manajemen waktu

Apakah Sedulur pernah merasa kurang dalam mengerjakan pekerjaan dengan waktu 24 jam? Jika iya, maka Sedulur perlu melakukan manajemen waktu yang lebih baik lagi. Manajemen waktu adalah perencanaan, pengelolaan serta pengawasan produktivitas terhadap waktu. 

Dengan memiliki pengelolaan waktu yang baik, maka pekerjaan maupun tugas dapat terselesaikan dengan tepat waktu. Berikut penjelasan mengenai pengertian manajemen waktu dan tips membuatnya.

BACA JUGA : Marketing Plan: Pengertian, Unsur, Contoh & Cara Membuatnya

Pengertian manajemen waktu

manajemen waktu
Freepik

Manajemen waktu adalah sebuah perencanaan, pengelolaan, penggerakan dan pengawasan produktivitas terhadap waktu. Tujuan manajemen waktu ini adalah untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Manajemen waktu juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mana manusia dapat menggunakan waktu dengan baik untuk dapat menyelesaikan semua kegiatan atau pekerjaan yang sudah direncanakan sebelumnya. .

Manajemen waktu menurut para ahli

Freepik

Agar lebih memahami tentang manajemen waktu, berikut pengertiannya menurut para ahli. 

1. Atkinson

Menurut pendapat Atkinson, manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan berbagai bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan dengan terencana agar seseorang mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

2. Forsyth

Forysth berpendapat manajemen waktu merupakan sebuah cara untuk membuat waktu terkendali sehingga dapat menciptakan efektivitas dan produktivitas.

3. Akram

Arkam berpendapat, manajemen waktu adalah manajemen waktu adalah kemampuan menggunakan waktu dengan efektif dan efisien untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

4. Freederick Winslow Taylor

Menurut pendapat dari manajemen waktu adalah sebuah proses pencapaian tujuan utama kehidupan sebagai hasil dari mengenyampingkan kegiatan yang kurang bermanfaat dan memakan banyak waktu.

5. Leman

Menurut pendapat Leman, manajemen waktu adalah penggunaan dan pemanfaatan waktu sebaik mungkin dengan membuat rencana aktivitas yang tersusun.

6. Davidson

Davidson mengemukakan pendapat, pengertian manajemen waktu adalah sebuah cara untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dimana seseorang bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan cerdas.

BACA JUGA : Pitch Deck: Pengertian, Tujuan, Cara Membuat & Contohnya

Karakteristik manajeman waktu yang sukses

manajemen waktu
Freepik
  • Evaluasi

Sedulur dapat meluangkan waktu untuk mencatat waktu sudah digunakan untuk mengerjakan tugas sehari-hari. Tentukan hal apa saja yang ingin dicapai, lalu tandai aktivitas yang tidak termasuk dalam kategori tersebut. Sedulur juga dapat mencatat hal apa saja yang menghalangi atau mengganggu dalam pencapaian tujuan tersebut.

  • Rencana dan prioritas

Sedulur perlu meluangkan waktu di malam hari atau pagi hari untuk membuat rencana dengan memprioritaskan tugas berdasarkan dengan tujuan yang ingin dicapai. Bagilah proyek besar yang ingin Sedulur selesaikan menjadi proyek-proyek kecil agar Sedulur tidak kewalahan. Jika ada tugas yang belum selesai, Sedulur dapat mengalokasikan tugas tersebut ke hari berikutnya.

  • Eliminasi pencurian waktu

Hapus dan singkirkan semua gangguan yang dapat mengganggu produktivitas dalam melakukan pekerjaan. Jadwalkan beberapa waktu untuk membalas pesan serta email. Usahakan tidak mengecek atau bermain media sosial di saat jam kerja.

  • Delegasi

Apabila Sedulur sedang menyelesaikan proyek yang besar, delegasikan tugas kepada bawahan atau rekan kerja. Hal ini dapat memungkinkan rekan kerja atau bawahan mempelajari keterampilan baru, selain itu hal ini juga tidak akan menghabiskan waktu kamu seharian. Jika ada rekan kerja atau bawahan yang siap membantu, jangan tolak, terima bantuan tersebut untuk efisiensi waktu.

  • Katakan tidak

Selalu mengatakan “ya” memang kebiasaan orang dengan dalih tidak enak. Untuk itu, Sedulur perlu belajar untuk bisa mengatakan tidak dengan cara yang sopan. Hal ini juga berlaku untuk menolak pekerjaan atau aktivitas tambahan yang tidak sesuai dengan tujuan yang sudah Sedulur tentukan. Bergabung dengan teman-teman hanya karena merasa tidak enak dapat menghabiskan waktu berharga seharusnya dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas-tugas penting.

  • Istirahat

Istirahat merupakan hal yang penting bagi manusia. Maka dari itu, Sedulur perlu membuat jadwal istirahat untuk bisa menjernihkan pikiran. Jadwalkan juga untuk olahraga dan juga mengonsumsi makan yang sehat dan bergizi. Berhentilah bekerja jika sudah merasa sudah capek, jangan sampai pekerjaan juga memakan waktu istirahat kita yang sangat berharga.

BACA JUGA : Advertising: Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Tipsnya

Cara manajemen waktu

manajemen waktu
Freepik

Berikut tips manajemen waktu yang perlu Sedulur terapkan. 

  • Kuasai manajemen stres

Tips yang pertama adalah dengan mengelola stres dan tekanan pekerjaan. Stres biasanya mmebuat orang menjadi tidak fokus dan sulit berpikir jernih. Inilah yang nantinya akan mengganggu pekerjaan. Jadi, usahakan untuk bisa mengelola stres sebaik mungkin jika Sedulur ingin mendapatkan manajemen waktu yang efektif.

  • Tingkatkan kemampuan berkomunikasi

Cara yang selanjutnya adalah dengan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka dapat membantu Sedulur dalam menjalin relasi dengan rekan kerja di kantor. Dengan begitu, seua kendala dalam pekerjaan mudah dibicarakan dan akan membuat pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

  • Fokus

Menurut Tony Robbins, salah satu tips manajemen waktu yang lebih efektif adalah untuk tetap fokus. Mulailah untuk bisa fokus pada pekerjaan yang sedang ingin diselesaikan. Buang semua hal yang dapat menghambat dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

  • Buat perencanaan

Supaya manajemen waktu dapat berjalan dengan baik, maka Sedulur dapat membuat perencanaan jadwal sesuai dengan tugas yang ingin diselesaikan. Meski tidak selalu berjalan sesuai rencana, namun perencanaan ini sangat penting untuk manajemen waktu.

  • Motivasi diri

Mencari motivasi diri merupakan tips yang perlu Sedulur lakukan. Dengan memiliki motivasi diri, maka jika terjadi kendala dalam pekerjaan, Sedulur akan tetap semangat menghadapi kendala tersebut.

  • Apresiasi diri

Tips yang terkahir adalah mengapresiasi diri atas pekerjaan yang terlah selesai atau kebiadaan yang sering dilakukan. Contohnya seperti jika menyelesaikan tugas tepat waktu, Sedulur dapat mmeberi apresiasi diri dengan istirahat yang lebih atau membeli makanan favorit. Meski cukup sederhana, tips ini juga bermanfaat untuk Kesehatan mental lho.

  • Berani mengambil keputusan

Belajarlah untuk berani mengambil keputusan apapun resikonya. Ketika Sedulur tidak pernah belajar untuk mengambil keputusan, secara tidak sadar Sedulur akan banyak membuang waktu hanya untuk terus berpikir dan menimbang-nimbang berbagai hal. 

BACA JUGA : Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Manfaat manajeman waktu

Presentasi
Unsplash

Berikut manfaat manajeman waktu yang perlu Sedulur ketahui.

  • Meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan

Dengan manajemen waktu yang baik, maka Sedulur akan lebih fokus dan perhatian pada target pencapaian. Sedulur tidak lagi kebingungan dalam menentukan prioritas pekerjaan mana yang akan diselesaikan terlebih dahulu karena sudah memiliki pengelolaan waktu yang baik.

  • Mengurangi stres dan tekanan

Dengan tercapainya target pekerjaan serta ketepatan waktu dapat mengurangi beban kerja, stres juga tekanan. Tak hanya itu Sedulur juga dapat berpeluang untuk merevisi pekerjaan yang dirasa kurang memadai dengan lebih cermat tanpa khawatir.

  • Dapat mencapai target dan tujuan

Dengan manajemen waktu yang baik, Sedulur dapat mencapai target dan tujuan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Selain itu, target yang diinginkan akan lebih cepat tercapai  dan sasaran yang hendak dituju menjadi lebih jelas serta dapat terselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

  • Memiliki kebebasan waktu lebih banyak

Manfaat yang selanjutnya adalah Sedulur akan memiliki lebih banyak kebebasan waktu. Ini dapat berupa mempunyai lebih banyak waktu jauh dari pekerjaan untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman atau untuk mengejar hobi baru atau menginvestasikan waktu untuk sesuatu yang penting lainnnya. Dengan memiliki lebih banyak kebebasan waktu, Sedulur akan lebih produktif, kreatif serta lebih bersemangat dalam bekerja.

  • Melatih disiplin serta tanggung jawab

Dengan pengelolaan waktu yang baik, maka Sedulur sudah melatih diri untuk belajar disiplin dan juga tanggung jawab. Selain itu, dengan menerapkan time management yang bagus dalam kehidupan sehari hari maka akan menjadikan Sedulur sebagai orang yang bertanggung jawab. Karena sudah mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu.

BACA JUGA : 10 Ide Bisnis Digital yang Paling Menguntungkan

Contoh manajemen waktu

Freepik

Sebagai mahasiswa tentu membutuhkan pengelolaan waktu yang baik agar bisa menyeimbangkan antara kegiatan akademik maupun non akademik. Berikut contoh manajemen waktu mahasiswa yang dapat Sedulur terapkan. 

  1. Buat jadwal kegiatan secara rinci.
  2. Atur semua jadwal kegiatan secara fleksibel.
  3. Prioritaskan kegiatan tertentu.
  4. Fokus pada satu kegiatan yang dijalani.
  5. Buatlah sub-sub kegiatan dari setiap kegiatan.
  6. Jangan menunda-nunda pekerjaan atau kegiatan yang sedang dilakukan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian menajemen waktu dan tips membuatnya. Manajemen waktu tak hanya dibutuhkan oleh karyawan saja lho. Siswa dan mahasiswa pun membutuhkan pengelolaan waktu yang baik agar tugas-tugas dapat diselesaikan dengan tepat waktu. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.