, alat kelamin merupakan bagian yang paling sensitif. Perlu latihan khusus agar dapat memiliki hubungan intim yang lama.

Terutama bagi kaum pria, penggunaan kondom dapat memperpanjang durasi karena bisa mengurangi sensitifitas. Hal ini merupakan bagian dari kelebihan dan kekurangan menggunakan kondom itu sendiri. Maka dari itu, manfaat satu ini sudah menjadi pertimbangan penting bagi setiap pasangan saat hendak berhubungan intim.

BACA JUGA: 6 Tips Hubungan Intim yang Sehat & Menggairahkan untuk Pasangan

5. Menjaga ereksi

manfaat kondom dan efek samping
Grid Pop

Salah satu manfaat kondom dan efek samping selanjutnya yaitu dapat menjaga ereksi bagi pria. Patut disadari, bahwa menjaga ereksi merupakan hal yang sulit bagi pria. Dibutuhkan latihan khusus bagi Sedulur agar bisa mempertahankan ereksinya. Hal tersebut bisa Sedulur dapatkan dengan menggunakan kondom. Bagi Sedulur yang ingin mempertahankan ereksi dalam waktu yang lama, Sedulur bisa mempertimbangkan penggunaan kondom.

Namun, tentu saja penggunaan tidak serta merta dapat membuat Sedulur bisa mempertahankan ereksi dalam waktu yang lama. Agar Sedulur bisa menjaga ereksi dalam waktu yang lama, Sedulur tetap perlu olahraga khusus. Salah satu olahraga yang direkomendasikan adalah senam kegel.

6. Mencegah cedera

Tabloid Bintang

Biasanya, kondom juga dilengkapi dengan dua lapisan, kemudian dibalut dengan menggunakan pelumas. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah cedera saat berhubungan intim dan juga bertujuan untuk melancarkan hubungan intim. Cara memakai kondom 2 lapis tentu saja hal tersebut dikembalikan lagi kepada setiap pasangan.

Namun umumnya, tidak ada cara khusus dalam menggunakan kondom. Karena kondom sendiri merupakan alat kontrasepsi yang aman yang dapat memberikan banyak manfaat bagi setiap penggunanya. Manfaat yang akan dirasakan terutama dalam kepuasan berhubungan intim. Namun hal ini tentu saja tidak berlaku mutlak untuk setiap pasangan.

7. Alat kontrasepsi tanpa efek samping

manfaat kondom dan efek samping
Portal Sulut

Meskipun banyak yang bertanya seperti apa efek samping memakai kondom saat berhubungan, faktanya kondom merupakan ala kontrasepsi tanpa efek samping. Kondom tidak berpengaruh atas perubahan hormonal perempuan atau laki-laki. Kondom hanya digunakan terdapat alat kelamin pria tanpa efek samping.

Berbeda dengan alat kontrasepsi lain seperti KB, suntik KB, hingga cincin vagina yang dapat mengakibatkkan perubahan hormon. Hormon tersebut yang nantinya berperan dalam mencegah kehamilan dengan menghalangi sperma membuahi sel telur. Namun, perubahan hormon yang terjadi bisa berdampak pada suasana hati, kenaikan berat badan, menurunkan libido, mual, sakit kepala, dan memengaruhi siklus menstruasi.

BACA JUGA: 8 Jenis Pelumas Seks yang Aman Digunakan & Tips Memilihnya

8. Berhubungan intim tetap higienis

Kumparan

Salah satu pembahasan terkait manfaat kondom dan efek samping, pasti akan membahas terkait hubungan intim yang tetap higienis. Karena penggunaan kondom dapat membuat hubungan tetap sehat dan higienis tanpa menghilangkan kenikmatan dalam menjalin hubungan. Pengunaan kondom sangat aman agar terhindar dari penularan penyakit seksual, salah satunya penyakit kulit dan penyakit kelamin.

9. Menjadikan hubungan tetap nikmat

manfaat kondom dan efek samping
Ruang Mom

Sebagian pasangan suami istri mungkin Sedulur lebih suka menikmati seks tanpa kondom karena dapat mengurangi kepuasan. Karena tidak ingin melepaskan fungsi keamanan, beragam variasi kondom diciptakan dengan menambah nilai plus dari kondom itu sendiri. Salah satu kegunaan kondom ini bisa mempengaruhi hubungan tetap nikmat.

Kondom sudah diciptakan dengan desain easy on shape (mudah menyesuaikan bentuk penis) sehingga mudah digunakan dan dilepas saat ejakulasi selesai. Desain yang menarik seperti kondom yang tipis dan tetap fungsional memberikan manfaat agar seks tetap dapat dinikmati.

10. Mudah didapatkan untuk berhubungan tetap aman

Pos Belitung

Terakhir adalam manfaat kondom dan efek sampingnya yaitu Sedulur bisa tetap berhubungan sangat aman dengan alat kontrasepsi yang mudah didapatkan. Berdasarkan penjelasan terkait apa itu, kondom dan kegunaannya yang telah dijelaskan di atas, kita bisa mengambil informasi penting tentang berhubunga intim yang lebih baik.

Sedulur bisa mendapatkan kondom di mini market, supermarket atau apotek. Namun, diharapkan Sedulur menggunakan kondom dengan bijak dan membelinya dengan kebutuhan dan alasan yang sangat penting.

Sekian penjelasan manfaat kondom dan efek samping di atas, semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait cara berhubungan yang sehat dan aman. Karena hubungan intim yang baik bisa mempengaruhi kesehatan tubuh dan kesehatan mental yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.